10 Rekomendasi Kebaya Kartini Berikut Pasti Bisa Membuatmu Tampil Anggun (2020)

10 Rekomendasi Kebaya Kartini Berikut Pasti Bisa Membuatmu Tampil Anggun (2020)

Kebaya kartini adalah salah satu kebaya yang populer. Kebaya ini terinspirasi dari kebaya yang digunakan Ibu Kartini makanya dinamakan kebaya kartini. Modelnya khas dan pilihan warnanya banyak. Kamu bisa tampil keren dengan kebaya kartini ini. Nah, yuk cek rekomendasinya dari kami!

Kebaya Merupakan Busana Kebanggaan Bangsa

Kebaya merupakan salah satu pakaian tradisional wanita Indonesia. Pakaian yang satu ini terbuat dari bahan yang tipis. Untuk pemakaiannya biasanya dikombinasikan dengan sarung atau kain batik. Kebaya merupakan baju adat masyarakat Jawa. Namun saat ini, kebaya sudah menjadi pakaian nasional dan bisa digunakan oleh seluruh rakyat Indonesia dari berbagai kalangan.

Pada tahun 1500 hingga 1600 an di Jawa, kebaya hanya digunakan oleh keluarga kerajaan saja. Beberapa kerajaan yang memakai kebaya adalah Kesultanan Cirebon, Mataram, serta Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Pada masa penjajahan Belanda kala itu, para wanita Eropa juga memakai kebaya sebagai baju resmi mereka.

Kebaya mulai ditetapkan sebagai busana nasional perempuan Indonesia pada tahun 1978. Keputusan ini juga tertuang pada Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 1972 tentang Djenis- Djenis Pakaian Sipil dan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan.

Lambat laun, kebaya juga digunakan masyarakat pribumi. Kebaya digunakan dalam keseharian maupun pada acara-acara resmi. Kemudian penggunaan kebaya mulai sedikit ditinggalkan karena banyak yang beralih memakai baju modern. Namun belakangan ini kebaya kembali populer.

Kebaya kini banyak digunakan sebagai busana pada saat acara resmi, mulai dari lamaran, wisuda, pernikahan, menghadiri pesta, dan lain sebagainya. Model kebaya makin bervariasi. Penggunaannya juga tidak selalu dikombinasikan dengan bawahan rok batik. Ada kalanya bisa digunakan bersama rok atau bahkan celana panjang. Bahan dari kebaya pun mulai beragam. Kini kebaya bisa terbuat dari aneka bahan kain untuk disesuaikan dengan acaranya.

Sebagai salah satu busana nasional, jenis kebaya juga beragam. Ada kebaya encim, kebaya bali, kebaya jawa, dan lain sebagainya. Salah satu yang paling populer adalah kebaya kartini. Jenis kebaya kartini memiliki ciri lipatan kerah berbentuk garis vertikal. Kebaya kartini juga paling banyak dikreasikan sebagai kebaya modern karena modelnya simpel sehingga mudah dikreasikan.

Tips Memilih Kebaya untuk Kamu

Pilih Bahan Kebaya

Seperti yang sudah diulas tadi, kebaya saat ini sudah makin variatif. Bahan kebaya pun tidak monoton. Kini kebaya bisa dibuat dari aneka macam bahan yang diinginkan. Ada bahan lace, beludru, organdi, hingga brukat yang bisa dipilih. Jika tak suka bahan itu, kamu bisa pilih bahan katun, rose silk, hingga sifon.

Kamu bisa memilih bahan kebaya yang sekiranya ringan, lembut, dan adem agar lebih nyaman digunakan. Kamu juga bisa memilih sesuai bentuk tubuhmu. Untuk tubuh curvy misalnya, kamu bisa memakai bahan sifon, lace, atau katun. Sementara untuk yang memiliki tubuh kecil dan ramping bisa melirik bahan organdi, beludru, atau rose silk.

Pilih Warna Kebaya Sesuai Warna Kulit

Saat memilih kebaya, pertimbangkan juga untuk memilih warnanya. Memang susah-susah gampang sih, karena ada kalanya kita ingin memilih warna favorit kita. Nah, biar tidak bingung, kamu bisa sesuaikan saja dengan warna kulit. Dengan memilih kebaya yang sesuai maka tampilan kamu makin cantik dan tampak segar. Salah pilih warna malah bisa bikin wajah terkesan kusam dan malah tidak bisa menonjolkan sisi elegan dari busana kebaya yang kamu kenakan. Sebagus apa pun kebayanya, jika warnanya kurang serasi dengan kulit maka kesannya jadi kurang berkesan.

Kamu yang memiliki kulit putih lebih bebas memilih warna. ini karena hampir semua warna cocok untuk kulitmu. Kamu bisa utamakan pilihan warna lembut seperti warna-warna pastel kuning, pink, biru, dan lain sebagainya. Hindari warna seperti abu-abu, cokelat, dan pilihan warna pudar lainnya agar tidak terkesan terlalu kusam.

Sementara untuk kamu yang memiliki kulit kuning langsat maka akan lebih baik memakai warna yang cerah. Ini supaya kulit kekuninganmu terkesan lebih indah dan elegan. Pilih warna oranye, kuning, dan aneka warna cerah lainnya. Kamu juga bisa memilih warna merah bata, ungu, hitam, dan warna gelap lainnya karena bisa memberi kesan bold yang keren.

Nah, kamu yang berkulit gelap bisa memilih warna yang tidak terlalu kontras denga warna kulit kamu. Ini agar kesannya tidak terlalu aneh. Kamu bisa pilih warna keabuan, hitam, biru tua, dan lain sebagainya.

Pilih Sesuai Bentuk Tubuh

Pilih kebaya sesuai dengan bentuk tubuh. Pilihan kebaya saat ini sangat banyak dan bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan. Ada baiknya kamu menjahitkan sendiri kebayanya agar potongan kebaya terlihat cantik dan agar sesuai dengan bentuk tubuh.

Jika kamu memiliki bahu lebar, pilih atau jahitkan model kebaya yang bisa menutupi ujung bahu. Hindari kebaya berkerah rendah atau banyak corak di bagian tangan. Ini hanya akan bikin bahu kamu terkesan makin lebar. Jika bagian dada yang besar maka kamu bisa pilih kebaya yang ukurannya tidak ketat dan memiliki banyak motif. Ini berlaku juga untuk mereka yang memiliki tubuh berisi.hindari memilih kebaya dengan terlalu banyak motif atau detail.

Untuk kamu yang bertubuh kurus, kamu bisa pilih kebaya dengan model kerah shanghai. Hindari kebaya dengan dada terbuka agar tidak terlihat terlalu kurus. Pilih kebaya yang pas di badan dan tidak ketat atau terlalu besar. Kamu bisa lirik kebaya model sabrina .

Jika kamu memiliki tubuh kurus dan tinggi maka kamu bisa lirik kebaya model kartini. Pilih yang model lengannya lebar agar tidak terlalu kurus kesannya. Pilih juga yang agak longgar agar tampak lebih berisi.

Tips Merawat Kebaya

Memiliki kebaya juga perlu dirawat dengan baik agar lebih tahan lama dan bisa digunakan lain kali. Perawatannya harus tepat agar kebaya bisa tetap cantik meski disimpan dalam waktu lama.

Pertama, jangan terlalu sering mencuci kebaya. Jika kebaya hanya dipakai sebentar dan tidak terlalu kena keringat, gantung saja dan angin-anginkan pada tempat sejuk. Hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung agar kebaya tidak mengkerut. Jika ingin mencucinya, cukup kucek pakai tangan sebentar saja dan jangan terlalu keras. Setelah itu segera bilas namun jangan diperat terlalu kuat. Baru setelah itu diangin-anginkan sampai kering.

Kebaya bisa juga disetrika agar rapi saat digunakan. Namun ingatlah untuk memakai kain untuk melapisinya saat disetrika. letakkan kebaya yang akan kamu setrika, lalu beri kain tipis di atas kebaya tersebut dan kamu bisa mulai menyetrikanya. Ini supaya panas setrika tidak langsung mengenai kebaya. Khusus kebaya bahan tule sebaiknya tidak disetrika.

Hindari menyimpan kebaya secar asal. Gantung kebaya kamu atau lipat dan simpan dalam kotak khusus. Ini supaya struktur dan garis kebaya tetap terjaga. Kamu bisa juga memakai kotak dari mika atau kardus. Jika ingin menggantungnya, jangan lupa memakai hanger yang dilengkapi padding agar bagian lengan nggak turun.

Hindari memakai kapur barus atau kamper pada lemari untuk baju kebaya kamu. Ini dikhawatirkan bisa merusak bahan kebayamu. Sebagai ganti kapur barus, kamu bisa memakai silica gel agar kebaya aman dan bebas jamur.

Ini Dia Pilihan Kebaya Kartini untuk Kamu Gunakan

Kebaya Kartini Rangrang Putih

Kebaya Kartini Rangrang Putih ini merupakan produk yang bisa kamu gunakan sebagai pilihan. Modelnya simpel dan sederhana namun kebaya semacam ini tentu bisa bikin tampilan makin elegan. Dengan warna putih, kebaya ini mudah dipadukan dengan bawahan apa saja. Kebaya kartini putih ini hadir dalam pilihan ukuran M dan L. Dalam pembelian tidak termasuk dalaman dan bros. Kebaya bahan brokat ini bisa digunakan dalam berbagai acara resmi.

Harga Rp. 120.000-212.000

Kebaya Kartini Brukat Semi Prancis

Kebaya Kartini Brukat Semi Prancis tentu tak kalah menarik. Kebaya kartini ini cocok jadi koleksi kamu. Pakailah saat menghadiri pesta pernikahan teman, wisuda, lamaran, dan acara penting lainnya. Kebaya ini berlengan panjang dan nyaman digunakan. Terbuat dari bahan brukat semi perancis, kebayanya terkesan elegan digunakan. Kamu bisa padukan dengan aneka bawahan. Atasan kebaya kartini ini sudah dilengkapi furing berupa katun paris yang nyaman.

Ada ukuran S dengan panjang depan 70 cm dan belakang 82 cm. Panjang lengannya 53 cm dan lingkar dada 88 cm. Ada juga ukuran XL dengan panjang depan 70 cm dan belakang 85 cm. Panjang lengan 53 cm dengan lingkar dada 100 cm.

Harga Rp. 120.000-159.000

Kebaya Kartini Jumbo Fanta

Jangan lewatkan untuk memiliki Kebaya Kartini Jumbo Fanta. Kebaya ini terbuat dari bahan katun. Bahan ini lembut dan ringan. Selain itu bahannya tidak gerah dan cepat menyerap keringat. Kebaya kartini yang satu ini cocok untuk berbagai kesempatan. Produk ini juga keren dengan kombinasi bordir 5 benang. Kebayanya cantik dengan warna yang terkesan feminin. Kebaya ini hadir dalam pilihan ukuran S hingga 5L.

Harga Rp. 120.000-204.000

Kebaya kartini tunik BRUKAT GLITTER

Kebaya kartini tunik BRUKAT GLITTER juga bisa jadi pilihan keren untuk kamu. Kebaya kartini ini atasannya terbuat dari baha brokat glitter sehingga terkesan mewah dan elegan. Kamu bisa memakainya dalam berbagai acara resmi seperti pernikahan, lamaran, wisuda, dan lainnya. Produk ini bisa dipadukan rok batik atau rok polos. Kebaya kartini ini sudah full furing sehingga nyaman digunakan. Lingkar dadanya 96 cm dengan panjang tangan 50 cm. Panjang baju depan 75 cm dan belakangnya 76 cm. Dalam pembelian sudah gratis bros bunga dan belt pita.

Harga Rp. 78.760-125.000

SET KEBAYA KARTINI TUNIK TULLE BORDIR TIMBUL / SET KEBAYA KARTINI TUNIK FORMAL

SET KEBAYA KARTINI TUNIK TULLE BORDIR TIMBUL / SET KEBAYA KARTINI TUNIK FORMAL menjadi rekomendasi kami berikutnya. Kebaya yang satu ini terbuat dari bahan tule bordir timbul dengan model V. Kebaya ini hadir dengan resleting depan dan lengan panjang. Kebayanya sudah full furing bahan hyget sehingga tidak akan menerawang dan cocok untuk yang berhijab. Ada pilihan ukuran M hingga XXL. Lingkar dada ukuran M adalah 92 cm sementara lingkar dada ukuran XL adalah 104 cm.

Untuk bawahannya adalah rok instan yang praktis digunakan. Roknya terbuat dari bahan silk yang lembut dan ringan. Bagian pinggangnya dari karet sehingga tidak mudah melorot. Produk ini juga hadir dalam plisket papan.

Harga Rp. 55.000-354.000

KEBAYA KARTINI BURKAT NON GLITER (BUSUI FREINDLY)

KEBAYA KARTINI BURKAT NON GLITER (BUSUI FREINDLY) menjadi pilihan selanjutnya. Kebaya kartini ini terbuat dari bahan brukat non gliter. Kebayanya full furing sehingga nyaman digunakan untuk yang berhijab. Kebaya ini memiliki kerah model V. Produk ini dilengkapi resleting depan sehingga aman untuk busui. Tersedia pilihan ukuran M hingga XXL. Ukuran M memiliki lingkar dada 96 cm dan ukuran XXL memiliki lingkar dada 110 cm.

Harga Rp. 125.000-263.000

Kebaya Kartini Floy Brukat Tulang Glitter Set Batik Kebaya Wisuda Brokat Timbul Corneli

Kebaya Kartini Floy Brukat Tulang Glitter Set Batik Kebaya Wisuda Brokat Timbul menjadi pilihan selanjutnya untuk kamu. Produk yang satu ini terbuat dari bahan brukat cord tulang glitter yang tebal. Bahannya nyaman digunakan dan cocok untuk berbagai acara. Produk ini dilapis dengan furing sehingga tidak menerawang. Kebaya ini memakai resleting belakang. Baju ini memiliki ukuran all size dengan lingkar dada 105 cm. Bisa juga pesan dengan rok plisketnya. Cukup cantumkan motif rok yang diinginkan.

Harga Rp. 72.000-120.000

DhieVine Batik ANDARA PUTIH KARTINI KEBAYA

DhieVine Batik ANDARA PUTIH KARTINI KEBAYA adalah produk yang sayang untuk dilewatkan. Kebaya kartini ini cocok digunakan dengan rok lilit atau rok panjang. Kebaya cantik ini hadir dalam warna putih dengan potongan slim fit. Kebaya dengan bahan katun ini cocok untuk berbagai suasana dan acara.

Harga Rp. 399.000

SET KEBAYA KARTINI TUNIK TULE MUTIARA BORDIR

SET KEBAYA KARTINI TUNIK TULE MUTIARA BORDIR juga merupakan rekomendasi keren selanjutnya. Produk ini terbuat dari bahan tule mutiara bordir. Kebaya dengan resleting depan ini berlengan panjang. Kebaya full furing ini cocok untuk dikombinasikan dengan rok lipit atau rok batik. Ada ukuran M hingga XXL yang bisa dipilih. Roknya terbuat dari bahan silk dengan model instan. Rok ini memiliki karet di bagian pinggangnya.

Harga Rp. 55.000-190.000

KEBAYA KARTINI JUMPUTAN SIRIP IKAN

KEBAYA KARTINI JUMPUTAN SIRIP IKAN merupakan pilihan yang sayang untuk dilewatkan. Kebaya kartini ini terbuat dari bahan katun. Produk yang satu ini memakai resleting depan sehingga lebih mudah digunakan dan cocok untuk ibu menyusui. Ukurannya all size dan muat hingga ukuran XL. Ukuran lingkar dadanya adalah 110 cm.

Harga Rp. 64.000-212.000
From our editorial team

Kebaya Bisa Jadi Koleksi Cantik

Sebagai warga negara Indonesia, kita tentu bangga karena negara kita memiliki banyak sekali budaya dan warisan leluhur yang menakjubkan. Salah satu budaya dan warisan leluhur tersebut adalah kebaya. Pakaian yang satu ini nyaman digunakan dalam berbagai suasana. Kini sudah ada banyak kebaya modern yang pastinya cocok untuk keseharian hingga acara-acara resmi. Nah, kamu bisa mulai mengoleksi kebaya nih di lemari kamu. Gunakan saat keseharian atau bisa juga ketika hadir dalam pesta. Pastinya kamu bisa tampil elegan dan menawan dengan kebaya pilihanmu.