Tampil Elegan Khas Indonesia dengan 10 Rekomendasi Kebaya Bali yang Cantik dan Tidak Kalah Fashionable dengan Outfit Modern (2020)

Tampil Elegan Khas Indonesia dengan 10 Rekomendasi Kebaya Bali yang Cantik dan Tidak Kalah Fashionable dengan Outfit Modern (2020)

Kebaya adalah baju tradisional wanita Indonesia yang memiliki ciri khas unik di setiap daerahnya. Kali ini, ada kebaya Bali yang akan dikupas tuntas oleh BP-Guide. Jangan sampai kamu melewatkan rekomendasi kebaya Bali yang paling banyak dicari, nih. Yuk, simak sampai selesai, ya!

Kebaya Merupakan Busana Tradisional yang Banyak Dipakai Perempuan Indonesia

Kebaya adalah salah satu dari banyaknya ragam pakaian tradisional yang dipakai oleh perempuan dari Indonesia dan Malaysia. Keunikan pakaian tradisional yang satu ini terletak bukan hanya dari kecantikan modelnya, namun juga cerita di balik perkembangan sejarahnya. Kebaya merupakan salah satu bukti akulturasi berbagai nilai budaya nenek moyang bangsa Indonesia.

Istilah kebaya sendiri sebenarnya berasal dari sebuah kata Bahasa Arab, abaya, yang artinya pakaian. Sedangkan untuk modelnya, dipercaya mengambil beberapa budaya Tiongkok yang telah menyebar ke Malaka, Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi pada ratusan tahun yang lalu. Setelah proses akulturasi yang panjang itulah kemudian kebaya dapat diterima oleh masyarakat setempat.

Penyebaran kebaya di berbagai daerah di Indonesia membuat modelnya di setiap daerah pun berbeda-beda. Misalnya, kebaya yang ada di Jawa dan kebaya yang ada di Bali memiliki ciri khas sendiri yang membedakan satu sama lain. Ini menunjukkan bahwa setiap daerah di Indonesia punya nilai kebudayaannya masing-masing, yang semakin menunjukkan keragaman masyarakat Indonesia.

Proses perkembangan kebaya di mana akhirnya bisa dipakai oleh masyarakat biasa dalam kegiatan sehari-hari juga cukup panjang. Awalnya, di tahun 1600-an, hanya keluarga kerajaan yang bisa memakai jenis pakaian yang satu ini. Kemudian di masa kolonial, wanita-wanita Eropa mulai menggunakan kebaya sebagai salah satu busana untuk menghadiri acara resmi.

Di masa inilah kebaya mengalami perubahan, yang tadinya hanya dibuat dari tenunan mori sederhana menjadi menggunakan sutra dengan sulaman warna-warni. Karena sering dipakai oleh wanita-wanita Eropa, maka kebaya pun dibuat dari bahan brokat dan renda yang berkualitas karena mirip dengan bahan yang dipakai untuk membuat gaun khas Eropa.

Kenali Toko Online yang Menjual Kebaya Bali Modern dan Cantik

Kebaya Bali Kita

Sumber gambar https://shopee.co.id/

Kebaya Bali Kita menyediakan kebaya Bali modern, baik atasannya saja, satu set dengan bawahannya, ataupun model kembar yang biasa dipakai oleh pasangan. Mulai dari Rp 125.000 saja, Anda sudah bisa mendapatkan busana khas Bali yang siap membuat penampilan Anda tampak lebih anggun. Anda bisa mengenakan busana ini di berbagai acara, mulai dari acara resmi, acara formal, hingga acara keseharian.

Exclusive Kebaya Bali

Sumber gambar https://shopee.co.id/

Jika online shop sebelumnya lebih banyak menyediakan kebaya Bali berunsur klasik, maka Exclusive Kebaya Bali ini menjadi tempat yang tepat untuk Anda yang sedang mencari kebaya Bali bernuansa modern. Exclusive Kebaya Bali memang ingin membuat busana-busana tradisional tampak trendi, sehingga tetap cocok dipakai di masa sekarang.

Ditambah lagi dengan desain yang manis dan unik, tak heran jika produk-produknya banyak digemari oleh anak muda. Selain menyediakan untuk orang dewasa, Exclusive Kebaya Bali juga menyediakan kebaya Bali untuk ukuran anak-anak.

Jika Anda sedang mencari busana untuk anak Anda pakai di Hari Kartini, maka cobalah menengok koleksi mereka. Harganya pun masih sama terjangkau, mulai dari Rp 125.000 saja Anda sudah bisa mendapatkan satu set kebaya dan bawahannya.

Beby Kebaya

Sumber gambar https://shopee.co.id

Beby Kebaya menyediakan berbagai model Kebaya Bali, mulai dari kebaya berlengan panjang, lengan pendek, maupun lengan dengan model trompet yang unik. Keahlian desainernya membuat Kebaya Bali ini nampak trendi namun tidak kehilangan nuansa klanik dan tradisionalnya.

Bahan-bahan yang dipakai oleh Beby Kebaya biasanya adalah bahan brokat, kain sari, bordir, bahan kerawang (semi dan full), bahan prancis (semi dan full), bahan sofia, dan masih banyak lagi. Karena modelnya yang sangat trendi, kebaya ini tidak hanya dapat dipakai untuk beribadah ke pura, tapi bisa juga untuk menghadiri pesta pernikahan (kondangan).

Padukan dengan sepatu berwarna senada untuk melengkapi penampilan Anda. Untuk harga sendiri, sebagian besar produk Beby Kebaya dibanderol dengan harga di bawah Rp 400.000. Dengan kualitas terbaik dan model unik yang ditawarkan, harga tersebut masih lumayan terjangkau demi penampilan menarik.

Djelita Kebaya Bali

Biasanya, kebaya Bali memiliki warna yang cenderung lebih cerah dengan model yang lebih sederhana dibandingkan kebaya Jawa. Ciri khas itulah yang kemudian diangkat oleh Djelita Kebaya Bali. Produk mereka memang mayoritas hadir dengan berbagai model dan pilihan warna terang, cocok untuk Anda yang sedang mencari kebaya yang bisa membuat penampilan tampak lebih ceria dan berwarna.

Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kebaya Bali

Menggunakan Kain Brokat dan Katun

Pada umumnya, tidak banyak perbedaan yang ada pada model kebaya Bali modern dengan kebaya Bali klasik. Biasanya perbedaan hanya ada pada penambahan aksesori atau aksen yang lebih modern. Dari segi bahan, tidak ada perbedaan yang cukup signifikan.

Bahan yang dipakai masih bahan brokat yang dipadukan dengan kain katun. Bahan brokat masih terus dipakai karena memberikan tampilan glamor nan elegan. Ada 3 jenis kain brokat yang dipakai yakni brokat prancis, brokat semi prancis, dan brokat lokal. Kebaya berbahan brokat ini sangat cocok dipakai di malam hari karena tampilannya yang sangat indah dan mewah.

Tidak hanya bahan brokat, beberapa jenis kebaya Bali juga dipadukan dengan kain katun yang lebih familiar di masyarakat Indonesia. Kain katun sering dipakai sejak dulu karena karakteristik bahannya yang sangat lembut dan tidak panas. Selain itu, kain katun juga mudah menyerap keringat dan mudah dibentuk menjadi berbagai model busana.

Motif yang Dipakai Adalah Bunga Teratai serta Motif Bulat

Kebaya Bali punya corak khas yang membedakannya dengan kebaya dari daerah lain di Indonesia. Sebagian besar motif Kebaya Bali menggunakan motif bunga teratai dan motif bulat. Hal ini berbeda dengan kebaya Jawa yang biasanya menekankan bentuk lekuk nan panjang untuk motif kebayanya.

Kelebihan dari motif bunga teratai ini adalah semakin menampilkan sisi feminin Anda, bagaimana pun bentuk tubuh yang Anda miliki. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi akan bentuk tubuh yang kurang menarik karena kebaya Bali akan membantu Anda membentuk tubuh yang lebih baik.

Warna Kebaya Cerah

Dibandingkan dengan kebaya dari daerah lain, Kebaya bali biasanya hadir dengan warna yang lebih terang bernuansa pastel yang lembut dan kalem. Warna-warna seperti hijau muda, pink, biru cerah, atau ungu muda adalah warna yang banyak hadir pada model kebaya Bali.

Warna cerah banyak dipakai oleh remaja dan anak-anak muda. Itulah mengapa kebaya Bali ini sangat cocok untuk menampilkan sisi dinamis dalam diri Anda. Anda akan tampak menyolok dan menjadi pusat perhatian.

Penggunaan Kamben

Dalam pemakaian kebaya Bali, biasanya dibarengi dengan beberapa unsur lain seperti kain kamben. Kain kamben sendiri merupakan kain penutup pinggang hingga kaki. Pemakaian kain kamben ini sangat memerhatikan kerapian, kesopanan, dan keleluasaan bergerak pemakainya. Cara pemakaiannya sedikit berbeda antara pemakaian pada laki-laki dengan perempuan.

Untuk laki-laki, cara memakai kain kamben ini adalah dengan melilitkannya dari kiri ke kanan. Hal ini menjadi simbol Dharma atau ajaran kebenaran. Kain kamben hanya boleh menutup hingga pergelangan kaki yang melambangkan bahwa laki-laki harus melangkah lebih banyak karena tanggung jawabnya terhadap wanita. Sedangkan untuk wanita, kamben dipakai dari kanan ke kiri yang artinya Sakti atau penyeimbang para pria.

Dipadukan dengan Selendang

Selendang yang dipakai sebagai pelengkap kebaya Bali melambangkan tingkah laku seseorang. Pemakaian selendang ini dianggap sebagai pengingat bahwa tingkah laku seseorang dapat masuk ke dalam kategori baik maupun buruk. Cara memakainya bersamaan dengan kamben, yakni saling dikaitkan satu sama lain. Motifnya juga sebisa mungkin disesuaikan dengan motif dan model kamben itu sendiri.

Pemakaian selendang ini memiliki makna agar wanita Bali dapat menjaga rahimnya dengan baik sekaligus mengendalikan tingkah lakunya. Selain itu, selendang juga bermakna kebenaran, di mana perempuan dianggap sebagai sosok pengajar yang nantinya akan membenarkan tingkah laku anak-anaknya.

Model Kebaya Bali Modern Paling Cantik dan Favorit

Baju Kebaya Bali Sofia

Rekomendasi kebaya Bali pertama adalah kebaya dengan model yang cukup klasik dan tampilan yang sangat elegan untuk tubuh Anda. Bahannya menggunakan kain sofia yang super adem, mengikuti bentuk tubuh, dan nyaman ketika dipakai.

Model lengan pendeknya sama sekali tidak mengurangi kemewahan dan keanggunan pemakainya. Kebaya ini justru tersedia dalam beberapa warna pilihan yang bisa membuat penampilan Anda tampak berwarna. Jahitannya pun sangat rapi, menunjukkan bahwa kebaya ini dibuat oleh ahlinya dengan perhitungan yang sudah terukur sebelumnya.

Bukan hanya atasan, produk ini juga dilengkapi dengan bawahannya berupa rok berbahan kain lycra dengan motif batik yang cantik. Untuk bawahannya ini hanya tersedia dalam satu ukuran, fit to XL, dengan lingkar pinggang 98 cm da panjang rok 94 cm. Pinggang karetnya juga bisa melar. Sedangkan untuk atasannya, tersedia dalam tiga ukuran yakni M, L, dan XL.

Harga Rp. 134.999-165.000

Baju Kebaya Brokat Bali Sofia

Siapa bilang tampil dengan busana berwarna hitam akan tampak sangat monoton dan membosankan? Ungkapan itu akan menjadi tidak tepat jika Anda menggunakan kebaya Bali hitam yang satu ini.

Warna hitamnya akan memberikan kesan elegan untuk penampilan Anda, apalagi jika Anda padukan dengan aksesori berwarna emas seperti bros berukuran besar, kalung, ataupun gelang.

Panjang lengan ¾ dengan model trompet memberikan sentuhan modern pada kebaya yang satu ini. Tersedia dalam dua ukuran yaitu L dan XL.

Harga Rp. 59.500-70.000

Baju Kebaya Kartini Moscref Kebaya bali

Sedang mencari kebaya Bali dengan desain sederhana? Maka kebaya yang satu ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Tampil cantik memang tidak harus selalu mewah, kesederhanaan pun bisa menambahkan nilai kecantikan pada penampilan Anda.

Model kebaya yang satu ini memang dibuat sangat simpel, namun tetap tidak melupakan kesan anggun untuk penampilan Anda. Motif minimalisnya yang cantik dengan jahitan rapi, siap melengkapi penampilan Anda dalam berbagai acara formal.

Kebaya ini terbuat dari kain moscref yang halus ketika dipegang dan terasa nyaman ketika dipakai. Untuk mempermanis penampilan Anda, padukan dengan selendang berwarna kontras dengan warna kebaya dan ikatkan di bagian perut Anda agar memberikan aksen yang menarik.

Harga Rp. 90.000-126.000

Baju Kebaya Bordir Stik Bali

Beberapa dari Anda mungkin enggan kerepotan mencocokkan atasan dan bawahan saat memakai kebaya. Sebagai solusinya, Anda dapat memilih kebaya dengan model setelan yang memang sudah didesain untuk saling melengkapi satu sama lain.

Begitu pula yang ditawarkan dengan kebaya yang satu ini. Kebaya setelan berwarna abu-abu dengan atasan terbuat dari kain tille dan bawahan rok frisket dari bahan silky, bisa langsung Anda pakai untuk menghadiri sebuah pesta pernikahan.

Lebih lengkapnya lagi, kebaya ini sudah dilengkapi dengan dalaman yang cocok dengan warna kebaya tersebut. Ukuran yang tersedia adalah M, L, dan XL.Tampil anggun, cantik, dan elegan dengan menonjolkan lekuk tubuh Anda menggunakan kebaya cantik yang satu ini.

Harga Rp. 195.000

Kebaya Bali Sifon Stretch Baju Bali

Kembali dengan model kebaya Bali yang polos dan simpel, Anda bisa tampil dengan kebaya lengan panjang berwarna putih polos yang satu ini. Meski polos, kebaya ini tetap efektif untuk membuat penampilan Anda lebih cantik dan elegan.

Tersedia dalam tiga ukuran yang berbeda yakni M, L, dan XL yang cocok untuk segala bentuk tubuh. Flare di bagian bawah baju bisa memberikan ilusi perut yang lebih rata sekaligus membentuk pinggang agar lebih berlekuk. Belum lagi jika Anda menambahkan pemakaian obi yang melilit perut, pastinya Anda akan tampak lebih langsing.

Harga Rp. 104.000

Kebaya Bali Buble Strait Bunga

Dilihat sekilas, kebaya ini saja sudah bisa menampilkan kesan feminin pada diri Anda. Motif bunga berwarna merah dan biru dengan aksen dedaunan memiliki andil besar dalam menciptakan kesan feminin tersebut.

Kebaya ini punya model tanpa kancing dengan panjang lengan ¾ yang memberikan ilusi badan lebih jenjang. Bahannya melar, sehingga akan menyesuaikan dengan bentuk tubuh Anda.

Tersedia dalam 4 ukuran yakni M, L, XL, dan XXL. Karena bagian bawahnya cukup besar dan panjang, kebaya ini cocok untuk ibu hamil karena bagian perutnya yang lumayan longgar.

Harga Rp. 37.800-75.000

Kebaya Bali Modifikasi Brokat Rangrang

Sedikit berbeda dengan model kebaya sebelumnya yang cukup simpel, kebaya ini justru menampilkan keindahan dari setiap detail pada kebaya tersebut.

Produk ini terbuat dari kain brokat berwarna silver dengan rok berbahan katun batik berwarna hitam yang membuatnya cocok dengan atasan silver tersebut. Bagian bahunya sedikit terbuka di mana ini menjadi sentuhan modern tersendiri untuk para pemakainya. Dengan menambahkan aksesori gelang, cincin, ataupun kalung, penampilan Anda pun akan tampak semakin lengkap.

Kebaya ini juga tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari S hingga 3XL! Jadi, bisa dipakai oleh lebih banyak orang dengan berbagai bentuk tubuhnya. Padukan dengan heels berwarna netral agar penampilan Anda tidak terlalu ramai.

Harga Rp. 285.000

Kebaya Bali Sabrina Brukat Rangrang

Selanjutnya ada Kebaya bali dengan model sabrina yang cukup modern. Model sabrina ini dapat memberikan kesan seksi yang tidak berlebihan kepada pemakainya.

Atasannya berbahan brukat dengan rok berbahan katun dengan motif batik berwarna senada dengan atasan. Bagian rok juga dilengkapi dengan belahan di bagian depan yang bisa membuat kaki tampak lebih jenjang.

Anda bisa menambahkan ikat pinggang berwarna hitam dengan ukuran yang lumayan besar untuk membuat perut Anda tampak lebih langsing dan lebih rata. Ukuran yang tersedia sangat lengkap, mulai dari S hingga 3XL.

Harga Rp. 270.750

Kebaya Bali Kartini Klim Hijau Armi

Salah satu hal yang membuat kebaya ini tampak unik adalah warna hijau army-nya, di mana warna hijau army ini jarang dipakai di dalam sebuah kebaya. Namun demikian, ternyata warnanya cukup cantik, unik, kalem, namun tetap tegas.

Atasan kebaya menggunakan bahan brokat dengan rok berbahan katun dengan motif batik. Warnanya pun dibuat senada sehingga Anda tidak perlu lagi kerepotan memadukan keduanya. Keunikannya membuat Anda bisa tampil beda tanpa harus tampak mencolok.

Untuk roknya sendiri, dilengkapi dengan resleting di bagian depan yang segaris dengan belahan. Selain mempercantik, belahan ini juga berfungsi memudahkan Anda bergerak. Tersedia ukuran mulai dari S hingga 3XL.

Harga Rp. 240.000

Kebaya Bali Sofia Raisa

Terakhir, ada pula rekomendasi kebaya Bali yang terbuat dari bahan kain brokat dengan tekstur yang cukup halus. Kebaya ini terdiri dari 3 ukuran berbeda, yakni M, L, dan XL.

Kainnya dapat melar hingga 2 cm untuk menyesuaikan dengan bentuk tubuh Anda. Anda dapat memadukannya dengan bawahan berwarna senada ataupun berwarna kontras yang cocok dengan warna atasan. Jangan lupa untuk menambahkan aksesori yang bisa membuat penampilan Anda lebih menarik.

Harga Rp. 51.999-67.000
From our editorial team

Yuk, Bangga dengan Kebaya Bali Khas Indonesia!

Beragamnya budaya di Indonesia tidak akan terlepas dari berbagai busana khas daerah yang juga beragam modelnya. Contohnya saja baju khas Indonesia bernama kebaya, baju tradisional ini punya ciri khas yang berbeda di setiap daerah termasuk Bali. Sudah sepatutnya kita berbangga dengan beragam kebaya yang ada di Indonesia ini. Yuk, lestarikan kebaya dengan mengenakannya!