4 Tutorial Makeup yang Bisa Menonjolkan Keindahan Matamu dan 6 Cara Menggunakan Eyeshadow Sesuai Kebutuhan (2018)

4 Tutorial Makeup yang Bisa Menonjolkan Keindahan Matamu dan 6 Cara Menggunakan Eyeshadow Sesuai Kebutuhan (2018)

Salah satu bagian wajah yang sering ditonjolkan kala merias adalah mata. Ada beberapa cara untuk merias mata seperti yang dijelaskan dalam artikel ini. Jika trik-trik ini dilakukan dengan benar, maka mata akan terlihat lebih indah dan riasannya bisa bertahan lama.

Makeup Mata Jadi Elemen yang Penting untuk Tata Riasmu

Mata adalah jendela jiwa, yang tak lain berarti memiliki faktor penting dalam menentukan penampilan seseorang. Termasuk ketika menggunakan makeup. Seringkali mata menjadi elemen yang ditonjolkan ketika makeup. Karena dengan riasan mata yang tepat, wajah akan jadi lebih bercahaya dan penampilan jadi lebih maksimal.

Tentu saja merias mata agar tampak lebih cerah dan menonjol bukan hal mudah. Ada banyak trik untuk melakukannya. Misalnya dengan menyamarkan kantung mata, memberi eyeshadow, menggoreskan eyeliner, hingga menempel bulu mata palsu. Semua itu dilakukan semata-mata untuk membuat matamu jadi lebih cerah dan menarik.

Keahlian Makeup Mata yang Harus Kamu Pelajari agar Riasanmu Lebih Menawan

Menggambar Alis

Untuk memperoleh riasan mata yang sempurna, kamu bisa memulainya dengan membentuk alis yang akan membingkai wajahmu dengan baik. Ada beberapa tahap yang bisa diikuti jika kamu ingin membuat alismu tampak rapi alami.

  • Rapikan rambut alismu dengan sisir khusus. Sisir alis ke arah bawah sehingga seluruh bentuk alis aslimu akan jelas terlihat.
  • Perkirakan bentuk alis yang kamu mau. Alis yang alami akan membentuk lengkungan pada bagian atas, dan kamu perlu menentukan titik lengkung ini. Kamu bisa menentukannya dengan mengukur menggunakan kuas makeup atau pulpen. Posisikan kuas di sebelah cuping hidung, lalu dari situ kamu bisa mengukur di mana awal alis, titik lengkung, dan ujung alis.
  • Setelah menentukan titik terpenting di alis, buat garis bentuk alismu secara perlahan. Gunakan pensil alis dengan warna yang sesuai dengan warna alis alamimu.
  • Dengan menggunakan pensil yang sama, isi bagian dalam alismu. Caranya adalah menggambar mengikuti arah rambut tumbuh.
  • Agar terlihat lebih natural, gunakan foundation untuk membuat pangkal alis jadi lebih samar.
  • Tambahkan sedikit sapuan maskara untuk memberikan kesan rambut halus di alismu.

Memulas Eyeshadow

Menggunakan eyeshadow merupakan hal yang perlu banyak latihan. Karena kamu harus bisa membaurkan dua atau tiga warna menjadi satu kesatuan yang halus. Berikut ini ada beberapa trik yang bisa kamu coba.

  • Gunakan eyeshadow primer agar warna jadi rata dan tahan lama. Eyeshadow primer juga berfungsi untuk menutupi warna kelopak mata yang terlalu gelap. Jadi ketika kamu menyapukan eyeshadow warnanya akan semakin jelas terlihat.
  • Trik untuk mendapatkan pulasan eyeshadow yang baik adalah dengan menggunakan blending brush saat memulas eyeshadow ke matamu.
  • Pilih warna eyeshadow yang netral seperti coklat atau nude yang bisa cocok membaur dengan wajahmu. Saat membaurkan eyeshadow gunakan gerakan horizontal agar tampilannya semakin halus.
  • Suka bereksperimen? Boleh-boleh saja, tetapi jangan sampai kamu menggunakan lebih dari tiga warna saat menggunakan eyeshadow, kecuali memang kamu tengah menggunakan makeup untuk penampilan atau kostum

Memulas Eyeiner

Eyeliner bisa jadi faktor yang membuat matamu tampak lebih hidup dan besar. Biasanya wanita menggunakan eyeliner dengan teknik cat eye guna membuat matanya lebih seksi dan menarik. Tapi jika kamu menginginkan tampilan mata yang lebih besar kamu bisa menggunakan eyeliner pada bagian bawah mata.

Sebelum memakaikan eyeliner pada bagian bawah mata, kamu harus ingat untuk berhati-hati. Pastikan eyeliner kamu sudah bersih. Jika menggunakan eyeliner dengan bentuk pensil, pastikan tidak terlalu tajam.

Saat menggambar eyeliner pada bagian bahwa kamu harus menaruh eyeliner tepat pada bagian akar bulu mata, jangan terlalu keluar atau ke dalam.

Melentikkan Bulu Mata

Bulu mata yang lentik sering jadi impian para wanita. Biasanya ada cara praktis untuk mendapatkannya yakni dengan menggunakan bulu mata palsu. Atau agar hasilnya lebih permanen, kamu bisa melakukan tanam bulu mata.

Tapi jika kamu ingin hasil yang alami, kamu bisa menggunakan cara satu ini, yakni menggunakan madu sebagai cairan untuk melentikan bulu mata. Caranya mudah, cukup oleskan madu dengan cotton buds pada bulu mata dan diamkan selama 25-30 menit. Lakukan setiap hari agar hasilnya maksimal. Selain madu, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun guna membuat bulu mata jadi lebih panjang dan lentik.

Sebelum Mulai Merias Mata, Cari Tahu Jenis Kelopak Matamu Dahulu

Hooded

Apakah matamu memiliki kelopak yang tebal sehingga jadi tampak sayu? Jika ya, maka kamu memiliki mata dengan tipe hooded alias tertutup dengan bagian kelopak mata. Untuk merias mata hooded memang agak lebih menantang. Tapi ada beberapa trik yang bisa kamu coba.

  • Awali dengan membubuhkan eyeshadow primer agar riasan mata jadi tahan lama dan warna matamu jadi lebih jelas.
  • Sapukan eyeshadow pada bagian atas lipatan mata dan gunakan warna netral seperti coklat atau nude.
  • Kamu juga bisa menggunakan teknik smooky eyes guna membuat mata jadi lebih besar dan menyamarkan kelopak di bagian atas.
  • Untuk momen formal atau pesta kamu bisa menggunakan eyeshadow dengan kesan kilap guna menambah dimensi dan membuat matamu makin menonjol.
  • Lengkapi riasan dengan maskara agar bulu matamu juga tampak lebih lebat dan panjang.

Monolid

Apabila kamu adalah penggemar drama Korea, mungkin kamu familiar dengan jenis mata monolid yang umumnya memang dimiliki oleh orang-orang dari kawasan Asia Timur atau ras Mongoloid. Kelopak mata yang kecil dan tanpa lipatan ini memang bisa menjadi tantangan untuk memulaskan riasan. Tapi bukan berarti tak mungkin. Mari simak trik riasan mata monolid.

  • Cara pertama untuk membuat mata monolid tampak lebih besar adalah dengan menggunakan smooky eyes. Kamu bisa menggunakan eyeshadow berwarna gelap pada garis bulu mata dan makin terang ke arah kelopak.
  • Kamu juga bisa menggunakan teknik cat eye yang membuat matamu jadi terkesan lebih seksi dan tegas.
  • Underliner merupakan teknik yang membuat matamu jadi lebih tegas dengan mengaplikasikan eyeshadow pada bagian bawah garis mata. Kemudian kamu harus membaurkannya dengan jari atau kuas agar lebih alami.

Doublelid

Kebanyakan orang di Indonesia memiliki mata dengan jenis double eyelid, jadi tidak sulit untuk memberikan riasan mata. Justru dengan mudahnya kamu bisa membaurkan berbagai warna dan bereksperimen dengan banyak teknik yang akan membuat matamu jadi lebih tegas dan menonjol. Pastikan kamu sudah melakukan banyak latihan sebelum mulai mengaplikasikan eyeshadow ke matamu.

Aneka Cara Makeup Mata dengan Eyeshadow

Cara Dasar Makeup Mata dengan Eyeshadow

Ada lima panduan penting jika kamu masih pemula dalam menggunakan eyeshadow.

  • Bagian kelopak mata adalah di mana kamu memulas eyeshadow. Kamu bisa memilih berbagai warna dasar untuk diaplikasikan pada kelopak. Kamu juga bisa menyamakan warna eyeshadow dasar dengan warna pakaian atau riasan wajahmu yang lain.
  • Jika tipe matamu adalah double eyelid, maka pada bagian lipatan digunakan eyeshadow dengan warna yang lebih gelap daripada eyeshadow dasar.
  • Pulas eyeshadow dengan efek shimmer atau warna terang pada bagian sudut mata atau di tengah kelopak mata. Ini dimaksudkan untuk semakin menonjolkan mata dan membuatnya lebih bercahaya.
  • Terakhir, pada bagian sudut mata terluar, kamu bisa menambahkan eyeshadow warna gelap.

Cara Makeup Mata dengan Eye Shadow Dua Warna

Jika sudah terbiasa dengan teknik dasar menggunakan eyeshadow, kamu sudah siap melakukan eksperimen lainnya, misalnya dengan menggunakan eyeshadow dua warna. Pertama kamu harus memilih dua warna terlebih dahulu, yakni warna yang gelap dan terang.

Eyeshadow berwarna gelap ini biasanya akan diaplikasikan pada garis kelopak mata, kemudian warna yang lebih terang ditaruh di atas garis eyeshadow yang lebih gelap. Cara lainnya adalah menaruh warna yang lebih terang pada bagian kelopak mata dan dalam mata, sementara warna yang lebih gelap ditaruh di ujung mata.

Kemudian sempurnakan riasanmu dengan eyeliner dan maskara.

Cara Makeup Mata dengan Eyeshadow Tiga Warna

Untuk menambah riasan mata agar makin sempurna, kamu juga bisa mencoba menggunakan tiga macam warna eyeshadow. Tentu saja dengan banyak latihan kamu bisa menggunakan eyeshadow tiga warna dengan sempurna.

  • Pertama tentunya kamu harus menentukan warna eyeshadow yang tepat. Baiknya 3 warna eyeshadow terdiri dari warna lembut, medium, dan gelap. Hal ini untuk memastikan dimensi matamu terlihat dengan baik.
  • Saat memulasi eyeshadow kamu harus memastikan tekniknya terlebih dulu. Bubuhkan eyeshadow secara perlahan dan ke satu arah. Jangan terlalu keras dalam mengaplikasikan eyeshadow.
  • Warna yang lembut alias yang paling terang akan menjadi highlight untuk memberikan efek bersinar pada mata. Warna lembut ini bisa diaplikasikan pada sudut dalam mata dan area di bawah alis.
  • Warna medium bisa diaplikasikan pada bagian tengah kelopak dan di lipatan mata
  • Warna gelap bisa ditaruh di sudut luar mata dan ikuti gerakan melengkung saat mengaplikasikannya.

Cara Makeup Mata dengan Eye Shadow untuk Sehari-hari

Untuk aktivitas sehari-hari seperti saat ke kantor atau kuliah, kamu bisa menggunakan eyeshadow dengan kesan nude yang terlihat natural tapi tetap memberikan efek pada mata. Pulaskan dengan tipis dan merata. Eyeshadow berwarna nude ini juga memberikan kesan ramah dan menyenangkan jadi tepat untuk diaplikasikan tiap saat.

Cara Makeup Mata dengan Eye Shadow untuk Acara Resmi

Saat hendak mengunjungi acara resmi atau pesta malam hari, kamu bisa menggunakan eyeshadow dengan warna yang lebih mencolok atau gelap guna membuat tampilanmu makin elegan. Misalnya kamu bisa menggunakan paduan warna abu-abu, hitam, dan silver sebagai eyeshadow untuk kesan seksi. Terakhir gunakan eyeliner membentuk cat eye dan maskara guna membuat mata semakin hidup dan menarik.

Cara Makeup Mata dengan Eyeshadow untuk Pesta

Jika tampilan eyeshadow seksi agak berlebihan menurutmu, kamu bisa tetap menggunakan warna-warna yang lebih lembut guna membuat matamu jadi lebih hidup. Misalnya saja ketika hendak menghadiri pesta siang hari, kamu bisa memilih eyeshadow berwarna oranye atau pink guna membuat tampilanmu lebih segar.

Atau jika hendak tampil berani, kamu bisa menyesuaikan eyeshadow dengan warna bajumu. Misalnya eyeshadow biru dengan dress berwarna biru, atau hijau ketika kamu sedang menggunakan pakaian berwarna hijau.

From our editorial team

Bersihkan Kuas Eye Shadow secara Rutin

Selain wajah yang harus selalu dibersihkan, peralatan make up seperti kuas pun harus mendapatkan perhatian yang sama. Kuas yang kotor mengandung bakteri. Jika kuas yang kotor tersebut tetap dipakai, maka bisa menyebabkan jerawat atau masalah kulit yang lain. Oleh karena itu, bersihkanlah kuas eye shadow secara rutin.

Tag