Anggun dan Menawan dengan Mix and Match 8+ Jilbab untuk Kebaya di Hari Istimewa Kamu!

Anggun dan Menawan dengan Mix and Match 8+ Jilbab untuk Kebaya di Hari Istimewa Kamu!

Sumber gambar girlshijab.com

Kebaya, masih jadi salah satu busana yang dipilih oleh wanita Indonesia untuk menyemarakkan hari istimewa seperti acara wisuda atau pernikahan. Kebaya yang menyiratkan keanggunan pun dapat dipadupadankan dengan jilbab sehingga muslimah pun tetap bisa tampil tertutup. Berikut ini adalah tips juga rekomendasi jilbab untuk kebaya yang bisa jadi inspirasi kamu.

Jilbab untuk Kebaya, Ketika Ajaran Agama Berpadu Manis dengan Budaya

Sumber gambar pesonahijab.net

Kebaya telah menjadi salah satu identitas budaya nasional yang telah berubah seiring dengan perkembangan zaman. Kebaya identik dengan busana adat Jawa namun sekarang ini, kebaya telah menjadi salah satu busana nasional yang digunakan secara luas oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Kebaya sering digunakan untuk acara-acara formal seperti resepsi pernikahan.

Kebaya sebagai identitas budaya, saat ini mampu berasimilasi dengan budaya Islam yang identik dengan kain penutup kepala atau jilbab. Penggunaan kebaya saat ini, banyak yang mulai menyesuaikan dengan desain-desain yang lebih tertutup dan islami. Agar penampilan berkebaya menjadi maksimal, tentu kamu harus pintar-pintar memilih padu padan jilbab sehingga terlihat serasi dan anggun.

Tips Memilih Jilbab untuk Kebaya

Sumber gambar kevingreenwired.com

Saat ini, jilbab sudah dikategorikan sebagai salah satu item fashion. Banyak padu padan dan tutorial penggunaan jilbab yang beredari di internet. Ada baiknya kamu cek dulu tips-tips memilih jilbab untuk kebaya berikut ini.

Sesuaikan Jilbab dengan Model Kebaya

Sumber gambar aliexpress.com

Agar padu padan antara kebaya dan jilbab menjadi pas, kamu harus memperhatikan jenis, warna dan model kebaya yang akan kamu gunakan. Untuk padu padan kebaya, jilbab yang pas digunakan adalah jilbab dengan model segi empat. Jilbab model ini memiliki bentuk yang simpel, sehingga fokus perhatian akan tertuju pada kebaya yang kamu gunakan.

Sesuaikan juga jilbab dengan warna kebayamu agar tidak terkesan tabrak lari. Padu padankan warna kebayamu dengan warna yang lebih cerah atau warna netral apabila kebaya yang kamu gunakan memiliki warna yang gelap. Kamu juga bisa memilih jilbab dengan warna yang sama dengan kebaya yang kamu gunakan, agar tidak terlihat monoton, kamu bisa memilih padu padan rok batik dengan warna yang lebih gelap atau lebih terang.

Pilih Corak dan Warna yang Kalem untuk Tampilan yang Anggun

Sumber gambar bajukebaya.net

Memilih jilbab dengan warna senada atau memilih jilbab dengan kombinasi warna yang lebih terang atau gelap, membuat penampilanmu tidak terkesan tabrak lari. Jika bingun, kamu bisa memilih warna netral seperti hitam atau warna pastel seperti krem. Hindari mengombinasikan warna-warna mencolok seperti kuning dengan merah.

Ada baiknya memilih jilbab untuk kebaya dengan desain polos tanpa motif, hal ini untuk menghindari penampilanmu terlihat terlalu ramai karena kebaya yang kamu gunakan tentu telah dirancang dengan aksen payet maupun aksen cantik lainnya. Ada baiknya menonjolkan motif pada kebaya dan jilbab hanya sebagai aksesori yang melengkapi penampilan cantikmu.

Jangan Pakai Aksesori yang Terlalu Kontras dengan Busanamu

Sumber gambar busanamuslimodis.com

Kamu tentu ingin menggunakan aksesori seperti bros untuk mempercantik penampilan. Sebelum memutuskan menggunakan aksesori, ada baiknya kamu mempertimbangkan model kebaya yang kamu gunakan. Apabila kebaya yang kamu gunakan memiliki model yang sudah ramai dengan payet misalnya, sebaiknya tidak menggunakan aksesoris yang terlalu ramai.

Penggunaan aksesori yang terlalu berlebihan malah akan mengganggu penampilanmu bahkan bisa membuat kesan anggun dan elegan bisa menjadi hilang. Sebaiknya bermainlah dengan kombinasi warna jilbab dan kebaya dibandingkan dengan aksesori.

Kunci dan Tutorial Jilbab untuk Kebaya Sederhana, Simpel, dan Bisa Kamu Tiru

Sumber gambar etutorhome.wordpress.com

Agar penampilan di momen-momen istimewamu menjadi lebih maksimal, yuk cek tips dalam memilih jilbab untuk kebaya berikut ini.

Pilih Bahan yang Mewah Seperti Sutra, Satin, atau Sifon

Sumber gambar aliexpress.com

Bahan jilbab mampu membantu penampilanmu menjadi lebih maksimal. Kenali bahan-bahan jilbab yang kamu gunakan. Untuk padu padan terbaik, jilbab dengan bahan seperti sutra, satin, atau sifon bisa kamu coba sebagai padu padan kebayamu. Jilbab yang terbuat dari ketiga bahan tersebut mampu menonjolkan kesan mewah dan elegan.

Teksturnya yang lembut dan licin sangat cocok digunakan untuk padu padan item fashion formal seperti kebaya. Kombinasi bahannya yang halus sangat kontras dengan bahan kebaya yang cenderung kasar. Karakter bahannya yang jatuh membuat penampilannya terkesan lebih glamor dan cantik.

Jangan Lupa Memakai Ciput

Sumber gambar busanamuslimodis.com

Dalaman jilbab atau biasa disebut ciput dibutuhkan oleh muslimah berjilbab. Selain mampu menutupi rambut juga membantu penampilan menjadi lebih rapi. Ciput dapat membantu menahan jilbab dengan bahan yang licin agar tidak mudah merosot. Ada berbagai jenis ciput yang bisa kamu gunakan, mulai dari ciput berbentuk topi yang bisa membantu membentuk pinggiran jilbab, ciput bulat biasa, hingga ciput ninja yang mampu menutupi kepala dan leher.

Untuk memilih ciput, kamu juga perlu memperhatikan bentuk kerah kebayamu. Apabila kebaya yang kamu gunakan memiliki bentu kerah tinggi, ciput ninja akan membuat lehermu terasa sesak dan kamu akan cepat merasa gerah. Namun, ciput jenis ini cocok untuk jenis kebaya dengan potongan leher yang rendah, sehingga bagian leher dan dadamu bisa tertutup dengan sempurna.

Letakkan Ujung Jilbab di Kedua Sisi Kepala dan Sematkan dengan Peniti pada Sisi Kirinya di Belakang Telinga

Apabila kamu menggunakan jenis jilbab segiempat, ada banyak kreasi yang bisa kamu gunakan. Kreasi jilbab untuk kebaya yang pas adalah dengan tidak menyisakan kain menjuntai yang menutupi punggung maupun bagian dada. Kamu bisa mencoba model turban atau model segitiga dengan meletakkan bagian ujung jilbab ke bagian atas kepala. Agar tidak merosot, gunakan peniti mau pun jarum pentul kecil untuk mengikat ujung jilbab agar lebih rapi.

Terakhir, Sematkan Jarum Pentul atau Bros pada Jilbab yang Masih Menjuntai

Sumber gambar zipy.co.il

Untuk kesan formal yang rapi, kamu harus memperhatikan pemakaian jilbabmu. Ada baiknya, jilbab yang kamu gunakan terpasang rapi tanpa ada sisa kain yang menjuntai. Kamu bisa menarik ujung jilbab yang menjuntai ke bagian sekeliling leher. Kemudian gunakan peniti atau bros sebagai pengikat. Hal ini akan membuat penampilanmu lebih rapi dan pas untuk dilihat.

Rekomendasi 8 Jilbab untuk Kebaya Cantikmu

Sumber gambar redeftshibori.com

Di antara berbagai pilihan jilbab yang tersedia, berikut ini rekomendasi jilbab cantik untuk padu padan kebaya di hari spesialmu, yuk simak.

FROM HUBB Alisha Scarf

Sumber gambar hijup.com

From Hubb adalah salah satu merek busana muslim yang cukup populer dengan berbagai item fashion syar'inya. Kali ini From Hubb mengeluarkan koleksi jilbab yang cocok untuk dipadu padankan dengan kebaya cantikmu. Alisha Scarf From Hubb menawarkan desain minimalis yang klasik namun tetap cantik.

Terbuat dari bahan maxmara hermes yang diklaim memiliki kualitas premium. Bahan jenis ini memiliki karakteristik licin dan mengkilap. Dirancang dengan warna polos untuk kesan yang minimalis, jilbab ini menambahkan detail tassel di ujungnya sebagai pemanis. Dapatkan jilbab ini dengan harga Rp 149.900 melalui hijup.com.

All's Scarf Onic Square

Sumber gambar hijup.com

All's Scarf Onic Square hadir untuk kamu penggemar desain minimalis dari jilbab segiempat. Terbuat dari bahan casionic yang halus dan lembut, jilbab ini adalah padu padan yang pas untuk kebaya cantikmu. Bahan casionic memiliki keunggulan yang tidak mudah pudar sehingga warna jilbab akan selalu awet.

Jilbab ini memiliki dimensi ukuran 115 x 115 cm dan cukup lebar untuk menutupi bagian dada dan punggung. Tersedia berbagai pilihan warna cantik seperti baby pink, hitam, cokelat tua, abu-abu tua, merah marun tua, dan ungu tua. Jilbab cantik ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 75.000 melalui hijup.com.

ALLURA MSN01 Mint Green

Sumber gambar hijup.com

ALLURA MSN01 Mint Green yang dikeluarkan oleh Allura menonjolkan detail bunga yang sangat cantik dan unik di bagian ujung jilbab. Detail ini bisa membuat akses belakang jilbabmu terlihat berbeda dan menarik perhatian. Atau kamu bisa memindahkannya ke bagian depan, sehingga membuatnya terlihat seperti aksesori.

Terbuat dari bahan crepe yang halus dan mudah dibentuk, jilbab ini pas untuk padu padan kebaya cantikmu dengan warna netral seperti putih maupun pastel. Warna mint green yang diusungnya membuat penampilanmu tetap teduh dan segar. Jilbab unik ini bisa kamu dapatkan melalui hijup.com dengan harga Rp 185.000.

Angel Lelga by Itang Yunasz AL 263

Sumber gambar hijabenka.com

Siapa yang tidak mengenal kepiawaian seorang Itang Yunasz dalam merancang berbagai item fashion. Perancang busana yang telah berkecimpung di bidang fashion sejak tahun 1986 ini mengeluarkan koleksi jilbab yang diberi nama Angel Lelga AL 263. Jilbab segi empat ini dirancang dengan warna biru yang kontras dengan kombinasi motif floral warna hijau dan kuning tua yang pas dan selaras.

Terbuat dari bahan satin velvet yang halus dan mudah dibentuk, jilbab ini tidak licin dan tetap rapi walaupun kamu banyak bergerak. Kamu bisa mendapatkan jilbab cantik ini dengan harga Rp 299.000 di Hijabenka.

Dian Pelangi Jilbab Super Batik Abstrak

Sumber gambar hijup.com

Dian Pelangi adalah salah satu perancang busana muslim yang telah melanglang buana hampir ke berbagai pergelaran busana di seluruh dunia. Desain-desainnya telah mendapat pengakuan tak hanya di Indonesia, namun juga dunia internasional. Kali ini Dian Pelangi mengeluarkan koleksi Jilbab Super Batik Abstrak yang terbuat dari kain sutera yang super halus dan elegan.

Motif batik abstrak yang unik dan kontras dengan warna dasar yang diusung oleh jilbab ini, penampilan kamu akan terlihat cantik dan mewah. Dibuat dengan dimensi 110 x 110 cm, jilbab ini pas untuk kamu yang tidak terlalu suka jilbab yang terlalu lebar. Jilbab cantik ini bisa kamu dapatkan melalui hijup.com dengan harga Rp 325.000.

Cotton Bee Natalie Scarves - Dusty Pink

Sumber gambar hijabenka.com

Cotton Bee Natalie Scarves menawarkan jilbab model segi empat dengan pilihan bahan emboss premium yang unik. Motif bunga yang tercetak pada kain emboss memberikan akses unik yang elegan dan cantik untuk penampilan di hari istimewamu.

Jilbab ini tampil semakin unik dan cantik dengan tassel pada bagian ujungnya. Dibuat dengan dimensi ukuran 115 x 115 cm. Jibab ini cukup lebar untuk menutupi dada dan punggungmu. Dapatkan segera jilbab manis dan elegan ini melalui Hijabenka dengan harga Rp 117.600.

Alryasya Kayla Scarf Brown

Sumber gambar hijabenka.com

Alryasya Kayla Scarf Brown hadir untukmu penggemar jilbab dengan motif floral yang unik dan cantik. Dirancang dengan warna dasar abu-abu, jilbab ini memiliki kombinasi dual tone yakni merah muda dan kuning di bagian pinggir jilbab. Terbuat dari bahan maxmara yang dingin dan mengkilap, jilbab ini menonjolkan kesan elegan yang tidak hanya cantik namun juga mewah. Kamu bisa mendapatkan Jilbab mewah ini melalui Hijabenka dengan harga Rp 164.000.

Angel Lelga by Itang Yunasz AL 267

Sumber gambar hijabenka.com

Itang Yunasz kembali dengan seri kerudung Angel Lelga yang sangat cantik. Kali ini, desainer kawakan Indonesia ini mengeluarkan jilbab dengan seri Angel Lelga AL 267. Terbuat dari bahan satin velvet yang halus dan mengkilap, jilbab ini mampu menonjolkan aura mewah dan elegan dalam setiap penampilanmu.

Dirancang dengan motif bunga yang lembut serta garis warna ungu tua di bagian pinggir jilbab. Produk ini adalah salah satu produk yang wajib kamu miliki sebagai koleksi. Segera dapatkan koleksi jilbab dari Itang Yunasz ini melalui Hijabenka dengan harga Rp 223.000.

From our editorial team

Gunakan Magnetic Pin Supaya Jilbab Tidak Rusak

Jarum pentul atau peniti memang masih jadi andalan sebagian muslimah dalam mengencangkan hijab yang dikenakan namun jika kamu memakai jilbab dengan bahan halus seperti sutra atau satin, ada baiknya memakai magnetic pin. Saat ini, sudah banyak magnetic pin yang mudah dicari. Harganya memang agak tinggi karena tampilannya pun cantik tapi memakai magnetic pin untuk jilbab berbahan halus lebih aman karena tidak merusak serat kain.