10 Rekomendasi Barang Seserahan yang Bisa Dibawa untuk Acara Lamaran Nanti (2020)

10 Rekomendasi Barang Seserahan yang Bisa Dibawa untuk Acara Lamaran Nanti (2020)

Sumber gambar muamala.net

Barang seserahan menjadi syarat penting dalam beberapa adat pernikahan di Indonesia yang tak boleh ketinggalan saat acara lamaran nanti. Nah, kamu yang sebentar lagi akan melamar sang pujaan hati sudahkah menentukan daftar barang untuk isi seserahannya? BP-Guide juga punya nih, rekomendasi barang seserahan yang bisa kamu persiapkan.

Barang Seserahan dari Calon Pengantin Menjadi Salah Satu Tradisi Adat di Indonesia

Sumber gambar www.cepetnikah.com

Indonesia yang kaya budaya terdiri dari banyak adat istiadat yang berbeda pada setiap daerahnya. Setiap adat di Indonesia memiliki tradisi tersendiri yang terus melekat secara turun-temurun. Termasuk dalam acara pernikahan yang dalam rangkaiannya ada proses memberikan seserahan. Seserahan ini menjadi salah satu syarat dalam beberapa adat pernikahan di Indonesia dan diberikan pada saat lamaran.

Seserahan diberikan oleh pihak pengantin pria kepada pihak pengantin wanita dan ada pula yang sebaliknya. Barang seserahan menyimbolkan sebuah tanggung jawab pria kepada wanita yang akan dipersuntingnya. Memberikan seserahan ini juga memiliki makna mengikat gadis yang akan dinikahi. Untuk isi seserahan sendiri tidak ditentukan dan bisa berupa apa saja. Umumnya adalah berupa barang kebutuhan dan keperluan calon pengantin wanita itu sendiri.

Tradisi Memberikan Barang Seserahan Ini Dianut oleh Beberapa Suku di Indonesia

Suku Sunda

Meski memberikan seserahan ini menjadi tradisi di Indonesia, namun hanya berlaku pada beberapa suku adat. Salah satunya adalah adat sunda yang menyebut prosesi seserahan ini dengan 'neundeun omong' atau menyimpan omongan.

Prosesi ini dilakukan oleh pihak pengantin pria yang mendatangi pihak keluarga wanita dengan tujuan meminta izin untuk meminang dan menentukan tanggal lamaran. Saat lamaran itulah seserahan dibawa dan diserahkan kepada keluarga pengantin wanita. Isi seserahan bisa berupa perlengkapan ibadah, pakaian, alas kaki, kain batik, kebaya, perlengkapan mandi, kosmetik, dan masih banyak lagi.

Suku Jawa

Sumber gambar sarungpreneur.com

Dalam adat jawa, memberikan seserahan juga menjadi prosesi yang sangat penting. Seserahan melambangkan tanggung jawab pria kepada wanita yang akan ia nikahi. Benda yang dibawa untuk seserahan pun memiliki makna tersendiri yang berkaitan dengan kehidupan suami istri.

Barang kebutuhan wanita seperti pakaian, perhiasan, dan alat rias dimaksudkan agar calon istri senantiasa tampil cantik dihadapan suaminya. Sedangkan alas kaki menjadi simbol harapan untuk suami istri agar selalu sejalan dan sehati. Seserahan berupa jajanan pasar berbahan dasar ketan melambangkan harapan agar kedua pengantin nantinya dapat bersatu dalam pernikahan hingga maut memisahkan.

Untuk buah-buahan yang merupakan hasil bumi melambangkan doa dan kesejahteraan kehidupan pengantin agar menjadi berkah. Sementara pisang dan daun sirih ayu melambangkan kesejahteraan yang dibawa calon pengantin pria untuk calon pengantin wanita.

Suku Minang

Sumber gambar carigedungnikah.com

Dalam tradisi suku minang, seserahan dibawa pada prosesi lamaran yang disebut dengan 'maminang'. Namun karena suku minang menganut sistem matrilineal, maka yang membawa seserahan adalah pihak calon mempelai wanita kepada pihak calon mempelai pria. Isi seserahan yang wajib ada saat datang meminang adalah sirih pinang lengkap yang disusun di 'carano' atau dibawa dengan 'kampia'.

Makna dibalik sirih pinang ini menjadi simbol kearifan manusia yang penuh dengan kekurangan. Sehingga jika ada kekurangan yang terjadi maka perkara tersebut tidak seharusnya jadi bahan gunjingan. Sama halnya dengan rasa pahit dan manis yang terasa saat sirih dikunyah. Dalam prosesi 'maminang' juga ada yang namanya 'batuka tando' (bertukar tanda).

Benda yang dibawa untuk prosesi ini adalah benda pusaka yang mengandung nilai sejarah bagi keluarga, contohnya keris atau kain adat. Namun semua barang tersebut nantinya dikembalikan lagi pada acara resmi. Sementara barang-barang lainnya yang turut serta dibawa sebagai pelengkap seserahan adalah kue-kue dan makanan, dan barang lainnya.

Suku Bugis

Sumber gambar www.rumah.com

Di suku bugis juga ada prosesi seserahan yang dinamakan dengan 'erang-erang'. 'Erang-erang' ini diserahkan oleh pihak pengantin pria kepada wanita. Dalam seserahan suku bugis terdapat perhiasan lengkap yang dijadikan sebagai mahar. Sementara barang lainnya yang turut dibawa adalah barang perlengkapan kebutuhan sehari-hari.

Yang berbeda dalam prosesi seserahan suku bugis ini adalah yang membawanya justru bukan orangtua melainkan para gadis. Jumlahnya bisa mencapai 12 orang sesuai dengan banyaknya jenis seserahan. Makin banyak gadis yang membawanya maka makin tinggi pula status sosial calon mempelai pria. Dalam suku bugis 'erang-erang' bermakna hadiah calon mempelai pria untuk mempelai wanita.

10 Rekomendasi Paket Barang Seserahan untuk Acara Lamaran

Set Pakaian Dalam

Set pakaian dalam menjadi salah satu barang seserahan yang umum diberikan oleh pihak pengantin pria. Set pakaian dalam ini terdiri dari baju tidur, lingerie, dan set underwear yang nantinya dikemas dalam kotak dan dihias secantik mungkin.

Untuk produk pakaian dalam yang bisa dipilih adalah Luludi by Wacoal. Dalam satu paket seserahan ini terdiri dari panty midi dan bra cup busa sedang dengan mode cup 3/4 dan berkawat. Pada bagian cup juga terdapat lubang-lubang untuk sirkulasi udara sehingga bra nyaman dikenakan.

Harga Rp. 158.000-170.600

Peralatan Mandi

Isi seserahan juga bisa berupa peralatan mandi yang umumnya terdiri dari handuk, sabun, sampo, dan yang lainnya. Untuk barang seserahan yang satu ini pihak calon pengantin pria bisa bertanya lebih dulu kepada calon pengantin wanita mengenai merk produk yang biasa digunakan. Atau bisa juga dengan memberikan produk dengan kualitas terbaik.

Salah satu rekomendasinya adalah Bath and Body Work Body Wash. Body wash berkemasan 296 ml ini akan membersihkan dan menjadikan kulit lebih lembut. Kandungan cocoa butter, shea butter, dan minyak kelapa yang terkandung di dalamnya telah teruji klinis dalam melembapkan kulit.

Harga Rp. 159.000-631.000

Snack dan Kue

Barang seserahan yang juga bisa disertakan adalah snack dan kue. Kue yang menjadi primadona dalam seserahan adalah kue jenang, kue lapis, dan lemper. Kue tradisional ini dapat ditemukan dengan mudah pada penjual jajanan tradisional. Sementara untuk snacknya ada Ina Cookies Reguler - Kue Lebaran Nastar Kastengel Putri Salju Bandung.

Kue kering buatan Ibu Ina Wiyandini ini sangat terkenal di Bandung dan sudah ada sejak 1994. Bukan hanya karena kemasannya yang menarik dan unik, tapi juga bentuk dan rasa kuenya yang enak dan memikat. Kue kering ini tahan disimpan lama meski tanpa tambahan pengawet. Kue juga dibuat dari bahan-bahan berkualitas dan dijamin halal. Untuk varian kue kering dan pilihan rasanya pun juga banyak.

Harga Rp. 79.000-95.000

Bumbu Dapur

Bumbu dapur menjadi barang seserahan yang menjadi simbol pengingat akan kehidupan rumah tangga yang penuh dengan suka dan duka, pahit dan manis. Nah, paket bumbu dapur yang bisa dijadikan seserahan unik ini adalah Paket Bumbu Marite and Seasoning.

Bumbu dapur premium ini dapat digunakan untuk 10 kg daging wagyu yang terdiri dari garlic (cheese, original, salt), herbs (thyme, rosemary), chili flakes/powder, black pepper (coarse ground), dan pink salt.

Harga Rp. 1.392.000-1.680.000

Set Kosmetik

Set kosmetik juga menjadi barang seserahan yang biasanya ada dalam deretan barang seserahan lainnya. Set kosmetik ini bisa berupa make up tools, eyeliner, lipstik, bedak, eye shadow, blush ion, mascara, dan yang lainnya. Set kosmetik ini nantinya juga dimasukkan ke dalam kotak dan dihias dengan tambahan pita agar terlihat cantik.

Produk kosmetik yang bisa dijadikan sebagai seserahan adalah paket Wardah Lightening yang satu setnya terdiri dari 6 produk. Yakni milk cleanser, face toner, facial scrub, gentle wash, day cream, dan night cream. Paket lightening dari Wardah ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkkan wajah agar terlihat putih alami, merona, dan bersinar.

Harga Rp. 135.000-369.000

Set Pakaian

Set pakaian juga menjadi barang seserahan yang tak boleh dilewatkan. Set pakaian wanita dalam seserahan mengandung makna agar kedua calon pengantin dapat menyimpan rahasia rumah tangga dengan baik. Untuk jenis pakaian yang diberikan bisa berupa baju kerja, baju pesta, baju tidur, dan pakaian lainnya.

Namun dalam adat jawa pakaian yang dimaksud berupa bahan kebaya dan kain batik. Baju atasan batik yang bisa dijadikan seserahan adalah Adikusuma by Arjuna Weda Blouse Batik Abstrak. Blus batik print ini memiliki model leher bentuk kotak dan bagian depannya ada kancing. Blus motif tenun dengan detail tali ikat ini terbuat dari bahan katun prima yang ringan, tidak stretch, dan tidak transparan.

Harga Rp. 105.800-132.250

Tas

Tas juga menjadi bagian dari barang seserahan dari calon pengantin pria yang mengandung makna bawa pengantin pria mampu untuk memenuhi segala keperluan calon istrinya nanti. Tas yang bisa dijadikan pilihan adalah Gykaco Neola yang merupakan tas ransel wanita yang terbuat dari kulit sintetis.

Backpack model serut ini menggunakan pembuka flap bermagnet. Tas terdiri dari 1 kompartemen utama, 1 slot beritsleting untuk gadget, dan 2 slot tanpa ritsleting. Tas juga dilengkapi dengan top handel, strap bahan kulit yang bisa diatur dan detail signature logo plate. Tas cantik ini memiliki ukuran 31 x 20 x 5 cm.

Harga Rp. 235.000-365.000

Perlengkapan Ibadah

Barang seserahan yang umumnya selalu disertakan adalah perlengkapan ibadah. Seserahan yang satu ini mengandung harapan agar calon pengantin selalu berpegang teguh pada nilai agama dalam menjalankan kehidupan rumah tangga.

Bagi pengantin muslim, isi seserahan berupa sajadah, mukena, al-quran, dan tasbih. Salah satu pilihan mukena yang bagus untuk seserahan adalah Rabbani - Mukena Dewasa Camelia. Bahan mukena terbuat dari poliester dan tidak bermotif namun tetap terlihat elegan.

Harga Rp. 305.830-341.810

Buah-buahan

Buah-buahan yang menjadi barang seserahan mengandung makna agar pernikahan kedua calon pengantin membawa berkah untuk keluarga dan orang-orang di sekitarnya. Buah yang umum dibawa saat seserahan adalah pisang, jeruk, pir, apel, dan anggur. Namun bisa juga ditambahkan atau diganti dengan jenis buah lainnya.

Paket buah untuk seserahan yang bisa dipilih adalah Limited Parcel Buah Keranjang oval M yang berisi sekitar 20-22 buah. Untuk jenis buahnya ada apel merah USA, apel fuji, pear yakli, pear xianglee, pear korea, buah naga, anggur, dan jeruk. Untuk beberapa buah yang sedang tidak musim bisa diganti dengan buah lainnya.

Harga Rp. 192.000-232.500

Perhiasan

Barang seserahan yang biasanya juga diberikan adalah perhiasan. Perhiasan ini menjadi simbol agar nantinya calon pengantin wanita selalu bersinar sepanjang kehidupannya. Serta tidak membuat kecewa keluarganya kelak. Perhiasan yang diberikan bisa berupa cincin, kalung, anting, liontin, dan gelang.

Pilihan perhiasan yang bisa dibawa untuk seserahan adalah Aeroculata Bamboo Necklace Kalung Huruf Inisial Kalung Emas Silver. Liontin berbentuk huruf inisial ini unik dan bertekstur karena terinspirasi dari bentuk bambu.

Ukuran liontin 1.5 cm dengan panjang rantai 40 cm yang bisa disesuaikan. Material kalung dari bahan kuningan dilapis emas 18k (gold plated). Kalung liontin ini tidak mudah pudar, hitam, dan berkarat asalkan tidak terkena lotion atau parfum.

Harga Rp. 322.000-857.000
From our editorial team

Yuk, Segera Lengkapi Barang Seserahan untuk Acara Lamarannya!

Barang seserahan yang akan dibawa pada acara lamaran harus disiapkan dari jauh-jauh hari. Tujuannya agar semua sudah tersedia pada hari H tanpa ada yang ketinggalan. Menyiapkan barang seserahan dari jauh-jauh hari juga memberikan banyak waktu untuk menghias barang seserahan agar terlihat cantik.