10 Motor Tercepat yang Pas untuk Penyuka Balapan

10 Motor Tercepat yang Pas untuk Penyuka Balapan

Kamu suka tantangan, adrenaline tinggi dan kecepatan? Berikut ada 10 motor tercepat yang kecepatannya jauh melebihi motor lainnya. Ingin tahu apa saja? Simak di bawah ini, yah.

Motor Tercepat di Dunia Adalah Impian Semua Pemotor di Dunia

Motor kini bukan hanya alat transportasi saja. Motor telah menjadi bagian dari hobi yang melahirkan para pecinta motor. Bagi mereka yang mengaku pecinta motor pasti ingin memiliki motor berkecepatan tinggi yang berbeda dengan motor pada umumnya.

Motor sport adalah jenis motor yang bisa dipacu dengan kecepatan tinggi. Memiliki desain aerodinamis agar motor dapat melaju dengan kencang dan ringan serta dilengkapi mesin yang berkapasitas lebih besar dari mesin motor biasa. Pabrikan motor dari berbagai negara menyediakan motor model sport secara khusus bagi pecinta motor yang suka memacu tunggangannya.

Fakta Motor Tercepat di Dunia

Ada yang Melebihi Kecepatan Bugatti

Bugatti Chiron dari Perancis mengklaim mobil buatannya sebagai mobil tercepat di dunia karena bisa melaju 0-100 km/jam dalam waktu 2,5 detik saja. Namun posisi tersebut segera direbut oleh motor roda tiga yang dibuat Francois Gissy. Motor ini bisa melaju dengan kecepatan 0-100 km/jam hanya dalam waktu 0,55 detik.

Desain motor Gissy ini mirip roket di bagian tengahnya. Kecepatan terbaik yang pernah dibukukan oleh Gissy adalah 333 km/jam dalam waktu 4,8 detik pada tahun 2014. Dengan catatan ini, mobil buatan Gissy telah mengalahkan kecapatan Ferrari F430 Scuderia.

Menggunakan Mesin Super Canggih

Teknologi dalam dunia motor terus dikembangkan untuk menghasilkan motor yang tidak hanya cepat tetapi juga modern. Bukan pada sektor mesin saja, motor di masa modern ini telah dilengkapi berbagai fitur canggih. Pertama adalah speedometer digital. Teknologi speedometer humanis kini diterapkan pada motor-motor modern untuk memberikan privasi pada pengendara motor.

Kedua adalah Mud Guard, yaitu perlindungan terhadap cipratan air dan lumpur. Mud Guard ini bisa dilepas pasang sesuai dengan kebutuhan pengendara. Yang ketiga adalah USB charger. Mengisi daya baterai kini tidak hanya bisa dilakukan di dalam mobil tetapi juga saat mengendarai motor. Anda tidak perlu bingung saat harus menggunakan GPS di jalan sementara daya baterai rendah.

Tidak Bisa Dikendarai Sembarang Orang

Rasanya sangat jarang orang yang tidak bisa mengendarai motor. Namun bagi pecinta motor, mengendarai motor bukan hanya soal transportasi saja. Mereka menginginkan motor yang paling canggih, cepat, dan dilengkapi dengan fitur yang modern.

Keberadaan para pecinta motor terus mamcu pabrikan kendaraan motor untuk meningkatkan kualitas motor mereka, termasuk memproduksi motor dengan kecepatan luar biasa. Motor ini bukan motor modifikasi, tetapi motor standar buatan pabrik yang diproduksi secara terbatas. Jadi, tidak semua orang bisa memilikinya.

10 Motor Tercepat di Dunia yang Bikin Kamu Tidak Percaya Melihatnya

Yamaha YZF R1 - 168 mph (270 km/h)

Sumber gambar www.tahupedia.com

Yamaha YZF R1 - 168 mph (270 km/h) yang diluncurkan pada tahun 2017 dinobatkan menjadi motor tercepat nomor 10 di dunia. Dengan kapasitas mesin mencapai 998 cc, motor ini dianggap memiliki DNA MotoGP yang bisa dipacu hingga 270 km/jam.

Mesin motor mampu menghasilkan tenaga maksimum 200 @13.500 RPM. Motor didesain secra aerodinamis dengan teknologi mutakhir agar ringan saat dipacu. Motor sport Yamaha ini membukukan catatan yang mengesankan, yaitu dapat mencapai kecepatan 0-97 km/jam dalam waktu 2,96 detik dan 0-161 km/jam dalam waktu 5.93 detik.

Aprilia RSV 1000R Mille - 175 mph (281 km/h)

Sumber gambar www.tahupedia.com

Aprilia adalah anak perusahaan dari pabrikan motor asal Italia, Piaggio. Jika Piaggio telah dikenal dengan produksi motor vesap klasiknya, Aprilia lebih fokus pada produksi motor sport. Motor tipe Aprilia RSV 1000R Mille - 175 mph (281 km/h) menjadi salah satu motor tercepat di dunia karena dapat dipacu dengan kecepatan 281 km.jam, lebih cepat dari Yamaha YZF R1. Dibekali mesin 998 cc V-twin engine, motor ini mampu memproduksi 141,3 tenaga kuda pada 10.000 RPM.

Honda CBR1100XX Super Blackbird - 178 mph (287 km/h)

Sumber gambar www.tahupedia.com

Satu lagi motor yang kecepatannya melebih Yamaha YZF R1, yaitu motor Honda seri CBR1100XX Super Blackbird - 178 mph (287 km/h). Sama-sama berasal dari Jepang, motor buatan Honda diklaim lebih baik dari YZF R1 dengan kapasitas mesin 1137 CC, 4 silinder in line, dan 6 percepatan.

Nama Super Blackbird sendiri diambil dari nama salah satu pesawat tercepat di dunia, Lockheed SR-71 Blackbird. Motor ini mampu bersaing dengan Kawasaki Ninja.

BMW K 1200S - 183 mph (295 km/h)

Sumber gambar www.tahupedia.com

Produk BMW bukan hanya mobil mewah saja, tetapi juga motor dengan kecepatan super. BMW K 1200S - 183 mph (295 km/h) tidak meninggalkan ciri elegan khas BMW dengan kecepatan luar biasa yang tidak perlu diragukan. Dibekali dengan mesin 1157 CC, 16 valve dan 4 silinder, motor ini mampu dipacu hingga kecepatan 295 km/jam. Untuk mengimbangi lajunya, motor dilengkapi dengan sistem pengereman yang mumpuni.

MV Agusta F4 1000R - 185 mph (298 km/h)

Sumber gambar www.tahupedia.com

Selain Aprilia, Italia punya produsen motor sport lain yaitu MV Augusta. Berdiri sejak tahu 1945, pabrikan motor ini telah dikenal dengan produk motor super cepat di dunia. MV Agusta F4 1000R - 185 mph (298 km/h) adalah salah satu jenis yang diproduksi secara terbatas, mampu dipacu hingga kecepatan 298 km/jam. Laju motor yang luar biasa cepat ini didukung oleh mesin berkapasitas 998 CC dan 4 silinder.

Suzuki Hayabusa - 194 mph (312 km/h)

Sumber gambar www.tahupedia.com

Jepang memang tempatnya pabrikan motor tercepat di dunia. Melebihi Yamaha dan Honda, Suzuki Hayabusa menempat peringkat keempat sebagai motor tercepat di dunia pada tahun 2017. Nama Hayabusa diambil dari jenis burung Falcon yang mampu terbang dengan kecepatan 326 km/jam.

Sementara Suzuki Hayabusa dapat berlar hingga 312 km/jam dengan mesin 1340 CC, 4 silinder 16 valve. Faktor kecepatan bukan menjadi satu-satunya hal yang membuat Hayabusa mendapat respon yang positif. Suzuki Hayabusa dapat memberikan kenyamanan, kehandalan, dan hemat bahan bakan sekaligus.

MTT Turbine Superbike Y2K - 227 mph (365km/h)

Sumber gambar www.tahupedia.com

Jika Anda bukan pecinta motor, mungkin asing dengan nama Marine Turbine Techonolgies. Pabrikan asal Los Angeles, Amerika Serikat ini lebih dikenal dengan nama Y2K Superbike. Motor yang mereka produksi, yaitu MTT Turbine Superbike Y2K - 227 mph (365km/h) berhasil masuk ke Buku Rekor Dunia Guinness sebagai salah satu motor tercepat yang pernah ada. Kecepatan maksimum yang mampu dihasilkan motor ini mencapai 365 km/jam.

Kawasaki Ninja H2R - 249 mph (400 km/h)

Sumber gambar www.tahupedia.com

Kawasaki terkenal dengan motor Ninja yang mampu dipacu dengan kecepatan tinggi. Setelah banyak saingan Ninja bermunculan, Kawasaki kembali mengembangkan Ninja seri baru, yaitu Kawasaki Ninja H2R. Dibekali dengan mesin 998 CC supercharger DOHC dengan 4 silinder in line, motor ini dapat melaju hingga 400 km/jam. Dengan demikian, Ninja H2R adalah salah satu motor tercepat dan terkuat.

Dodge Tomahawk - 420 mph (675 km/h)

Sumber gambar www.tahupedia.com

Dodge Tomahawk adalah motor tercepat nomor 1 di dunia. Motor yang disebut sebagai "motor gila" karena desainnya yang tidak lazim ini dapat melaju hingga 576 km jam. Adalah pabrikan asal Amerika, Dodge, yang membuat motor ini. Mesin yang digunakan adalah V-10 SRT 10 dari mobil Dodge Viper. Namun motor ini hanya memiliki 2 percepatan saja, bukan 6 seperti motor sport pada umumnya. Motor ini diproduksi secara terbatas dan hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja.

From our editorial team

Melaju Cepat dengan Motor Tercepat di Dunia

Kendaraan yang disebutkan BP-Guide di atas adalah motor terbaik dan tercepat di kelasnya. Bahkan ada beberapa motor yang diproduksi hanya sedikit, loh. Nah, apakah ada motor yang kamu gunakan dan ada di atas atau di daftar tersebut? Atau malah kamu ingin mencari satu produk yang tertera di atas.