Tutupi Kekurangan pada Wajah dengan 8 Langkah Makeup yang Natural dan Flawless untuk Kulit Berjerawat!

Tutupi Kekurangan pada Wajah dengan 8 Langkah Makeup yang Natural dan Flawless untuk Kulit Berjerawat!

Punya wajah berjerawat memang mengesalkan, tetapi kalau kamu ingin tetap tampil cantik, kamu tetap bisa menggunakan makeup asalkan kamu memilih produk yang sesuai. Yuk, simak tips dan langkah makeup untuk kulit berjerawat berikut!

Punya Kulit Wajah Berjerawat? Kamu Harus Ekstra Merawatnya

Sumber gambar www.youtube.com

Memiliki wajah bersih dan mulus dari segala jenis masalah kulit pasti jadi dambaan semua orang. Sayangnya, tak semua mendapat kulit mulus dan bersih. Hal tersebut bisa dipengaruhi dari berbagai macam faktor, mulai kebersihan, usia, hingga gaya hidup.

Usia remaja yang baru puber rentan terkena masalah seperti jerawat. Selain itu jerawat juga bisa muncul akibat gaya hidup yang kurang sehat, seperti banyak mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak.

Untuk kulit wajah berjerawat, kamu harus lebih ekstra untuk merawatnya. Supaya jerawat cepat sembuh, gunakan pengobatan yang tepat. Untuk makeup-nya jangan lupa gunakan yang khusus untuk kulit berjerawat, supaya jerawat tak makin parah.

Tips Makeup untuk Kulit Berjerawat

Selalu Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Sumber gambar www.dermascope.com

Kurang menjaga dan merawat kebersihan kulit bisa menimbulkan aneka masalah kulit. Seharian kita terpapar sinar UV dan bergelut dengan debu dan polusi membuat kotoran menumpuk di wajah dan menyumbat pori. Jika malas membersihkan wajah maka jangan heran jika kita mudah terserang komedo dan jerawat.

Wajah berjerawat tetap bisa memakai makeup kok. Hanya saja, harus dilakukan dengan cara tersendiri. Sebelum membubuhkan makeup lengkap, sebaiknya bersihkan dulu wajah secara menyeluruh. Gunakan susu pembersih dan toner yang sesuai untuk kulit berjerawat. Ini dilakukan supaya jerawat tak makin parah. Gunakan juga facial foam khusus kulit berjerawat supaya wajah bersih maksimal.

Pakai Skin Care yang Tepat

Sumber gambar www.allure.com

Pastikan kamu memakai skin care yang tepat. Untuk kulit berjerawat, gunakan produk pembersih yang bahannya mengandung BHA seperti salicylic acid, AHA, hyaluronic acid, dan benzoyl peroxide. Kamu juga bisa memilih produk dengan kandungan seperti glycerin, minyak argan, dan madu. Berbagai kandungan tersebut mampu memberantas bakteri penyebab jerawat, mengontrol minyak berlebih, dan anti inflamasi.


Kurangi Pemakaian Primer

Sumber gambar www.metdaan.com

Kalau memakai makeup, pada umumnya kita akan sangat membutuhkan primer. Ini karena primer bisa menutup noda hitam hingga bekas jerawat, sehingga warna kulit tampak lebih merata. Namun banyak yang salah mengira bahwa primer bisa juga untuk menutupi jerawat.

Pemakaian primer berlebihan untuk jerawat justru akan makin membuat jerawat parah. Sebaiknya biarkan jerawat yang meradang tanpa primer terlebih dahulu. Hindari pengaplikasian makeup berlebihan supaya jerawat tak makin meradang.

Jangan Lupa Gunakan Pelembap

Sumber gambar www.neutrogena.ca

Jerawat memang timbul karena kulit wajah memiliki sebum yang berlebihan sehingga membuat kotoran menempel dan menyumbat pori wajah. Namun bukan berarti, jika kamu berjerawat lalu kamu melewatkan pemakaian pelembap, ya.

Dengan pelembab yang tepat, maka kulit akan jadi kenyal, anti keriput ,dan terkesan lebih awet muda. Bagi yang kulitnya berjerawat, gunakan pelembap tanpa kandungan minyak sehingga tak akan memicu kelebihan sebum yang bikin jerawat makin parah.

Pilih Bedak Tabur

Pemakaian bedak memang penting kala memakai makeup. Bedak bisa menyempurnakan makeup supaya lebih tahan lama. Saat berjerawat dan sedang parah, sebaiknya hindari memakai bedak padat. Gunakan saja bedak tabur yang khusus untuk kulit berjerawat. Bedak bisa membuat riasan tetap menempel dalam waktu lama.


Sudah Siap? Ini Dia Langkah Makeup untuk Kulit Berjerawat

Pilih Pembersih Wajah yang Sesuai

Bagi kamu yang sedang berjerawat, jangan sedih dan takut keluar rumah ya. Kamu bisa cantik meski masih dalam kondisi berjerawat kok. Gunakan makeup seminimalis mungkin supaya tak bikin kondisi kulit makin parah.

Gunakan pembersih wajah yang sesuai ya. Aplikasikan pembersih wajah khusus kulit berjerawat. Hindari pembersih wajah yang membuat kulit kering karena bisa memicu kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak.

Hindari Kandungan Alkohol

Sumber gambar moaltd.com

Selanjutnya dalam memilih produk untuk kulit berjerawat, hindari yang memiliki kandungan alkohol. Toner yang biasa kita gunakan usai memakai susu pembersih biasanya memiliki kandungan alkohol. Maka hati-hati dalam memilih toner, ya.

Memang fungsi toner adalah untuk menghilangkan minyak. Namun jika toner terlalu mengangkat minyak, maka kulit berjerawat kamu malahan jadi kering dan bahkan bersisik. Hindari memakai toner dengan kandungan alkohol berlebih jika ingin kondisi kulit tetap terjaga.

Menggunakan Lebih dari Satu Jenis Pelembap

Sumber gambar hellogiggles.com

Wajah kita ternyata memiliki kebutuhan kelembapan yang berbeda di tiap bagiannya. Maka sah saja kok kalau kamu ingin menggunakan beberapa jenis pelembap untuk wajah. Ini supaya hasil makeup bisa lebih terlihat maksimal.

Kamu yang sedang berjerawat pun, bisa kok mengaplikasikan pelembap lebih dari satu. Misalnya untuk daerah berjerawat, kamu aplikasikan pelembap khusus berjerawat. Sementara di bagian lain yang tak berjerawat, kamu aplikasikan pelembap yang sesuai dengan kondisi kulit.

Oleskan Primer Secukupnya

Sumber gambar www.allure.com

Kita memang akan susah berkreasi dengan makeup jika tak memakai primer. Guna dari primer adalah untuk meratakan warna kulit sehingga hasil makeup lebih sempurna.

Saat berjerawat memang sebaiknya hindari pemakaian primer. Namun, kamu tetap bisa mengoleskan primer secukupnya. Primer bukan untuk menutup jerawat ya, hanya untuk membuat makeup lebih menempel sempurna saja. Primer juga digunakan untuk mengecilkan pori wajah sehingga makeup tampak flawless.

Pakai Foundation dengan Hasil Matte

Sumber gambar www.femina.in

Gunakan foundation yang memiliki hasil akhir matte. Ini supaya sebum tak menumpuk di wajah dan bikin riasan memiliki kesan aneh. Aplikasikan foundation dengan jari tangan. Ini supaya foundation bisa lebih meresap ke dalam kulit wajah. Pemakaian jari lebih efektif daripada spons atau kuas untuk kulit berjerawat.

Pakai Concealer yang Sesuai

Sumber gambar howtousevinevera.com

Meski sedang berjerawat, kita perlu juga memakai concealer. Ini supaya hasil riasan lebih flawless dan warna kulit terlihat lebih merata. Concealer dibutuhkan untuk menyamarkan mata panda dan kantung mata.

Untuk kulit berjerawat, jumlah concealer dan teknik pemakaian harus secermat mungkin. Hal ini dilakukan agar concealer juga bisa menutup jerawat dengan sempurna. Pakailah brush eyeliner yang kecil supaya pemolesan concealer pada bagian wajah berjerawat menjadi lebih mudah.

Pakai Bedak untuk Menyempurnakan Riasan

Sumber gambar glamlipstick.com

Pada kulit berjerawat, hendaknya memakai bedak tabur saja. Ini dilakukan supaya jerawat tak makin parah. Namun untuk daerah wajah yang tak berjerawat, ada baiknya kamu memakai bedak padat. Pemakaian bedak padat berguna untuk menahan minyak agar wajah tidak terlalu mengkilap. Bedak padat juga berfungsi untuk mengunci riasan agar tetap tahan lama. Pakailah yang warnanya transparan supaya membuat riasan wajah tidak terkesan terlalu berat.

Tambahkan Blush On

Sumber gambar www.bhcosmetics.com

Supaya riasan wajah kamu tak pucat, pulaskan juga perona pipi, ya. Meski kulit kamu berjerawat, bukan berarti kamu tak boleh memakai blush on. Gunakan warna netral untuk menyegarkan tampilan kulit berminyak kamu.

Penggunaan blush on juga bisa menyamarkan jerawat pada wajah. Dengan blush on yang tepat, misalnya sesuai warna baju atau sesuai dengan riasan yang kalem, maka jerawat tak akan begitu menonjol.

From our editorial team

Pastikan Kamu Memilih Produk Makeup yang Tepat untuk Kulit Berjerawat!

Meskipun berjerawat, kamu tetap bisa menggunakan makeup asalkan kamu pandai-pandai memilih produk yang cocok dan sesuai. Pilih produk dengan kandungan air yang cocok untuk kulit berminyak atau pilih produk dengan konsep matte yang tak membuat wajah semakin mengkilap. Jangan lupa juga untuk membersihkan wajah sebelum dan sesudah menggunakan makeup agar tak membuat jerawat semakin parah.

Tag