10 Merek Kebaya Sederhana untuk Tampil Cantik Saat Wisuda

10 Merek Kebaya Sederhana untuk Tampil Cantik Saat Wisuda

Momen wisuda selalu menjadi saat yang dinanti dan membahagiakan bagi para mahasiswa. Tak cuma sekadar penanda selesainya proses belajar di bangku kuliah, tapi momen wisuda bisa jadi momen kamu untuk tampil memukau dengan makeup, tatanan rambut, dan kebaya yang memesona. Seringkali pemilihan model kebaya inilah yang jadi problem di saat wisuda. Kalau kamu memang tengah bingung mencari kebaya untuk wisuda, jangan khawatir, karena BP-Guide sudah merangkumnya untuk kamu.

Kebaya Menjadi Salah Satu Pakaian yang Selalu Dikenakan para Wisudawati

Sumber gambar beautynesia.id

Meskipun identik sebagai pakaian sehari-hari di masa lampau para wanita Jawa, kini kebaya menjadi salah satu busana alternatif untuk menghadiri acara spesial. Didesain dengan model yang bervariasi dan modern, kebaya memiliki daya tarik tersendiri karena menonjolkan sisi feminin seorang wanita.

Tak hanya ibu-ibu saja, kebaya sekarang juga menjadi pilihan bagi para remaja perempuan dan anak-anak. Dinilai pantas dikenakan untuk acara formal, kebaya modern bisa menjadi pilihan busana yang menarik untuk hari spesialmu. Kamu dapat mengenakannya saat acara wisudamu.

Kini para desainer telah banyak mendesain kebaya modern yang cocok untuk anak muda tanpa meninggalkan ciri khas tradisional. Jadi, jika kamu hendak wisuda dalam waktu dekat, siapkanlah setelan kebaya untuk hari istemewamu itu.

Tak perlu cemas, apabila kamu berhijab kamu bisa menemukan berbagai model kebaya untuk wanita berhijab yang tak kalah menarik dari kebaya biasa pada umumnya.

Beberapa Model Kebaya yang Selalu Menjadi Incaran

Kutu Baru

Sumber gambar hijabtuts.com

Kebaya kutu baru merupakan kebaya sederhana yang terlihat sangat fleksibel dan dapat digunakan ke berbagai acara. Meskipun sekarang ini sudah banyak dimodifikasi ke dalam bentuk blus, kebaya kutu baru tetap menjadi kebaya yang sangat cocok untukmu. Terutama yang hendak menghadiri acara wisuda.

Sejarahnya, kebaya kutu baru memiliki nama lain 'bef' yang muncul di abad ke-18. Di masa yang sama, masyarakat Tionghoa juga punya kebaya milik mereka sendiri, yaitu kebaya encim.

Ciri utama kebaya kutu baru adalah model kain sebelah kanan dan kiri yang dilipat dan diikatkan di sesi tengah badan. Lipatan tersebut, yang berada di tengah, dinamakan bef atau kutu baru.

Awalnya kebaya kutu baru dikombinasikan dengan kain lilit di bagian perut atau stagen yang menonjolkan lekuk pinggang wanita. Kebaya yang satu ini kerap kali menjadi pilihan utama busana para ibu negara Indonesia, mulai dari Ibu Tien Soeharto, Ibu Ani Yudhoyono, juga Megawati Soekarnoputri.

Kutu baru kerap kali dikolaborasaikan bersama beberapa item penunjang bentuk tubuh, seperti korset, long torso, hingga kamisol. Kebaya ini kerap kail memilih kancing pengait yang terbuat dari benang kutu baru.

Bali Modern

Sumber gambar www.hipwee.com

Kebaya rupanya tak hanya tekenal sebagai pakaian perempuan Jawa saja. Di Bali, kebaya merupakan pakaian tradisional yang dikenakan sebagai baju tradisi untuk upacara tertentu. Ciri khas kebaya bali terletak pada kain yang diikatkan di bagian pinggang atau dikenal dengan nama obi.

Obi biasanya memiliki warna dasar yang kontras dengan warna kebayanya. Kain yang berfungsi sebagai pengikat itu kerap kali dibentuk menyerupai wujud pita atau ditambah dengan aksesoris bunga yang mempunyai warna senada.

Kebaya bali memiliki perbedaan yang signifikan dengan kebaya tradisional daerah lainnya, termasuk Jawa. Kebaya bali memiliki bahan dasar dengan motif dan corak yang berbeda. Kebaya tersebut biasanya memiliki corak atau bordir dengan wujud bunga teratai lebih banyak.

Berbeda dengan kebaya jawa yang memiliki dominasi bentuk lekuk yang memanjang. Warna dasar yang digunakan untuk kebaya bali biasanya menggunakan warna terang, seperti kuning, oranye, atau merah yang memiliki makna tertentu.

Ciri lain dari kebaya bali adalah akesori dan bahan pembuatnya. Untuk aksesori, kebaya tersebut biasa dipakai dengan selendang untuk perempuan. Kebaya tersebut biasanya terbuat dari bahan brokat atau katun.

Kebaya Bali biasa dipakai atau dipadukan dengan rok batik. Apabila kamu mengenakan hijab, kamu bisa memilih kebaya bali dengan lengan panjang untuk tampilan yang lebih muslimah.

Beberapa model Kebaya Bali yang bisa kamu kenakan di hari wisudamu, antara lain:

  • Kebaya bali modern lengan pendek. Seperti kebaya bali yang lainnya, kebaya yang satu ini dilengkapi dengan obi yang dilengkapi dengan bros besar sehingga akan membuat lekuk tubuhmu makin indah. Kamu bisa menyesuaikan ukuran obi untuk mendapatkan tampilan pinggang dan perut yang lebih sempurna.
  • Kebaya bali modern kutu lengan 3/4. Kebaya bali modern kutu dengan lengan tanggung tersebut bisa kamu padukan dengan obi warna senada dengan lebayamu. Padukan kebaya lengan 3/4 ini dengan rok maupun celana untuk tampilan pada acara yang semi formal.
  • Kebaya bali kutu baru. Tekesan tradisional, Kebaya bali kutu baru biasanya memiliki modifikasi yang pas dan menjadikan kebaya model tersebut terlihat lebih elegan ketika dikenakan.
  • Kebaya bali model rangrang. Batik Rangrang merupakan salah satu batik yang cukup terkenal Indonesia dan masyarakat Bali menggunakannya sebagai bawahan saat mengenakan atasan kebaya. Model bawahan rok bisa dibuat sesuai dengan seleramu, kecuali model tulip, span, dan model lainnya. Kamu bisa mengenakan ikat pinggang dengan pola yang disesuaikan dengan jenis kebaya dan bentuk bawahan yang kamu pakai.
  • Kebaya Bali model lonceng. Memiliki ciri khas berupa bentuk lengan yang terlihat seperti lonceng, Kebaya Bali ini biasanya menggunakan hiasan bordir yang memiliki kesan anggun yang elegan.
  • Kebaya Bali model kimono. Baju kebaya model Kimono merupakan hasil modifikasi baju khas Jepang dan kebaya tradisional khas Indonesia. Model kebaya ini bisa kamu gunakan saat acara resmi, bahkan saat wisuda.

Kartini Modern

Sumber gambar contohbajukebaya.com

Menjadi salah satu pahlawan nasional sekaligus tokoh emansipasi wanita di Indonesia membuat baju Kartini menjadi sorotan khusus. Semasa hidupnya, R.A. Kartini identik dengan penampilan khas bangsawan Jawa, yaitu mengenakan kebaya tradisional dengan bordiran di bagian atas dan turun ke bawah.

Ternyata kebaya yang dipakai oleh beliau sangat menginspirasi banyak orang termasuk para desainer pakaian yang mengkreasikan model ini menjadi model kebaya modern saat ini.

Biasanya, kebaya kartini dikombinasikan dan dimodifikasi sedemikian rupa hingga menjadi sangat menarik. Konsepnya yang klasik biasa dipadukan dengan batik yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga terlihat cantik ketika dipadukan dengan riasan sanggul khas Jawa, bahkan hijab sekalipun.

Tak perlu khawatir, banyak para perancang busana maupun penjahit khusus kebaya yang mahir memodifikasi kebaya ini, jadi kamu akan merasa nyaman ketika memakainya.

Kebaya ini memang terkenal sebagai kebaya yang dipakai saat memperingati hari besar maupun hari spesial. Terutama saat momen kemerdekaan hingga acara wisudamu.

Kebaya tersebut memiliki desain yang sederhana dengan warna soft, seperti peach, pastel, tosca, dan warna lembut lainnya sehingga sangat bagus ketika dipadukan dengan potongan rok batik. Kombinasi ini bisa jadi pilihan yang tepat untukmu saat menghadiri acara wisuda.

Paduan konsep modern dan tradisional dari kebaya ini sangat kental apabila kamu memilih tambahan hiasan dan detail, seperti bris dan bordir. Kamu juga bisa mengombinasikannya dengan bawahan rok rampel yang akan membuatmu makin cantik.

Brokat Modern

Sumber gambar jual.store

Brokat adalah jenis kain yang diperkaya dengan dekorasi yang dibuat dari bahan sutera berwarna, dengan atau tanpa benang emas atau perak.

Berasal dati kata 'broccato' dalam bahasa Italia yang berarti 'kain yang disulam' atau 'broccare' dari bahasa Latin yang artinya 'menusuk atau kain yang ditusuk' ternyata brokat dapat disamakan dengan needle work.

Meskipun demikian, brokat jauh berbeda dengan renda atau lace dan bukan pula embroidery atau bordir.

Teknik pembuatan kain brokat sering disebut sebagai tenun sulam dengan menampilkan aneka pola rumit, seperti bunga, tanaman, atau unsur alam lainnya. Menjadi pelapis bahan utama dalam pembuatan busana, ternyata brokat memiliki tekstur yang keras dan gatal saat tersentuh kulit, sehingga harus dilapisi oleh kain lainnya supaya si pemakai tetap merasa nyaman.

Meskipun memiliki tekstur demikian, brokat tetap menjadi salah satu bahan yang kerap kamu temui sebagai bahan pembuat kebaya yang sangat cantik.

Kebaya brokat saat ini sudah banyak dibuat dan dipasarkan secara online maupun offline. Berbagai model bisa kamu dapatkan sesuai dengan keinginanmu. Kamu dapat memilih model kebaya brokat dengan simple short sleeve kemudian memadukannya dengan bawahan kain batik, untuk mendapatkan tampilan yang simpel dan menarik.

Untuk model yang lebih menarik, ada pilihan lain, yaitu kebaya cape. Hasil modifikasinya membuat kebaya tersebut terlihat sangat anggun, elegan, dan mewah saat dikenakan.

Kamu dapat memilih warna merah untuk tampilan yang sangat outstanding. Kebaya ini juga bisa kamu kenakan ketika bentuk tubuhmu cenderung lebih berisi dan besar.

Bahan brokat akan membuatmu terlihat makin langsing dan tinggi. Kamu dapat memilih kebaya brokat warna hitam untuk menyamarkan bentuk tubuhmu, memilih potongan kerah yang rendah, beri ruang transparan pada lengannya, dan padukan kebaya tersebut dengan bros berukuran besar di bagian bawah dada dan kain tenun tradisional untuk bawahannya.

Kebaya brokat sangat manis jika dijahit dengan detail tambahan berupa rampel. Bukan rampel sembarangan, melainkan bentuk rampel yang jatuh dan tak selebar peplum supaya bisa menyamarkan bentuk pinggangmu yang besar.

Selain dipadukan bersama dengan detail rampel, kebaya brokat juga bisa dikombinasikan dengan bahan satin. Kenakanlah atasan kebaya berbahan brokat dan bawahan kombinasi tersebut.

Kebaya Bordir

Sumber gambar www.model-kebaya.com

Bordir adalah teknik dalam menjahit yang sepertinya tak akan pernah ketinggalan zaman. Desainnya yang sangat bervariasi dan bisa dikenakan sesuai dengan kebutuhan, membuat pakaian bordir disukai oleh kaum remaja hingga wanita dewasa. Salah satu baju yang menggunakan teknik bordir adalah kebaya.

Kebaya bordir merupakan hasil pengembangan dari kebaya tradisional. Dengan mengambil corak atau motif brokat yang cukup unik membuat kebaya tersebut menjadi salah satu kebaya dengan ciri khas yang dikembangkan dan kini banyak sekali ragamnya.

Teknologi meskin tekstil yang berkembang pesat membantu para desainer untuk mewujudkan kebaya dengan bordir dengan berbagai corak, motif, warna, dan kualitasnya. Teknologi komputer membuat bordir bisa dilakukan lebih cepat dengan kapasitas produksi yang makin tinggi. Kamu mungkin bisa memesan bentuk dan pola bordir sesuai dengan keinginanmu.

Contoh kebaya bordir yang cukup terkenal akan keanggunannya adalah kebaya bordir bali dan bordir kudus. Tak kenal musim, kebaya bordir bali merupakan jenis kebaya yang memiliki corak yang bervariasi dan sulam bali yang terkenal akan bahannya yang lembut dan halus.

Biasanya kebaya tersebut akan menggunakan motif bunga khas Bali dan menggunakan kombinasi warna yang apik sehingga membuat kebaya bordir bali ini berada satu level di atas kebaya lainnya. Kamu dapat membeli kebaya ini di butik maupun rumah kebaya di Bali.

Kebaya bordir bali memiliki standar motif yang akan mempengaruhi harga jualnya. Dengan bordir motif minimalis, kamu bisa memesannya dalam waktu yang cukup singkat.

Hal ini akan berbeda jika kamu membeli kebaya bordir bali dengan motif yang rumit. Biasanya motif rumit akan membuat harganya cukup mahal karena proses pembuatannya yang memakan waktu.

Kebaya bordir kudus juga memiliki popularitas yang hampir sama dengannya. Kreasi dari kebaya bordir yang satu ini juga menghadirkan berbagai pilihan motif, salah satunya motif minimalis yang banyak dipilih para wanita karena harganya yang cukup murah. Kebaya bordir tersebut juga terasa nyaman saat dikenakan dan cukup fleksibel ketika dipakai bergerak.

Memiliki kesan yang lebih ringan dan warna bordir yang variatif membuat kebaya ini sangat cocok dikenakan oleh para remaja. Kamu juga bisa mengenakannya saat acara wisuda dengan bawahan, seperti kain, rok lebar, bahkan celana panjang.

Ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan saat membeli kebaya bordir siap pakai. Pertama adalah memilih model dan pola bordir yang menarik dan sesuai dengan bentuk tubuhmu, karena hal ini akan mempengaruhi tampilan saat kamu mengenakan kebaya bordir itu.

Kedua ialah perhatikan pola bordir pada kebaya. Umumnya kebaya atau gaun bordir yang siap pakai memiliki bordiran di beberapa bagian seperti kerah, bagian sekitar kancing, ujung lengan, dan lingkar kebaya paling bawah.

Kamu harus memastikan bahwa posisi bordiran sesuai dengan bagaimana yang kamu bayangkan, apakah hanya di kerah saja, atau di ujung lengan, sekitar kancing, atau malah ketiga-tiganya.

Rekomendasi Kebaya Simpel yang Bisa Langsung Kamu Beli

Salsabila Etnic Kebaya - Embroidered kutu baru Kebaya

Sumber gambar www.zalora.co.id

Salsabila Etnic Kebaya, brand kebaya online yang cukup terkenal saat ini memberikan banyak pilihan kebaya yang bisa kamu pilih untuk menghadiri acara wisudamu. Beberapa pilihan kebayanya, antara lain:

  • Salsabila Etnic Kebaya - Embroidered Kutu Baru Kebaya. Detail bordir bunga kontras dengan warna dasar kebaya yang hitam akan membuat tampilanmu sangat memukau. Dengan kerah berbentuk kotak, kebaya kutu baru tersebut dibuat menggunakan bahan dasar katun. Modelnya yang regular fit dengan kancing snap depan, kebaya embroidered ini tak dijual bersama dengan innernya. Salsabila Etnic Kebaya dengan Embroidered kutu baru kebaya ini bisa kamu pesan secara online di Zalora dengan harga Rp 314.300.
  • Salsabila Etnic Kebaya - Kebaya Cotton Bordir. Kebaya model encim dari Salsabila Etnic Kebaya merupakan salah satu model kebaya yang memadukan kebaya Betawi tradisional dengan aplikasi bordir warna senada yang membuat penampilanmu sangat menarik perhatian. Kamu bisa mendapatkannya secara online di website tokow.oketheme.com dengan harga Rp 349.000.

LUIRE by Raden Sirait - Kebaya

Sumber gambar www.vipplaza.com

Kebaya dari Luire by Raden Sirait bisa jadi rekomendasi menarik untukmu saat acara wisuda. Kebaya dengan model detail emboss dan colorfull dan kerah V neck ini hadir dalam pilihan warna hitam yang sangat elegan. Detail unlined dan kancing depan membuatmu sangat mudah ketika hendak mengenakannya.

Dengan material poliester jacquard, Kebaya Luire by Raden Sirait bisa dipesan secara online di Zalora. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp 574.950.

Selain Luire dengan detail emboss, beberapa rekomendasi kebaya Luire by Raden Sirait yang bisa kamu pilih yaitu Luire 2209B Cream. Kebaya wanita dengan material brokat warna cream dan cutting regular fit tersebut bisa jadi pilihan utama untukmu yang sedang bingung mencari kebaya untuk wisuda.

Dengan detail embellishment dan kancing tekan bagian depan, kebaya ini memiliki lengan 7/8 yang sangat nyaman ketika dikenakan. Sedikit ada perbedaan antara aksesoris pada kerah dengan yang ada di gambar. Kamu dapat memesannya secara online di website vipplaza.co.id dengan harga Rp 399.950.

Bhatara batik - Kebaya Ruth

Sumber gambar www.zalora.co.id

Kebaya warna solid memang salah satu andalan tampilan simpel saat acara wisuda. Dengan warna navy dan model kerah kotak, kebaya ini hadir dengan cutting regular fit. Berbahan dasar poliester dan tekstur lace, Kebaya Ruth dari Bhatara Batik bisa jadi pilihan kebaya yang cantik untuk acara wisudamu. Kebaya ini hadir dengan lengan 3/4 yang membuatmu praktis saat bergerak.

Atasan model kutu baru tradisional ini memiliki kualitas yang tinggi dengan desain lace yang cantik sehingga pas dikenakan untuk acara formal maupun non formal. Dijual secara online di Zalora, kamu bisa memesannya dengan harga Rp 269.500.

Meitavi's - Modern Kebaya Set

Sumber gambar www.zalora.co.id

Tak perlu khawatir dengan kain bawahan yang cocok untuk kebayamu karena Meitavi's menyediakan set kebaya modern. Kebaya ini hadir dengan model kebaya modern dan bawahan berupa rok maxi.

Dengan lengan 3/4, kebaya warna tosca dari Meitavi's dilengkapi dengan kerah V dan detail kancing depan. Menggunakan cutting regular fit, kebaya ini menggunakan poliester sebagai material utamanya.

Selain atasan, kebaya ini juga menyertakan rox maxi dengan motif etnik warna tosca. Rok maxi ini memiliki model mid rise unlined dan cuttung regular fit. Menggunakan material poliester, rok ini diberi karet elastis yang memudahkanmu saat mengenakannya. Kamu bisa membeli modern set kebaya ini dengan harga Rp 556.500 di Zalora.

DhieVine Batik - Sinok Parang Abang Kebaya

Sumber gambar www.zalora.co.id

Kebaya kutu baru warna merah dengan detail tekstur rubiah dengan warna yang sama menjadi tren saat ini. Dengan lengan pendek, kebaya ini hadir dengan tambahan kancing depan. Menggunakan cutting slim fit, kebaya bermaterial katun tersebut dilengkapi dengan batik tulis yang sangat cantik sebagai motifnya.

Variasi kebaya yang satu ini memiliki tekstur bahan yang lembut dan halus saat dipakai. Sinok Parang Abang Kebaya dari DhieVine Batik bisa kamu beli secara online melalui Zalora dengan harga Rp 479.000 atau di Qlapa seharga Rp 449.000. Kamu juga bisa membelinya di website Zilingo dengan harga Rp 359.000.

Benangsari - Rukmini Kebaya Top

Sumber gambar www.blibli.com

Rekomendasi Kebaya dengan detail bordir lengan panjang datang dari Benangsari. Hadir dengan koleksi Rukmini Kebaya, tampilanmu akan sangat feminin saat acara wisuda dengan kebaya lengan panjang ini. Menggunakan bukaan kait dan kancing depan, kebaya ini dilengkapi dengan bordiran warna senada.

Material utama Kebaya Rukmini adalah katun yang sangat nyaman ketika dikenakan. Kamu bisa membelinya secara online di Zalora maupun Blibli dengan harga Rp 331.500.


Lazuli Sarae - Batik on Denim Andamari Kebaya Salem

Sumber gambar www.zalora.co.id

Tak suka dengan model kebaya tradisonal yang itu-itu saja? Nah, Kebaya Lazuli Sarae bisa jadi pilihan untukmu. Batik On Denim Andamari Kebaya Salem ini memiliki model kutu baru dengan kombinasi bahan poly denim dengan motif bati tradisional.

Dengan warna salem, kebaya tersebut menggunakan material utama katun yang bisa dicuci menggunakan mesin maupun tangan. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp 375.000 di Zalora.

Batik Senawangi - Kebaya Bordir Nadya

Sumber gambar www.zalora.co.id

Kebaya yang cocok untuk melengkapi penampilanmu saat acara wisuda adalah Kebaya Bordir Nadya dari Batik Senawangi. Kebaya dengan potongan garis badan yang pas tersebut dihiasi dengan bordir motif bunga. Kebaya Bordir Nadya memiliki kerah dengan model V dan lengan 3/4 berbentuk lonceng. Detail tambahan kebaya ini adalah kancing kait di bagian depa dan kamisol. Kamu bisa membelinya secara online melalui Zalora dengan harga Rp 750.000.

JOYFULIE - Nancy Semi Kebaya

Sumber gambar www.zalora.co.id

Kebaya dengan bahan brokat burnout warna putih datang dari Joyfulie. Bertajuk Nancy Semi Kebaya, atasan ini memiliki model fitting oversized yang cocok dikenakan semua jenis bentuk tubuh. Kebaya brokat ini sangat cocok dikenakan saat acara formal karena tampilanmu akan terlihat sangat glamour. Dengan leher bentuk V, kebaya ini menggunakan model lengan 3/4 dan detail kancing depan yang dikenakan di plakat dalam.

Nancy Semi Kebaya tersedia dalam dua ukuran, yaitu S/M dan L/XL. Untuk detail ukuran S/M adalah 34 x 90 x 62 cm dan L/XL 36 x 100 x 64 cm. Bahan furing katun yang digunakannya akan membuat penampilanmu saat wisuda terlihat stunning.

Beberapa varian lain warna yang ada ditawarkan oleh Kebaya Joyfulie adalah ungu, pink, dan tosca. Kamu bisa memesannya dengan harga Rp 160.00 di website Zilingo dan Zalora dengan harga Rp 200.000.

Meitavi's - Lace Bowtie kutu baru

Sumber gambar www.zalora.co.id

Gemar dengan Kebaya modifikasi dengan aksen tambahan pita? Nah, Lace Bowtie kutu baru dari Meitavi's bisa jadi pilihan tepat untukmu. Kebaya model kutu baru dengan kerah v-neck dan model cutting regular fit tersebut dilengkapi dengan ikat pinggang velcro. Menggunakan material poliester.

Lace Bowtie kutu baru tersedia dalam beberapa warna, yaitu cream dan mint. Kamu bisa membeli Lace Bowtie Kutu Baru secara online di Zalora seharga Rp 450.000.

From our editorial team

Bangga Pakai Kebaya

Sebagai wanita Indonesia, kamu seharusnya bisa berbangga hati mengenakan kebaya di mana pun dan kapan pun. Busana tradisional ini sesungguhnya memamerkan sisi feminin sekaligus keanggunan wanita Indonesia. Di sisi lain, kebaya ini juga mencerminkan kepraktisan, berarti bahwa busana ini melambangkan wanita yang elegan, aktif, dan tentunya percaya diri.