6 Merek Motor Asli Buatan Indonesia yang Wajib Kamu Tahu! (2021)

6 Merek Motor Asli Buatan Indonesia yang Wajib Kamu Tahu! (2021)

Sepeda motor adalah transportasi yang nyaman dikendarai, baik untuk jarak dekat atau jauh. Sepeda motor bikin kita jadi lebih cepat sampai jika dibandingkan dengan kendaraan umum lainnya. Kita tak perlu mengantri beli tiket, atau khawatir tidak kebagian temapt duduk dan harus berdiri sepanjang jalan hingga tiba di tempat tujuan. Dengan naik motor banyak kelebihan yang kita dapat. Intip kelebihan naik sepeda motor dan juga cek rekomendasi motor asli Indonesia!

Sepeda Motor jadi Transportasi Paling Diminati di Indonesia

Semakin hari semakin terasa lebih cepat berlalu. Ini karena kehidupan kita makin dimudahkan dengan berbagai kecanggihan teknologi yang ada. Kini, kita pun semakin bergantung dengan berbagai alat yang bisa mendukung aktivitas kita agar lebih cepat dan lebih praktis.

Dalam hal transportasi, salah satu alat transportasi paling diminati untuk memudahkan dan mempercepat aktivitas kita adalah sepeda motor. Alat transportasi bisa mendukung mobilitas kita yang padat. Kita bisa memakainya di desa, kota, jarak dekat, hingga jarak jauh.

Sepeda motor juga merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak di Indonesia. Bisa kita lihat saat ada kemacetan di jalan-jalan, kebanyakan isinya adalah sepeda motor selain mobil. Sepeda motor hanya bisa digunakan oleh 1 atau 2 orang penumpang saja. Meski demikian, hal ini tidak menyurutkan masyarakat untuk membeli sepeda motor baru.

Kelebihan Naik Motor Ketimbang Kendaraan Lain

Bebas Macet

Sepeda motor merupakan alat transportasi yang sangat nyaman digunakan. Ini bisa bikin kita terbebas dari macet, utamanya untuk kita yang tinggal di kota besar dan setiap harinya harus berhadapan dengan kemacetan. Memakai sepeda motor bikin kamu bisa menerobos lalu lintas yang padat dengan lebih mudah. Ini tentu bikin kamu lebih cepat sampai ke tujuan. Bentuk sepeda motor yang ramping akan memudahkan kita juga untuk melewati gang-gang sempit sebagai jalan terobosan sehingga kita bisa terhindar juga dari jalan yang sedang macet.

Lebih Hemat

Ketika memakai sepeda motor sebagai alat transportasi, secara tidak langsung kita juga bisa lebih hemat, loh. Dimulai dari pajaknya, pajak motor jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil. Nah, jika kamu ingin berhemat keuangan dalam hal pajak, kamu bisa pilih untuk memiliki sepeda motor ketimbang mobil.

Untuk kamu yang setiap harinya butuh kendaraan agar mobile lebih praktis namun memiliki bujet mepet, maka lagi-lagi, sepeda motor bisa jadi pilihan. Harga sepeda motor juga jauh lebih murah ketimbang mobil. Apalagi kalau kamu beli dengan sistem menyicil. Hanya dengan beberapa ratus ribu saja, kamu sudah bisa membawa pulang sebuah sepeda motor untuk kamu gunakan setiap harinya.

Sepeda motor juga bisa lebih hemat jika dilihat dari segi bahan bakar. Untuk mencapai jarak yang sama, jika memakai sepeda motor, kamu bisa lebih hemat bensin jika dibandingkan naik motor. Nah, dengan begini, kamu bisa menyisihkan kelebihan uang untuk tabunga, dan keperluan kamu yang lainnya.

Mudah Parkir

Sepeda motor sebagai alat transportasi juga sangat memudahkan kita untuk parkir. Jika tempat parkir yang tersedia cukup sempit, kita masih bisa parkir dengan nyaman karena sepeda motor tidak butuh ruang yang luas untuk parkir.

Selain itu, dengan sepeda motor kita juga bisa lebih mudah berhenti dimana saja dan kapan saja. Perjalanan kita jadi lebih fleksibel. Kita bisa mampir ke tempat yang kita ingin sesuka hati. Kita bisa berhenti sebentar di toko, swalayan, atau mampir ke tempat penjual oleh-oleh dengan mudah jika membawa motor sendiri.

Bebas Menjelajah

Sepeda motor memudahkan kita menjelajah berbagai tempat. Modelnya yang simpel dan ramping bikin kita jadi bebas menjelajah kemana saja. Mau lewat gang sempit, jalanan lebar, area terjal, hingga ke berbagai tempat tersembunyi pun, kamu bisa lebih nyaman dengan sepeda motor.

Ini bikin kamu mendapatkan pengalaman travelling baru. Kamu bisa berkelana dengan sepeda motor kamu dan blusukan ke berbagai tempat kecil yang mungkin sulit dijangkau dengan mobil. Andai kamu tersesat pun, kamu bisa mudah jika ingin balik arah karena sepeda motor lebih mudah diputar balik ketimbang mobil, apalagi jika jalanannya sempit.

Mudah Dirawat

Sepeda motor banyak keunggulannya, salah satunya adalah mudah dirawat. Jika dibandingkan dengan mobil, sepeda motor lebih mudah untuk dirawat dan diutak atik sendiri. Semisal mogok di jalan atau tiba-tiba bannya kempes, kita masih bisa mengeceknya sendiri. Selain itu, bengkel sepeda juga banyak sekali ditemukan di pinggir jalan baik di kota besar atau di kampung-kampung. Tukang tambal ban juga banyak di sekitar jalanan sehingga kita tak pelru repot-repot jika ban kita kempes. Kamu cukup menuntunnya ke bengkel terdekat untuk segera membetulkannya.

Untuk membersihkan sepeda motor juga mudah. Kamu tinggal mencucikan sepeda motor ke tempat pencucian sepeda atau bisa juga mencucinya sendiri di rumah.

Perkembangan Industri Motor di Indonesia

Sepeda motor memang lekat dengan kehidupan masyarakat di Indonesia. Jika menilik sejarahnya, kita bisa tahu bahwa sepeda motor sudah ada sejak Indonesia masih berada di bawah pendudukan Belanda. Kala itu, nama Indonesia belum ada, dan Belanda menyebut negara ini sebagai Nederlands Indie atau Hindia Belanda.

Sepeda motor masuk ke Indonesia pada tahun 1893. Meski sedang berada di bawah penjajahan Belanda, namun, pemilih sepeda motor pertama di Indonesia adalah orang Inggris bernama John C Potter. Dia merupakan masinis pertama di pabrik gula Oemboel Probolinggo, Jawa Timur.

Potter memesan sepeda motor tersebut dari pabrik Hildebrand und Wolfmüller, di Muenchen, Jerman. Kala itu, sepeda motor belum menggunakan rantai. Bagian belakang sepeda yakni rodanya digerakkan secara langsung oleh kruk as. Sepeda motor saat itu memakai mesin dua silinder horizontal. Bahan bakarnya dari bensin atau nafta. Untuk menghidupkan sepeda motor ini butuh 20 menit agar mesin bisa stabil.

Tahun terus berganti dan teknologi makin berkembang pesat. Sepeda motor pun makin canggih dari waktu ke waktu. Pabrikan motor di Indonesia juga makin banyak. Ada banyak merek sepeda motor yang dijual di Indonesia mulai dari Harley Davidson, Norton, Excelsior, Indian, King Dick, dan lainnya.merek-merek tersebut sangat populer mulai tahun 1916 sampai 1926.

Lalu pada tahun 1960an mulai ada skuter Vespa yang disusul skuter Lambretta pada akhir tahun 1960. Sejak saat itu, mulailah masuk sepeda motor dari negara Jepang dengan merek seperti Honda, Yamaha, hingga Suzuki. Hingga kini, berbagai merek sepeda motor dari Jepang tersebut banyak menguasai pasar di Indonesia.

Eits, bukan berarti negara kita tak punya sepeda motor sendiri, loh. Negara kita juga mengeluarkan cukup banyak sepeda motor buatan sendiri dengan berbagai merek. Perkembangannya memang tidak sepesat sepeda motor buatan asing. Kendati demikian, bicara soal kualitas, sepeda motor buatan Indonesia tidak kalah dari merek luar.

Ini Dia Deretan Motor Asli Buatan Indonesia

Viar-Motor STAR NX VIAR

Viar merupakan salah satu motor asli buatan Indonesia. Motor ini cukup ternama di kalangan lokal. Banyak yang mengira Viar merupakan brand dari Cina. Padahal pabrik perakitannya di Semarang dan ini adalah merek buatan asli anak negeri. Meski dibuat di Indonesia, namun ada juga komponen dari Viar yang berasal dari impor negara lain, salah satunya impor dari Cina.

Meski kebanyakan mengeluarkan motor untuk niaga dengan roda 3, Viar juga merilis sepeda motor roda dua yang tak kalah bagus. Ada motor untuk touring, adventure, dan juga motor tenaga listrik yang diproduksi.

Salah satu motor dari Viar yang bisa kamu incar adalah Motor STAR NX VIAR. Dengan tipe rangka underbone, motor ini memiliki suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang lengan ayun dengan shockbreaker ganda. Untuk rem depannya disc brake dan rem belakanganya tromol. Sepeda motor ini memiliki kapasitas bahan bakar 3,7 liter. Produk dengan tipe mesin 4 tak ini sudah dilengkapi pendingin udara. Sepeda ini memakai starter pedal dan elektrik sehingga kamu lebih mudah mengoperasikannya.

Harga Rp. 8.500.000-11.550.000

Kaisar- Ruby V250

Kaisar merupakan sepeda motor lain yang dibuat di Indonesia. Namanya mungkin tidak terlalu familiar, dan kerap kali disangka sepeda motor dari Cina. Kaisar kebanyakan merilis motor dengan roda tiga dalam seri Triseda. Kaisar juga merilis sepda motor roda dua yang tak kalah keren.

Salah satu produk keren dari Kaisar adalah Ruby V250. Dari penampilannya, kita akan teringat dengan motor gede Harley Davidson. Desainnya keren dengan mesin yang gahar. Bodinya cool dengan samping belakang dilengkapi 2 box yang bisa membawa aneka barang bawaan kita. Jok sepeda juga sangat nyaman dan empuk. Mesinnya berkapasitas 250 cc dan sudah hadir dengan pendingin watercooler atau radiator sehingga mesin bisa tetap stabil dan terjaga. Untuk membelinya, kamu bisa langsung ke dealer resmi Kaisar, ya.

Happy-CS 200 HAPPY MOTOR

Happy juga kerap disangka sebagai merek asal Cina. Brand sepeda motor ini asli Indonesia dan sudah didirikan pada awal tahun 2000. Happy berdiri di bawah naungan PT Anugerah Cendrawasih Sakti Motor, perusahaan yang bergerak di bidang perakitan sepeda motor dengan pabrik di kawasan Pakisaji, Malang.

Saat awal dirilis, Happy hanya dipasarkan untuk area Jawa Timur. Namun karena perkembangannya bagus, maka pasar Happy mulai merambah hingga ke seluruh Indonesia. Kini, Happy merilis motor klasik, motor niaga roda tiga, hingga model motor trail. Mesinnya juga beragam dari 125 cc hingga 200 cc.

Salah satu motor yang bisa kamu lirik adalah Happy CS 200. Motor dual shock ini desainnya klasik dan menarik. Bagian jok-nya ala cafe racer. Rem belakang memakai rem tromol dan rem depan memakai single piston.

Harga Rp. 15.500.000

Gazgas-Gazgas GXE 450 Supermoto Edition

Kamu juga bisa lirik Gazgas sebagai merek sepeda motor Indonesia yang keren. Merk motor lokal ini memiliki markas besar di Pasuruan, Jawa Timur. Merek ini mulai eksis sekitar tahun 2014 sebagai salah satu produsen motor trail dan motor mini. Ada banyak tipe sepeda motor yang mereka keluarkan. Contohnya adalah motor dengan kapasitas 150cc hingga 450cc. Ada juga sepeda motor klasik dan juga sepeda motor trail yang dirilis.

Salah satu motor keren dari Gazgas adalah Gazgas GXE 450 Supermoto Edition. Sepeda motor ini tergolong sebagai sepeda motor sport. Produk hadir dengan teknologi 4 tak SOHC. Kapasitas oli mesinnya 1,1 liter dan kapasitas tangki 8 liter. Rem depannya memakai cakram hidrolik piston ganda sementara rem belakangnya memakai cakram hidrolik piston tunggal. Tipe koplingnya adalah manual dengan tipe starter elektrik dan pedal.

Harga Rp. 57.120.000

SOIB-SOIB Racer

SOIB adalah merek lain yang wajib kamu tahu. Ini adalah merek pabrikan motor asli Indonesia. SOIB hadir dengan citarasa Eropa karena mereka mengadopsi teknologi dari Perancis. Brand ini sudah ada sejak tahun 2008 lalu namun baru digunakan beberapa tahun kemudian.

SOIB telah merilis dua varian motor, yakni Racer dan Adventure. Untuk SOIB Racer, mesinnya sebesar 397 cc dengan desain klasik. Motor gede ini cocok untuk kamu yang gemar memiliki motor dengan nuansa retro elegan. Kamu bisa mendapatkannya di dealer resmi SOIB.

Gesits-Gesits G1 Sepeda Motor Listrik

Gesits merupakan rekomendasi terakhir kami. Brand asli Indonesia ini menghadirkan aneka motor listrik. Uniknya, motor Gesits sebelum dirilis pernah dicoba oleh beberapa menteri dan Presiden. Diproduksi oleh T Garasindo yang bekerjasama dengan ITS, motor listrik dari Gesits tak perlu diragukan kualitasnya.

Kamu bisa lirik Gesits G1 sebagai produk generasi pertama yang keren dan naman digunakan. Sepeda motor yang satu ini bisa menempuh jarak sejauh 50 km untuk baterai tunggal. Sementara jika kamu memakai baterai ganda maka bisa menempuh jarak 100 km. Sepeda sudah dilengkapi dengan teknologi masa kini dimana kamu bisa memantau kondisi motor listrik dari tampilan smart dashboard dan juga dari aplikasi smartphone milikmu.

Harga Rp. 31.000.000
From our editorial team

Naik Sepeda Motor Bikin Makin Mesra

Untuk kamu yang sudah punya pasangan, traveling dengan sepeda motor pastinya jauh lebih seru dan bisa meninggalkan kesan yang mendalam. Kamu bisa menghabiskan waktu seharian bersamanya dengan berkeliling naik sepeda motor. Pasanganmu bisa memelukmu dengan mesra dari belakang. Kalian bisa menjelajah tempat-tempat baru bersama. Berdua naik sepeda motor mengarungi beragam kondisi medan tentunya memberikan kenangan yang tak akan mudah terlupakan. Nah, yuk, pakai motor dari Indonesia di atas!