Tampil Anggun dan Elegan di Berbagai Acara dengan 10 Rekomendasi Kebaya Hijab (2020)

Tampil Anggun dan Elegan di Berbagai Acara dengan 10 Rekomendasi Kebaya Hijab (2020)

Baju kebaya memang sudah jadi baju andalan para wanita untuk aneka acara formal. Diundang pesta, acara keagamaan, hingga hari besar tertentu, kebaya sangat tepat jadi pilihan. Untuk yang berhijab, jangan ragu pakai kebaya karena ada banyak kok baju kebaya untuk kamu yang berhijab. Nah, simak cara memilih kebaya hijab dan juga rekomendasinya dari kami!

Kebaya Cocok Jadi Busana Andalan Saat Acara Resmi

Kebaya bukanlah jenis fashion yang baru kita ketahui. Ini merupakan busana nasional wanita Indonesia. Penetapan kebaya sebagai busana nasional terjadi di lokakarya Jakarta pada tahun 1978. Kala itu kebya pendek yang dikombinasikan kain batik panjang lengkap dengan selendang dan sanggul telah disetujui oleh perwakilan seluruh provinsi di Indonesia sebagai busana nasional.

Dulu, kebaya digunakan dalam keseharian. Namun, seiring masuknya tren busana barat, pemakaian kebaya pun mulai tergeser. Kebaya bahkan sempat dilupakan karena dinilai ribet pemakaiannya untuk keseharian.

Para desainer pun mulai kembali menghidupkan gairah memakai kebaya pada para anak muda. Kebaya dibuat sedemikian rupa sehingga kesannya lebih modern dan pemakaiannya tidak terlalu ribet. Variasi dan model kebaya mulai berkembang dari waktu ke waktu. Pilihan warna dan pilihan bahan kebaya pun makin variatif. Ini membuat kebaya jadi muali dilirik banyak orang untuk dikenakan kembali. Namun, penggunaan kebaya saat ini lebih ke pada saat acara-acara khusus saja.

Bukan hanya mereka yang tidak berhijab yang memakainya. Wanita muslim berhijab pun bisa memakai kebaya. Tentunya, model kebayanya disesuaikan dengan pakem baju syar’i. Ini membuat baju kebaya makin banyak variasinya. Bahan untuk kebaya muslim pun beragam, tidak harus dari brokat atau bahan kebaya pada umumnya yang tebal dan gerah. Dengan maki banyaknya variasi kebaya, tidak heran jika kebaya jadi pilihan banyak orang di berbagai kesempatan.

Tips Memilih Kebaya untuk Muslimah

Sesuaikan dengan Bentuk Tubuh

Saat memilih kebaya untuk muslimah, pastikan yang sesuai dengan bentuk tubuh. Setiap orang memiliki bentuk tubuh berbeda, maka dari itu harus dipilih yang sesuai modelnya agar bisa menutupi kekurangan tubuh. Selain itu, penyesuaian model dan ukuran kebaya dengan bentuk tubuh juga berfungsi agar kebaya bisa menutup tubuh dengan baik sesuai dengan anjuran agama. Ini guna menghindari kebaya yang menonjolkan bentuk tubuh sehingga penampilan tetap syar’i.

Bagi yang bertubuh besar bisa memilih kebaya dengan motif melebar atau jarang. Hindari juga kebaya dengan banyak payet. Cukup pilih kebaya yang memiliki detail pada bagian tertentu seperti pada bagian kerah atau bagian tengah dengan bentuk yang merapat. Untuk kerahnya pilih yang berkerah V. Pilih kebaya warna biru navy, maroon, hijau botol, atau krem untuk pilihannya supaya bisa memberi kesan langsing pada tubuh.

Untuk pemilik tubuh lurus bisa memilih kebaya dengan banyak detail di bagian pinggul. Pilih saja kebaya panjang dengan detail hingga ke bawah. Sebaiknya jangan memakai kebaya dengan detail pada pundak dan leher karena bisa membuat tampilan makin terkesan kurus.

Selanjutnya, bagi pemilik tubuh atletik dengan bagu lebar, sebaiknya memakai kebaya dengan garis leher yang menutup hingga ujung bahu. Kamu bisa juga memakai kebaya dengan aplikasi atau detail di bagian pinggul. Pilih bahan yang memiliki detail sederhana sehingga tidak terlalu menonjolkan kekurangan tubuh.

Untuk kamu yang memiliki tubuh mungil berisi bisa kenakan kebaya yang warnanya senada dengan warna hijab. Hindari kebaya yang memiliki banyak detail pada leher karena bisa berkesan semakin pendek. Sementara bagi yang memiliki perut besar, misalnya sedang hamil, maka bisa memakai kebaya dengan model baby doll sehingga bisa menyamarkan perut yang tengah membesar.

Untuk yang memiliki tubuh model pir maka wajib menghindari kebaya dengan detail terlalu banyak di bagian pinggul. Hindari juga model duyung karena bisa membuat area belakang kamu terkespos dan terkesan makin besar.

Nah, untuk kamu yang memiliki tubuh bentuk apel, pilih kebaya dengan potongan simpel dan pas badan. Gunakan kebaya yang tidak terlalu panjang agar tubuh tidak terkesan terlalu pendek. Pilihan warna seperti hijau muda, ungu muda, dan broken white bisa jadi pilihan terbaik.

Pastikan Bahannya Nyaman

Saat memilih kebaya untuk muslim alias kebaya hijab, maka pastikan bahannya tepat. Bahan kebaya sekarang ini beraneka ragam. Kamu bisa pilih bahan yang nyaman digunakan dalam berbagai cuaca. Pastikan bahannya cepat menyerap keringat dan tidak bikin gerah. Ini akan nyaman kamu gunakan meski kamu tengah berhijab. Jangan lupa pilih bahan yang lentur sehingga kamu bisa bergerak bebas dengan nyaman. Pilih bahan yang ringan dan sejuk sehingga kamu tidak akan terganggu dengan keringat meski aktivitasmu padat.

Pilih Warna yang Tepat

Pemilihan warna dalam kebaya juga sangat penting diperhatikan. Memang sih, kita bebas berkreasi dan memilih warna favorit kita saat memakai kebaya. Namun, tidak ada salahnya juga mengetahui warna apa yang cocok untuk setiap suasana. Ini supaya tampilan kamu tetap stand out.

Bagi yang ingin tampil dengan kesan kalem bisa memilih pilihan warna netral atau warna-warna pastel yang lembut. Di lain kali, kamu boleh juga mencoba warna cerah seperti merah, kuning, biru, dan lainnya. Saat memakai warna yang cerah, pastikan tidak bertabrakan dengan warna bawahan atau kerudung yang digunakan agar tidak terkesan aneh.

Jika ingin tampil elegan, kamu bisa gunakan warna hitam, ungu tua, atau marun. Pilihan warna ini bisa memberikan kesan elegan, menawan, dan formal. Namun, jika ingin memperkuat kesan feminin nan lembut, pilih saja warna baby pink, krem, cokelat muda, ataupun beige.

Hindari Aksesori yang Berlebihan

Saat memilih kebaya sebaiknya hindari aksesori yang berlebihan. Saat menghadiri undangan yang formal mungkin kita ingin tampil maksimal dengan menambahkan aksesori. Boleh saja asalkan tidak berlebihan. Jika aksesori berlebihan, jatuhnya malah terlalu ramai dan ribet. Pilih aksesori yang sekiranya bisa membuat tampilan makin manis, seperti bros misalnya. Pilih warna yang universal untuk aksesorinya seperti putih atau silver dan gold. Kedua warna ini akan menyatu dengan aneka warna kebaya dan hijab yang kamu gunakan.

Sesuai Syariat Agama

Pastikan kebaya hijab yang kamu gunakan sudah sesuai dengan syariat agama. Hijab memang sering merujuk pada kerudung para wanita muslim. Namun, dalam ilmu islam, hijab baisanya merujuk kepada tata cara berpakaian yang pantas dan tentunya sesuai dengan tuntunan agama.

Jika hendak memakai kebaya hijab, maka sebaiknya disesuaikan dengan syariat agama. Kebaya harus bisa memberi rasa nyaman, melindungi diri dari tatapan orang, tidak ketat, tidak tipis, dan bisa menutup bagian tubuh yang merupakan aurat.

Padukan kebaya yang digunakan dengan jilbab yang menutup dada. Gunakan hijab bahan sifon double layer, atau bahan lainnya. Ini agar hijab tidak menerawang saat digunakan. Hijab digunakan untuk melindungi kecantikan kamu jadi jangan khawatir untuk tidak terlihat cantik saat sedang memakai hijab, ya.

Ini Dia Rekomendasi Kebaya Hijab untuk Kamu

Kebaya Babydoll Busui Brukat Corneli Timbul Busui SERAGAM KONDANGAN WISUDA

Kebaya Babydoll Busui Brukat Corneli Timbul Busui bisa jadi pilihan pertama kamu. Produk yang satu ini terbuat dari bahan brokat corneli tulang yang tebal dan timbul. Kebaya hijab ini sudah dilapis dengan full furing sehingga tidak menerawang dan nyaman digunakan. Produk ini hanya dijual atasannya saja tidak termasuk rok.

Bajunya memiliki resleting depan sehingga mudah digunakan. Ini juga akan memudahkan para ibu menyusui. Ukuran bajunya allsize fit to L dengan lingkar dada 100 cm. Produk ini memiliki panjang bagian depan 70 cm dengan panjang belakang 82 cm. Ada pilihan warna hijau, marun, navy, moca, abu-abu, dan dusty.

Harga Rp. 82.000-140.000

Set kebaya kurung brokat tulle safira 6

Set kebaya kurung brokat tulle safira 6 Set kebaya kurung safira menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini terbuat dari bahan tulle yang berkualitas tinggi. Kebaya hijab ini model kurung. Lengannya panjang dan nyaman digunakan. Produk ini tersedia dalam ukuram M hingga 3 L. Rok pada busana ini modelnya plisket sehingga terkesan anggun. Kamu bisa memilih pilihan warna krem, gold, abu-abu, cokelat susu, hijau, dusty, rose gold, marun, dan navy.

Harga Rp. 66.500-416.000

Kebaya Tunik Modern /Stelan Kebaya Tunik Muslimah / Kebaya Tunik Busui/ Kebaya Tunik Pesta

Berikutnya, ada Kebaya Tunik Modern /Stelan Kebaya Tunik Muslimah / Kebaya Tunik Busui/ Kebaya Tunik Pesta. Kebaya hijab ini nyaman digunakan untuk berbagai acara. Modelnya keren yakni model kartini dengan bukaan depan sehingga ramah untuk ibu menyusui. Atasan kebaya ini terbuat dari bahan tulle bordir dengan full furing bahan kaos yang cepat menyerap keringan dan nyaman digunakan. Ada ukuran M hingga 2L yang tersedia.

Produk ini juga dilengkapi dengan rok. Bagian bawahannya modelnya instan siap pakai. Terbuat dari bahan silk, roknya nyaman digunakan. Model roknya plisket dengan pinggang karet. Ukuran roknya allsize jadi nyaman digunakan.

Harga Rp. 155.000-387.000

Kebaya Kartini brokat Floy / Kebaya Kartini Busui Modern / Kebaya Muslimah / Kebaya Kondangan

Kebaya Kartini brokat Floy / Kebaya Kartini Busui Modern / Kebaya Muslimah / Kebaya Kondangan adalah rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini bagian atasannya terbuat dari bahan brokat yang anggun dan elegan. Atasannya lengan panjang dan sudah full furing. Ada resleting depan jadi bisa untuk ibu menyusui. Produk ini tersedia dalam ukuran M hingga 2 L.

Untuk bawahannya ada rok instan siap pakai. Bawahannya terbuat dari bahan silk yang nyaman digunakan. Dengan detail plisket, roknya keren dan manis. Ada karet di bagian pinggang. Ukuran roknya allsize.

Harga Rp. 133.000-387.000

3in1 Set Kebaya Jenita Brukat Corneli Cord Tulang

3in1 Set Kebaya Jenita Brukat Corneli Cord Tulang adalah pilihan keren berikutnya untuk kamu. Produk yang satu ini dijual satu set lengkap. Dalam satu set terdapat outer cape, blus brukat, dan rok lilit. Atasannya berbagah brukat cord tulang cornelli non glitter yang tebal. Blusnya allsize dengan lingkar dada 95 cm dan panjang depan 55 cm. Blusnya tanpa furing.

Outer capenya terbuat dari bahan brukat dengan panjang depan 45 cm dan panjang belakang 50 cm. Rok lilitnya terbuat dari bahan silk prada mewah yang adem. Roknya lebar dengan panjang 100 cm dan ada aksesori berupa ring. Roknya allsize sehingga bisa digunakan untuk ukuran S hingga XL.

Harga Rp. 91.000-154.000

Kebaya Kartini Floy Brukat Tulang Glitter Set Batik Kebaya Wisuda Brokat Timbul

Kebaya Kartini Floy Brukat Tulang Glitter Set Batik Kebaya Wisuda Brokat Timbul adalah pilihan keren lainnya. Produk yang satu ini terbuat dari bahan brukat cord tulang glitter tebal. Ini membuat bajunya tampak mewah. Produk ini sudah dilapisi furing sehingga tidak menerawang. Atasannya memiliki resleting belakang. Panjang atasannya 65 cm dengan lingkar bahu 45 cm dengan panjang lengan 7/8. Ukuran atasannya allsize dengan lingkar dada 105 cm.

Produk ini bisa dibeli atasannya saja atau bisa juga dengan rok. Bahan bawahannya adem dan nyaman digunakan. Produk ini cocok digunakan untuk berbagai acara dan suasana.

Harga Rp. 75.000-195.000

SET SAFITRI KEBAYA PREMIUM + ROK BATIK BRUKAT SERAGAM KONDANGAN WISUDA

SET SAFITRI KEBAYA PREMIUM + ROK BATIK BRUKAT SERAGAM KONDANGAN WISUDA tentu bisa jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini terbuat dari bahan brukat gerigi triming tebal. Atasannya sudah dilapis dengan full furing sehingga tidak akan menerawang saat digunakan. Produk ini memiliki tangan sepanjang 55 cm dengan panajng tunik 90 cm. Ukurannya all size dengan lingkar dada 102 cm.

Roknya terbuat dari bahan batik silk prada semi sutera yang mengkilap. Ini membuat roknya tampak elegan saat dipakai. Ada karet pinggang pada roknya. Panjang roknya adalah 95 cm.

Harga Rp. 109.500-213.000

Tunik Brukat Corneli Gliter

Tunik Brukat Corneli Gliter adalah pilihan keren berikutnya yang sayang untuk dilewatkan. Produk ini dijual tanpa bawahannya. Atasan kebaya ini terbuat dari bahan brukat cord tebal. Atasan ini sudah dilapis dengan full furing sehingga tidak menerawang saat dipakai. Produk ini memiliki panjang tangan 55 cm. Ukuran produk ini adalah all size dengan lingkar dada 102 cm.

Harga Rp. 79.000-160.000

Gamis Pramitha Brukat Tille Maxi Dress Gamis Pesta Kebaya Kondangan Seragam Wisuda

Gamis Pramitha Brukat Tille Maxi Dress Gamis Pesta Kebaya Kondangan Seragam Wisuda menjadi rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini terbuat dari baha brukat tille mutiara dan glitter premium. Ini membuat atasannya terlihat sangat elegan. Produk ini sudah full furing dengan bahan mosscrepe yang tebal dan mewah. Ukurannya adalah fit to XL dengan lingkar dada 102 cm. Produk ini memiliki resleting belakang. Bagian bawahnya modelnya rempel sehingga terkesan elegan.

Harga Rp. 115.000-210.000

Maxi Elsa Brukat Tulle Bordir Gamis Pesta Lebaran Mewah 8 Warna Brokat Moscrepee

Maxi Elsa Brukat Tulle Bordir Gamis Pesta Lebaran Mewah 8 Warna Brokat Moscrepee adalah rekomendasi terkahir kami. Produk yang satu ini terbuat dari bahan mosscrepe premium yang dikombinasikan brukat tulle bordir glitter. Ukurannya adalah allsize fit L dengan lingkar dada 100 cm. Panjang bajunya adalah 130 cm. Ada resleting belakang pada produk ini. Panjang tangannya 55 cm dengan lingkar lengan 45 cm. Bagian bawahnya model maxi semi duyung.

Harga Rp. 115.000-187.000
From our editorial team

Sesuaikan Kebaya dengan Acara yang akan Dihadiri

Saat memilih kebaya hijab, tentunya kamu wajib memikirkan dulu acara apa yang akan kamu hadiri. Sesuaikan kebaya hijab yang kamu pakai dengan konsep acara yang akan dihadiri. Mulai dari model hingga warna kebaya hijab patut disesuaikan dengan waktu terselenggaranya acara, pagi, siang, atau malam. Lalu perhitungkan juga lokasi acaranya outdoor atau indoor agar kamu bisa memilih bahan yang nyaman untuk kebayanya. Dengan berbagai pertimbangan tersebut, tentunya kamu siap tampil elegan dengan kebaya hijabmu.