Rawat Kulit Berjerawat dengan 10 Rekomendasi Pelembap Kulit Berjerawat Berikut (2021)

Rawat Kulit Berjerawat dengan 10 Rekomendasi Pelembap Kulit Berjerawat Berikut (2021)

Kulit berjerawat bikin kita kurang percaya diri. Untuk itu, kamu harus merawatnya dengan benar. Gunakan skincare anti acne yang tepat mulai dari pembersih wajah hingga pelembapnya. Produk anti acne setidaknya harus mengandung bahan seperti salicylic acid, zinc, retinol, hingga vitamin C agar bisa berfungsi maksimal. Nah, untuk pelembap kulit berjerawat, kamu bisa cek rekomendasi dari BP-Guide!

Jangan Lupa Pakai Pelembap pada Kulit Berjerawat

Kulit berjerawat memang membutuhkan perawatan khusus. Jangan asal saja merawatnya jika ingin jerawat kamu cepat hilang. Misalnya saja dalam mencuci wajah, kamu harus gunakan sabun wajah yang sesuai untuk kulit berjerawat. Lalu, saat mengeringkannya juga jangan digosok terlalu keras karena akan membuat bakteri jerawat lebih mudah berpindah dan menyebar. Cukup tepuk-tepuk saja sampai kering.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam perawatan kulit berjerawat adalah memakai pelembap. Banyak dari kita yang menyepelekan pemakaian pelembap saat berjerawat. Alasannya beragam, mulai dari malas, lupa, takut wajah terasa lengket, dan takut jerawat makin tersumbat oleh pelembap. Pada kenyataannya, pelembap justru bisa merawat kulit berjerawat kamu jadi lebih baik.

Kulit berjerawat juga membutuhkan pelembap. Ini supaya lapisan terdalam kulit tidak mengalami dehidrasi. Saat kulit terhidrasi dengan baik, maka lapisan luar kulit jadi lebih bebas minyak dan kusam. Tentu saja kamu harus memakai pelembap khusus untuk kulit berjerawat. Ini karena pelembap untuk kulit berjerawat hadir dengan bahan seperti asam salisilat, benzoil peroxida, tea tree oil, dan lain sebagainya.

Pemakaian pelembap sebaiknya dilakukan setiap pagi usai kamu mencuci wajah. Saat keadaan wajah masih lembap usai cuci muka, kamu harus segera aplikasikan pelembap.Pada saat itu, pori-pori terbuka sehingga kandungan air dapat terserap lebih banyak ke dalam kulit. Dengan begini kulit terasa lebih kenyal dan segar. Pemakaian pelembap secara teratur akan membuat kulit berjerawat memiliki kondisi yang lebih baik dan lebih sehat sehingga lebih cepat sembuh dari jerawat.

Memilih Pelembap untuk Kulit Berjerawat

Pilih yang Berbahan Dasar Air

Gunakan pelembap dengan bahan dasar air. Pelembap berbahan dasar air memiliki tekstur ringan sehingga lebih cepat terserap ke kulit. Dengan pelembap yang ringan maka tidak akan meninggalkan kesan berat saat kamu memakai makeup. Selain itu, pelembap yang ringan juga lebih mudah diaplikasikan dan tidak meninggalkan rasa lengket.

Pastikan Mengandung SPF

Pastikan pelembap kamu mengandung SPF, ya. Kandungan SPF akan menjaga kulit agar lebih awet muda dan terbebas dari risiko kanker yang diakibatkan oleh paparan sinar UV yang terlalu lama. Kandungan SPF juga bisa membuat kulit jadi bebas kusam dan bikin kamu lebih nyaman beraktivitas di bawah terik matahari.

Cek Komposisi

Kamu juga bisa mengecek komposisi bahan sebelum membeli pelembap untuk kulit berjerawat. Pastikan pelembap yang kamu pilih mengandung bahan antiinflamasi supaya bisa mengurangi peradangan pada kulit. Beberapa bahan antiinflamasi adalah glycyrrhizic acid 2K dan glycyrrhetic acid stearyl.

Selain itu, kamu juga bisa memilih pelembap yang mengandung aneka vitamin. Misalnya saja vitamin C yang bisa membantu kulit beregenerasi dan juga bisa memberikan efek antiinflamasi. Atau bisa juga memilih pelembap dengan kandungan vitamin B2 yang bisa mengurangi produksi sebum berlebih agar wajah tak makin berminyak. Kamu boleh juga memilih pelembap dengan vitamin A karena bisa mendukung pertumbuhan epidermis kulit agar tekstur kulit kembali normal.

Jangan lupa juga pastikan pelembap hadir dengan bahan seperti salicylic acid agar jerawat bisa lebih cepat sembuh. Bahan yang satu ini bisa menjaga pori-pori tetap bersih dan mencegah timbulnya komedo, loh.

Hindari Pewangi dan Alkohol

Hindari pelembap dengan kandungan pewangi dan juga alkohol. Ini karena kulit berjerawat akan sangat sensitif dengan bahan-bahan tersebut.

Pelembap dengan kandungan alkohol juga tidak disarankan. Meski mampu memberikan sensasi dingin dan segar pada kulit serta bisa mengurangi rasa gatal pada kulit yang sedang berjerawat, alkohol akan membuat kondisi kulit wajah jadi makin kering. Jika sudah begini maka masalah jerawat jadi makin parah. Sebagai gantinya, kamu bisa utamakan memilih produk yang hypoallergenic agar kulitmu makin sehat.

Ini Dia Pilihan Pelembap untuk Kulit Berjerawat

COSRX Oil Free Ultra Moisturizing Lotion

COSRX Oil Free Ultra merupakan pelembap yang kaya akan antioksidan dan vitamin. Ini akan mampu merawat kulit yang iritasi parah. Pelembap ini bisa cepat diserap ke dalam kulit. Tidak ada rasa lengket yang tertinggal sehingga kulit terasa ringan dan nyaman seharian.

Terbuat dari bahan getah pohon birch, pelembap ini juga kaya akan karbohidrat, kalsium, dan zinc. Dengan level pH 5,5 sehingga bisa digunakan pagi dan malam hari. Pelembap ini telah teruji secara dermatologis jadi keamanannya tidak perlu diragukan lagi.

Harga Rp. 50.000-185.250

Sebamed Clear Face Care Gel

Sebamed Clear Face Care Gel juga bisa jadi andalan kamu. Pelembap dengan bahan allantoin dan citric acid ini bisa menekan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Di dalamnya juga terkandung bahan lidah buaya yang akan memberikan kelembapan ekstra sehingga kulit terhidrasi dengan baik. Produk ini juga hadir dengan pH 5,5 yang sama dengan pH kulit sehat. Hal ini membuatnya bisa menyembuhkan jerawat dengan lebih cepat tanpa membuat kulit jadi terlalu kering. Produk ini juga aman digunakan untuk remaja hingga dewasa.

Harga Rp. 163.800-182.000

Erha Acne AcneAct Gentle Acne Moisturizer

Erha Acne Acne merupakan pelembap untuk merawat kulit berjerawat dan sensitif. Produk ini hadir dengan pH yang seimbang. Selain itu, pelembap ini memakai bahan non comedogenic sehingga tidak akan menambah masalah pada kulit. Dengan kandungan granactive acne dan salicylic acid, kemunculann jerawat bisa dicegah. Ada juga bahan seperti PHA, betaine, dan ceramide yang bisa melembapkan kulit dan memperkuat skin barrier sehingga kulit lebih sehat. Pelembap ini tidak bikin kulit kering dan berminyak. Teksturnya ringan dan cepat diserap kulit.

Harga Rp. 50.000-138.000

Bioderma Sebium Mat Control

Bioderma Sebium Mat Control merupakan produk yang efektif mengurangi minyak berlebih di wajah. Pelembap ini juga bisa mencegah munculnya bakteri penyebab jerawat. Komposisinya terdiri dari asam salisilat, fluidactiv, bakuchiol, dan glukonat zinc. Berbagai bahan tersebut aman dan nyaman untuk kulit. Dengan tekstur ringan, produknya cepat diserap dan tidak akan terasa berminyak. Produk ini juga bersifat non comedogenic sehingga tidak akan memunculkan komedo di wajah. Sudah teruji secara klinis, kamu tidak perlu meragukan lagi keampuhan produknya. Kulit bebas kilap 8 jam dan pastinya lebih aman dan nyaman saat diaplikasikan makeup.

Harga Rp. 50.000-341.000

Simple Kind to Skin Hydrating Light Moisturiser

Simple Kind to Skin Hydrating Light Moisturiser bisa digunakan pada kulit yang berjerawat agar lebih cepat pulih. Produk ini bisa menghidrasi kulit secara maksimal sehingga kulit tidak kering. Meski demikian, jangan khawatir karena formulanya tidak akan bikin kulit jadi lengket. Pelembap ini hadir dengan bahan seperti pro vitamin B5 dan vitamin E. Kedua bahan ini bisa melembutkan kulit dan bikin tekstur kulit jadi lebih sehat.

Formulanya juga tidak akan menyumbat pori-pori. Produk ini tidak mengandung pewarna, pewangi, dan bahan kimia. Ini membuat wajah jadi sangat aman dan terhindar dari risiko iritasi.

Harga Rp. 129.000-135.000

Scarlett Whitening Acne Night Cream

Scarlett Whitening Acne Night Cream juga bisa kamu lirik jadi pilihan. Produk yang satu ini merupakan krim malam yang bisa kamu gunakan sebelum tidur. Pelembap ini akan membantu menghilangkan jerawat dan bekasnya sekaligus melembapkan dan menghaluskan kulit.

Kaya akan natural squalane, vitamin C, dan aneka bahan aktif lainnya, produk ini akan mengurangi kemerahan dan bengkak pada kulit. Pemakaian rutin bisa mengecilkan pori-pori pada kulit wajah. Kulit pun lebih kencang dan tampak lebih muda. Tekstur produknya sedikit kental, meski demikian tidak lengket dan cepat meresap ke dalam kulit.

Dikemas dalam kemasan bahan kaca yang super kokoh, tutupnya rapat sehingga isinya tidak akan mudah meluber kemana-mana.

Harga Rp. 53.000-75.000

Safi White Natural Anti Acne Cream

Safi White Natural Anti Acne Cream juga bisa jadi andalan kamu. Dengan bahan alami dan halal seperti tea tree oil, biji habbatus sauda, salicylic acid, niacinamide, dan aloe barbadensis leaf extract, produknya bisa mengatasi kulit berjerawat. Pelembap ini juga bisa mengurangi minyak di wajah dan menjaga kelembapan kulit.

Dengan pemakaian teratur, produk ini bisa mengatasi kulit kemerahan akibat jerawat. Teksturnya ringan, dingin, dan juga cepat diserap kulit. Produk ini bebas alkohol sehingga aman untuk kulit sensitif.

Harga Rp. 26.530-50.000

Innisfree Bija Trouble Lotion

Innisfree Bija Trouble Lotion memiliki formula yang ringan sehingga lebih cepat meresap ke dalam kulit. Produk ini tidak terasa lengket di kulit. Kamu yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat bisa memakainya setiap hari.

Dengan bahan seperti willow bark extract dan torreya nucifera seed oil, produk ini bisa melembapkan kulit dengan baik. Selain itu, bisa juga membantu proses eksfoliasi sehingga sel kulit mati bisa lebih maksimal terangkat dari wajah. Produk ini juga bisa mengatasi bintik hitam pada wajah.

Harga Rp. 170.000-199.000

Acnes Natural Care Oil Control & Whitening Cream

Acnes Natural Care Oil Control & Whitening Cream bisa melembapkan kulit berjerawat dengan baik sekaligus mengurangi minyak berlebih. Dengan delapan ekstrak tanaman, produk ini juga hadir dengan gliserin dan panthenol untuk mencerahkan wajah dan menyamarkan noda hitam. Ada kandungan arbutin dan aloe vera yang bisa menghidrasi wajah dan juga menenangkan kulit yang sedang breakout. Teksturnya cepat diserap wajah hingga ke lapisan terdalam.

Harga Rp. 27.558-75.700

Emina Ms. Pimple Acne Solution Moisturizing Gel

Emina Ms. Pimple Acne Solution Moisturizing Gel adalah rekomendasi terakhir kami. Pelembap untuk kulit berjerawat ini memiliki tekstur yang ringan dan terasa adem di kulit. Formulanya cepat diserap ke kulit dan pastinya tidak meninggalkan rasa lengket yang mengganggu. Pelembap ini juga hadir dengan SPF 15 sehingga wajah lebih terlindung dari efek buruk sinar UV.

Harga Rp. 18.400-23.200
From our editorial team

Pastikan Membersihkan Wajah Sebelum Tidur

Salah satu penyebab umum jerawat adalah karena kita malas membersihkan wajah. Utamanya saat sebelum pergi tidur. Padahal, tumpukan sisa makeup bercampur debu, kotoran, dan juga minyak bikin pori-pori wajah tersumbat dan akhirnya menyebabkan jerawat. Pastikan kamu selalu membersihkan wajah dengan maksimal dan juga memakai pelembap khusus kulit berjerawat agar kulit lebih cepat pulih, ya.