Tetap Fashionable dan Keren dengan 10 Rekomendasi Rok Wanita Kekinian untuk Hijaber (2020)

Tetap Fashionable dan Keren dengan 10 Rekomendasi Rok Wanita Kekinian untuk Hijaber (2020)

Sumber gambar muslim.okezone.com

Kepopuleran busana muslim untuk wanita sudah tidak perlu diragukan lagi. Ada banyak outfit untuk hijaber yang selalu trendi dan fashionable. Seperti outfit bernama rok, sekarang ini kamu tidak usah bingung lagi jika ingin berpenampilan syar'i namun tetap kekinian. Yuk, cek dulu artikel dari BP-Guide berikut ini!

Rok akan Membuat Tampilan Para Wanita menjadi Lebih Anggun

Sumber gambar https://www.pexels.com/

Bagi wanita, penampilan yang rapi dan anggun akan menambah kepercayaan diri. Apalagi untuk wanita-wanita karir, penampilan ini akan menunjukkan profesionalitas dalam bekerja. Salah satu yang menonjolkan keanggunan wanita adalah rok. Biasanya, untuk tampilan profesional, rok sering menjadi pilihan.

Walaupun begitu, banyak juga rok-rok yang bisa kamu pakai untuk suasana santai atau aktivitas-aktivitas yang bersifat informal. Tentunya hal ini bergantung pada model dan jenis rok yang kamu pakai beserta outfit pasangannya. Untuk bermain ke pantai misalnya, lebih baik mengenakan rok yang terbuat bahan sifon yang ringan dengan model lebar, sehingga tidak gerah ketika dipakai.

Kamu juga perlu memadukan rok-rok favorit kamu dengan atasan yang cocok sesuai aktivitas yang ingin kamu jalani. Tidak perlu takut ribet memakai rok saat beraktivitas, asal kamu memilih rok yang tepat, pastinya rok ini tidak akan menyulitkan gerakmu dan kamu juga tetap mendapat penampilan yang anggun.

Yuk, Intip Anggunnya Para Pesohor dengan Rok Mereka

Zaskia Adya Mecca

Siapa yang tidak kenal dengan artis Zaskia Adya Mecca? Istri dari sutradara Hanung Bramantyo ini mempunyai gaya yang modis dan mampu memadumadankan outfit yang ia kenakan dengan baik.

Pilihan outfit salah satu pemain Ayat-ayat Cinta ini menggunakan konsep kasual dengan rok yang berkesan feminin. Model ini membuat gaya Zaskia menjadi cukup unik dan menarik untuk dijadikan inspirasi kamu dalam bergaya pada keseharian kamu. Misalkan saja, perpaduan antara maxi skirt dengan jaket kedodoran ala street style.

Rok hijab sederhana yang dipopulerkan oleh artis satu ini sekarang menjadi pilihan untuk para traveler berhijab. Model yang simpel dengan bahan yang jatuh dan ringan membuat rok panjang ini tetap nyaman dikenakan walaupun aktif bergerak selama traveling.

Dwi Handa

Sumber gambar https://www.idntimes.com

Inspirasi gaya rok yang bisa kamu ikuti berasal dari selebgram, Dwi Handa. Influencer fashion hijab ini memiliki gaya yang anggun dengan kemampuan untuk mix and match yang keren. Sehari-harinya selebgram ini senang memakai rok, baik dalam situasi formal atau informal.

Kalau Zaskia lebih bersifat kasual, selebgram satu ini lebih memilih konsep urban style yang stylish dan elegan. Kamu bisa lihat gayanya dengan kemeja yang dikeluarkan setengahnya berpadu apik dengan rok plisket berwarna serasi dan jilbab floral dengan warna agak gelap. Atau perpaduan kemeja dengan rok tutu panjang dipadu dengan jilbab berwarna cerah.

Untuk acara formal, seperti kondangan, selebgram satu ini juga sering memakai kebaya-kebaya yang dipadu dengan gaya urban. Misalnya saja kebaya berbahan brokat yang modelnya menyerupai ponco sebagai outer, dipadu dengan dalaman dengan warna putih dan rok batik yang serasi atau kebaya model peplum dengan rok lilit bermotif batik.

Zaskia Sungkar

Sumber gambar https://www.popbela.com

Artis yang satu ini mempunyai kiprah cukup luas di dunia fashion. Ia pernah terlibat dalam ajang fashion dunia di New York dan bahkan menjadi Brand Ambassador produk kosmetik lokal. Mengingat reputasinya ini saja, kamu tentu bisa membayangkan bahwa fashion style yang dikenakannya selalu stylish dan modis.

Zaskia Sungkar ini juga salah satu selebriti yang suka mengenakan rok sebagai ciri khasnya. Dengan berbagai variasi, Zaskia Sungkar mampu memberikan kesan fresh. Lihat saja gayanya ketika mengenakan coat bermotif plaid dengan rok plisket berpotongan a-line yang membuatnya terlihat anggun tetapi juga tampak profesional berpadu dengan pashmina hitam yang ditata dengan modis.

Sekalipun sekarang berhijab, Zaskia Sungkar tetap menjaga penampilannya untuk tetap modis. Dengan gabungan warna-warna berani yang diseimbangkan dengan warna netral yang kalem, sahabat dekat Laudya Cynthia Bella ini berhasil memberikan penampilan yang sedap dipandang mata.

Model Rok Wanita Kekinian untuk Berbagai Suasana

Rok Lilit

Sumber gambar https://www.idntimes.com

Kalau kamu sering menghadiri pesta pernikahan, kamu pasti sering melihat rok model ini berseliweran. Tampaknya, sudah ada kesepakatan bagi para pecinta mode bahwa rok lilit ini cocok pada event-event formal. Wajar saja, lipatan-lipatan yang tercipta dari rok yang dililit ini memang memberikan keanggunan yang sophisticated buat para pemakainya.

Selain itu, cara memasangnya pun cukup mudah. Kamu tinggal melilitkan ujung kain yang satu dengan ujung kain yang lain di bagian pinggangmu. Pastikan lipatan-lipatan di bagian depan tampak rapi dan kamu pun telah mendapatkan gaya yang modis dan kekinian.

Namun, kamu tetap harus hati-hati dengan pemakaian rok ini. Karena rok ini telah memberikan aksen lipatan di bagian depan, tentunya kamu harus memasangkannya dengan atasan yang polos agar penampilan kamu tidak terlalu berlebihan. Karena modelnya yang menyempit di bagian kaki, kamu bisa memadukannya dengan atasan bermodel batwing atau peplum yang memberikan kesan lebar di bagian tubuh atas.

Rok Pleated

Sumber gambar https://kumparan.com/

Bosan dengan yang polos-polos? Kamu mungkin tertarik dengan rok lipit atau biasa juga disebut pleated skirt. Sebagaimana namanya, rok ini memang memiliki lipatan-lipatan kecil yang permanen pada bahannya. Dengan lipatan-lipatan kecil nan halus ini, pleated skirt membuat penampilanmu tampak manis dan feminin.

Karena tampilannya yang sudah cantik dari sananya, rok lipit ini jadi cocok untuk dipakai dalam berbagai situasi. Kamu bisa datang ke acara-acara formal, seperti pernikahan, sebagai ganti kebaya yang sudah mendominasi. Dengan atasan dan rok berwarna nude yang lagi tren, kamu akan tampil cantik dan elegan tanpa harus bersusah-payah. Atau kamu bisa memadukannya dengan atasan yang lengannya bervolume.

Rok lipit ini juga bisa kamu pakai saat kamu ingin berjalan-jalan santai, lho. Dengan bahannya yang cenderung jatuh, gerak kamu bisa leluasa ketika berjalan. Jadi, kamu bisa mengenakannya juga ketika traveling. Tinggal padukan dengan sweater berwarna serasi agar tampilanmu lebih praktis dan santai.

High Waist

Dengan potongan yang menutupi sebagian tubuh atas, model rok dengan high waist ini bisa memberikan ilusi kaki yang lebih jenjang. Selain itu, balutan rok high waist pada bagian pinggang dan perut membuat bagian tubuh kamu ini bisa terlihat lebih ramping. Jadi, rok model ini cocok untuk kamu yang berkaki pendek atau yang bertubuh curvy.

Untuk model rok seperti ini, paling oke kalau kamu mengaplikasikan gaya tuck-in shirt, yang dimasukkan ke dalam pinggang rok. Dengan begini, rok kamu bisa terlihat lebih menonjol, terutama untuk rok-rok yang bermotif. Atau kamu bisa sekaligus menggunakan atasan crop top yang tidak menutupi rok yang kamu kenakan.

Perpaduan atasan sederhana dengan rok high waist akan memberikan kesan smart-casual pada penampilanmu. Kamu juga bisa memadukannya dengan atasan off-shoulder kalau kamu sedang ingin tampil chic.

Rok Tumpuk

Sumber gambar https://nonasa.com

Model yang satu ini menggunakan lapisan-lapisan yang terkesan bertumpuk yang memberikan kesan feminin. Namun, karena modelnya yang sudah rumit, sebaiknya kamu memadukannya dengan atasan yang polos supaya tampilanmu tidak terkesan berlebihan. Selain itu, atasan polos akan membuat menonjolkan rok tumpuk kamu.

Berbeda dengan keyakinan umum, rok tumpuk ini cocok untuk kamu yang memiliki pinggul yang besar. Untuk memberikan kesan ramping, kamu bisa memilih rok tumpuk yang beraksen alur vertikal. Untuk kamu yang bertubuh boyish, kamu juga bisa menggunakan rok ini, dengan porsi tumpuk yang menonjol di bagian bawah, sehingga memberikan kesan bentuk tubuh yang feminin.

Untuk memadukan rok ini agar semakin feminin, kamu bisa mengenakan atasan beige beserta tas kecil berwarna senada. Kontras pada warna akan menonjolkan model rok tumpuk ini. Selain itu, kamu juga bisa memadukannya dengan sweater berwarna pink lembut agar semakin tampak feminin.

Rok Celana

Buat kamu yang punya aktivitas tinggi, mungkin rok akan sedikit menyulitkan. Namun, tidak usah khawatir karena kamu masih punya cara untuk tampil feminin dan anggun dengan rok celana. Rok celana ini sebenarnya adalah celana, tetapi memiliki potongan mirip rok.

Hal ini karena bahannya yang jatuh dan model bagian bawah yang melebar sehingga menyerupai rok seperti pada model celana palazzo. Namun, ada pula celana yang diberikan lapisan luar, sehingga potongan celananya tertutupi, sehingga benar-benar menyerupai rok. Keuntungan rok celana ini adalah modelnya yang cocok untuk segala bentuk jenis badan.

Untuk memadukan rok celana, pastikan kamu memilih warna rok yang polos, kemudian padukan dengan atasan sederhana yang juga berwarna polos. Untuk menonjolkan rok celana kamu, pilih warna atasan yang kontras dengan rok celana yang kamu kenakan.

Tampil Anggun dengan Rok Wanita Kekinian Berikut

Berrybenka Shannon Lilit Skirt Navy

Dengan model kerut-kerut hasil lilitan yang tampak anggun, tak heran rok lilit menjadi salah satu pilihan outfit untuk acara-acara pesta sekarang ini. Berrybenka juga turut meluncurkan produk rok lilit dengan model yang unik tapi tetap elegan. Dengan model tali yang dililitkan ke belakang lalu diikat, rok ini menjadi pilihan unik dalam bergaya.

Warna navy yang elegan dengan motif bahan serut-serut vertikal memberikan sentuhan yang stylish pada rok ini. Kamu bisa memadukannya dengan atasan satin polos atau atasan crop top yang bisa menonjolkan kecantikan rok ini. Padukan dengan heels dan aksesori kalung sederhana, kamu siap memukau orang-orang di pesta yang kamu hadiri.

Rok ini memiliki ukuran lingkar pinggul sebesar 84 cm dan panjang berkisar dari 75-102 cm. Bahannya sendiri terbuat dari poliester yang cukup awet, tentu saja dengan perawatan yang tepat. Untuk merawatnya kamu bisa menggunakan detergen yang lembut dan setrika dengan suhu rendah.

Harga Rp. 163.000-194.000

Rok Lilit Serut Batik R079 Bawahan Batik Maxi Skirt

Outfit yang sekarang ini banyak menjadi pilihan untuk acara-acara pesta adalah outfit bernuansa batik, baik itu atasan atau bawahan. Sedangkan, pilihan bawahan kamu bisa menggunakan rok lilit. Banyak juga yang memadukannya; rok batik dengan model lilit, seperti model rok lilit serut batik R079 ini.

Dengan model yang panjang, rok lilit ini akan tampak anggun dikenakan ke pesta-pesta. Memakai kancing di bagian depan untuk melilitkan kain, kancing ini juga bisa menjadi hiasan yang mempercantik tampilan rok.

Bahan semi sutra yang lembut akan membuatmu nyaman ketika dibalut dengan rok ini. Dengan model lilitannya, rok ini bisa dipakai dengan segala ukuran, bahkan bisa hingga kamu yang biasa menggunakan ukuran XXL karena ukurannya lebar hingga kurang-lebih 160 cm. Sedangkan, panjangnya sendiri mencapai sekitar 98 cm.

Kamu juga bisa mengatur panjang-pendek rok sesukamu hanya dengan mengatur tali yang dililitkan pada kancingnya. Rok ini tersedia dalam tiga warna, yaitu pink, tosca dan cokelat.

Harga Rp. 75.000-105.000

Schoncouture Kaori Pleated Skirt

Kaori pleated skirt dari Schoncouture ini memiliki bahan lipit yang stretch sehingga akan lebih nyaman dipakai. Dengan bagian bawah rok yang menggunakan aksesori ruffle yang manis dan sederhana, rok ini akan membuatmu tampil gaya di kantor. Namun, rok ini cocok juga untuk kegiatan santai sehari-hari.

Untuk mendapatkan gaya yang chic, kamu bisa memadukan rok umbrella lipit ini dengan atasan sederhana berwarna polos. Memiliki dua ukuran saja, yaitu S dan M, tapi rok ini bisa merenggang hingga sekitar 10 cm dari ukuran awalnya.

Rok ini tersedia dalam 2 warna cerah yang memikat, yaitu merah dan orange. Kalau dipadukan dengan atasan simpel berwarna kontras dengan rok, pastinya kamu akan tampil makin stylish.

Harga Rp. 284.000

Chic Simple Pleated Maxi Skirt

Sejak awal berdirinya pada April 2019, Chic Simple sudah mengeluarkan 4 brand ternama, yaitu Chic Simple, Icons, Uptown Girl dan Veils (FAV) di Indonesia. Sesuai namanya, produknya adalah produk-produk fashion wanita yang berkualitas. Rok maxi lipit ini juga menggunakan kualitas yang tak kalah baik.

Rok lipit yang satu ini memiliki detil tekstur plisket yang elegan. Menggunakan bahan rayon yang ringan, rok ini akan membuatmu tampak menarik di tempat kerja. Padukan dengan kemeja polos dan blazer dengan warna senada dengan rok lipit ini, kamu akan terlihat chic dan tampil gaya.

Chic Simple maxi skirt ini menggunakan ukuran lingkar pinggang sebesar 70 cm dan panjang rok 93 cm. Tersedia 6 pilihan warna yang bisa kamu pilih sesuai selera kamu, yaitu abu-abu muda, putih dan hitam yang klasik, beige dan cokelat yang elegan serta abu-abu tua yang tampak anggun.

Harga Rp. 148.850-178.000

The Executive Highwaist Fit & Flare Skirt

The executive adalah salah satu produk fashion wanita yang sudah cukup punya nama di Indonesia dengan cabang-cabang yang tersebar cukup banyak. Kualitas dari brand ini tidak diragukan lagi, begitupun dengan rok keluaran The Executive yang satu ini. Rok ini bermodel pleated atau berlipit.

Berwarna taupe yang elegan ditambah dengan lipit-lipit manis membuat rok ini tampak bergaya chic serta memberikan kesan anggun apabila kamu memakainya. Ditambah lagi, potongan fit-flare A line membuat rok ini semakin tampak anggun. Ukurannya pun bervariasi antara S hingga XL, sehingga kamu bisa memilih yang nyaman untuk tubuh kamu.

Bahannya sendiri terbuat dari poliester yang ringan dengan pleats fabric serta aksesori resleting di bagian belakang rok. Agar rok ini bisa awet kamu pakai, pastikan kamu merawatnya dengan benar dengan menggunakan detergen lembut serta setrika bersuhu rendah.

Harga Rp. 251.928-387.000

Ielgy Rok Model High Waist Serba Guna Gaya Jepang

Gaya Jepang akhir-akhir ini cukup banyak peminatnya. Rok yang satu ini berpotongan high waist dengan aksesori kancing di bagian depan yang mengikuti gaya jepang. Ditambah dengan lipit yang manis di samping kanan dan kiri celana, membuat rok ini tampak elegan. Dengan model sederhana, kamu bisa mengenakan rok ini pada berbagai situasi.

Untuk model high waist ini, kamu bisa menambahkan aksesori ikat pinggang dengan tuck-in shirt. Belt loops yang tersedia di rok ini akan memudahkan kamu untuk memasang ikat pinggang yang kamu suka. Berbahan poliester yang ringan, rok ini nyaman untuk dipakai seharian. Bahan poliester juga cukup awet dan tahan lama.

Dengan membeli satu item rok ini, kamu sudah mendapatkan sebuah ikat pinggang cokelat. Rok keluaran Ielgy ini memiliki ukuran lingkar pinggang sekitar 60-82 cm dengan panjang rok 74 cm.

Harga Rp. 251.600-314.500

Nobby Chori Skirt Bawahan Wanita Rok Tumpuk Kerut

Merek yang tadinya bernama Banana Fashion menggunakan tema yang sederhana sebagai campaign produk mereka. Seperti chori skirt satu ini. Sekalipun bermodel rok tumpuk yang berkerut-kerut, warnanya yang polos menjadikannya tampak sederhana.

Rok tumpuk kerut satu ini menggunakan bahan polycrepe yang sudah dikenal dengan kualitas bahan yang baik. Bahan ini juga memiliki tekstur kulit jeruk yang justru bisa mempertajam keanggunan dari rok ini. Dengan ruffle yang cantik, kamu bisa menghadiri acara apapun, dalam setting formal atau nonformal.

Rok ini tersedia dalam dua ukuran, yaitu ukuran M dengan pinggang sekitar 32 cm dan panjang 98 cm serta ukuran L dengan pinggang sebesar 34 cm dengan panjang hingga 100 cm.

Harga Rp. 200.640-264.000

AB450545 Rok Panjang Midi Maxi Mermaid Tumpuk

Rok mermaid akhir-akhir ini menjadi salah satu pilihan buat wanita yang ingin tampil anggun. Rok panjang midi maxi ini menggunakan konsep rok mermaid dipadu dengan tumpuk di bagian bawah yang tampak anggun.

Dengan motif polkadot yang halus, rok ini memberikan kesan fresh pada tampilannya. Bahannya sendiri tebal dan lembut, sehingga membuatmu nyaman ketika mengenakannya. Dengan bahan katun yang menyerap keringat, bahan ini juga akan adem sehingga bisa kamu pakai seharian.

Rok ini menggunakan resleting di bagian samping, sehingga rok kamu akan tampil polos dan lebih cantik ketika dipandang tanpa ada bayangan reselting yang mengganggu di bagian belakang. Terdapat dua ukuran, yaitu S dan M, jadi pastikan kamu mengecek ukuranmu dulu sebelumnya.

Harga Rp. 221.000

NHM Rok Celana Muslimah

Rok celana muslimah satu ini bisa memberikan tampilan chic yang stylish buatmu. Dengan warna polos yang sederhana berpadu dengan tali ikat di bagian pinggang, model ini akan membuatmu tampak lebih ramping. Apalagi, dengan potongan lurus yang memang memberi kesan ramping.

Menggunakan bahan katun yang stretch, rok celana ini dijamin akan nyaman dipakai seharian, terutama bagi kamu yang beraktivitas tinggi sehingga perlu banyak bergerak. Pinggangnya pun full karet yang akan menyesuaikan dengan lingkar pinggang kamu.

Rok celana ini memiliki ukuran lingkar pinggang sebesar 60 cm, tapi bisa merenggang hingga ukuran 90 cm, jadi kamu tidak perlu khawatir celana ini akan kekecilan buatmu. Rok yang tersedia dalam warna abu-abu, hitam, cream dan navy ini memiliki panjang celana hingga 88 cm.

Harga Rp. 79.900-144.000

Queensland Rok Celana B10089Q

Merek satu ini khusus menyediakan produk-produk untuk kamu yang memakai hijab. Rok celana satu ini adalah salah satu produk keluaran Queensland. Dengan lipit besar di bagian depan celana berpadu serasi dengan tali ikat yang sederhana, kamu bisa memberikan sentuhan chic pada penampilan kamu.

Menggunakan bahan Cathy, yaitu salah satu jenis bahan CVC lokal dengan campuran antara katun dan poliester, dijamin kamu akan nyaman menggunakan rok celana ini seharian. Untuk kamu yang beraktivitas tinggi, tapi ingin tampil anggun rok ini akan cocok untuk kamu. Kamu bahkan bisa menggunakannya dalam suasana formal maupun informal.

Warna abu-abunya yang kalem serta motif bahan yang terkesan berpasir juga memberikan kesan elegan pada rok ini. Memiliki variasi ukuran S, M hingga L dan XL, kamu bisa memilih ukuran yang paling sesuai dengan tubuh kamu.

Harga Rp. 381.500-477.000
From our editorial team

Padankan Rok Kekinian Ini dengan Hijab Favoritmu!

Fashion untuk wanita berhijab sekarang ini sangat beragam. Kamu tidak perlu kebingungan lagi saat harus memilih outfit untuk acara formal atau sekadar hangout, apalagi ada banyak pilihan rok yang fashionable dan dijamin bikin kamu tetap trendi sekalipun mengenakan hijab.