10 Rekomendasi Helm Nolan untuk Kamu yang Ingin Merasakan Sensasi Jadi Pembalap (2021)

10 Rekomendasi Helm Nolan untuk Kamu yang Ingin Merasakan Sensasi Jadi Pembalap (2021)

Bukan rahasia lagi bahwa helm merupakan perlengkapan penting untuk menunjang keselamatan kala berkendara. Apalagi bagi para pembalap yang selalu dihadapkan dengan risiko bertabrakan atau tergelincir di arena balap. Tertarik merasakan sensasi jadi pembalap? Ini dia 10 rekomendasi helm Nolan yang kerap menjadi pilihan para pembalap.

Seorang Pembalap Motor Harus Menggunakan Aksesori Keamanan

Sumber gambar https://kapten.id

Apakah Anda seorang penggemar olahraga balap motor? Tentu Anda sudah paham bahwa olahraga tersebut cukup berisiko menimbulkan kecelakaan dalam trek. Dengan beragam risiko cedera tersebut, maka seorang pembalap membutuhkan perlengkapan keamanan.

Baju jirah pembalap atau biasa dikenal dengan racing gears didesain mengutamakan keamanan dan kenyamanan. Selain baju balap, ada pula aksesori lain yang harus digunakan untuk menunjang keamanan, seperti sepatu, sarung tangan, hingga helm. Dengan demikian pembalap tetap aman meski mengalami insiden kecelakaan.

Aksesori Penting untuk Seorang Pembalap

Pelindung Lutut

Sumber gambar https://www.gridoto.com

Berbicara mengenai aksesori untuk pembalap, pelindung lutut adalah salah satu aksesori yang penting dikenakan. Saat melintasi tikungan tak jarang lutut pembalap menyentuh permukaan jalan. Tentu lutut perlu dilindungi agar tidak terluka.

Pelindung lutut biasanya terbuat dari bahan termoplastik. Ada dua jenis pelindung lutut, yaitu yang menyatu dengan baju balap dan yang terpisah. Selain pelindung lutut, ada pula pelindung yang diperuntukkan untuk pundak, pinggang, dan juga siku untuk meminimalkan risiko cedera.

Sarung Tangan

Sumber gambar https://kapten.id

Aksesori berikutnya yang digunakan untuk balapan adalah sarung tangan. Sarung tangan biasanya dibuat dengan bahan kulit yang dilapisi kevlar agar lebih tahan gesekan. Sementara pada bagian buku-buku jari biasanya ditambahkan pelindung berbahan titanium atau karbon.

Banyak yang mengira bahwa sarung tangan pembalap didesain tebal agar lebih aman. Nyatanya, sarung tangan balapan justru dibuat tipis agar pembalap bisa merasakan stang, tuas rem, dan kopling. Meski demikian, pada bagian-bagian tertentu yang mudah cedera akan dibuat lebih tebal dan aman.

Pakaian Balap

Sumber gambar https://www.gridoto.com

Semua pembalap pasti memiliki baju balapnya masing-masing. Meski demikian, secara umum baju yang dimiliki hadir dengan komponen dan bahan yang sama. Umumnya baju balap terbuat dari bahan kulit yang awet menghadapi gesekan.

Tak hanya aman dan awet, baju balap juga harus memiliki karakter ringan dan fleksibel, sehingga nyaman dikenakan. Bahan karbon, kevlar, atau titanium biasanya dipilih untuk memberi perlindungan pada bagian dada dan punggung. Selain itu, baju balap juga harus cukup ketat agar lebih tahan air, api, serta tetap aerodinamis.

Sepatu Boots

Sumber gambar https://kapten.id

Sebagai pelindung kaki, pembalap biasa menggunakan sepatu boots. Sepatu dengan model boots dipilih utuk mengurangi risiko cedera kala terjadi kecelakaan. Bahan yang digunakan umumnya adalah bahan kulit yang fleksibel dan kuat.

Bagian depan sepatu biasanya dilengkapi dengan aluminium slider yang mampu melindungi kaki dari gesekan. Sementara pada bagian solnya biasanya terbuat dari karet untuk memberikan grip. Tinggi sepatu harus melebihi mata kaki, kira-kira setengah dari betis.

Helm Balap

Sumber gambar https://kapten.id

Helm adalah aksesori penting yang diperlukan pembalap untuk melindungi kepala. Secara struktur dasarnya, helm pembalap sama saja dengan helm standar. Bagian cangkangnya dibuat keras dengan bahan poliuretan, karbon, kevlar, dan serat kaca.

Kemudian, pada bagian dalamnya dilengkapi dengan lapisan bantalan yang disesuaikan dengan bentuk kepala agar mampu melindungi tengkorak kepala secara maksimal. Desainnya juga mempertimbangkan keamanan, kenyamanan, bobot, jarak pandang, serta sisi aerodinamis. Selain harus pas, helm pembalap juga harus memiliki sistem ventilasi yang baik.

Merek-Merek Helm Pembalap yang Sudah Dikenal

Helm AGV

Sumber gambar gridoto.com

Tertarik membeli helm yang biasa dikenakan oleh pembalap? Ada beberapa merek yang bisa Anda jadikan pilihan. Merek helm yang pertama adalah AGV yang berasal dari Italia. AGV merupakan merek helm yang cukup bergengsi, karena telah dikenakan oleh banyak pembalap terkenal.

Helm AGV pertama kali dibuat pada tahun 1947 dan telah memiliki sertifikat DOT. Tentu helm ini tak perlu diragukan lagi keamanannya. Beberapa pembalap yang pernah mengenakan helm keluaran AGV adalah Valentino Rossi, Gaiacomo Agostini, Andrea Iannone, Pol Espargaro, Jack Miller, Niki Lauda, Emerson Fittipaldi, hingga Nelson Piquet.

Helm Arai

Sumber gambar https://www.4muda.com

Arai adalah merek helm berikutnya yang kerap digunakan pembalap kelas dunia. Arai adalah salah satu produsen helm terbaik dari Jepang yang awalnya merupakan produsen topi. Meerk ini didirikan oleh Hirotake Arai sejak tahun 1926.

Tak perlu diragukan lagi kualitas dan keamanannya, helm keluaran Arai telah memenuhi standar DOT dan Snell. Bahkan, merek ini juga dikenal sebagai helm dengan sistem ventilasi udara terbaik dibanding helm lainnya. Salah satu pembalap yang menggunakan helm bermerek Arai adalah Dani Pedrosa.

Helm Shoei

Sumber gambar https://www.gridoto.com

Tak hanya Arai, Jepang juga memiliki Shoei sebagai salah satu merek helm andalan pembalap. Shoei telah berdiri sejak tahun 1959 dan khusus memproduksi helm kelas high-end. Keunggulannya dalam hal inovasi membuat merek ini mendapat sorotan dunia.

Shoei telah berhasil menciptakan helm berbahan fiber-carbon pertama di dunia pada tahun 1976. Merek ini juga menjadi produsen helm pertama yang memasukkan bahan kevlar pada konstruksi helmnya. Nama besar Shoei banyak dikenal hingga menjadi helm resmi untuk pembalap Marc Marquez dan Bradley Smith.

Helm Nolan

Sumber gambar https://www.4muda.com

Nolan adalah merek helm berikutnya yang menjadi andalan pembalap. Merek asal Italia ini berdiri sejak tahun 1973 dan telah lolos uji keamanan dari DOT dan SHARP. Telah diakui dunia, helm premium keluaran Nolan selalu memberikan keamanan dan kenyamanan pada penggunanya.

Beberapa merek helm lainnya yang ada di bawah Nolan Group adalah X-Lite dan Grex. Setiap helm keluaran Nolan memiliki masa garansi 5 tahun dan garansi terbatas selama 2 tahun. Sejumlah nama besar yang mengenakan helm dari Nolan antara lain adalah Jorge Lorenzo, Marco Melandri, dan Casey Stoner.

Rekomendasi Helm Nolan untuk Kamu yang Ingin Merasakan Sensasi Jadi Pembalap

Nolan N40.5 Special Ncom Salt Silver

Tertarik membeli helm Nolan untuk merasakan sensasi menjadi pembalap? Nolan N40.5 Special Ncom Salt Silver adalah salah satu produk yang direkomendasikan. Produk ini merupakan helm jet yang didesain modern dengan fitur teknis canggih.

Helm keluaran Nolan ini memiliki berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari M, L, XL, serta 2XL. Berbagai fitur canggih yang melengkapinya antara lain adalah sistem ventilasi AirBooster Technology, double visor, sistem retensi microlock, dan support system komunikasi N-Com.

Harga Rp. 3.955.200-4.131.400

Nolan N60.5 Special Metal Black

Rekomendasi helm Nolan berikutnya adalah Nolan N60.5 Special Metal Black. Helm fullface ini dibuat di Italia dengan desain yang terinspirasi dari olahraga. Spesifikasi teknologinya cukup luas, sehingga memberikan kenyamanan klimaks bagi penggunanya.

Helm dengan bahan polycarbonate ini menggunakan sistem microlock dan telah berstandar SNI. Nolan N60.5 Special Metal Black ini juga memperkaya sekaligus mempertahankan karakteristik teknis dari N64 yang merupakan helm pendahulunya. Beragam grafik yang tersedia menjadikan helm ini tampak menarik.

Harga Rp. 1.089.000-2.300.000

Nolan N70-2 X Special N-Com

Nolan N70-2 X Special N-Com adalah model baru dari tipe Cross Over. Seperti seri helm Nolan lainnya, produk ini juga tersedia dalam beberapa ukuran, yaitu M, L, XL, dan 2XL. Desainnya yang trendi terinspirasi dari jalan off-road.

Produk ini merupakan helm on/off-road pertama yang dilengkapi pelindung dagu yang dapat dilepas. Ada pula fitur ultrawide visor, VPS sunscreen, dan N-COM compatibility. Helm keluaran Nolan ini juga hadir dengan sistem penguncian microlock serta berstandar SNI, sehingga terjamin keamanannya.

Harga Rp. 4.840.000-6.706.000

Nolan Grex G3.1 E Kinetic 004 Metal White

Helm berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah Nolan Grex G3.1 E Kinetic 004 Metal White. Cangkangnya terbuat dari termoplastik basic Nolan N20. Produk buatan Italia ini juga memiliki beragam pilihan ukuran, yaitu M, L, XL, dan 2XL.

Produk ini cocok bagi yang tengah mencari helm Nolan dengan model half face. Hadir dengan tali microlock dan berstandar SNI membuatnya aman dipakai. Perawatannya pun mudah karena komponennya dapat dilepas dan dicuci.

Harga Rp. 1.880.000-2.520.000

Nolan N90.2 Modular Flip-Up

Nolan N90.2 Modular Flip-Up adalah pilihan tepat bagi yang tengah mencari helm flip-up. Produk ini bisa digunakan dalam keadaan tertutup maupun terbuka. Dilengkapi dengan dual visor yang memberikan perlindunga ekstra dari sinar UV maupun embun.

Helm keluaran Nolan ini juga bisa ditambahkan pinlock untuk memberikan antiembun yang maksimal saat berkendara di malam hari atau di daerah pegunungan. Ringkas dan memiliki keamanan tinggi, helm ini dilengkapi dengan tali pengunci microlock yang mudah dikunci dan dilepas. Perawatannya pun mudah karena busa pipi dan kepala bisa dilepas dan dicuci.

Harga Rp. 3.850.000-5.351.000

Nolan N64 Patriot Italy

Bila berbicara mengenai helm full-face dari Nolan, Nolan N64 Patriot Italy tentu harus ada dalam daftar. Produk ini merupakan helm yang dirancang untuk berkedara di jalan raya yang ideal untuk segala kondisi. Desainnya yang sporty ditambah detail-detail yang trendi membuatnya menarik untuk dimiliki.

Nolan N64 Patriot Italy memiliki cangkang yang terbuat dari polikarbonat yang dikenal dengan kekuatan mekanisnya. Busanya dilapisi dengan kain yang lembut dan memiliki ekstrator udara belakang. Produk ini juga dilengkapi dengan visor tahan gores dan sistem retensi microlock.

Harga Rp. 2.400.000-3.520.000

Nolan N87 Originality Glossy

Nolan N87 Originality Glossy adalah helm keluaran Nolan berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi. Produk ini merupakan salah satu helm full-face teratas dari Nolan yang memiliki ukuran ringkas. Desainnya yang sporty dan elegan semakin menarik dengan fitur dan teknis yang kaya.

Helm ini tersedia dalam beragam ukuran, mulai dari M, L, XL, dan 2XL. Beberapa fitur yang melengkapinya, antara lain visor ultrawide, visor pinlock, tabir surya VPS dengan perlindungan UV 400, sistem ventilasi, hingga sistem retensi microlock tuas ganda. Dilengkapi dengan sistem komunikasi N-COM membuat helm ini cocok digunakan untuk touring.

Harga Rp. 3.900.000-6.010.400

Nolan N100-5 Consistency N-Com Col. 023 (Corsa Red)

Rekomendasi helm Nolan berikutnya adalah Nolan N100-5 Consistency N-Com Col. 023 (Corsa Red). Produk ini adalah helm tipe modular yang bisa menjadi full-face dan half-face. Helm buatan Italia ini juga terjamin keamanannya karena telah berstandar SNI.

Nolan N100-5 Consistency N-Com Col. 023 (Corsa Red) dilengkapi dengan sun visor atau double visor. Chin strap-nya terintegrasi dengan sistem microlock tuas ganda. Produk ini juga dilengkapi sistem komunikasi N-COM.

Harga Rp. 6.640.000-10.558.000

Nolan Grex G9.1 Evolve Kinectic

Nolan Grex G9.1 Evolve Kinectic adalah helm tipe crossover. Produk ini bisa dilepas pasang menjadi full-face maupun half-face. Menariknya helm buatan Itali ini merupakan adaptasi dari seri terlaris Nolan, yaitu N44.

Helm ini dilengkapi dengan tabir surya internal dan sistem bukaan dual control lift yang dapat dibuka dengan satu tangan saja. Produk ini juga dibekali dengan pelindung bening sebagai standar. Untuk perlindungan ekstra antikabut, produk ini juga bisa dipasang pinlock yang dijual secara terpisah.

Harga Rp. 3.835.000-4.394.000

Helm Nolan N44 Classic Metal

Helm Nolan terakhir yang masuk dalam rekomendasi adalah Helm Nolan N44 Classic Metal. Produk ini merupakan helm touring dari model Crossover yang juga evolusi dan pengembangan dari Nolan N43E AIR. Memberikan kenyaman yang maksimal, tak heran jika helm ini menjadi salah satu seri yang populer keluaran Nolan.

Sistem ventilasinya menggunakan teknologi eksklusif Air Booster yang memberikan sirkulasi optimal pada kepala pengendara. Produk ini juga dilengkapi ruang untuk menginstal sistem komunikasi N-Com dan ESS inovatif. Tersedia ukuran M, L, XL, dan 2XL yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Harga Rp. 4.200.000-7.862.400
From our editorial team

Pasang Microlock Helm untuk Keamanan Berkendara

Menggunakan helm kala berkendara rupanya tak menjamin keselamatanmu di jalanan. Pasalnya, banyak orang yang tidak mengenakan helm dengan benar, sehingga helm terlepas ketika terjadi kecelakaan. Untuk memberi keamanan secara optimal pada kepala, pastikan untuk selalu memasang microlock atau double ring pada helm. Pilih helm dengan ukuran yang sesuai dengan kepala agar lebih aman kala dikenakan.