Anti Polusi dan Ramah Lingkungan dengan 10 Rekomendasi Motor Listrik Berkualitas Canggih dan Semakin Digemari (2018)

Anti Polusi dan Ramah Lingkungan dengan 10 Rekomendasi Motor Listrik Berkualitas Canggih dan Semakin Digemari (2018)

Motor sudah menjadi kebutuhan sebagian besar manusia. Apalagi bagi yang bekerja mobile dari satu tempat ke tempat lain dan kondisi jalanan yang serba macet. Kebutuhan motor pasti jadi hal yang prioritas. Nah, kali ini ada lho motor listrik yang ramah lingkungan tanpa polusi. Yuk, simak rekomendasinya dari BP-Guide!

Walaupun Belum Terlalu Populer, Motor Listrik Kini Memiliki Banyak Penggemarnya

Sumber gambar inatimes.co.id

Tak seperti motor dengan bahan bakar minyak pada umumnya, motor listrik memang masih memiliki peminat yang sedikit. Tapi justru keberadaan kendaraan satu ini patut didorong, karena terbukti bisa menghemat bahan bakar minyak dan pastinya ramah lingkungan.

Di Indonesia sendiri sudah ada yang menggunkan motor listrik, bahkan sampai kecepatan 60 km/jam. Bentuknya pun beragam, mulai dari motor sport, motor matic hingga menyerupai bajaj.

Kelebihan Motor Listrik yang Membuat Banyak Orang Mulai Meliriknya

Irit dan Bertenaga

Sumber gambar bisnis.com

Jika pada motor biasa membutuhkan 1 liter bahan bakar untuk berjalan sejauh 30 kilometer, pada motor listrik dibutuhkan 3kWh untuk berkendara sejauh 60 kilometer. Jadi dapat dihitung bahwa motor dengan bahan bakar minyak membutuhkan kurang lebih Rp 10.000-20.000 untuk 60 kilometer, sementara motor listrik hanya membutuhkan Rp 5.000 untuk jarak yang sama.

Dengan perhitungan seperti di atas maka bisa dibilang motor listri lebih irit biaya. Tak cuma itu perawatan motor listrik juga jauh lebih murah dan praktis. Anda tidak perlu mengganti oli atau part mesin karena tidak diperlukan. Biasanya baterai pada motor listrik juga hanya perlu diganti setiap empat tahun pemakaian normal.

Teknologi Fast Charging

Sumber gambar www.e-viar.com

Seiring dengan perkembangan teknologi kini motor listrik juga sudah dilengkapi dengan teknologi fast charging, yang membuat pengguna tak lagi perlu menunggu lama agar motor terisi penuh. Hal ini juga didukung dengan rencana dari PT. PLN sebagai penyelenggara listrik negara yang ingin mendorong kenaikan penggunaan kendaraan tenaga listrik. Mudah-mudahan dengan meningkatnya minat beli motor listrik, akan segara terwujud stasiun pengisian listrik di berbagai tempat di Indonesia.

Ramah Lingkungan

Sumber gambar tempo.co

Apabila Anda menggunakan bahan bakar minyak untuk motor maka kendaraan Anda akan menghasilkan emisi gas buang yang bisa berbahaya bagi lingkungan. Sementara pada motor listrik, tidak akan dihasilkan emisi gas buang. Untuk baterai sendiri yang harus diganti sudah dipastikan akan bisa didaur ulang asalkan Anda membuangnya secara benar.Tentu saja dengan banyaknya motor listrik akan membuat udara jauh lebih bersih dan segar.

Motor Listrik Terbaik di Dunia yang Sudah jadi Incaran Banyak Orang

Zero SR

Sumber gambar www.zeromotorcycles.com

Zero SR merupakan salah satu motor listrik dengan performa luar biasa. Motor ini bahkan bisa dipacu hingga 164 km/jam. Zero SR sendiri merupakan salah satu motor listrik populer asal pabrikan Amerika Serikat yang sudah masuk Indonesia sejak 2014 lalu.

Motor ini bahkan punya teknologi senyap sehingga Anda tidak akan mendengar suara bising saat mengendarainya. Ada juga tiga mode berkendara yakni eco yang akan memaksimalkan efisiensi listrik, lalu mode sport yang jauh lebih gahar dan boros baterai, serta custom yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Lightning LS-218

Sumber gambar electricmotorcycles.news

Lightning LS-218 diklaim sebagai salah satu motor listrik tercepat di dunia. Karena motor satu ini bisa mencapai kecepatan 96 km per jam hanya dalam waktu dua detik saja. Untuk kecepatan maksimal dari motor ini bahkan mampu mencapai 300 km per jam.

Tentu saja kekuatannya juga sangat gahar. Motor ini juga sudah dilengkapi dengan fast charging, yang bisa membuat baterainya penuh hanya dalam waktu 120 menit saja.

Untuk mendapatkan kualitas motor seperti ini Anda harus mau merogoh kocek dalam, karena motor keluaran pabrikan Lightning Motors Corp ini dibanderol harga sekitar Rp 517.000.000.

Alta Motors Redshift MX

Sumber gambar altamotors.co

Jika Anda adalah penggemar aktivitas berkendara offroad maka motor satu ini adalah pilihan tepat untuk Anda, yakni Alta Motors Redshift MX. Motor ini memang diperuntukan untuk menjajal baik jalanan maupun lintasan yang buruk sekalipun.

Kecepatan maksimalnya bisa mencapai 104 km/jam. Keunikan lain dari motor ini adalah beratnya yang termasuk ringan, sehingga cocok dijadikan motor trail untuk bergerak di antara halangan. Alta Motors Redshift MX ini dihargai sekitar Rp 199.300.000

Victory Empulse TT

Sumber gambar cycletrader.com

Victory Empulse TT merupakan tipe motor yang bisa Anda gunakan dalam aktivitas touring perjalanan panjang. Kecepatan maksimal motor ini mencapai 160 km/jam dan bisa dibawa hingga jarak 225 kilometer.

Torsi maksimal dari motor ini adalah 82 Nm dengan tenaga yang bisa mencapai 54 Hp. Dengan kekuatan yang cukup tangguh, rival dari Zero SR ini dibanderol dalam harga yang sedikit lebih murah yakni Rp 265.000.000.

Energica EGO

Sumber gambar www.energicamotor.com

Tak mau ketinggalan, aslah astu produsen motor sport Energica EGO juga turut merilis produk motor listrik dengan tenaga maksimal. Konon mesin dalam motor ini bisa mencapai tenaga maksimal 132.1 Hp dan mencapai kecepatan 240 km/jam.

Motor yang termasuk dalam kategori superbike ini memang fantastis karena bisa mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari tiga detik. Tertarik memilikinya? Motor ini dijual seharga Rp 465.000.000.

Brutus V9

Suka dengan motor besar? Kenapa tidak mencoba Brutus V9 yang merupakan motor listrik dengan gaya motor gede alias moge. Dengan bobot mencapai 355 kg, motor satu ini punya tenaga hingga 125 Hp dan bisa mencapai kecepatan maksimal 185 km / jam.

Dengan desain dan tenaga yang luar biasa, motor asal Amerika Serikat ini kemudian dihargai sekitar Rp 432.000.000.

Lito Sora

Jika motor listrik sebelumnya menawarkan kekuatan, Lito Sora menjual kenyamanan dan gaya modern. Motor listrik dari Signature Series ini memang punya desain yang sangat futuristik. Mampu mencapai kecepatan hingga 193 km/jam, motor ini sanggup berjalan hingga 297 km.

Untuk harganya, Lito Sora termasuk dalam jajaran motor termahal di dunia. Kenapa karena motor satu ini dihargai sekitar Rp 1 miliar. Masih tertarik dengan Lito Sora?

Apworks Light Rider

Sumber gambar www.theverge.com

AP Works merupakan salah satu anak perusahaan Airbus, perusahaan yang dikenal dengan produksi pesawatnya. APWorks sendiri memiliki produksi motor listrik dengan bobot yang sangat ringan yakni hanya 40 kilogram. Motor yang dinamai Light Rider ini ibuat dengan printer tiga dimensi.

Bentuknya juga sekilas tampak sederhana, namun tetap saja motor ini cukup tangguh. Mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 80 km/jam dan bisa dibawa berkendara hingga 60 kilometer. Light Rider dijual seharga Rp 764.000.000.

Zero MMX

Sumber gambar www.totalmotorcycle.com

Satu lagi produksi motor listrik dari Zero Motors yakni Zero MMX yang termasuk jenis motor trail. Uniknya, motor satu ini dibuat atas permintaan pihak militer AS, karena dianggap tangguh dalam lintasan yang kurang mulus, seperti berbatu atau penuh pasir.

Zero MMX juga didesain agar anti-air jadi bisa terus bergerak meskipun terendam air. Motor ini juga memiliki mesin yang senyap jadi sangat pas jika digunakan dalam proses pengintaian. Saking spesialnya motor ini tidak ada catatan mengenai berapa sebenarnya harga motor ini di pasaran.

Saietta NGS

Sumber gambar insideevs.com

Pabrikan sepeda motor asal Inggris, Saietta tak ingin ketinggalan tren motor listrik, sehingga kemudian merilis Saietta NGS atau Next Generation Saietta. Motor dengan tenaga 200 Hp ini memang belum diproduksi secara masal namun tetap saja motor ramah lingkungan ini menarik untuk ditengok. Harga dari Saietta NGS ini kira-kira berkisar Rp 884.000.000.

From our editorial team

Motor Listrik yang Ramah Lingkungan

Nah, keunggulan yang nggak dimiliki dengan motor lainnya adalah ramah lingkungan. Yap, motor listrik punya kelebihan ini dan sedikitnya kita menjadi manusia yang tidak menyumbangkan polusi ke atmosfer ini. Tentu ini jadi upaya yang sudah seharusnya kita lakukan sebagai penduduk bumi, kan?