Aman dan Gaya di Jalanan dengan 10 Rekomendasi Helm JPN yang Keren Ini (2020)

Aman dan Gaya di Jalanan dengan 10 Rekomendasi Helm JPN yang Keren Ini (2020)

Sumber gambar moladin.com

Helm adalah perlengkapan wajib dalam berkendara. Helm fungsinya sangatlah penting yakni untuk melindungi kepala dari terpaan angin, debu, dan benturan jika terjadi kecelakaan. Salah satu helm yang populer saat ini adalah helm JPN yang hadir dalam berbagai tipe dan desain.

Helm Merupakan Kelengkapan Berkendara sebagai Penjaga Keselamatan

Sumber gambar www.suarapemalang.com

Setiap pengendara sepeda motor wajib mengenakan helm ke mana pun bepergian. Helm merupakan perlengkapan berkendara yang dapat melindungi kepala dari berbagai kemungkinan selama perjalanan. Mulai dari terpaan angin, benda asing, benturan jika terjatuh, hingga bisa melindungi kita dari virus penyakit yang bertebaran di udara.

Memakai helm menjadi bagian dari safety riding yang harus dipatuhi demi menjaga keselamatan di jalanan. Helm akan didapatkan saat membeli sepeda motor baru dan sudah berstandar SNI. Hanya saja terkadang kita juga perlu membeli helm tambahan yang saat ini hadir dengan desain yang lebih menarik.

Tidak masalah jika kamu ingin membeli helm sesuai desain yang kamu suka agar terlihat lebih keren. Namun, pastikan helm yang dipilih adalah helm SNI ya! Helm pun hadir dalam beberapa jenis dan kamu pun harus mengenalinya satu per satu.

Kenali Jenis-jenis Helm yang Cocok untuk Petualanganmu Sehari-hari

Helm Open Face

Sumber gambar renegadetucson.com

Helm Open Face atau yang dikenal juga dengan helm half face adalah helm yang bentuknya mirip dengan cetok (helm proyek). Hanya saja, helm open face ini melindungi bagian kepala hingga leher. Tepatnya, helm ini melindungi kepala bagian atas, belakang, dan samping, sementara bagian wajah hingga dagu terbuka. Helm jenis ini juga termasuk helm SNI lho, jadi kamu bisa memilih model helm yang satu ini untuk perlindungan berkendara sehari-hari.

Helm Modular-Flip Up

Sumber gambar www.fc-moto.de

Helm Modular-Flip Up bisa dikatakan sebagai perpaduan antara helm open face dan full face. Saat tidak ingin mengenakan helm full face, bagian pelindung rahang helm bisa dilepas dan sebaliknya, jika ingin perlindungan maksimal kamu bisa mengenakan helm seutuhnya.

Jika ingin membeli helm jenis ini pastikan kamu memilih yang kualitasnya bagus, terutama pada bagian pengunci flip up. Jika kamu memilih kualitas helm yang tidak bagus kemungkinan bagian pelindung rahang tidak dapat menahan benturan jika terjatuh.

Helm Cross/Trail

Sumber gambar ebay.com

Helm Cross/Trail adalah pelindung kepala yang digunakan oleh para pengendara motor cross atau trail. Helm ini memiliki desain full face dan dapat memberikan perlindungan yang lebih maksimal dibanding dengan helm full face biasa. Helm cross juga sudah teruji kualitasnya dalam menjaga keamanan dan keselamatan selama berkendara.

Tidak hanya itu saja, helm cross juga memiliki desain yang keren sehingga bisa membuat kamu terlihat tampil stylish saat berkendara. Helm cross didesain meruncing dan dibuat rongga yang lebih lega antara gap dan mulut agar pengendara motor cross bisa bernapas lebih lega tanpa menimbulkan kabut.

Desain helm yang demikian pun juga dibuat untuk meredam benturan jika terjadi kecelakaan sehingga bagian kepada lebih terlindungi. Kamu bisa dengan mudah menemukan helm cross ini karena banyak dijual di pasaran dalam berbagai merk buatan lokal seperti KYT, MDS, NHK, dan yang lainnya.

Helm Catok-Shory Helmet

Sumber gambar artemagro.ru

Helm Catok-Shory Helmet merupakan helm yang modelnya mirip dengan tempurung kura-kura. Meskipun terbuat dari material yang keras, tapi helm ini tidak bisa memberikan perlindungan maksimal karena hanya menutupi bagian atas kepala.

Bagian wajah, telinga, dan bagian belakang kepada tidak dapat perlindungan dari helm ini. Helm ini hanya cocok digunakan untuk kamu yang hobi menjelajah pelosok daerah yang suka kepanasan saat memakai helm. Kacamata pun akan dibutuhkan saat memakai helm ini untuk melindungi mata dari debu.

Tips Membeli Helm yang Tepat, Jangan Sampai Salah Beli ya!

Pilihlah Kaca Helm yang Bening

Sumber gambar www.aliexpress.com

Kaca pada helm berfungsi untuk melindungi wajah dari terpaan angin, debu, hingga air hujan. Kaca helm atau visor ada yang berwarna dan ada juga yang bening. Untuk penglihatan yang lebih jelas saat berkendara terutama pada malam hari, sebaiknya pilih kaca helm berwarna bening. Namun, kaca helm bening ini juga memiliki kelemahan, yakni bisa membuat silau saat terkena lampu kendaraan lain dan cahaya matahari.

Pilihlah Helm dengan Bagian Dalam/Inner yang Lembut

Sumber gambar i.ebayimg.com

Kenyamanan dalam berkendara juga sangat dibutuhkan, terutama saat harus berkendara cukup jauh. Untuk mendapatkan kenyamanan tersebut kamu bisa memilih helm dengan kain inner yang lembut dan dapat menyerap keringat dengan baik. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa kegerahan saat berkendara cukup lama.

Pastikan Lapisan Pengaman Dalam Tebal

Sumber gambar notenoughpdx.com

Lapisan dalam helm juga tak boleh luput dari perhatian mengingat fungsi utamanya adalah untuk melindungi kepala dari benturan jika terjadi kecelakaan. Pilihlah lapisan dalam helm yang tebal agar bisa meredam benturan jika terbentur. Dengan begitu bagian kepala akan terlindung lebih maksimal.

Pilihlah yang Bahan Shell-nya Keras

Sumber gambar review.bukalapak.com

Bagian luar helm atau shell juga memiliki peran yang sangat penting dalam melindungi kepala. Lapisan luar helm sebaiknya pilih berbahan keras yang umumnya terbuat dari bahan polycarbonate. Lapisan luar helm yang keras dapat melindungi kepala karena dapat mengurangi dampak benturan.

Pastikan Kunci Helm Berfungsi dengan Pas

Sumber gambar moladin.com

Kunci helm ada tiga macam berdasarkan mekanisme pengunciannya, yakni Double D-ring, Quick Release, dan Micro Metric. Double D-ring merupakan tipe penguncian dengan tingkat keamanan yang baik dan menjadi tipe penguncian helm standar balap.

Untuk tipe penguncian Quick Release, kamu akan mendengar bunyi klik saat dipasang dan ini merupakan jenis penguncian yang umum terdapat pada helm. Sedangkan Micro Metric menggunakan sistem penguncian gerigi pada dua sisinya agar bisa saling mengunci. Nah, saat membeli pastikan pengunci helm ini berfungsi dengan baik agar jika terjadi kecelakaan helm tidak terlepas dari kepala.

Rekomendasi Helm JPN Terpopuler dan Paling Banyak Diminati

Helm Bogo JPN Arc Retro Hitam Glossy

Helm Bogo JPN Arc Retro Hitam Glossy merupakan helm yang sudah memenuhi standar SNI. Helm JPN ini didesain dengan visor datar dan memiliki beberapa pilihan warna kaca seperti putih, hitam, silver, dan pelangi. Busa bagian dalam helm dapat dilepas dan ini akan memudahkan kamu saat mencuci helm. Helm bergaya retro ini tersedia dalam ukuran M, L, dan XL.

Harga Rp. 145.000-219.000

Helm JPN Kawai Momo

Helm JPN Kawai Momo merupakan helm SNI dengan busa yang nyaman. Busa pada helm juga dapat dilepas yang akan memudahkan kamu saat membersihkan helm. Tali strap pada helm dapat disesuaikan dan ukuran yang tersedia adalah M dan L. Dipastikan helm yang satu ini aman dan terjamin untuk berkendara.

Harga Rp. 215.000-287.000

Helm JPN Monsa Classic Limited Carbon

Helm JPN Monsa Classic Limited Carbon merupakan helm sepeda monsa carbon ex thousand yang hadir dengan motif stiker carbon. Pada helm terdapat tali microlock yang dapat disesuaikan. Helm ini hanya memiliki satu ukuran, yakni L (58-59 cm).

Harga Rp. 299.900-329.000

Helm JPN MOMO Pilot Coklat

Helm JPN MOMO Pilot Coklat juga termasuk helm berstandar SNI yang aman digunakan untuk berkendara. Helm ini tersedia dalam satu ukuran dan cocok digunakan untuk kamu yang biasa menggunakan helm ukuran M / L atau untuk lingkar kepala 59-60 cm.

Bagian busa helm juga dapat dilepas pasang dengan mudah. Saat membeli helm pastikan ukurannya pas di kelapa agar kamu nyaman saat berkendara. Jangan terlalu pas dan jangan pula terlalu longgar karena bisa mengganggu konsentrasi selama berkendara.

Harga Rp. 215.000-266.200

Helm JPN Full Leher Always Smile

Helm JPN Full Leher Always Smile merupakan helm dengan standarisasi SNI 1811-2007. Helm dengan desain yang trendi dan sporty ini bisa digunakan untuk sehari-hari terlebih untuk melakukan perjalanan jauh. Helm model open face ini terbuat dari material thermoplastic composite dan kacanya dari polycarbonate. Bagian dalam helm bisa dilepas dan dicuci dan helm ini pun dilengkapi dengan quick release safety buckle.

Harga Rp. 430.000-455.000

Helm Bogo JPN Retro Kaca Datar OSBE

Helm Bogo JPN Retro Kaca Datar OSBE ini sudah SNI dan memiliki batok yang kuat dan tahan banting. Bagian visor didesain datar yang terbuat dari bahan premium sehingga saat terkena hujan airnya tidak menempel pada kaca sehingga penglihatan pun tidak terganggu. Busa bagian dalam helm bisa dilepas pasang untuk dicuci sehingga kebersihan helm pun terjaga.

Harga Rp. 170.300-436.000

Helm Bogo JPN Ungu Terong Dof Visor Flat Datar

Saat membeli helm, tali pengikat pun harus dipilih yang kuat, bagus, nyaman, serta posisinya pun harus pas. Salah satu helm yang nyaman dan aman untuk dipakai harian adalah Helm Bogo JPN Ungu Terong Dof Visor Flat Datar.

Helm gaya retro ini dibuat dengan desain visor datar/cembung dan hadir dalam pilihan warna bening dan hitam. Busa bagian dalam helm juga tebal dan empuk serta bisa dilepas. Dan pastinya helm yang tersedia dalam ukuran M, L, dan XL ini sudah memenuhi standar SNI.

Harga Rp. 139.900-179.999

Helm Bogo JPN Retro Klasik Jap

Saat membeli helm kamu harus memilih ukuran yang pas agar nyaman saat berkendara. Helm yang kekecilan bisa membuat bagian kepala terasa tertekan dan pusing, sementara jika kebesaran justru dapat mengganggu konsentrasi saat berkendara.

Helm Bogo JPN Retro Klasik Jap juga merupakan helm SNI yang bisa kamu pilih untuk berkendara yang aman dan nyaman. Dengan helm ini kamu bisa tampil gaya di jalanan. Bagian busa helm dapat dilepas dan ukuran hanya tersedia dalam satu ukuran yang cocok untuk lingkar kepala 59-60 cm. Pilihan kacanya ada bening, cokelat, dan hitam.

Harga Rp. 158.400-280.000

Helm JPN Classic Cetok CHIP Kuning Gloss

Memakai helm saat berkendara sudah menjadi peraturan pemerintah yang harus dijalankan. Pengendara yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas termasuk tidak memakai helm akan ditilang oleh polisi. Oleh karena itu, selalu kenakan helm selama bepergian dengan sepeda motor agar perjalanan aman dan lancar tanpa kendala. Pilihan helm berstandar SNI yang juga bisa kamu pilih adalah Helm JPN Classic Cetok CHIP Kuning Gloss. Helm model clasic chip warna kuning ini sangat cocok untuk kamu para pengendara vespa.

Harga Rp. 144.000

Helm JPN Bogo Retro Allgrey Glossy Flat

Untuk menghindari kehilangan helm di parkiran, kini beberapa merek helm ada yang memberikan perlindungan tambahan berupa gembok atau tali pengaman helm untuk mencegah helm dicuri. Nah, kamu yang sering merasa khawatir saat meninggalkan helm di parkiran bisa memilih helm dengan perlindungan ekstra ini.

Satu lagi helm yang bisa kamu pilih adalah Helm JPN Bogo Retro Allgrey Glossy Flat. Helm ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang sedang mencari helm baru. Helm ini banyak diminati oleh kalangan muda karena desainnya yang simpel dan tidak ribet. Pilihan warnanya banyak dan harganya pun bersahabat. Pastinya helm ini juga sudah SNI dan nyaman dipakai berkendara.

Harga Rp. 139.500-269.200
From our editorial team

Yuk, Miliki Helm Keren Ini agar Tetap Aman di Jalanan

Kamu yang setiap harinya bepergian dengan sepeda motor pasti selalu memakai helm, bukan? Nah, agar gayamu tetap keren selama berkendara tidak ada salahnya untuk memakai helm yang desainnya keren. Salah satu helm JPN yang direkomendasikan di atas bisa kamu jadikan pilihan.

Tag