Bikin Motor Kesayangan Makin Keren dengan 10 Rekomendasi Spion Motor Terbaik Ini! (2020)

Bikin Motor Kesayangan Makin Keren dengan 10 Rekomendasi Spion Motor Terbaik Ini! (2020)

Kelengkapan sepeda motor dalam berkendara itu sangat penting untuk menghindari kecelakaan lalu lintas. Salah satu yang wajib dimiliki adalah kaca spion. Nah, apa motor kesayanganmu sudah memiliki kaca spion? Jika belum atau kamu ingin menggantinya dengan yang lebih keren, bisa simak rekomendasi kaca spion terbaik berikut ini!

Sepeda Motor Jadi Alat Transportasi yang Sangat Digemari Saat Ini

Untuk mendukung kegiatan sehari-hari, semua orang membutuhkan alat transportasi agar bisa sampai ke lokasi tujuan. Entah itu pergi bekerja, sekolah, berbelanja, dan berbagai keperluan lainnya. Meski banyak moda transportasi umum yang tersedia, tapi rasanya kurang praktis karena tidak semuanya bisa mengantar kita langsung ke lokasi tujuan.

Oleh sebab itu pula kini banyak orang yang memilih untuk memiliki transportasi pribadi saja. Salah satu yang banyak digemari adalah sepeda motor. Selain hemat biaya transportasi dan waktu, sepeda motor juga menawarkan berbagai kemudahan dan kepraktisan serta untuk sampai pada tempat tujuan pun jadi lebih cepat.

Saat Menggunakan Sepeda Motor, Sebaiknya Penuhi Kelengkapan yang Sesuai

Bepergian dengan sepeda motor, kita juga harus mematuhi peraturan lalu lintas. Seperti melengkapi surat-surat kendaraan dan SIM serta kelengkapan pada sepeda motor hingga memakai helm. Penerapan safety riding ini sudah ada undang-undang yang mengaturnya, lho! Yakni UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan BAS XI Pasal 203 Ayat 2 huruf a. Tentunya semua yang diatur dalam UU demi keselamatan kita bersama dalam berlalu lintas.

Kelengkapan Sepeda Motor yang Harus Ada pada Motor Kesayangan Kita

Lampu Utama

Keberadaan lampu utama pada motor sangatlah penting karena fungsinya sebagai penerangan di malam hari. Namun, dalam Pasal 107 ayat 2 UULLAJ, setiap pengendara sepeda motor pun kini diwajibkan untuk menyalakan lampu utama pada siang hari. Peraturan ini diberlakukan untuk mengurangi terjadinya kecelakaan pada siang hari.

Demi untuk keselamatan selama berkendara, pastikan lampu utama ini berfungsi dengan baik. Jika lampu rusak, segera ganti dengan yang baru. Jenis lampu utama untuk motor yang kini banyak dijual adalah lampu halogen, HID, tungsen, dan LED.

Lampu Sein

Lampu sein juga tak kalah penting untuk dimiliki sebuah sepeda motor. Fungsi utamanya adalah sebagai penanda saat hendak bermanuver atau berbelok arah sehingga para pengendara lain pun tahu. Lampu sein umumnya berwarna kuning dan akan berkedip saat dihidupkan sesuai arah ke mana kita hendak berbelok.

Penggunaan lampu sein ini tentunya juga untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Meski terlihat sepele, tapi sangat penting, lho! Sudah banyak kecelakaan terjadi karena ada pengendara yang tidak menghidupkan lampu sein saat berbelok.

Lampu Rem

Komponen lain dari sepeda motor yang juga penting untuk dilengkapi dan dipastikan berfungsi dengan baik adalah lampu rem. Lampu rem ini penting untuk memberikan isyarat atau pengingat pada pengendara lain bahwa kita sedang menginjak rem. Dengan begitu pengendara lain yang ada di belakang kita pun bisa mengurangi kecepatannya atau mendahului kita agar tidak tertabrak.

Klakson

Klakson juga menjadi kelengkapan sepeda motor yang harus berfungsi dengan baik karena klakson bisa dikatakan sebagai alat komunikasi antar kendaraan.

Klakson juga berfungsi untuk mengingatkan pengguna jalan lain dan menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas. Jika ada pengguna jalan lain yang lengah dan bisa membahayakan dirinya sendiri atau pun orang lain, kita bisa mengingatkannya dengan membunyikan klakson.

Spion Motor

Satu lagi kelengkapan sepeda motor yang harus dimiliki adalah sepasang kaca spion. Fungsi dari kaca spion juga sangat vital dalam berkendara untuk menghindari kecelakaan lalu lintas. Dengan kaca spion kita bisa melihat dan pemantau kondisi lalu lintas yang ada di belakang kita. Kondisi ini penting untuk diketahui saat kita hendak berbelok arah.

Produsen kendaraan di Jepang pun telah melakukan survei terkait hal ini. Dan hasilnya adalah penggunaan kaca spion dapat mengurangi risiko kecelakaan hingga 78%. Sayangnya, masih banyak juga pengendara yang mengabaikan penggunaan kaca spion ini. Nah, jika motor kesayanganmu tidak lagi memiliki kaca spion atau sudah pecah, sebaiknya segera ganti dengan yang baru, ya!

Rekomendasi Spion Motor Terbaik untuk Motor Kesayanganmu

Spion Tomok FULL CNC Model Rizoma

Spion berguna untuk melihat pengendara lain yang ada di belakang kita sehingga keberadaannya pada motor sangat penting sekali. Nah, salah satu spion motor yang digemari para pencinta otomotif adalah spion tomok lantaran desainnya yang keren abis. Umumnya spion yang satu ini sering digunakan untuk motor jenis sport atau yang telah dimodifikasi.

Jika kamu juga ingin mengganti spion motor, Spion Tomok FULL CNC Model Rizoma ini bisa jadi pilihan. Warna kaca spion yang bisa dipilih juga bervariasi, ada silver, gold, hitam, biru, merah, dan blue-gold. Kamu bisa sesuaikan warnanya dengan cat motor kesayanganmu. Spion ini bisa digunakan untuk motor Ninja, Nmax, Xeon, Vario, CBR, Beat, Scoopy, Vixion, dan yang lainnya.

Harga Rp. 59.320-88.000

Spion Bulat Mini Cembung Vespa/Scoopy/Fino/Chrome

Spion Bulat Mini Cembung Vespa/Scoopy/Fino/Chrome juga jadi spion motor terbaik untuk motor matic bergaya retro. Tiang spion terbuat dari besi chrome dan batok belakangnya terbuat dari plastik ABS import. Drat dan mur bautnya berukuran 14, cerminnya pun model cembung yang membuatnya makin terlihat keren.

Harga Rp. 29.000-35.000

Spion Lampu LED All Matic Beat Vario Spacy Honda Genuine Accessories

Spion motor terbaik selanjutnya adalah Spion Lampu LED All Matic Beat Vario Spacy Honda Genuine Accessories. Kelebihan dari spion ini adalah dilengkapi dengan lampu sein pada bagian belakang spion. Spion ini cocok untuk semua jenis motor matic. Kaca spion yang dilengkapi dengan lampu LED asli Honda ini.

Harga Rp. 200.000-260.000

RajaMotor Spion Universal Model Meteor SP2700-3/2760

Memilih kaca spion dengan desain dan warna menarik memang membuat tampilan motor terlihat lebih keren. Dan untuk motor kesayanganmu, spion terbaik yang bisa dipilih adalah RajaMotor Spion Universal Model Meteor ini.

Bentuk kaca spionnya unik dan pilihan warnanya pun juga beragam. Spion ini cocok untuk semua jenis motor non-fairing keluaran Yamaha, Suzuki, dan Honda.

Harga Rp. 75.000

Laris Spion Honda Aspira Kaca Besar 12 Bmgl M10Bhr

Kamu yang perlu mengganti kaca spion dengan model standar, bisa pilih Laris Spion Honda Aspira Kaca Besar 12 Bmgl M10Bhr. Kaca spion milik Astra ini cocok untuk motor Honda kecuali Vario 125 dan Vario 150. Untuk kedua motor ini kamu harus menggunakan peninggi spion.

Kaca spion model cembung dengan tangkai pendek yang tidak mudah patah dan cerminnya pun jernih. Spion motor terbaik warna hitam berukuran 6.5 x 10 cm ini.

Harga Rp. 40.000-83.000

Spion Lipat Nmax B2 VND Sen LED Running

Spion motor terbaik dengan desain sporty dan stylish adalah Spion Lipat Nmax B2 VND Sen LED Running. Material spion dari plastik ABS berkualitas yang kuat dan kokoh sehingga tidak mudah patah.

Spion ini dipastikan berkualitas karena produknya original standar OEM (Original Equipment Manufacturer). LED pada spion juga terang dan tahan lama.

Untuk pemasangannya sangat mudah dan spion ini pun dapat dilipat layaknya spion mobil. Warna yang tersedia hitam, merah, putih, biru, dan grey.

Harga Rp. 298.000-340.000

Spion Universal TAD Racing JL 305

Untuk kamu yang berjiwa muda, memakai spion standar bawaan rasanya kurang keren, ya? Tapi daripada kamu mengabaikan keselamatan diri dengan melepas kaca spion, sebaiknya ganti spion motormu dengan Spion Universal TAD Racing yang lebih keren ini. Daun spion terbuat dari plastik yang tebal dan batangnya dari bahan almini.

Harga Rp. 75.000

Spion Spion Jalu/Spion Stang/ Spion Bar End/ Spion Jalu Bulat

Spion motor terbaik selanjutnya yang bisa dipilih untuk motor kesayangan adalah Spion SPion Jalu/Spion Stang/ Spion Bar End/ Spion Jalu Bulat.

Spion ini model kacanya bulat dengan cermin cembung dan jernih sehingga penglihatan selama berkendara jadi lebih jelas. Materialnya dari CNC premium yang dipastikan berkualitas.

Harga Rp. 95.000-127.000

Spion Motor MGV Model Rizoma Circuit 744 Full Aluminium CNC Universal Mirror

Ingin melengkapi motor kesayanganmu dengan spion yang lebih keren? Bisa pilih Spion Motor MGV Model Rizoma Circuit 744 Full Aluminium CNC Universal Mirror. Spion merek MGV ini terbuat dari material aluminium CNC berkualitas.

Kaca spion berupa cermin datar cembung antiglare biru. Satu set kaca spion ini terdiri dari bracket dudukan, baut, kunci L, dan sepasang spion keren.

Harga Rp. 280.000-479.400

Spion Carbon Karbon Two Tone Kaca Bulat Variasi Motor Honda Scoopy Vario Beat

Spion motor terbaik rekomendasi terakhir untuk motor kesayanganmu adalah Spion Carbon Karbon Two Tone Kaca Bulat Variasi. Spion ini bisa digunakan pada motor Honda, Scoopy, Vario, dan Beat.

Desainnya sangat keren dan stylish dengan kaca bulat ala retro. Tangkainya warna biru dan gold, sementara batok spionnya memiliki motif yang unik.

Harga Rp. 57.500-77.700
From our editorial team

Lengkapilah Motor Kesayanganmu dengan Spion Keren Ini!

Memiliki motor yang keren tidak akan lengkap jika kamu tidak memasang kaca spion. Sepasang kaca spion yang terkadang disepelekan ini akan sangat bermanfaat untuk menghindarkanmu dari kecelakaan lalu lintas. Jadi, jangan abaikan keselamatan hanya karena malas memasang ataupun mengganti kaca spion motor kesayanganmu, ya!

Tag