Jaga Diri agar Tetap Aman Berkendara dengan 10 Rekomendasi Helm NHK Full Face Ini (2020)

Jaga Diri agar Tetap Aman Berkendara dengan 10 Rekomendasi Helm NHK Full Face Ini (2020)

Kamu para cowok pasti ingin terlihat macho saat mengendarai sepeda motor mbukan? Pilih helm full face yang bisa membuatmu terlihat makin maskulin, tetapi juga melindungi dalam waktu bersamaan. Yuk, simak rekomendasinya dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Helm Full Face Memberikan Perlindungan Total Saat Mengendarai Sepeda Motor

Keamanan harus menjadi perhatian utama bagi kamu yang mengendarai motor untuk beraktivitas sehari-hari. Jangan sampai berkendara tanpa mengenakan helm untuk melindungi kepala. Kejadian yang tidak diinginkan bisa terjadi kapan saja, sehingga kamu harus melakukan langkah antisipasi.

Di antara beberapa jenis helm yang beredar di pasaran, helm full face dinilai punya tingkat keamanan yang paling tinggi karena menutup seluruh bagian wajah dan kepala dengan sempurna. Helm full face dilengkapi dengan chin protector sehingga membuatnya kedap terhadap air hujan dan kotoran.

Dari segi keamanan, helm full face tidak perlu diragukan lagi. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan bahwa 60% kecelakaan lalu lintas yang dialami oleh pengendara sepeda motor akan mengenai area wajah, tidak terkecuali mata dan dahi. Dengan menggunakan helm full face, bukan hanya area wajah saja yang terlindungi tetapi juga bagian belakang kepala hingga leher.

Alasan Mengapa Harus Memakai Helm Full Face

Melindungi Kepala dari Kecelakaan Fatal

Ini jelas menjadi alasan pertama mengapa kamu harus memakai helm full face. Helm full face terbuat dari materi yang lebih kokoh dibandingkan helm half face atau open face dan tidak mudah lepas saat kamu terjatuh dari motor. Dengan demikian, bagian kepala dan wajahmu akan tetap terlindung ketika terjadi kecelakaan.

Tidak hanya itu, helm full face juga bisa melindungi seluruh bagian kepalamu hingga leher. Seperti diketahui, kepala adalah bagian tubuh yang paling rawan saat kecelakaan. Cedera yang mengenai kepala, apalagi jika sampai menyentuh otak, maka akan berdampak sangat buruk. Mulai dari penurunan kualitas hidup hingga kehilangan nyawa akibat cedera pada bagian kepala.

Nyaman di Segala Cuaca

Cuaca sangat mempengaruhi kamu yang berkendara dengan sepeda motor. Dingin dan panasnya suhu di luar akan langsung terasa di kulit dan tubuhmu. Jika cuaca menjadi terlalu ekstrem, misalnya terik di siang hari dan hujan lebat, kepala akan terasa sakit dan kamu bisa kehilangan konsentrasi saat di jalan.

Berbeda halnya jika kamu mengenakan helm full face. Kamu akan terhindar dari sakit kepala karena perubahan cuaca mengingat seluruh bagian kepala terlindungi dengan baik. Khususnya bagi mereka yang tinggal di negara dengan 4 musim, helm full face dapat melindungi pengendara motor dari risiko terkena bell palsy. Bell palsy adalah pengerutan pembuluh darah di kulit wajah akibat terpapar udara dingin dalam waktu lama.

Sesuai SNI

Pengendara motor tidak boleh mengenakan sembarang helm. Helm yang dipakai harus sesuai dengan SNI atau Standar Nasional Indonesia. Meski penggunaan helm tipe open face dan half face tidak dilarang, namun helm jenis full face adalah yang paling direkomendasikan oleh SNI.

Helm full face yang mampu menutup seluruh bagian kepala dinilai sangat sesuai dengan standar keamanan. Kamu yang hobi touring atau tergabung dalam komunitas motor, sebaiknya punya helm tipe full face yang bisa digunakan untuk berkendara jarak jauh.

Menjaga Wajah dari Polusi

Selain harus bergelut dengan cuaca dan menjaga keamanan sebagai hal yang utama, pengendara sepeda motor sangat akrab dengan debu, polusi, dan knalpot kendaraan lain yang bertebaran di jalan.

Selain bisa menimbulkan masalah kulit, debu dan polusi bisa masuk ke mata dan mengganggu konsentrasimu saat berada di perjalanan.

Namun, helm full face yang menutup wajah hingga ke dagu bisa mencegah segala macam gangguan. Mulai dari polusi, debu, hingga serangga dan hewan-hewan kecil yang kerap beterbangan di jalan.

Membuat Cowok Terlihat Lebih Macho

Siapa sih cowok yang nggak terlihat macho saat mengendarai sepeda motor. Apalagi kalau motornya jenis motor gede yang maskulin. Lengkapi penampilanmu dengan helm full face untuk menambah level macho pada penampilan.

Helm full face yang banyak dipilih kaum pria biasanya berwarna hitam pekat dengan visor senada. Konon ini bisa menambah kesan cool dan misterius lho. Hmm, yakin nggak pengen coba?

Tips Merawat Helm Full Face agar Tetap Nyaman Dipakai

Simpan Setelah Dipakai

Helm full face sangat rawan diendapi debu dan kotoran. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam meletakkan dan menyimpannya. Jangan suka menaruh helm di spion motor karena akan memindahkan kotoran yang ada di spion ke bagian dalam helm. Sebisa mungkin hindarkan helm dari kendaraan lain yang jaraknya berdekatan.

Jika memungkinkan, bawa helm masuk ke dalam ruangan lalu simpan di loker atau tempat lain yang bersih dan kering. Ini dilakukan juga untuk menghindari helm dari goresan akibat bergesekan dengan benda lain. Apabila kaca helm tergores sedikit saja, maka bisa mempengaruhi kenyamananmu saat memakainya.

Hindarkan dari Sinar Matahari dan Hujan

Agar cat helm tidak cepat pudar, jangan biarkan helm terpapar sinar matahari dan hujan kecuali saat sedang dipakai berkendara. Pastikan helm selalu berada di tempat yang bersih dan kering.

Meletakkan helm sembarangan hingga membiarkannya terkena cuaca ekstrem akan membuat helm mudah basah, berjamur, dan menjadi sarang bakteri. Ini akan mempengaruhi kesehatan rambut dan kulit kepala pemakainya juga.

Bersihkan Secara Menyeluruh Sebulan Sekali

Helm full face harus dibersihkan minimal sebulan sekali secara menyeluruh. Cucilah bagian helm agar senantiasa bersih dan segar. Lepaskan bagian-bagian seperti visor dan penutup dagu, lalu lepaskan busa bagian dalamnya juga.

Rendam bagian dalam helm ke dalam campuran air dan sampo selama 30 menit. Setelah itu gunakan sikat lembut untuk membersihkan kotoran yang menempel pada busa. Kamu juga boleh merendam helm ke dalam larutan pelembut dan pewangi pakaian untuk mendapatkan aroma yang harum dan segar.

Rekomendasi Helm NHK Full Face Buat Kamu Pencinta Motor Sejati

NHK RX9 Hawk Black Yellow Doff

Helm pertama yang akan direkomendasikan adalah NHK RX9 Hawk Black Yellow Doff. Didominasi warna hitam dengan motif kuning membuatmu terlihat lebih maskulin.

Helm ini sudah mengantongi lisensi resmi SNI dan DOT, sehingga keamanan dan kualitas produknya tidak perlu diragukan lagi.

Kaca helm bening memberikan kamu pandangan yang lebih jelas tentang kondisi jalanan di depan. Helm juga dilengkapi dengan double visor yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Kamu juga tidak perlu khawatir masalah pembersihan helm karena seluruh busa pada helm dapat dilepas. Helm dirancang dengan 3 ukuran berbeda yaitu M, L, dan XL yang dapat disesuaikan dengan lingkar kepala.

Harga Rp. 500.000-1.000.000

NHK GP1000 Star SE Orange

NHK GP1000 Star SE Orange adalah helm full face dengan desain yang sangat keren, didominasi oleh warna oranye cerah. Shell atau batok helm terbuat dari bahan plastik yang tebal, kokoh, dan berkualitas.

Fitur double visor dan kaca bening juga dilengkapi dengan pinlock. Helm ini memiliki airflow di bagian depan, belakang, dan atas untuk memastikan sirkulasi udara berjalan lancar.

Helm semakin aman dengan replaceable neck roll untuk melindungi leher. Cocok banget untuk kamu pengendara motor yang sangat mengutamakan keamanan.

Helm ini juga didesain nyaman dengan 5 ukuran berbeda yaitu S, M, L, XL, dan XXL. Tinggal sesuaikan saja dengan lingkar kepalamu.

Harga Rp. 450.000-1.100.000

NHK Full Face Terminator Pigment Yellow

Desain, corak, dan warna merupakan aspek yang harus dipertimbangkan saat kamu akan membeli helm full face. Jika kamu tidak takut mengenakan warna-warna mencolok, rekomendasi NHK Full Face Terminator Pigment Yellow ini sangat tepat untukmu.

Perpaduan warna kuning neon, pink, dan biru elektrik menciptakan desain helm super dinamis yang menarik. Tidak lupa tentunya dengan sederet fitur khas NHK seperti double visor, kaca tipe clear dan smoke, dan pinlock ready.

Pembersihan helm ini sangat mudah karena seluruh permukaan busanya bisa dilepas untuk dicuci. Pengait dagu tipe microlock memastikan keamanan pengguna saat memakainya. Helm ini hadir dalam 3 pilihan ukuran berbeda yaitu M, L, dan XL.

Harga Rp. 500.000-700.000

NHK Full Face RX9 Karel Abraham Yellow

NHK dikenal memiliki desain yang unik dalam setiap produk helm yang mereka luncurkan. Seperti yang satu ini nih. Sesuai dengan nama produknya yaitu NHK Full Face RX9 Karel Abraham Yellow, desain helm terinspirasi dari mantan pembalap MotoGP, Karel Abraham yang pensiun pada 2019 lalu.

Desainnya menarik dengan dominasi warna biru tua dan hijau. Fitur yang ditawarkan oleh helm ini antara lain adalah kaca double visor dengan tipe clear dan smoke.

Pengait dagu tipe microlock memastikan pengguna tetap aman selama berkendara. Busa full knock down bisa dilepas seluruhnya untuk pembersihan yang lebih sempurna.

Yuk, tunjukkan gaya unikmu dengan helm keren ini!

Harga Rp. 750.000-1.500.000

NHK RX9 Racer Red Silver

Merah dan Silver akan jadi perpaduan warna menarik buat helm full face. Warnanya yang macho jelas membuatmu semakin keren saat mengendarai si roda dua kesayangan.

NHK RX9 Racer Red Silver adalah produk selanjutnya yang direkomendasikan untukmu. Helm ini dilengkapi dengan fitur standar NHK seperti busa full knock down, pengait dagu tipe microlock, dan double visor.

Ukuran yang tersedia untuk helm ini adalah M, L, dan XL yang dapat disesuaikan dengan lingkar kepala pemakainya. Packing helm juga dilengkapi dengan kardus dan sarung yang semakin memudahkan kamu untuk memakainya.

Harga Rp. 600.000-800.000

NHK GP 1000 GP1000 Motif Star Yellow

Apa sih yang ada di pikiranmu saat membayangkan warna kuning neon alias flourescent? Hmm, jangan bilang norak ya. Warna kuning neon atau neon yellow justru sedang digandrungi para pencinta fashion. Coba deh tampil berani dengan helm warna kuning mencolok yang membuatmu mudah dikenali.

NHK GP 1000 GP1000 Motif Star Yellow adalah helm warna kuning flourescent yang tetap terlihat meski dalam kondisi minim cahaya. Dipadukan dengan warna silver untuk menciptakan desain helm yang keren dan kekinian. Kaca double visor berfungsi melindungi wajah dari sengatan sinar matahari dan air hujan. Cocok nih buat kamu yang sering mobilitas dengan menggunakan roda dua ini.

Harga Rp. 500.000-700.000

NHK Full Face GP1000 White Black

Produk berikutnya yang akan direkomendasikan adalah NHK Full Face GP1000 White Black. Perpaduan warna hitam dan putih menghasilkan desain klasik yang super kece. Dijamin kamu langsung tergoda untuk memilikinya deh!

Helm ini dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan untuk menjamin keamanan penggunanya. Antara lain adalah double visor dan pinlock.

Helm juga sangat mudah dibersihkan karena semua busanya dapat dilepas untuk dicuci dan dikeringkan. Masalah kualitas tidak perlu ragu. Helm ini sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan SNI, kok.

Harga Rp. 450.000-600.000

NHK GP1000 Solid Black Doff

Buat kamu yang tidak suka dengan warna-warna terang dan motif yang terlalu ramai, maka rekomendasi produk yang satu ini pasti cocok buatmu. NHK GP1000 Solid Black Doff namanya. Warna hitam doff-nya sangat elegan dan maskulin, pasti akan menambah gayamu saat mengendarai sepeda motor kesayangan.

Helm full face berkualitas dari NHK ini dilengkapi dengan double visor untuk melindungi wajahmu selama berkendara. Selain itu, seluruh busa pada bagian dalam helm juga dapat dilepas untuk pembersihan yang lebih maksimal. Helm ini juga dapat dipasangi pinlock. Fitur unik lainnya adalah reflector yang berada di bagian belakang helm.

Harga Rp. 400.000-500.000

NHK Full Face GP1000 Star Orange Fluo

Masih dari seri GP1000 Star, rekomendasi produk kali ini bernama NHK Full Face GP1000 Star Orange Fluo.

Helm full face ini dapat memberikan perlindungan yang maksimal saat kamu sedang berkendara di atas motor kesayangan. Dengan warna orange fluo yang keren, kamu jelas akan tampil lebih keren.

Fitur-fitur unggulan yang ditawarkan oleh helm ini antara lain adalah kaca clear yang dilengkapi dengan double visor serta ready pinlock.

Helm yang sudah memnuhi syarat SNI dan DOT ini tersedia dalam 3 ukuran berbeda yaitu M, L, dan XL. Cara membersihkan helm juga sangat mudah karena seluruh busanya bisa dilepas.

Harga Rp. 600.000-1.000.000

NHK Full Face RX 9 Motif Hawk Black Doff Orange

Helm full face dari NHK terakhir yang akan direkomendasikan adalah NHKFull Face RX 9 Motif Hawk Black Doff Orange. Didominasi oleh warna hitam dengan finishing doff dan sentuhan oranye, helm ini akan membuat penampilanmu semakin macho saat bersepeda motor.

Fitur yang ada pada helm ini antara lain adalah tipe kaca clear dan smoke dengan standard visor, pengait dagu microlock, dan busa full knock down untuk memudahkan pembersihan. Tersedia dalam 3 ukuran berbeda yaitu M, L, dan XL yang dapat disesuaikan dengan lingkar kepala.

Harga Rp. 500.000-1.200.000
From our editorial team

Utamakan Keselamatan, Pakai Helm Full Face Yuk!

Aspek keselamatan selama berkendara menjadi prioritas utama helm full face. Kamu yang suka berkendara jarak jauh dengan sepeda motor wajib punya helm ini. Tapi ingat, harus rajin-rajin dibersihkan ya! Jika tidak, helm akan menjadi sarang bakteri yang bisa menimbulkan masalah kulit kepala dan wajah. Untuk produknya, kamu bisa pilih dari rekomendasi BP-Guide di atas!

Tag