10 Rekomendasi GPS Tracker untuk Melindungi Motor Kesayangan Kamu (2021)

10 Rekomendasi GPS Tracker untuk Melindungi Motor Kesayangan Kamu (2021)

Tindak kejahatan memang makin merajalela. Banyak orang yang memanfaatkan kelalaian orang lain untuk mencuri yang bukan haknya. Maka dari itu, kita wajib menjaga barang atau kendaraan milik kita agar aman dari tindak pencurian. Kamu bisa manfaatkan GPS tracker. Simak rekomendasi GPS tracker untuk motor kesayanganmu!

Pasang GPS pada Motor Kesayangan agar Lebih Aman

Teknologi GPS memang sangat dibutuhkan oleh banyak orang sekarang ini. Sistem ini memiliki fungsi utama untuk menunjukkan lokasi sebuah benda, misalnya saja kendaraan. GPS bekerja dengan menggunakan bantuan sinkronisasi dari sinyal satelit.

Awalnya, GPS dirancang di Amerika Serikat sekitar tahun 70-an silam. Teknologi ini digunakan pihak militer Amerika guna kepentingan militer. Selanjutnya, negara seperti Rusia, Uni Eropa, dan India juga memakai GPS dengan nama sebutan yang berbeda-beda. Rusia menyebutnya GLONASS, Uni Eropa menyebutnya Galileo, dan India menyebutnya IRNSS.

GPS terus berkembang dari waktu ke waktu. Sekarang ini, GPS juga bisa digunakan untuk mengurangi tindak kejahatan pencurian motor dan kendaraan lainnya. GPS tracker adalah alat yang bisa disematkan pada motor kesayangan agar lebih aman. Dengan adanya GPS tracker, kita bisa melacak di mana motor atau kendaraan kita berada. Maka dari itu, penting bagi kita untuk memasang GPS tracker pada motor.

Tips Memilih GPS Motor

Pilih yang Fiturnya Lengkap

Usahakan memilih GPS dengan fitur yang lengkap. Kamu bisa memeriksa dahulu mulai dari fitur tracking system-nya. Pilih GPS tracker yang tak hanya bisa memantau dan melacak kendaraan saja. Kamu juga bisa mencari GPS tracker dengan fitur memantau rute perjalanan atau merekam dalam jangka waktu tertentu. Produk GPS tracker yang bagus juga bisa mencatat kecepatan kendaraan dan juga mematikan mesin kendaraan dalam jarak jauh.

Fitur lain yang sebaiknya ada yakni teknologi sensor yang dapat memberikan informasi jika ada benturan pada kendaraan. Dengan adanya sensor ini, maka jika ada kecelakaan, GPS akan langsung memberikan notifikasi atau informasi pada nomor yang dimasukkan ke dalam sistem.

Pilih yang Mudah Dioperasikan

Pilihlah GPS yang mudah dioperasikan. Dengan produk yang mudah dioperasikan, maka kamu tidak perlu repot melihat buku manual dan mencari panduan di internet. GPS yang mudah dipahami juga dilengkapi dengan aplikasi dukungan yang bisa diakses di banyak perangkat yaitu PC dan smartphone. Contohnya adalah riwayat lengkap kendaraan yang hadir dengan format mudah untuk diunduh dan di-print agar bisa dijadikan bukti valid atas aktivitas kendaraan.

Pilih yang Punya Service Center Sendiri

Usahakan memilih GPS tracker yang memiliki service center sendiri. Artinya, GPS dikelola oleh perusahaan penerbit GPS tersebut. Hindari memilih GPS Tracker yang servernya menyewa pada penyedia hosting. Umumnya ada saja yang menumpang pada hosting gratisan. GPS yang tidak punya hosting sendiri biasanya aksesnya lebih lambat karena server menangani segala macam data dan traffic yang tinggi sehingga kurang efektif.

Cek Tingkat Sensitivitasnya

Jangan lupa untuk mengecek tingkat sensitivitas GPS tracker. GPS dipasang pada kendaraan yang terus bergerak. Jika sensitivitasnya kurang, maka daya tangkap sinyal satelit jadi kurang maksimal. Saat sensitivitasnya kurang maka GPS kamu jadi mudah mati karena tidak bisa mendapatkan sinyal satelit secara maksimal. Pilih yang tingkat sensitivitasnya tinggi agar mudah melacaknya, ya.

Tips Memasang GPS di Motor

Untuk memasang GPS pada motor maka kamu bisa mengawalinya dengan mendaftarkan kartu SIM. Aktifkan kartu SIM dan isi dengan paket data internet untuk bulanan. Selanjutnya pasang kartu SIM pada GPS. Hidupkan GPS dan cek sinyal GPS apakah sudah kuat. Jangan lupa stiker hologram yang ada di alat GPS harus dihadapkan pada bumi agar sinyal GPS lebih kuat.

Selanjutnya, pasang GPS pada motor. Pastikan agar posisi alat GPS tidak mudah diketahui. Kamu juga bisa memasangnya di aki motor atau bagasi motor.

Ini Dia Rekomendasi GPS Motor yang Wajib Kamu Punya

GPS Tracker TK110

GPS Tracker TK110 adalah rekomendasi yang tidak bisa kamu lewatkan. Alat yang satu ini bisa melacak posisi kendaraan yang sudah diberi GPS tracking ini. Posisi bisa dilacak secara real time. Kamu bisa mengirim SMS ke nomor GPS dan perangkat ini akan membalas SMS dengan format koordinat posisinya melalui bantuan Google Map. Kamu bisa mengatur agar GPS ini bisa mengirim SMS secara otomatis pada setiap interval waktu tertentu.

Hal menarik lainnya dari GPS ini adalah, kamu bisa mengaktifkan mikrofonnya jika diperlukan. Cukup kirim SMS sebagai perintah maka kamu bisa menyadap suara di sekitar perangkat ini. Produk juga bisa mengirim SMS ke 5 nomor SOS yang sudah kamu program untuk memberitahukan jika ada bahaya.

Harga Rp. 175.000-285.000

San-baru tk205 GPS Tracker Mini

San-baru tk205 GPS Tracker Mini BOSS adalah produk yang bisa membuat kamu melacak posisi kendaraan dengan real time. Ada alarm saat kamu ngebut dan melewati batas kecepatan. Ada juga alarm untuk masuk dan keluar batas wilayah. Alat ini bersifat waterproof dan dustproof. Tingkat keakuratannya sejauh 5 meter dengan sensitivitas 159dBm .

Harga Rp. 192.496-491.000

G03 GPS Tracker

G03 GPS Tracker juga merupakan rekomendasi yang sayang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini hadir dengan sensitivitas tinggi dan real time tracking. Alat ini sudah dustproof sehingga bisa tahan lama digunakan. Produk ini juga mendukung DAGPS dan 5 admin. Pembelian sudah dilengkapi dengan baterai cadangan bawaan. Alat ini mendukung jaringan 2G / GSM. Ada 3 indikator LED yakni merah untuk daya baterai, hijau untuk GSM, dan biru untuk GPS.

Harga Rp. 209.000-304.000

Sinotrack Gps Tracker St-901A

Sinotrack Gps Tracker St-901A merupakan GPS tracker yang bisa kamu andalkan. Produk yang satu ini memiliki fitur real time tracking, replay, dan statistic report. Ada alarm yang akan menyala saat kamu terlalu cepat berkendara dan juga saat melewati batas wilayah yang ditentukan. Produk ini cocok untuk aneka jenis kendaraan. Kamu bisa melacak kendaraan dengan SMS dan akan dikirimkan informasi Google Map.

Harga Rp. 200.997-319.400

Gps Tracker GT06N

GPS Tracker GT06N ini tentu bisa membantu kamu melacak posisi kendaraan kamu. Alat yang satu ini hadir dengan SIM card M2M. Masa aktif server GPS adalah selamanya dan sudah gratis User ID untuk login Tracksolid. Ada 3 indikator yang tersedia, yakni GPS berwarna biru, GSM berwarna hijau, dan power berwarna merah. Produk ini memiliki sensitivitas -159dBm dan voltase 90mA.

Harga Rp. 375.000-500.000

Gf-21 Gps Tracker Real Time

Gf-21 Gps Tracker Real Time ini bisa jadi pilihan kamu selanjutnya. Produk yang satu ini mudah disembunyikan. Kamu bisa mengecek suara atau menyadap suara dari sekitar alat ini dengan menelepon nomor SIM card GPS ini. Mudah digunakan dan tidak perlu instalasi yang ribet. Alat yang satu ini bisa membuat kamu mengecek posisi kendaraan secara real time.

GPS berbahan plastik ini memiliki ukuran 25 x 3,5 x 1,5 cm. Keakuratan lokasi GPS ini adalah 50 hingga 500 meter. Dalam paket pembelian sudah lengkap dengan USB cable.

Harga Rp. 238.000-417.000

GPS ANTI MALING Mini A8 GPS Tracker

GPS ANTI MALING Mini A8 GPS Tracker adalah produk yang bisa kamu andalkan. GPS ini bisa melacak posisi kendaraan kamu. Untuk mengetahui posisi GPS, maka kamu cukup mengirim SMS ke nomor GPS ini. Selanjutnya GPS akan mengirimkan SS koordinat posisinya melalui Google Map. Uniknya, kamu bisa mengaktifkan mikrofon pada GPS ini. Cukup berikan perintah melalui SMS dan mikrofon bisa aktif untuk menyadap suara di sekitarnya.

Produk yang satu ini juga bisa memberitahukan saat ada bahaya. Kamu tinggal tekan tombol SOS maka GPS ini segera menelepon nomor tujuan SOS yang kamu masukkan. Dalam satu paket lengkap terdiri dari GPS, USB, dan manual.

Harga Rp. 100.613-176.000

GPS Tracker ET200 Concox

GPS Tracker ET200 Concox jelas bisa jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini memakai GPS chipset MTK yang sangat sensitif. Keakuratan lokasinya hingga jarak 10 meter. Sensitivitas pelacakan adalah -165dBm. Produk ini mudah dioperasikan. Ada memori 32 Mb yang disematkan. Produk yang satu ini juga dilengkapi GSM1800. Waktu standby produk ini adalah 60 jam, sementara waktu aktifnya adalah 3 jam.

Harga Rp. 335.000-420.000

GPS Tracker Motor / Mobil H700

GPS Tracker Motor / Mobil H700 ini tidak bisa kamu lewatkan jadi pilihan. Produk yang satu ini mampu mengecek keberadaan motor atau mobil selama 24 jam penuh melalui smartphone atau komputer. Ada pula chip UBLOX7 dengan GSM/GPS Moudle SIMTK2503. GPS ini memiliki keakuratan dalam hingga jarak maksimal 5 meter. Sensitivitas GPS adalah -159dBm. Untuk mengoperasikannya diperlukan baterai dengan kapasitas 200mAh.

Harga Rp. 261.700-375.000

Vt08s GPS Tracker Mobil dan Motor

Vt08s GPS Tracker Mobil dan Motor ini merupakan pilihan yang pas untuk kamu. Produk ini mampu membantu kamu mengecek kendaraan secara real time. Dengan alat ini kamu juga bisa mengecek voltase aki. Produk ini juga memudahkan kamu untuk melihat semua kendaraan yang terpasang GPS dalam satu akun.

GPS tracker ini bisa menyimpan riwayat perjalanan selama 180 hari. Kamu juga bisa mematikan mesin dari jarak jauh melalui handphone dengan aplikasi. Produk ini juga akan memudahkan kamu mengakumulasi pemakaian bahan bakar dalam liter. Ada pengatur alarm kecepatan kendaraan dan alarm batas wilayah operasional kendaraan.

Harga Rp. 617.500
From our editorial team

Pilih GPS Motor yang Sesuai Bujet

GPS motor memang penting untuk dimiliki. Ada banyak jenis GPS motor di pasaran dengan berbagai merek. Setiap merek tentu memiliki keunggulan tersendiri. Kamu wajib teliti saat memilih GPS tracker untuk motormu. Pastikan fiturnya sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Banyaknya fitur juga mempengaruhi harga GPS tracker. Ada banyak kok GPS tracker dengan harga terjangkau yang memiliki fitur mumpuni di pasaran untuk kamu pilih.

Tag