Makin Gaya Saat Mengendarai Motor dengan 10 Rekomendasi Helm Arai Berikut Ini (2020)

Makin Gaya Saat Mengendarai Motor dengan 10 Rekomendasi Helm Arai Berikut Ini (2020)

Helm adalah perlengkapan yang wajib dikenakan saat berkendara dengan sepeda motor. Pastikan kamu melindungi diri dengan helm berkualitas, seperti produk dari merek Arai. Melalui artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi helm Arai terbaik hanya untukmu.

Sering Naik Motor? Jangan Lupa Pakai Helm!

Motor menjadi sarana transportasi pribadi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kendaraan roda dua ini menjadi solusi bepergian yang lebih cepat dan efisien, terutama di kota-kota besar yang penuh dengan kemacetan. Meskipun demikian, mengendarai sepeda motor tetap memiliki risiko, tersendiri lho.

Agar tetap aman dan selamat selama di perjalanan, jangan lupa lengkapi diri dengan helm ya. Tidak peduli apakah jarak yang ditempuh jauh atau dekat, pengendara motor wajib menggunakan helm. Helm menjadi pelindung utama bagi kepala jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kewajiban untuk selalu memakai helm saat mengendarai sepeda motor tertulis dalam Pasal 106 Ayat 7 UU No 22 Tahun 2009. Tidak hanya itu, helm yang digunakan juga harus memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), yaitu yang menutupi seluruh bagian kepala secara sempurna. Sehingga jika terjadi kecelakaan, kepala tetap terlindung dengan baik.

Jenis-jenis Helm yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan

Half Face Helmet

Sumber gambar shopee.ph

Helm jenis ini adalah helm yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Half face helmet mampu memberikan proteksi pada bagian kepala secara lebih sempurna. Tidak hanya itu, helm ini praktis dilepas pakai dan sangat nyaman untuk pemakaian sehari-hari.

Bagian mulut pada helm juga tidak tertutup sehingga pengendara tetap bisa mengobrol dan berkomunikasi dengan baik. Helm ini biasanya juga dilapisi dengan busa ringan dan empuk sehingga menambah kenyamanan dan tidak terasa berat di kepala.

Open Face Helmet

Mirip dengan half face helmet, namun bedanya helm ini terbuka di bagian wajah dan mulut tanpa adanya penutup kaca.

Helm open face belakangan sedang hits di kalangan anak muda karena membuat pemakainya terlihat lebih modis dan gaya. Helm ini cocok banget dikenakan saat kamu mengendarai motor klasik seperti vespa.

Keunikan lain dari open face helmet adalah motif dan aksesori yang beragam, sehingga menunjukkan kepribadian masing-masing pemakainya. Jika ingin, kaca depan helm bisa divariasi sesuai selera.

Full Face Helmet

Kamu yang mengendarai motor cowok wajib banget pakai full face helmet untuk menyempurnakan penampilan yang macho. Helm ini memang pasangan yang cocok untuk motor-motor cowok. Helm full face punya aspek keamanan yang paling tinggi dibanding helm model lain.

Seluruh wajah termasuk mulut tertutup dan terlindung sehingga air hujan, debu, kerikil, dan benda-benda lain yang mungkin mengganggu tidak bisa masuk ke dalam. Buat kamu yang hobi touring dan berkendara jarak jauh, helm ini bisa dijadikan pilihan.

Namun hati-hati, kamu harus rajin-rajin merawat helm ini supaya tetap bersih. Setidaknya seminggu sekali, cuci bagian dalam helm dan keringkan di bawah sinar matahari supaya tidak ada bakteri dan keringat yang mengendap.

Modular Helmet

Tidak suka dengan helm full face yang berat? Ada helm modular yang bisa jadi alternatif. Hel ini bisa disebut sebagai helm semi full face. Bagian penutup mulut bisa diangkat jika merasa tidak diperlukan. Helm ini sangat praktis karena bisa digunakan baik untuk kegiatan touring jarak jauh atau untuk keperluan sehari-hari.

Helm modular seperti ini biasanya juga dilengkapi dengan pelindung mata khusus berupa kaca berwarna hitam. Meski kamu bisa mengganti-ganti mode helm sesuka hati, sebaiknya jangan ganti mode helm ketika sedang berkendara. Menepilah dulu untuk mengangkat atau menurunkan kaca helm agar tidak berisiko kecelakaan.

Cross Helmet

Terakhir ada cross helmet buat kamu yang suka dengan hobil motor trail yang menantang. Ciri khas dari helm ini adalah penutup bagian atas yang mirip topi dan pelindung bagian dagunya juga lebih panjang. Karena biasa digunakan pada trek yang menantang dan tidak mulus, keamanan menjadi faktor yang sangat diutamakan pada helm ini.

Meski dirancang khusus untuk kegiatan trail, bukan berarti helm cross tidak bisa digunakan di jalanan biasa. Kamu yang mengendarai motor trail di keseharianmu bisa melengkapi look berkendara dengan helm keren ini.

Fungsi Helm bagi Pengendara Motor

Melindungi Kepala dari Benturan

Siapa saja harus berhati-hati saat berkendara di jalan karena kecelakaan terjadi tanpa bisa diprediksi. Oleh karena itu, sangat penting untuk melindungi diri dari kejadian yang tidak diinginkan.

Helm terutama berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan. Jadi ketika pengendara terjatuh dari sepeda motor yang dikendarai, helm akan mencegah kepala terbentur benda keras seperti pohon, aspal, pembatas jalan, atau kendaraan lain. Maka dari itu, jangan pernah lupa memakai helm saat akan keluar rumah ya!

Melindungi Wajah dari Benda Asing

Angin yang bertiup saat kamu sedang mengendarai motor akan menerbangkan benda-benda seperti debu, kerikil halus, dan kotoran. Jika sampai masuk ke dalam mata, tentu akan mengganggu konsentrasi dalam berkendara. Meski benda tersebut kecil dan bahkan sangat lembut, namun bisa menyebabkan kejadian yang fatal.

Namun jika kamu mengenakan helm SNI yang dilengkapi dengan pelindung kaca di bagian depan, benda-benda kecil tersebut tidak akan bisa menyentuh wajah dan masuk ke mata. Jangan sampai hal-hal kecil seperti ini mengalihkan fokusmu selama di perjalanan, ya.

Melindungi Kepala dari Perubahan Cuaca

Berkendara pada cuaca ekstrem seperti panas terik atau hujan deras membuat siapa saja merasa tidak nyaman. Suhu yang panas di siang hari bisa menyebabkan pusing dan tidak nyaman. Demikian juga dengan hujan. Guyuran air langsung ke kepala bisa membuat kamu pening.

Untuk mencegah semua itu, pastikan kepala tetap terlindung dengan baik. Pakailah helm yang bisa mencegah perubahan cuaca mempengaruhi kamu secara langsung.

Rekomendasi Helm Arai agar Berkendara Semakin Aman dan Nyaman

Helm Arai RX7X Hayden SB Full Face

Masih ingat dengan mendiang juara dunia MotoGP Nicky Hayden? Helm Arai RX7X Hayden SB Full Face hadir dalam desain yang didedikasikan untuk sang Kentucky Kid. Helm dengan model full face ini dilengkapi fitur new X-tra Quick Release System sehingga bisa mengganti visor dengan cepat.

Sementara itu, IVS atau Integrated Ventilation System dengan saluran besar cekung ke dalam dapat meningkatkan sirkulasi udara di dalam helm. Fitur lain yang ditawarkan antara lain adalah DD Ring adjustable strap retention system, anti theft ring, dan 4 intake udara di bagian depan. Helm ini juga sudah memenuhi SNI.

Helm ini hadir dalam 3 ukuran berbeda yaitu M, L, dan XL yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Desainnya sendiri terinspirasi dari bendera Amerika, didominasi tiga warna yaitu biru, merah, dan putih.

Harga Rp. 9.000.000-15.000.000

Helm Arai RX 7X Pedrosa Gold

Kalau tadi Hayden, kini ada mantan rekan satu timnya di Repsol Honda yaitu Dani Pedrosa yang menjadi inspirasi helm ini.

Helm Arai RX 7X Pedrosa Gold hadir dengan perpaduan warna hitam dan emas yang keren dan maskulin.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh helm ini antara lain adalah visor flat, tali double D Ring, dan fungsi top dual. Helm dengan model full face ini bisa memberikan perlindungan sempurna saat berkendara.

Belum lagi motif samurainya yang keren, tentu membuat kamu semakin gaya saat sedang menaiki sepeda motor kesayanganmu.

Harga Rp. 8.500.000-13.000.000

Arai SNI Classic Mod Art Helm Half Face

Ini dia nih helm yang cocok buatmu si jiwa muda dan suka dengan gaya retro. Arai SNI Classic Mod Art Helm Half Face terbuat dari bahan fiber resin shell yang berstandar DOT dan SNI. Desainnya yang klasik membuatmu terlihat lebih modis.

Beberapa fitur unggulan yang ditawarkan antara lain adalah eco pure di bagian samping sehingga menjaga helm tetap dingin dan nyaman selama digunakan. Selain itu helm ini juga dilengkapi dengan Anti Bacterial dan D Ring Adjustable Strap Retention System.

Kamu juga bisa memilih untuk memasang kaca di bagian depan atau tidak, sesuai dengan kenyamananmu sendiri.

Harga Rp. 5.000.000-6.000.000

Helm Arai Classic Mod Rubber Black Open Face

Tidak bisa dipungkiri, gaya retro sekarang memang lagi hits di kalangan anak muda. Berkendara dengan vespa dan helm open face memberikan kesan klasik yang sangat keren. Itulah mengapa helm model open face seperti Helm Arai Classic Mod Rubber Black sangat diminati.

Helm buatan Jepang ini hadir dalam warna hitam yang keren dan modis. Tersedia dalam berbagai macam pilihan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Helm ini dilengkapi dengan spons lembut agar tetap nyaman saat dipakai. Selain itu pengancing pada strap juga menjamin keamanan selama mengendarai motor.

Harga Rp. 4.000.000-7.000.000

Helm Arai XD Diablo Original Full Face

Rekomendasi produk selanjutnya untukmu adalah Helm Arai XD Diablo Original Full Face. Helm dengan desain sporty ini dibekali dengan XQRS atau X-tra Quick Release System sehingga penggantian visor lebih mudah dan cepat. Sirkulasi udara di dalam helm juga dijamin lebih lancar dengan IVS (Integrated Ventilation System).

Fitur unggulan lain yang ada pada helm ini adalah anti theft ring pada strap, 4 intake udara di bagian depan, dan DD Ring adjustable strap retention system. Bagian sampingnya didesain agar selalu kering dan dingin. Helm tersedia dalam 5 ukuran yaitu XS, S, M, L, dan XL yang bisa disesuaikan dengan ukuran kepala.

Harga Rp. 7.000.000-11.000.000

Arai SNI RX7X Helm Full Face Aluminum Silver

Berikutnya ada rekomendasi dari Arai SNI RX7X Helm Full Face Aluminum Silver. Helm dengan desain yang sporty ini dilengkapi dengan saluran besar cekung ke dalam shell agar sikulasi udara di dalam helm menjadi lebih baik. Dengan chin cover, helm ini mampu memberikan perlindungan maksimal selama kamu berkendara.

Bagian visor sangat mudah untuk diangkat dan ditutup kembali. Fitur lain yang ditawarkan oleh helm ini adalah removable cheekpads, Emergency Release System, dan Eco Pure Lining di bagian samping helm yang dapat dilepas dan dicuci. Helm ini terbuat dari material PB-SNC2 Fibershell.

Harga Rp. 8.000.000-10.000.000

Arai SNI Sz Ram 4 Nakagami Half Face

Untuk penggunaan sehari-hari, helm model half face memang jauh lebih ringan dan nyaman. Seperti Arai SNI Sz Ram 4 Nakagami Half Face ini. Keunggulan dari produk ini adalah sistem pelapis interior yang seluruhnya terbuat dari bahan Eco Pure dan bisa dilepas untuk dibersihkan. Bagian samping helm dibuat agar selalu sejuk, dingin, dan kering.

Produk ini telah memenuhi standar DOT, Snell 2015, dan SNI. Tersedia dalam 3 pilihan ukuran yaitu M, L, dan XL. Perpaduan warna merah dan putih pada helm ini memberikan kesan macho dan keren pada pemakainya. Eits, cocok juga buat kaum hawa lho!

Harga Rp. 7.500.000-8.800.000

Helm Arai Classic MOD Bandage Half Face

Satu lagi rekomendasi helm retro buat kamu si anak muda kekinian. Helm Arai Classic MOD Bandage Half Face hadir dalam dua pilihan warna yakni bronze dan hitam. Helm ini terbuat dari bahan Fibre Complex Laminate yang sudah sesuai dengan standar SNI, DOT, dan JIS. Tidak hanya keren dari segi desain, helm ini juga dilengkapi dengan fitur eco pure supaya tetap kering dan dingin.

Nyaman dipakai berkendara jarak dekat atau jarak jauh sekali pun. Terdapat 4 macam pilihan ukuran helm yaitu S, M, L, dan XL. Helm half face seperti ini paling cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Harga Rp. 5.000.000-6.500.000

Arai SZ-Ram 4 Blast Helm Half Face

Arai SZ-Ram 4 Blast Helm Half Face adalah helm yang dirancang untuk keamanan dan kenyamanan penggunanya. Helm ini dilengkapi dengan pelapis interior berbahan eco pure yang bisa dilepas untuk dibersihkan. Desainnya telah memenuhi standar keamanan dari SNI, DOT, dan Snell 2015.

Tersedia dalam 2 pilihan warna keren yakni kuning dan merah. Selain itu, ukuran helm juga bisa disesuaikan dengan lingkar kepala. Tersedia ukuran S, M, L, dan XL. Desainnya yang sporty akan membuatmu tetap gaya di atas sepeda motor kesayangan.

Harga Rp. 7.000.000-7.500.000

Arai SNI Vector X Hutchinson TT Helm Full Face

Terakhir ada Arai SNI Vector X Hutchinson TT Helm Full Face. Helm dengan desain sporty ini dibekali serangkaian fitur unggulan untuk kenyamanan dan keamanan penggunanya.

Sirkulasi udara di dalam helm terjaga kelancarannya dengan IVS, yaitu saluran besar cekung di bagian dalam. Bagian samping helm didesain agar tetap kering dan dingin.

Helm ini sudah dilengkapi dengan logo SNI, jadi sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia. Fitur lain yang ditawarkan oleh helm keren ini antara lain adalah anti fog visor, sanitised dry-comfort fabric, DD Ring adjustable strap, serta anti theft system.

Harga Rp. 7.500.000-9.500.000
From our editorial team

Menjaga Kebersihan Helm Sangat Penting, Lho

Helm yang kamu pakai setiap hari untuk beraktivitas harus dijaga kebersihannya. Cuci helm setidaknya sebulan sekali, namun jika sering dipakai kamu harus mencucinya seminggu sekali. Jika helm bersih, maka kamu pun akan semakin nyaman memakainya. Kalau masih bingun mau beli helm apa, pilih saja dari rekomendasi BP-Guide di atas!