Cantik dan Menawan dengan 7 Gaun Brokat yang Fashionable dan Jenis-jenis Kain Brokat yang Harus Kamu Ketahui

Cantik dan Menawan dengan 7 Gaun Brokat yang Fashionable dan Jenis-jenis Kain Brokat yang Harus Kamu Ketahui

Gaun adalah pakaian yang wajib dimiliki oleh setiap wanita. Gaun memberikan kesan feminin dan cantik bagi wanita mana pun. Untuk melengkapi koleksi gaunmu, BP-Guide punya rekomendasi gaun brokat untukmu. Yuk, simak langsung ulasannya!

Brokat Adalah Bahan Pelapis Utama dalam Pembuatan Busana

Sumber gambar solusiibuattack.com

Brokat terkenal dengan fungsinya sebagai bahan kebaya yang merupakan jenis kain yang kaya dekorasi dengan atau pun tanpa benang emas dan perak. Bila baju kebaya menggunakan brokat ini maka dapat tampak lebih mewah, elegan, dan menarik untuk dipandang.

Tidak hanya untuk busana kebaya, brokat juga cocok untuk gaun yang bergaya victoria yang dipadu dengan kilauan kristal dan payet. Saat ini, perkembangan brokat sangat pesat karena keberagaman ide dan kreativitas desainer dalam mengaplikasikan brokat pada gaun.

Kenali Lebih Dekat Jenis-jenis Kain Brokat Ini

Brokat Varanasi

Sumber gambar pinterest.com

Brokat yang juga dikenal dengan sebuatan kinkhab atau kamkhwab dari India ialah brokat varanasi yang memiliki arti ’kain emas yang jarang dilihat meski dalam mimpi sekali pun'.

Ciri dari brokat ini ialah memiliki benang emas, ditenun dengan sutra berwarna, tembus pandang, serta menampilkan desain floral dengan sangat atraktif. Selain brokat varansi, di India juga terdapat Ahmedabad dan Surat yang merupakan pusat pembuatan kain brokat yang terkenal ke seluruh dunia.

Brokat Jepang

Sumber gambar i.pinimg.com

Ciri khas dari brokat jepang ini berada pada motif bunga yang tersebar di seluruh kain, motif pinggiran yang tidak terlalu besar, dan lebar kainnya pendek. Sifat simpel pada brokat ini sangat cocok diaplikasikan pada kebaya wisuda dengan model sederhana. Brokat jepang sering kali dianggap saingan brokat semi perancis karena tulle brokat Jepang lebih lembut dan memiliki motif yang beragam serta harga yang relatif lebih murah.

Brokat Cornelly

Sumber gambar i.pinimg.com

Material brokat cornelly ini memiliki karakteristik benang timbul pada pinggiran motif kain. Walaupun brokat ini memiliki kain yang berat, namun bordirnya yang rapat membuat sangat nyaman bila dikenakan dan pas di tubuh.

Brokat cornelly juga biasanya digunakan untuk seragam bridesmaid atau seragam panitia dan keluarga pada resepsi pernikahan. Harga yang ditawarkan pun lebih murah dari harga brokat lainnya.

Brokat Syria

Terbuat dari sutra berkualitas, brokat syria buatan tangan telah tersohor selama berabad-abad. Bangsa Arab menyebutnya sebagai ‘brokard’, nama yang berasal dari bahasa kuno yang memiliki arti ‘karya Brahim’, yang mana terdapat kepercayaan bahwa pendeta Brahim mengembangkan sutra halus pada masa Sebelum Masehi.

Akan tetapi, hanya tinggal dua pabrik yang masih membuat kain ini sehingga menghasilkan brokat sutra yang diklaim lebih superior dari produk sejenis mana pun dan dipesan oleh pelanggan VVIP, termasuk Vatikan dan para desainer top dunia.

Brokat Perancis

Sumber gambar i.pinimg.com

Keunggulan dari brokat perancis terletak pada bahan terasa lembut, tidak membuat gatal atau panas, dan lemas sehingga dapat mengikuti lekuk tubuh dengan sempurna sehingga sangat pas untuk dijadikan gaun.

Dengan motif renda cantik sebagai hiasan di pinggiran sangat cocok untuk dijahit menjadi kebaya eksklusif dengan renda di bagian dada, leher, atau bawah kebaya. Bahan brokat ini memiliki kualitas paling bagus di antara brokat lainnya dan hal inilah menjadikan harga brokat perancis paling mahal dibanding brokat lainnya.

Brokat Awan Nanking

Brokat awan nanking yang berasal dari China ini memiliki desain anggun dan halus dengan warna-warna yang indah, selain itu memiliki tekstur longgar pada serat kainnya dan terkesan menerawang jika tidak memiliki bahan dalaman. Brokat ini disebut juga sebagai ‘yunjin’ yang memiliki arti brokat awan karena bentuk dari brokat ini mirip awan.

Pada saat ini penggunaan brokat awan nanking sangat berkembang pesat dan pemakaiannya meluas, padahal brokat ini dulunya hanya dipakai oleh kaisar dan anggota keluarga kaisar pada dinasti Yuan, Ming, dan Qing.

7 Gaun Brokat dengan Berbagai Model yang Klasik dan Unik

Raspberry Eden Lace Midi Dress

Sumber gambar zalora.co.id

Raspberry Eden Lace Midi Dress ini sangat cocok untuk dipadupadankan dengan banyak model sneakers dalam tampilan keseharianmu. Gaun ini terbuat dari material beraksen crochet dan nuansa warna solid. Gaun brokat modern ini tersedia dalam warna kuning dan hitam dengan kerah V yang membuatnya menarik. Tersedia di Zalora, kamu bisa membeli dress lengan pendek ini seharga Rp 490.000.

Dress Brokat Model Mini Dress

Sumber gambar zalora.co.id

Dress brokat model mini dress merupakan model dress populer yang sangat pas untuk dibawa dalam pesta, model ini sangat pas bila diaplikasikan dan dikombinasikan dengan bahan lain membuatnya lebih menarik dan pas untuk digunakan oleh remaja dengan warna yang cerah.

Chic Simple S/S Lace Dress W/ Flo Pin dengan brokat motif bunga berwarna pink dan dasar kainnya berwarna biru muda membuat mini dress ini terlihat cantik saat dikenakan. Dengan bahan poliester dan risleting di bagian belakang, mini dress ini cocok untuk dikenakan saat pesta. Zalora mematok harga sebesar Rp 436.000.

Dress Brokat Model Chinese Dress

Sumber gambar bukalapak.com

Salah satu jenis gaun brokat tradisional perempuan Cina dikenal dengan nama congsam atau qipao. Kamu bisa mencoba Dress Cheongsam Merah Cantik Bahan Brokat yang terbuat dari perpaduan brokat dan satin. Gaun ini memiliki lingkar dada 93 cm, pinggang 74 cm, dan panjang 90 cm di mana bisa kamu membelinys di Bukalapak seharga Rp 267.000.

Selain itu, congsam lain yang dapat kamu jadikan referensi ialah High Quality Dress Brokat Cheongsam. Gaun brokat ini terbuat dari material brokat full inner spandek dan tersedia dalam fit to L. Tersedia di Tokopedia seharga Rp 65.000.

Dress Brokat Model Royal Gown The Virgin Queen

Sumber gambar zalora.co.id

Gaun brokat klasik yang mewah sekaligus indah terdapat pada royal gaun The Virgin Queen yang dibuat sekitar tahun 50-an yang merupakan gaun keluarga kerajaan. Gaun ini tidak hanya digunakan oleh keluarga kerajaan, namun menjadi andalan bagi wanita muslim yang ingin tampil anggun.

Mini dress dengan pilihan warna putih, hitam, dan merah marun ini dapat dicari di Zalora. Zalora Crochet Lace Flare Midi Dress ini sangat cocok digunakan untuk acara formal. Mini dress yang dilengkapi risleting di belakang ini memiliki harga Rp 499.000.

Pleated Dress Bunga Brokat

Sumber gambar bukalapak.com

Gaun brokat dengan aksen pleated saat ini kembali menjadi tren dalam dunia fashion yang mana Kate Middleton merupakan salah satu yang sering menggunakannya. Item fashion lain yang menggunakan aksen ini seperti kulot, rok, hingga busana asimetris.

Dengan menggunakan gaun ini kamu bisa menutupi kekurangan pada pinggul dan bagian bawah tubuh yang besar dengan model berlipat dan berwarna gelap.

Kamu bisa mencoba Pleated Dress Bunga Brokat yang memiliki kualitas tinggi dan trendi serta terdapat aksen bunga yang bisa kamu dapatkan di Bukalapak seharga Rp 75.000.

Hasanah Meliana Dress Brukat Mocca

Sumber gambar elevenia.co.id

Hasanah Fashion menghadirkan Meliana Dress Brokat. Dress ini sangat nyaman ketika digunakan dan terbuat dari bahan berkualitas yaitu spandek dan brokat lapis furing.

Untuk menggunakannya pun sangat bisa dipakai pada beberapa kesempatan seperti Lebaran, kasual, formal dan bebagai kegiatan. Detail renda pita yang tersedia membuat dress ini semakin cantik, ditambah lagi dengan resleting pada bagian belakang. Terdapat di Lazada, dress yang tersedia dalam warna maroon, peach, tosca dan mocca bisa kamu beli seharga Rp 112.900.

Dress Femmy Blue Benhur Jersey Brokat

Sumber gambar bukalapak.com

Item fashion seperti gaun brokat selalu diminati tidak hanya remaja tetapi juga orang tua karena gaun ini bisa diaplikasikan saat menghadiri berbagai acara. Gaun akan semakin lebih cantik bila dilengkapi dengan detail busana seperti manik-manik, payet, atau bordir.

Pilihan dress brokat yang pendek dengan tampilan elegan dan chic ialah Dress Femmy Blue Benhur Jersey Brokat. Dress ini memiliki panjang 80 cm, lingkar dada 90 cm, serta memiliki ukuran M - Fit L. Terbuat dari bahan jersey kombinasi brokat, gaun dress terbaru ini bisa kamu miliki dari Bukalapak seharga Rp 89.600.

Infografik berikut ini bisa kamu cermati untuk menambah informasi. Bahkan, tips-tips lain bisa didapatkan pula di Instagram BP-Guide lho!

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Hati-hati Mencuci Gaun Brokat

Memiliki gaun brokat dengan warna favorit memang menjadi keinginan setiap wanita. Gaun yang terbuat dari bahan brokat cukup rentan untuk urusan mencuci karena bahan brokat tipis dan penuh dengan rangkaian motif. Jadi, berhati-hatilah saat mencuci dan merapikan gaun brokat ini.