Tampil Mewah dan Elegan dengan 10 Rekomendasi Kebaya Brokat Modern (2020)

Tampil Mewah dan Elegan dengan 10 Rekomendasi Kebaya Brokat Modern (2020)

Kebaya brokat adalah jenis kebaya yang banyak dipilih karena tampilannya yang elegan. Jenis kebaya ini cocok dikenakan untuk beragam acara, seperti pesta pernikahan, kondangan, hingga acara tradisional. Bingung memilih kebaya brokat bergaya modern yang sesuai dengan selera? Ini dia aneka rekomendasinya yang bisa dijadikan pilihan.

Kebaya Adalah Pakaian Tradisional yang Sering Dipakai Dalam Acara Penting

Kebaya adalah salah satu pakaian tradisional yang kerap dipakai wanita untuk menghadiri berbagai acara penting. Hadir dengan warna dan model yang beragam, pakaian ini biasanya dipadukan dengan bawahan kain sarung, batik, ataupun tenun. Pakaian ini umumnya dipakai dalam acara adat atau kebudayaan, pernikahan, hingga wisuda.

Beberapa Jenis Kain Brokat yang Menjadi Bahan Pembuatan Kebaya Modern

Brokat Prancis

Sumber gambar https://harga.web.id/

Ada berbagai jenis kain yang biasanya digunakan dalam pembuatan kebaya. Brokat adalah kain yang paling sering dijadikan bahan pembuatan kebaya. Salah satu jenis kain brokat yang favorit di pasaran adalah brokat prancis.

Brokat prancis atau biasa disebut dengan french lace ini adalah jenis kain brokat dengan bahan lembut, tidak panas, dan motifnya lebih rapat. Karakter unggul tersebut membuat kain ini tidak perlu dilapisi lagi dengan kain tambahan. Tak heran jika brokat jenis ini dibanderol dengan harga yang terbilang tinggi.

Brokat Semi Prancis

Sumber gambar https://www.merdeka.com/

Ingin membeli brokat prancis, tapi bujet tidak mencukupi? Kamu bisa memilih brokat lain yang memiliki karakter mirip, yaitu brokat semi prancis. Kain ini memiliki karakter yang sedikit lebih kaku. Meski demikian, brokat jenis ini banyak dipilih para perancang busana, lantaran tekstur bahannya yang lebih kuat dan mudah dijahit.

Brokat Italy

Sumber gambar https://harga.web.id/

Bagi yang menyukai gaya mewah pada pakaian, tentu kebaya berpayet kerap dijadikan pilihan. Tak perlu repot menunggu waktu untuk mengaplikasikan payet, kamu bisa memilih kain brokat italy sebagai bahan membuat kebaya.

Brokat italy merupakan jenis kain brokat yang sudah dipayet dan dibordir. Sehingga kamu tidak perlu menambahkan payet maupun bordir untuk menambah kesan mewah pada kebaya. Kain ini dibanderol dengan harga yang beragam, tergantung dengan kerumitan payet atau bordir yang dimiliki.

Brokat Jepang

Sumber gambar https://harga.web.id/

Jenis brokat berikutnya adalah brokat jepang yang memiliki karakter lembut. Ciri khas brokat ini terletak pada motif bunga yang besar dan tersebar. Selain itu, ukuran kain yang dihadirkan biasanya tidak terlalu lebar. Meski berkarakter lembut, tekstur kain ini tidak lebih lembut dari brokat prancis yang masih menjadi favorit di kalangan pencinta kain brokat.

Brokat Corneli

Sumber gambar https://fitinline.com/

Brokat corneli adalah jenis kain brokat berikutnya yang bisa dijadikan pilihan bahan kebaya. Kain ini memiliki motif bordir yang rapat dengan tampilan benang timbul pada pinggirannya. Karakter ini membuat brokat corneli punya bobot yang lebih berat dibanding brokat lainnya. Meski demikian, kainnya yang halus dan lentur membuat brokat ini pas dikenakan.

Brokat Prada

Sumber gambar https://www.merdeka.com/

Jenis brokat berikutnya yang menjadi favorit di pasaran adalah brokat prada. Brokat ini memiliki motif yang timbul dan bertekstur halus yang memberikan kesan elegan. Karakter tersebut membuat brokat ini memiliki potongan yang halus dan tetap cantik dijadikan model kebaya apa pun. Harga yang ditawarkan beragam, tergantung pada motif dan kehalusan bahannya.

Cara Mencuci dan Merawat Pakaian Berbahan Brokat

Cuci dengan Tangan agar Teksturnya Tetap Terjaga dan Tidak Berubah

Memiliki pakaian berbahan brokat memerlukan perawatan ekstra agar tetap terjaga keawetannya. Ada beberapa tips dalam merawat pakaian berbahan brokat yang bisa diikuti. Brokat merupakan kain yang mudah robek. Sehingga pencucian dengan mesin cuci akan rentan merusak serat kainnya. Jadi, cuci dengan tangan agar teksturnya tetap terjaga dan tidak berubah.

Gunakan Jeruk Nipis untuk Menghilangkan Noda

Apabila pakaian brokat terkena noda, jangan gunakan sikat untuk menghilangkannya. Menyikat baju berbahan brokat berisiko merusak serat kain. Gunakan saja air perasan jeruk nipis dan gosokkan secara perlahan pada bagian yang terkena noda. Setelah itu rendam beberapa saat dan bilas sampai bersih. Air jeruk nipis dinilai mampu mengikis bercak noda tanpa merusak warna bahan pakaian.

Jangan Terkena Sinar Matahari Langsung

Setelah mencucinya, keringkan pakaian berbahan brokat pada tempat yang teduh dan cukup diangin-anginkan. Tidak disarankan menjemur pakaian brokat langsung di bawah sinar matahari, sebab dapat merusak dan membuat warnanya cepat pudar.

Boleh Disetrika Asal Dilapisi Kain

Perlu diketahui bahwa pakaian berbahan brokat mudah rusak apabila terkena paparan panas secara langsung. Oleh sebab itu, gunakan lapisan kain apabila hendak menyetrika pakaian berbahan brokat. Dengan menggunakan lapisan berbahan kain, tekstur kain brokat akan terjaga. Penggunaan lapisan kain juga berlaku ketika hendak menyetrika bagian pakaian berbahan tulle agar tidak merusak serat bahannya.

Jangan Digantung, Lebih Baik Disimpan dengan Cara Dilipat

Penyimpanan pakaian berbahan brokat juga mempengaruhi keawetannya. Pakaian berbahan brokat sebaiknya tidak disimpan dengan cara digantung. Menggantung pakaian brokat hanya akan membuatnya cepat melar.

Cara yang dianjurkan untuk menyimpan pakaian ini adalah dengan melipatnya. Tak perlu khawatir kusut atau meninggalkan bekas lipatan, tekstur kasar dan pola jarang pada kain brokat membuatnya tidak menimbulkan bekas lipatan pada pakaian.

Jangan Gunakan Kamper, Lebih Baik Gunakan Silica Gel

Cara perawatan berikutnya adalah hindari penggunaan kamper pada lemari tempat menyimpan pakaian berbahan brokat. Penggunaan kamper atau kapur barus dapat merusak tekstur bahan brokat. Sebaiknya gunakan silica gel untuk menyerap kelembapan dan mencegah jamur. Dengan demikian pakaian menjadi lebih awet dan tahan lama.

10 Rekomendasi Kebaya Brokat Modern untuk Berbagai Acara

Kebaya Brukat Rinjani

Rekomendasi kebaya brokat modern yang pertama adalah Kebaya Brukat Rinjani. Kebaya berbahan brokat ini hadir dengan model penguin. Bagian lengan pakaiannya memiliki detail panjang 7/8 yang cocok dipadukan dengan aksesori berupa gelang atau jam tangan.

Kebaya Brukat Rinjani dilengkapi full furing, sehingga tidak menerawang. Produk ini hadir dalam beberapa warna, antara ain yaitu putih, hitam, hijau, salem, pink, gold, maroon, cokelat susu, dan abu-abu. Setiap pembelian kebaya ini dibekali dengan rok berbahan silky semisutera yang nyaman dipakai.

Harga Rp. 82.500-155.000

Kebaya RnB Monela Brokat Bruklat

Kebaya RnB Monela Brokat Bruklat adalah produk berikutnya yang direkomendasikan. Terbuat dari bahan brokat full furing membuat kebaya ini tidak menerawang, sehingga lebih aman dan nyaman dipakai. Didesain dengan model kutubaru modern, kebaya ini juga dilengkapi dengan belt yang dapat dilepas pasang.

Kebaya ini tersedia dalam warna hitam dengan ukuran all size fit to XL. Setiap pembelian kebaya ini dibekali dengan rok instan berbahan katun monokrom. Bagian pinggang rok ini dilengkapi dengan karet yang memudahkan pemakaian.

Harga Rp. 120.000-175.000

Kebaya Brokat Stretch Moksha

Tak melulu berlengan panjang, kebaya dengan lengan pendek juga menarik untuk dikenakan dalam acara-acara resmi. Bagi yang tertarik mengenkan kebaya lengan pendek, Kebaya Brokat Stretch Moksha adalah salah satu produk yang direkomendasikan. Kebaya ini terbuat dari bahan brokat stretch yang nyaman dipakai.

Produk ini didesain dengan model kutubaru yang elegan dan tersedia dalam ukuran S, M, L, dan XL. Kebaya ini dibekali dengan rok berbahan lycra strait dengan detail pinggang karet fit to XL. Setiap pembelian produk ini juga akan mendapatkan sebuah obi bros sebagai aksesori.

Harga Rp. 76.500-130.500

Kebaya Brokat Aurora - Maroon

Kebaya berwarna maroon memang menghadirkan pesona yang elegan bagi pemakainya. Warnanya yang berani tetap cantik dipadukan dengan bawahan batik aneka motif. Salah satu produk kebaya yang direkomendasikan adalah Kebaya Brokat Aurora - Maroon.

Kebaya Brokat Aurora - Maroon terbuat dari bahan brukat full furing. Produk ini juga dibekali dengan rok plisket berbahan silky semisutera. Rok ini memiliki detail pinggang karet all size fit to XXXL.

Harga Rp. 42.750-160.000

Kebaya Kirana Brokat

Kebaya bergaya asimetris adalah model yang sesuai untuk memberikan kesan ramping pada tubuh. Salah satu produk yang patut dilirik adalah Kebaya Kirana Brokat. Produk ini hadir dengan desain asimetris yang dipermanis dengan aksen pita di samping.

Terbuat dari bahan brokat full furing membuat kebaya ini tidak menerawang. Produk ini tersedia dalam beragam pilihan warna, yaitu merah, navy, mocca, maroon, fuschia, dusty pink, biru, putih, ungu, dan hijau tua. Setiap pembelian kebaya ini juga dibekali dengan rok plisket berukuran all size.

Harga Rp. 79.900-234.900

Kebaya Manohara Bordir Brokat

Rekomendasi kebaya berikutnya adalah Kebaya Manohara Bordir Brokat. Kebaya ini terbuat dari bahan brokat tulle bordir yang dilengkapi furing berbahan moscrepe import tebal. Desainnya yang menarik semakin elegan dengan tambahan mutiara dan glitter tebal.

Kebaya Manohara Bordir Brokat dilengkapi dengan tali pinggang yang bisa dilepas pasang. Memiliki detail resleting belakang membuatnya mudah dipakai. Produk ini tersedia dalam ukuran all size fit to XL.

Harga Rp. 150.000-250.000

Kebaya Brokat Tunik Sadela

Kebaya Brokat Tunik Sadela adalah kebaya berikutnya yang direkomendasikan. Produk ini terbuat dari bahan brokat tulle full furing, sehingga tidak menerawang. Desainnya yang trendi membuat kebaya ini cocok digunakan untuk berbagai acara.

Kebaya brokat modern ini tersedia dalam beberapa warna, antara lain putih, silver, gold, hijau botol, maroon, krem, mocca, dusty, dan navy. Setiap pembelian kebaya ini dibekali dengan rok berbahan batik silky yang nyaman. Roknya hadir dengan detail pinggang full karet all size fit to XXL.

Harga Rp. 56.500-307.500

Kebaya Kinanti Brokat

Punya perut besar kerap kali membuat seseorang tidak percaya diri mengenakan kebaya. Kebaya dengan model ruffle sebenarnya bisa menjadi solusi keresahan ini. Aksennya yang bergelombang memberikan aksen volume yang mampu menyamarkan ukuran perut. Salah satu produk yang bisa dipilih adalah Kebaya Kinanti Brokat.

Kebaya Kinanti Brokat ini terbuat dari bahan brokat full furing, sehingga tidak tembus pandang. Hadir dengan model ruffle asimetris, kebaya ini dipermanis dengan aksen di pinggang. Setiap pembelian kebaya ini dibekali dengan rok berbahan sutra silk yang lembut dipakai.

Harga Rp. 145.000-200.000

Kebaya Brokat Rorojongrang - Black

Siapa bilang kebaya hitam kurang menawan? Kebaya Brokat Rorojongrang - Black adalah salah satu produk yang didesain menarik untuk memberikan tampilan terbaik. Terbuat dari bahan brokat premium, kebaya ini telah dilengkapi dengan full furing yang membuatnya tidak menerawang.

Kebaya ini semakin elegan dengan aksen pita yang bisa dilepas serta motif timbul dan glitter yang melengkapinya. Produk busui friendly ini tersedia dalam beberapa warna, antara lain hitam, biru, maroon, silver, gold, dan dusty pink. Kebaya ini juga dibekali dengan kain lilit yang telah dilengkapi ring.

Harga Rp. 115.000-258.000

Kebaya Brokat Peplum Organdi Belt

Rekomendasi kebaya brokat modern yang terakhir adalah Kebaya Brokat Peplum Organdi Belt. Kebaya ini terbuat dari kombinasi brokat dan kain organdi yang kaku dan transparan untuk menghadirkan detail menarik. Produk ini cocok dipakai saat pesta, kondangan, ataupun wisuda. Kebaya yang telah dibekali dengan belt ini hadir dalam warna-warna yang menarik, antara lain merah cabe, mocca, gold, dusty pink, navy, mint, silver, maroon, salem, biru muda, biru elektrik, tosca.

Harga Rp. 115.000-173.700
From our editorial team

Sesuaikan Model Kebaya Brokat dengan Bentuk Badan

Kebaya memang menjadi busana yang biasa dikenakan dalam acara istimewa. Untuk tampil menawan, pastikan untuk mengenakan kebaya brokat dengan model yang sesuai bentuk badan. Pemilik tubuh ramping bisa mengenakan kebaya dengan desain pas badan seperti kutubaru atau sabrina. Model kebaya ini akan memberikan siluet tubuh yang menarik. Kebaya broket dengan model ruffle dan asimetris bisa dipilih untuk pemilik badan gemuk, karena dapat menutupi bagian perut dan memberi kesan ramping.