Ceria dan Imut dengan 17 Tips Tutorial Makeup Ala Anime untuk Cosplay dan Seru-seruan (2018)

Ceria dan Imut dengan 17 Tips Tutorial Makeup Ala Anime untuk Cosplay dan Seru-seruan (2018)

Makeup ala anime bisa jadi salah satu ide makeup lucu untuk seru-seruan atau jika kamu akan berperan sebagai salah satu karakter anime dalam acara cosplay. Yuk intip tips dan ide makeup ala anime rekomendasi BP-Guide berikut ini!

Kepopuleran Anime yang Menginspirasi Pencinta Makeup

Sumber gambar myanimelist.net



Kamu pasti tak asing lagi dengan anime Jepang yang selalu tampil kawaii atau cute, bola mata lebar, pipi merona merah, wajah mungil dan bulu mata lentik. Pastinya ingin coba makeup seperti mereka dong? Nah, tak ada salahnya jika kamu mencoba tren makeup ala anime, sekalian seru-seruan bareng sahabat atau foto lucu-lucuan untuk di-post di Instagram.

Riasan Makeup Anime Tidak Hanya untuk Cosplayer Saja Lho!

Sumber gambar www.idntimes.com



Make up ala anime atau cosplay dapat mengubah tampilan wajahmu secara drastis. Ini sangat berguna untuk kamu yang suka minder dengan salah satu bentuk wajahmu. Salah satu Youtuber bernama Winnie Yap sering memberikan tutorial makeup anime, mulai dari teknik dasar sampai susah. Dan semuanya bisa kamu praktikkan sendiri di rumah.

Tips Makeup Anime yang Wajib Kamu Tahu

Pilih Foundation dengan Warna Satu Tingkat Lebih Terang

Salah satu hal dasar untuk makeup anime Jepang adalah penggunaan foundation. Pastikan foundation-mu memiliki shade warna satu tingkat di atas warna kulit. Foundation cair akan membuat riasanmu tampak lebih natural.

Shading Plus Contouring

Sumber gambar twitter.com

Shading dan contouring merupakan langkah kedua yang tak kalah pentingnya. Memberi shading pada hidung akan membuatnya tampak lebih mancung. Aplikasikan juga contouring untuk membentuk wajah kamu agar terlihat lebih tirus. Caranya dengan memulas mulai dari tengah telinga ke arah bibir untuk membentuk tulang pipi. Agar hasilnya lebih natural, gunakan shading terlebih dahulu sebelum bedak.

Riasan Mata Ala Anime

Sumber gambar i.pinimg.com

Setelah beres, kamu bisa lanjutkan untuk area mata terlebih dahulu. Karakter dalam anime-anime memiliki mata yang bulat dan lebar. Untuk menampilkan kesan yang demikian, kamu harus menggunakan eye shadow warna lembut seperti pink atau orange muda agar mata terlihat lebar, dan warna cokelat muda pada ujungnya. Agar tampak natural, jangan lupa untuk blending ya.

Tambahkan pula eye liner putih di kelopak mata tepat di atas dan di bawah bulu mata. Selanjutnya, pulaskan eye liner hitam untuk membentuk aksen cat eye. Setelah kering, jepit bulu matamu, lalu pulaskan maskara agar bulu mata semakin lentik dan hitam.

Supaya makin hidup, kamu bisa tambahkan bulu mata palsu. Lensa kontak akan memberikan efek bola mata tampak lebih besar, jadi ada baiknya kamu tak melupakan ini. Untuk alis mata, pilih warna cokelat agar lebih natural. Selain itu, warna ini terkesan lembut. Lalu, rapikan menggunakan brow mascara.

Bubuhkan Perona Wajah

Sumber gambar www.refinery29.com

Tak lengkap rasanya jika makeup anime tidak terlihat segar dan berseri. Agar nampak lebih imutt kamu bisa sapukan blush on berwarna pink pada pipimu agar wajahmu terkesan segar dan cute. Sapukan pada daerah pipi atas dan baurkan secara perlahan agar tidak terlihat berlebihan.

Pulaskan Lipstik

Seperti yang kita tahu, karakter pada anime menampakkan bibir mungil. Untuk membentuk bibir yang demikian, aplikasikan foundation terlebih dahulu untuk memenuhi seluruh bibir. Selanjutnya, pulaskan lipstik warna natural dengan efek gradasi dengan bagian luar menggunakan warna yang lebih terang.

Tutorial Makeup Anime Girl untuk Cosplay dan Seru-seruan

Pakai Wig Cap Terlebih Dahulu

Sumber gambar www.amazon.com

Memakai wig cap adalah hal wajib bagi cosplayer. Hal ini bertujuan agar lebih rapi karena rambut asli menjadi tersembunyi. Dengan begitu, wig akan terlihat lebih nyata dan alami.

Ada banyak jenis wig cap. Namun, faktor utama yang harus kamu perhatikan adalah bahan wig cap yang nyaman dan mencegah kulit kepala iritasi. Wig cap berstruktur jaring lebih baik daripada berbahan nilon. Pastikan semua rambut masuk ke dalam wig cap. Gunakan penjepit di setiap sisinya agar tetap rapat.

Bersihkan Wajah

Sumber gambar stylecaster.com

Gunakan kapas dan pembersih untuk mengangkat debu, minyak, dan kotoran. Wajah yang bersih akan membantu mempertahankan make up tetap menempel sempurna. Kamu juga bisa menggunakan micellar water karena dapat membersihkan kotoran dengan optimal. Lanjutkan dengan toner supaya wajah semakin bersih.

Gunakan Face Primer/Moisturizer

Sumber gambar www.galstyles.com

Pilih pelembap yang sesuai dengan kondisi kulit. Wajah yang kering akan mengurangi kualitas makeup. Sayang kan, udah beli make up mahal-mahal tapi hasil tidak maksimal? Efeknya bisa jadi make up terlihat tidak mulus. Lanjutkan dengan face primer yang juga membuat foundation lebih tahan lama. Cukup oleskan sedikit saja, wajahmu akan tahan seharian dan pori-pori tersamarkan.

Aplikasikan Concealer

Sumber gambar www.slingomom.com

Aplikasikan concealer di bagian kulit yang membutuhkan, seperti daerah bawah mata dan bekas jerawat. Warna concealer sebenarnya tak hanya satu.

Warna hijau digunakan untuk menyamarkan warna kulit yang kemerahan seperti jerawat yang meradang dan memar kulit. Warna kuning digunakan untuk mengurangi warna kehitaman dan kebiruan, seperti kantong mata. Warna ungu digunakan untuk menutupi warna kulit yang tidak sempurna.

Setelah dioleskan, ratakan dengan jari. Jangan lupa untuk menggunakan concealer sedikit saja.

Oleskan Foundation secara Merata

Sumber gambar www.cosmo.ph

Menggunakan foundation pada wajah, leher, telinga dan seluruh area yang terlihat merupakan hal wajib yang kamu lakukan untuk membuat make up anime. Agar hasil lebih merata, pakailah beauty blander. Kamu perlu menciptakan highlight untuk menonjolkan area wajah tertentu.

Aplikasikan foundation berwarna lebih terang pada T zone, bawah mata, dan dagu. Warna ini setingkat di atas foundation dasar ya. Pada bagian dagu, gunakan foundation sedikit saja jika dagumu lebih lebar, sebaliknya ratakan pada seluruh dagu jika dagumu pendek dan kecil.

Pada umumnya, kulit wajah pastilah memiliki bulu. Agar terhindar dari aplikasi foundation yang tidak rata, pulas sesuai arah bulu di wajah. Pertama, dahi, pulas satu arah jangan berpindah-pindah ke area lain. Selesaikan satu area terlebih dahulu baru bergeser ke area lain.

Gunakan Bedak Tabur

Agar make up anime bisa terkesan natural dan rata, pakailah bedak tabur setelah foundation. Sifat bedak tabur yang dapat menyerap minyak akan membuat foundation dan makeup bertahan lama. Tak hanya itu, bedak tabur akan membuat kulit bersinar dan menjadikan pori-pori terlihat lebih kecil. Kulitmu akan terhindar dari minyak yang tampak berlebih.

Namun, ada hal yang harus kamu perhatikan, gunakan bedak tabur yang sesuai warna kulitmu. Jika kamu menggunakan warna bedak yang tidak sesuai, hal itu malah dapat membuat warna wajah tidak rata. Sebelum membeli, kamu bisa mengetes dulu pada area dahi lalu bandingkan dengan area leher.

Gunakan Bedak Padat

Setelah selesai menggunakan bedak tabur, kamu bisa melanjutkannya dengan memakai bedak padat. Kenapa? Bedak padat dapat mengunci bedak tabur yang kamu pulaskan sebelumnya.

Caranya pun sangat simpel, kamu cukup dengan menepuk-nepukkan bedak menggunakan puff. Puff berfungsi agar bedak tersebut lebih merata di semua area. Saat kamu menepukkan puff, kamu telah memberikan tekanan pada kelenjar minyak pada kulit, sehingga akan mengurangi minyak berlebih beberapa jam setelah makeup.

Aplikasikan Base Eyeshadow dan Eyeliner

Sumber gambar dconheels.com

Sebelum berlanjut memulaskan eye shadow, penting diingat bahwa kamu perlu mengaplikasikan base eye shadow terlebih dahulu. Karena ini makeup anime, ada baiknya kamu menyesuaikan dengan warna wig, misalnya jika kamu memakai wig pink, aplikasikan warna pink gelap pada alis. Ini bertujuan agar tidak terkesan tanpa alis atau “gundul” dari kejauhan. Jika warna alis hitam, pastinya kamu membutuhkan warna yang bisa mengalahkannya.

Sebagai tips, kamu bisa menggunakan pensil eye liner berwarna. Pada dasarnya, menggunakan pensil eye liner lebih mudah dan hasilnya lebih nyata daripada eye shadow. Kekurangannya, pilihan warnanya jadi terbatas.

Sebelum membentuk alis, kenali dengan pasti karakter yang akan kamu mainkan. Umumnya, alis ala makeup anime tidak terlalu melengkung tinggi namun lebih mengarah lurus. Untuk merapikan bentuk hasil gambarmu, gunakan concealer pada bagian pinggir dan taburi bedak tipis-tipis agar warna sama dengan daerah sekitarnya.

Gunakan Eyeshadow pada Kelopak Mata

Sumber gambar www.youm7.com



Gunakan eyeshadow berwarna netral, seperti pink, peach, atau kuning di bagian tengah kelopak mata, disusul warna senada lebih terang mengkilap di ujung dalam mata, dan warna gelap pada ujung luar kelopak mata. Hal ini bertujuan untuk menajamkan mata. Kemudian baurkan perpaduan warna tersebut menggunakan fluffy brush atau jari.

Aplikasikan Eyeliner Putih di Bawah Mata

Sumber gambar www.urbanclap.com

Agar mata terlihat lebih lebar, pulaskan eye liner putih pada bagian bawah mata. Tidak ada aturan khusus untuk jenis eye liner yang dapat digunakan. Namun, sekadar tips, hindari menggunakan pensil eye liner pensil yang runcing.

Selain berbahaya, pensil eye liner yang runcing cenderung lebih sulit diaplikasikan. Yang paling penting, kamu cukup mengaplikasikannya dengan tipis. Jika kamu memakai eye liner terlalu tebal, justru akan cepat luntur dan memberikan ilusi mata panda.

Bingkai Mata dengan Eyeliner

Sumber gambar makeupandbeauty.com

Matamu akan terlihat lebih hidup dan pandanganmu jadi menarik dengan bantuan bingkai eye liner. Caranya, tarik ujung eye liner ke arah luar dan tahan napas saat hendak mengaplikasikan agar garis yang dibuat lebih rapi. Kamu boleh berkreasi sesuai bentuk mata dari karakter pilihanmu.

Sebaiknya, hindari menggunakan eye liner hingga ke bagian waterline. Sebab, itu akan membuat mata gatal, bahkan bisa iritasi! Jangan lupa ya, jangan tarik garis eye liner tepat di area yang sudah diberi pensil mata putih.

Jepit Bulu Mata, Lalu Gunakan Bulu Mata Palsu dan Maskara

Sumber gambar perfectbeauty.id

Jepit bulu mata sebelum menggunakan maskara agar bulu mata asli tampak menyatu dengan bulu mata palsu. Belilah penjepit bulu mata yang memiliki kualitas tepercaya agar bulu mata tidak rontok.

Jika kamu belum bisa menggunakannya, caranya mudah lho! Jepit bulu mata pada bagian pangkal, tengah, dan ujung. Lalu biarkan selama beberapa detik sebelum dilepaskan.

Selanjutnya kamu bisa memulaskan maskara. Aplikasikan maskara dengan gerakan zigzag pada bagian dalam maupun luar. Setelahnya, pasangkan bulu mata palsu favoritmu.

Pasang Bulu Mata Bawah

Ada dua teknik dalam menggunakan bulu mata. Pertama, tempelkan bulu mata dari tengah berlanjut ke belakang. Kedua, dari arah belakang menuju depan. Sejauh ini, teknik pertama lebih mudah dibandingkan teknik kedua.

Kamu dapat menggunakan pinset untuk mempermudah saat menjepit bulu mata. Pinset ini juga membuat pemasangan menjadi lebih rapi. Untuk tips, pilih bulu mata yang agak tebal dan potong tiap sisi sesuai panjang eye liner bawahmu.

Pulaskan Blush On Pada Pipi

Sumber gambar www.youtube.com

Sapukan blush on berwarna pink di atas tulang pipi atau kamu bisa sesuaikan sendiri dengan bentuk wajah. Biasanya, blush on berada tepat di atas warna shading, lalu baurkan blush-on ke arah shading. Memilih warna blush on dengan warna cerah akan membantu penampilanmu tampak lebih segar.

Kenakan Soft Lens

Sumber gambar www.linzy.ru

Memakai soft lens ini bisa sebelum atau sesudah menggunakan foundation. Besar atau kecilnya soft lens sebenarnya tergantung selera dan kenyamanan. Yang pasti, pilih soft lens sesuai karakter yang kamu mainkan.

Jika mata kamu tidak minus atau pun silinder, kamu tak perlu khawatir. Sebab, soft lens tersedia untuk pemilik mata normal dengan berbagai macam warna. Tak jarang, di pasaran beredar softlens yang membuat matamu terlihat lebih besar seperti karakter pada anime.

Pulaskan Pewarna Bibir

Sumber gambar www.videoblocks.com

Lipstik berwarna pink, peach, dan warna lembut lainnya menjadi ciri khas perempuan Jepang. Selain menyempurnakan riasan, lipstik wajib hukumnya dipakai untuk makeup anime. Tanpa lipstik, cosplayer akan terlihat pucat dan tidak menarik.

Jika kamu tidak ingin terkesan menor, pilihlah warna-warna natural seperti cokelat muda. Tambahkan lip pencil warna gelap pada garis bibir dalam setipis mungkin untuk menonjolkan kesan bibirmu.

Untuk karakter wanita, hindari menggambar garis bibir dalam dengan eye shadow gelap. Bentuklah dengan warna merah gelap saja agar terlihat lebih segar dan natural.

Terakhir, Pakai Wig dan Kamu Siap Berpose

Sumber gambar www.deviantart.com

Langkah terakhir, pakai wig dan berpose seimut mungkin, yang memang menjadi ciri khas karakter anime. Bisa dikatakan wig adalah bagian favorit dari cosplayer. Wig buatan Jepang seperti rambut sungguhan dan sering dijadikan sebagai rambut alami. Biasanya wig-nya lebih halus, berwarna matte, dan tidak terkesan murahan.

From our editorial team

Cari Berbagai Inspirasi Makeup Anime Favoritmu!

Jika kamu gemar menggunakan makeup untuk seru-seruan atau jika kamu akan menghadiri acara cosplay, kamu bisa coba kenakan makeup anime yang sesuai dengan karakter yang kamu pilih. Kamu bisa meniru makeup anime yang kamu lihat di film atau di internet. Gunakan warna-warna yang sama dengan karakter yang kamu pilih dan jadilah semirip mungkin. Selamat mencoba!

Tag