Mau Tampil Keren saat Bermotor? Gunakan 10 Rekomendasi Helm Cakil yang Punya Desain Khas Banget (2020)

Mau Tampil Keren saat Bermotor? Gunakan 10 Rekomendasi Helm Cakil yang Punya Desain Khas Banget (2020)

Kendaraan bermotor sudah menjadi salah satu kendaraan utama yang banyak digunakan di Indonesia. Untuk melengkapi keamanan dan penampilan saat membaawa motor, kamu bisa memilih helm cakil yang punya desain khas dan pilihan warna yang keren. Yuk, cek dulu berbagai rekomendasi helm cakil dari BP-Guide!

Helm Motocross Sering Disebut dengan Helm Cakil

Helm trail merupakan helm khusus yang digunakan untuk pengendara motor trail. Ciri utama helm ini adalah bentuknya khas dengan moncong yang agak maju seperti cakil. Helm ini berbeda dengan helm biasa karena tidak dilengkapi dengan visor, sedangkan pada helm biasa atau supermoto justru terdapat visor. Helm trail sangat populer dan menjadi idola para pengguna motorsport karena aman dan nyaman dipakai.

Helm Cakil Cocok untuk Para Pencinta Hal-hal Berbau Klasik

Sekarang ini banyak produsen helm menawarkan berbagai model seperti helm biasa ataupun helm cakil. Helm ini pernah populer di era tahun 80-an sampai 90-an yang  memberikan kesan klasik dan retro. Bentuknya lebih tertutup di bagian muka dan seiring perkembangan zaman yang lebih maju dan modern, helm cakil bisa digunakan setiap hari yang dipadukan dengan motor jenis apa pun. Selain itu, harga helm cakil yang ditawarkan tidak terlalu mahal dibandingkan dengan waktu masa jayanya.

Merek Helm yang Terkenal dengan Jenis Helm Cakilnya

HBC

Sumber gambar https://www.blibli.com

Merek helm HBC merupakan merek helm asli dari Bandung, Indonesia yang sudah berstandar SNI. Brand ini mengeluarkan varian helm cakil polos tanpa dilengkapi kaca penutup. Jenis bahan batok helm yang digunakan terbuat dari ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) dengan lapisan busa tebal dan dibungkus kain nylex.

Helm HBC menghadirkan warna-warna polos yang menarik seperti black doff, white metallic, polos army dan lain-lain. Selain itu, merek helm HBC juga mengeluarkan desain helm pilot dengan pelindung akrilik dan tersedia dalam beberapa pilihan warna serta motif. Untuk helm model pilot tersedia dalam 3 varian desain yang bisa dipilih.

Bobot helm tanpa visor sangat ringan sedangkan apabila dengan visor bisa sekitar 912/913 gram. Bobot ini lebih ringan daripada helm Strike eagle KYT full carbon yaitu 999 gram. Ventilasi depan dilengkapi dengan lubang-lubang besar di bagian Chin sehingga tidak bisa dibuka tutup. Tersedia dalam satu ukuran all size dengan harga terjangkau.

INK

Sumber gambar https://www.blibli.com/j

Brand helm INK banyak digemari pengendara motor di Indonesia. Merk ini adalah produsen helm milik dagang Tarakusuma Indah yang tercatat sebagai induk dari beberapa perusahaan helm ternama yaitu MDS, KYT, BMC dan HIU.

Tersedia dalam berbagai model mulai dari yang biasa, cakil sampai dengan pilot bermotif polos ataupun berbagai motif. Varian dari helm polos berupa gloss dan doff sedangkan untuk bermotif mempunyai tampilan gloss.

Helm cakil INK memiliki kualitas tidak kalah dengan merek asal Eropa dengan mengutamakan tingkat presisi tinggi sehingga nyaman dipakai. Selain itu kekuatannya mampu melindungi kepala secara sempurna ketika terbentur ataupun terjatuh dari atas motor.

Desain yang diterapkan keren, banyak varian dan harga relatif terjangkau dikantong yaitu sekitar dibawah 1 juta. Helm INK telah lulus Standar Nasional Indonesia (SNI) dan sertifikat Departement of Transportation (DOT) sehingga tepat menjadi pilihan Anda. Helm cakil INK jenis INK Moto X dan INK Dragon X dapat menjadi referensi Anda dalam memilih helm.

MDS

Sumber gambar https://www.blibli.com

Helm Brand MDS memiliki cukup banyak peminat karena desainnya menarik dengan harga terjangkau. Tersedia dalam berbagai model mulai dari pilot, cross, sampai dengan retro dalam warna polos ataupun bermotif.

Semua helm dari brand MDS menggunakan kaca akrilik di bagian depan sehingga aman melindungi pengendara dan nyaman dipakai. Helm ini telah lulus uji SNI dari laboratorium uji seperti uji material, uji tekanan, dan tali pengikat.

Helm cakil MDS didesain anti maling sehingga memberikan ketenangan ketika helm ditinggal di tempat umum. Dijual dalam satu ukuran dengan harga terjangkau yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan. Jenis helm cakil MDS murah yang dapat Anda pilih seperti MDS Super Pro #2 dan MDS Super Pro Solid.

Keuntungan Menggunakan Helm Cakil untuk Helm Sehari-hari

Memiliki Desain yang Unik

Bagi Anda yang menyukai otomotif terutama motor dan ingin selalu tampil beda sebaiknya pergunakan helm cakil. Helm jenis ini pernah populer di era 80-an sampai dengan 90-an lalu dan menjadi idaman banyak orang. Seiring dengan perkembangan zaman, helm cakil dapat digunakan sehari-hari dengan motor jenis apa pun.

Helm cakil memiliki desain istimewa daripada helm lainnya berjenis fullface ataupun halfface. Ciri display bagian depan berbentuk seperti moncong tajam kedepan dan terdapat ventilasi sehingga terlihat sangar dan gahar. Desain moncongnya terinspirasi dari tokoh pewayangan Indonesia bernama buto cakil. Keunikan desain tersebut membuatnya semakin diminati di pasaran Indonesia.

Bagian Moncong Berfungsi sebagai Ventilasi

Helm cakil dilengkapi dengan ventilasi pada bagian depan yang memberikan pergantian udara sehingga leluasa bernafas dan nyaman ketika dipakai. Helm ini dirancang untuk kegiatan adventure yang membutuhkan energi besar.

Desainnya tidak full bulat dan tertutup kaca helm agar mulut dan hidung dapat lebih sering mengeluarkan udara panas sehingga sirkulasi udara baik. Kepala Toko Prime Gears Distributor Helm Arai (Cargloss Group) bernama Imas Prayogo menjelaskan bahwa helm cakil sengaja dibuat meruncing agar sirkulasi udara menjadi lebih optimal sehingga tidak mudah berembun ataupun sesak nafas.

Bagian Moncong juga Memberi Proteksi Lebih saat Terjadi Benturan

Ciri utama helm cakil adalah bagian mulut atau moncongnya lebih panjang agar melindungi dagu ataupun gigi ketika terjadi benturan. Desain tersebut memberikan redaman lebih maksimal daripada helm full face biasa.

Selain itu, dapat memberikan keamanan dan keselamatan pengguna dengan cara melindungi kepala dari benturan keras dan bisa digunakan untuk menahan angin yang menerpa wajah. Tak hanya itu saja, keunikan desain tersebut mampu meminimalisir kebisingan yang disebabkan oleh suara knalpot kendaraan dan Anda memiliki sudut pandang yang lebih lebar.

Helm cakil dilengkapi dengan visor bagian depan sehingga melindungi mata dari debu ketika berkendara dan terdapat pet atau topi dibagian atas. Untuk perlindungan maksimal, Anda dapat memadukan dengan goggle ataupun kaca mata khusus yang memberikan proteksi lebih dibagian mata ketika terjatuh.

Menggunakan Kacamata Goggle untuk Melindungi Mata

Untuk berkendara di medan berlumpur ataupun tidak mulus, Anda membutuhkan tenaga ekstra sehingga memerlukan asupan udara lebih banyak dan lancar. Pilihlah helm cakil yang memberikan ruang di depan mulut dan tidak menggunakan kaca pelindung daripada helm biasa.

Anda dapat memakai goggle atau kacamata khusus untuk melindungi mata. Helm jenis cakil atau trail berbeda dengan helm supermoto yang menggunakan visor sebagai pelindung mata. Helm supermoto tidak depat digunakan di medan berlumpur karena repot ketika membersihkannya yaitu dengan membuka helm, melepas visor, membersihkan, dan memasangkannya lagi.

Berbeda dengan helm cakil yang Anda gunakan dengan kacamata khusus atau goggle yang pemasangan dan pelepasannya cukup memakai tali dan tidak membutuhkan pengait seperti visor ataupun baut. Kebanyakan para rider lebih senang menggunakan helm cakil dengan kacamata khususnya yang tidak membuat berkabut, lebih nyaman, praktis dan mudah dibersihkan cukup lepas, bersihkan dan pakai kembali.

Memiliki Semacam Pet untuk Menghalangi Sinar Matahari dan Kotoran

Helm cakil selalu terlihat lebih panjang daripada helm biasa. Hal ini dikarenakan helm cakil dilengkapi dengan pet yang berfungsi menghalau sinar matahari ataupun untuk terhindar dari cipratan tanah yang melayang. Pet merupakan bagian panjang seperti topi yang berada di bagian atas helm.

Pet sering disebut juga dengan peak helm motocross yang memiliki fungsi melindungi kepala dari terpaan sinar matahari. Selain itu mempunyai fungsi lain yaitu melindungi goggle dari cipratan tanah dan kotoran ketika berkendara, menghalau pasir, debu serta pepohonan.

Letak pet umumnya pada ubun-ubun helm atau tepat berada diatas visor helm. Ketika balapan motocross biasanya pembalap yang berada dibelakang pembalap lain akan memposisikan kepalanya agak menunduk. Hal tersebut dimaksudkan agar secara otomatis pet helm menahan gempuran tanah dari ban belakang depannya.

Rekomendasi Helm Cakil untuk Kamu yang Ingin Tampil Keren saat Berkendara di Jalan Raya

Helm Full Face HBC Cakil Born to Ride

Helm Full Face HBC Cakil Born to Ride merupakan helm cakil yang nyaman digunakan ketika di medan off road ataupun jalan raya biasa. Helm ini terbuat dari bahan plastik berkualitas tinggi yaitu plastik ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) anti pecah dengan desain trendi.

Dilengkapi dengan pet, gantungan kunci caberg, stiker dan busa tebal, dan dibungkus kain nylex yang mudah dilepas dan dicuci. Disertai dengan sistem Double D-ring retention system sehingga ringan, kuat, dan anti pegal.

Varian helm jenis ini sudah terstandar SNI dan tersedia dalam ukuran S, M, L, XL dengan setiap pembeliannya Anda akan memperoleh sarung tas.

Harga Rp. 350.000-365.000

Helm Full Face Zeus ZS-816C Cakil

Helm Full Face Zeus ZS-816C Cakil merupakan helm cakil full face sangat ringan dengan desain trendi dan simpel namun elegan yang cocok digunakan di jalan raya ataupun di medan off road. Helm cakil gaya cafe racer ini didesain dengan area bukaan wajah agar pandangan lebih luas tetapi tetap memberikan perlindungan maksimal.

Dilengkapi dengan Removable Paddings, Double D-Ring, dan bagian dalam helm mudah untuk dilepas ataupun dicuci. Selain itu dilengkapi dengan lubang ventilasi berbentuk garis-garis di area dagu yang berfungsi untuk memberikan sirkulasi udara. Diterapkan pula ventilasi tambahan di dagu samping yang bermanfaat sebagai penguat sistem ventilasi dagu.

Terdapat pula kancing visor yang memberikan keleluasaan apabila ingin menambahkan visor. Area sekelililng bukaan wajah dilengkapi dengan lis karet yang dapat melindungi agar tidak mudah tergelincir ketika diletakkan di meja, memperkuat hambatan air merambat masuk ke dalam helm, dan memberikan kesan rapi.

Batok luarnya terbuat dari material ABS dengan desain padat dan ramping sehingga ringan dan nyaman dipakai. Dilengkapi dengan 3 kancing visor dan 3 bagian busa yang mudah dilepas dan dicuci. Busa terbuat dari kombinasi beberapa jenis kain dengan sentuhan kulit dan lubang berukuran mikro sehingga menimbulkan kesan retro dan membuat lapisan busanya dapat bernapas.

Di bagian lainnya menggunakan bahan kulit sintetis dengan warna cokelat dan hitam sehingga memunculkan kesan elegan dan jantan. Helm Full Face Zeus ZS-816C Cakil telah lolos SNI, JIS, NBR, dan memiliki sertifikasi. Tersedia dalam ukuran M sampai XL yang dapat Anda gunakan sehari-hari ataupun touring.

Harga Rp. 700.000-700.000

Helm Full Face Helm Custom Cakil M30

Helm Full Face Helm Custom Cakil M30 merupakan helm cakil dengan desain mewah, elegan, dan cocok untuk Anda yang bergaya modern.

Helm ini terbuat dari bahan berkualitas high grade yaitu ABS dengan busa tebal, cat berkualitas, dan busa telinga yang bisa dicuci.

Tersedia dalam warna hitam glossy berukuran all size fit to L dan dijual dengan harga terjangkau. Dalam setiap pembeliannya Anda akan memperoleh tas helm.

Harga Rp. 400.000-519.000

Helm Custom Cakil Model STIG

Helm Custom Cakil Mode STIG merupakan helm cakil terbaik daripada helm biasa yang berbahan plastik ABS. Hal ini dikarenakan helm jenis ini dibuat dengan handmade dan terbuat dari bahan fiber glass kevlar yang lebih kuat dan lebih mahal dengan busa berkualitas yang bisa dilepas.

Selain itu cat yang digunakan juga berkualitas yaitu Sikkens sebagai Primer dan Base Coat serta Spies Hecker sebagai finishing-nya. Terdapat pula List Chrome Exclusive, Visor Flat Chrome, dan Visor Flat Clear/Dark Smoke.

Helm cakil satu ini lebih menitikberatkan pada keselamatan sekaligus kenyamanan dari pemakainya. Tersedia dalam ukuran S, M, L, XL yang aman dan nyaman dipakai.

Harga Rp. 529.000-762.000

No Helm Cakil Custom Ghostbone

No Helm Cakil Custom Ghostbone merupakan helm cakil istimewa untuk Anda yang gemar berkendara touring motor custom dan umum. Helm ini memiliki desain unik, namun tetap berkesan mewah. Terbuat dari bahan fiber glass kevlar yang lebih mahal dan kuat daripada helm biasa yang menggunakan bahan plastik ABS.

Produk ini dibuat dengan cara handmade dengan mengedepankan keselamatan dan kenyamanan pemakainya. D idalamnya terdapat busa berkualitas baik, list hitam karet, dan visor space chrome.

Cat yang digunakan pun memiliki kualitas terbaik yaitu Sikkens untuk primer dan base coat dan Spies Hecker sebagai finishing. Tersedia dalam ukuran S, M, L, XL yang aman dan nyaman dipakai. Dalam setiap pembeliannya Anda akan memperoleh tas helm.

Harga Rp. 429.000-619.000

Helm Full Face Shoei Cakil Ex-Zero Shine

Helm Full Face Shoei Cakil Ex-Zero Shine merupakan helm cakil sangat kuat yang dapat melindungi kepala secara sempurna dari benturan benda-benda keras seperti pohon, aspal, pembatas jalan, ataupun kendaran lain.

Selain itu, helm jenis ini dapat melindungi wajah khususnya mata dari debu, kotoran, angin dan benda-benda lainnya. Terbuat dari bahan berkualitas tinggi dengan bagian interior terbuat dari perpaduan kulit sintetis dan kain bertekstur lembut.

Penggunaan kulit sintetis memiliki tujuan agar dapat mencegah refleksi yang tidak diinginkan terpantul ke visor sehingga pandangan terganggu. Dilengkapi pula dengan fitur EQRS yang dapat memudahkan Anda ketika melepaskan helm dari kepala ketika terjadi kecelakaan.

Desain menawan Helm Full Face Shoei Cakil Ex-Zero Shine terinspirasi dari helm Shoei EX series yang telah diproduksi pada tahun 80-an. Ciri khas utamanya terletak pada ducktail atau cakil dengan bagian mulut yang agak maju.

Selain itu, terdapat visor bawaan yang berfungsi untuk menutup mata pemakainya. Tersedia dalam ukuran all size yang aman dan nyaman dipakai.

Harga Rp. 6.365.000-7.055.000

JP Helmet Chakil Helm Full Face Carbon

JP Helmet Chakil Helm Full Face Carbon adalah helm cakil carbon fiber yang diproduksi oleh PT. Jaya Plastik Mandiri. Helm jenis ini menggunakan teknologi modern dengan bahan shell menggunakan serat karbon.

Tipe produk ini adalah Never Grows Old 04 dan dilengkapi dengan gesper untuk mengikat dan membuka tali dagu sehingga memberikan proteksi lebih baik. Dilengkapi dengan ventilasi depan di dahi dan di dagu serta bagian dalamnya terdapat busa lembut yang nyaman dipakai, bebas gerah, dan mudah dicuci.

JP Helmet Chakil Helm Full Face Carbon didesain sporty dalam warna-warna cerah dan menarik yang cocok untuk penggemar touring dan motocross. Dilengkapi removable pad, DD ring strap lock, dan leather strap di belakang untuk tali goggle.

Produk ini kuat, kokoh dan super ringan dikenakan serta telah memiliki sertifikat SNI. Tersedia dalam ukuran M, L, XL yang dapat Anda pilih sesuai keinginan. Dalam setiap pembeliannya Anda akan
memperoleh tas helm.

Harga Rp. 2.199.000-2.967.000

Helm Cakil Snail Single Visor MX-310

Helm Cakil Snail Single Visor MX-310 merupakan helm cakil impor dari Taiwan yang menerapkan teknologi canggih sehingga aman dan nyaman dipakai.

Terbuat dari bahan berkualitas terbaik yaitu plastik ABS 709 yang kuat dan tahan lama sehingga memberikan keamanan dan perlindungan optimal ketika berkendara.

Desain helm jenis ini unik dengan model helm supermoto, dilengkapi single visor dan telah lulus standar SNI serta standar internasional seperti DOT dan ECE. Tersedia dalam 2 model yaitu moncong supermotto dan moncong cross dalam ukuran M, L, XL, dan XXL.

Harga Rp. 550.000-859.000

Helm Cakil KYT X Rocket Retro #2

Helm Cakil KYT X Rocket Retro #2 merupakan helm full face yang sengaja didesain aerodinamis dilengkapi sistem ventilasi untuk sirkulasi agar pemakainya merasa nyaman.

Terbuat dari bahan berkualitas terbaik berupa plastik ABS yang kokoh, tahan banting, tidak patah, tidak menghantarkan listrik, dan tidak pecah ketika dibengkokkan.

Selain itu, terdapat single visor dan busa lembut yang tidak panas namun mudah dilepas ataupun dicuci. Produk ini juga menerapkan teknologi anti silau dan anti baret. Tersedia dalam desain paint motif graphic fluo dengan ukuran XS, S, M, L, XL, dan XXL.

Harga Rp. 330.000-457.200

Helm Full Face HBC Cakil Pilot Visor

Helm Full Face HBC Cakil Pilot Visor adalah helm cakil dengan ukuran lebih kecil daripada helm biasanya. Terbuat dari bahan berkualitas terbaik high grade yaitu plastik ABS yang anti pecah dengan desain trendi.

Dilengkapi dengan adjustable peak, visor flat ataupun non flat, double D-ring retention system, busa tebal yang dibungkus kain nylex, dan bagian dalamnya mudah dilepas ataupun dicuci.

Helm jenis ini telah lolos uji standar SNI dan sangat nyaman digunakan ketika di jalan raya ataupun saat di medan off road. Tersedia dalam ukuran S, M, L, XL, XXL yang dapat Anda pilih.

Harga Rp. 400.000-603.000
From our editorial team

Pilih Helm Cakil untuk Tampilan Berbeda

Model helm cakil memang agak berbeda dengan helm pada umumnya. Jika kamu bosan dengan model helm yang biasa aja, kamu bisa memilih helm cakil yang punya model khas. Walaupun helmnya berjenis full face, beberapa helm cakil sudah memiliki sistem sirkulasi yang nyaman saat dikenakan. Yuk, pilih aja helm cakil untuk gaya bermotor yang beda!