Musim Hujan Tiba, Inilah 9 Rekomendasi Jas Hujan ASV yang Wajib Dimiliki Pengendara Motor (2020)

Musim Hujan Tiba, Inilah 9 Rekomendasi Jas Hujan ASV yang Wajib Dimiliki Pengendara Motor (2020)

Memasuki musim hujan, para pengendara motor harus benar-benar waspada mempersiapkan perlengkapannya termasuk selalu membawa jas hujan. Jas hujan berkualitas adalah pilihan paling penting, maka dari itu BP-Guide merekomendasikan berbagai jas hujan ASV untuk melindungimu dari air hujan. Cek dulu, yuk!

Banyak Persiapan bagi Pengendara Sepeda Motor saat Musim Hujan Tiba

Memasuki musim peralihan dari kemarau ke penghujan, para pengendara motor wajib mempersiapkan diri dan kondisi kendaraan demi menghadapi perubahan cuaca yang terjadi sewaktu-waktu.

Musim penghujan bisa menjadi kendala dan halangan bagi Anda yang bekerja, sekolah, maupun beraktivitas menggunakan sepeda motor. Mulai dari jalanan yang licin, jarak pandang yang terganggu, hingga genangan yang berubah menjadi banjir.

Jangan sampai perubahan cuaca mengganggu rutinitas Anda. Sebaiknya perhatikan kesehatan diri sendiri, kesiapan kendaraan, serta pakaian selama musim hujan, sehingga Anda tetap sehat dan nyaman selama berkendara.

Pastikan Membawa Perlengkapan Ini sebelum Memulai Perjalanan dengan Sepeda Motor

Busi Cadangan

Sumber gambar https://www.blibli.com

Terjangan hujan bisa membuat busi lebih cepat mati saat terkena air. Tidak hanya terkena air hujan saja, permasalahan busi ternyata bisa terjadi karena busi yang aus, kotor, hingga mati total. Apabila busi terganggu, motor bisa tiba-tiba mogok.

Tak ingin motor tiba-tiba mati saat perjalanan, Anda harus membawa busi cadangan di dalam bagasi motor maupun tas Anda. Bbusi cadangan ini bisa mengantisipasi kejadian motor macet akibat sistem perapiannya yang terganggu. Jangan lupa bawa kunci busi juga, ya!

Sepatu Bot

Dengan intensitas curah hujan yang tinggi, badan jalan akan tergenang dengan air. Agar kaki tetap kering dan terjaga dari partikel maupun serangga yang hanyut bersama dengan genangan air hujan, Anda perlu mengenakan sepatu karet. Sepatu karet yang menutup mata kaki lebih direkomendasikan, ketimbang sandal jepit yang terbuka.

Sepatu boot merupakan salah satu sepatu karet yang dianjurkan untuk Anda yang harus berkendara dengan motor selama musim hujan. Alasannya adalah kemampuannya yang bisa melindungi kaki hingga celana dari genangan air hingga kerikil dan serangga yang terbawa air hujan. Tak boleh sembarang pilih, sepatu boot yang ringan dan mudah dipakai menjadi opsi terbaik selama musim hujan ini.

Jas Hujan

Untuk melindungi tubuh Anda dari cipratan air hujan, jas hujan menjadi salah satu perlengkapan esensial yang wajib dibawa oleh pengendara motor selama musim hujan. Sudah punya jas hujan di dalam bagasi motor? Jangan lupa cek kondisinya. Apabila sudah usang dan rusak, Anda wajib membeli yang baru.

Pastikan Anda sudah memilih model jas hujan yang nyaman dan aman saat dipakan untuk berkendara dengan sepeda motor. Jas hujan set atasan dan bawahan lebih direkomendasikan untuk pengendara motor. Jas hujan kelelawar rentan tersangkut pada bagian motor yang berakibat pada kecelakaan fatal. Jas hujan model set tunggal akan memberikan keleluasaan bagi pengendara motor selama berkendara di bawah rintik hujan.

Ada juga model jas hujan tandem yang bisa dipakai untuk dua orang. Model ini juga tidak direkomendasikan karena pengendara akan mengalami kesulitan dalam mengendalikan motor dan bisa jadi berakhir pada kecelakaan. Lebih baik bawa dua set jas hujan saja, ketimbang harus mengenakan model tadnem ini ya!

Mengenal Material yang Sering Dipakai untuk Membuat Jas Hujan

Bahan Plastik

Dalam keadaan darurat dan mendesak, jas hujan berbahan plastik bisa menjadi pilihan yang cukup menarik untuk Anda. Jas hujan berbahan plastik punya bobot yang sangat ringan dan praktis saat dikenakan.

Sayangnya bahan plastik yang digunakan pada jas hujan tidak mampu bertahan lama. Dalam satu hingga lima kali pakai saja, jas hujan ini bisa sobek bahkan rusak total. Tak heran karena jas hujan plastik memang dibuat untuk pemakaian jangka pendek saja.

Apabila Anda menginginkan jas hujan plastik yang bisa bertahan cukup lama, pilihlah yang berbahan plastik mika. Dengan karakteristik bahan yang kuat, tebal dan agak transparan, jas hujan plastik tersebut bisa dipakai beberapa kali selama musim hujan.

Bahan PVC

PVC atau polymer of vinyl chloride merupakan salah satu bahan yang biasa dipakai sebagai pembuat jas hujan. Karakteristik bahan PVC sangat pas untuk jas hujan karena memiliki bobot yang ringan, tak terlalu tebal, dan sejuk saat dipakai. Bahan tersebut masih mengandung plastik namun diklaim lebih kuat dan berkarakteristik seperti kain.

Wajib diperhatikan, bahan PVC yang digunakan pada jas hujan ternyata punya kelemahan. Karena tidak terlalu tebal, bahan ini bisa dibilang lebih mudah sobek, terutama saat tersangkut sesuatu. Jas hujan PVC memerlukan perhatian yang lebih dari Anda, baik saat dikenakan maupun tidak. Beberapa merek jas hujan yang menggunakan PVC sebagai bahan utamanya adalah Tiger, Indoplast, dan Gajah.

Bahan Parasut

Apabila dibandingkan dengan bahan PVC, jas hujan berbahan parasut balon ternyata lebih tahan terhadap air. Kelebihan lain yang dimiliki jas hujan parasut ialah sifatnya yang ringan dan bertekstur halus.

Parasut termasuk dalam bahan yang cukup tebal. Menguntungkan namun juga merugikan karena Anda akan butuh banyak tempat untuk menyimpan jas hujan ini. Taslan termasuk dalam jenis bahan parasut. Bahan parasut taslan dibuat dari serat sintetis berkualitas tinggi, sehinga terdapat bagian anti air dan kuat untuk menahan angin serta menghalau suhu udara yang dingin.

Mengingat kelebihannya tersebut, taslan kerap digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan pakaian outdorr, salah satunya ialah jas hujan.

Bahan Nilon

Indonesia terkenal sebagai negara yang beriklim tropis, sehingga bahan jas hujan yang cukup direkomendasikan adalah nilon campuran. Jas hujan yang dibuat dari bahan nilon campuran biasanya dilengkapi dengan pelapis di dalamnya.

Keberadaan kain pelapis di sana akan membuat Anda tetap merasa sejuk selama mengenakan jas hujan tersebut. Dibuat dengan kombinasi teknik jahit dan pressing, jas hujan nilon campuran terasa nyaman saat dikenakan karena di bagian jahitannya terasa lembab.

Bahan Karet

Di pasaran sudah banyak dijual jas hujan berbahan karet, baik yang full karet maupun semi karet. Kedua bahan ini punya karakteristik, kelebihan, dan kelemahannya masing-masing.

Jas hujan berbahan full karet sangat baik dalam melindungi tubuh Anda dari cipratan air hujan. Bersifat elastis, bahan ini ternyata membuat jas hujan lebih tahan lama dan tidak mudah sobek. Sayangnya bahan tersebut juga cenderung tebal dan berat, sehingga Anda bisa jadi kepanasaan saat mengenakannya.

Sementara jas hujan berbahan semi karet punya karakteristik yang jauh lebih tipis dan tidak terlalu tebal, jika dibandingkan dengan yang berbahan full karet. Meski demikian, jas hujan ini masih terasa panas saat dikenakan. Tidak hanya itu saja, bahan semi karet juga akan kehilangan kelenturannya dan mudah sobek, jika dipakai dalam jangka panjang.

Rekomendasi Jas Hujan ASV yang Cocok Kita Gunakan saat Musim Penghujan saat Ini

Jas Hujan ASV Versi 1 Karet PVC Full Rubber Tebal Sistem Press Original

Jas Hujan ASV Versi 1 Karet PVC Full Rubber Tebal Sistem Press Original merupakan produk jas hujan impor original yang berkualitas. Terdiri dari jaket, celana, dan tas, paket jas hujan ini sangat direkomendasikan karena terbuat dari bahan karet sintetis yang tebal dan kedap air.

Bahan tersebut diklaim sangat lentur dan tidak mudah sobek. Proses pembuatan Jas Hujan ASV Versi 1 Karet PVC Full Rubber Tebal Sistem Press Original menggunakan teknik press, sehingga Anda tak perlu meragukan ketahanannya.

Didesan secara khusus, Anda akan menemukan retsleting sealed within yang mencegah rembesan air hujan pada area dada. Sementara pada bagian celana, terdapat kain jaring di area pinggang yang berfungsi sebagai ventilasi untuk melancarkan sirkulasi udara.

Harga Rp. 170.000-271.000

ASV Karet PVC Rubber Setelan Jas Hujan

Bisa dikenakan oleh pria maupun wanita, ASV Karet PVC Rubber Setelan Jas Hujan menjadi rekomendasi jas hujan ASV yang kedua. Model jas hujan impor tersebut sangat elegan. Material karet full digunakan untuk membuat ASV Karet PVC Rubber Setelan Jas Hujan. Karakteristik bahan ini sangat lentur dan tidak mudah sobek.

Banyak keunggulan yang akan Anda dapatkan saat memilih ASV Karet PVC Rubber Setelan Jas Hujan. Dibuat dengan teknik full press, jas hujan tersebut dijamin anti rembes. Di bagian dada terdapat bukaan berupa retsleting dan kancing yang didesain secara khusus. Bahan kain jaring digunakan pada area pinggang celana, supaya sirkulasi udara selama Anda mengenakannya tetap lancar.

Harga Rp. 209.000-346.000

ASV Jas Hujan Carbon Type 4

ASV Jas Hujan Carbon Type 4 dibuat ke dalam model jas hujan jaket dan celana. Menggunakan bahan PVC karet ringan dan kuat, jas hujan tersebut dijamin tahan terhadap guyuran hujan yang deras.

Dalam rangka memberikan perlindungan secara maksimal bagi penggunanya, ASV Jas Hujan Carbon Type 4 menggunakan teknik sambungan sistem press yang terkenal kuat dan tahan lama. Air hujan tak akan mudah masuk ke dalam karena terdapat kancing di bagian leher serta kerutan di pergelangan tangan.

Untuk akses lepas dan pakainya, ASV Jas Hujan Carbon Type 4 menggunakan retsleting khusus yang anti rembesan air. Di jaket bagian dalam, Anda akan menemukan saku fungsional. Jas hujan tersebut juga sudah dilengkapi dengan reflektor berupa scotlight yang akan terlihat saat kondisi gelap.

Harga Rp. 109.900-119.990

Jas Hujan ASV Kantung Type 02

Jas hujan dengan model setelan jaket dan celana memang lebih direkomendasikan ketimbang model kelelawar. Salah satu rekomendasinya adalah Jas Hujan ASV Kantung Type 02. Dibuat ke dalam model setelan jaket dan celana, jas hujan tersebut akan memudahkan gerak Anda selama berkendara.

Menggunakan karet elastis dan tebal, bahan baku Jas Hujan ASV Kantung Type 02 dijamin tahan terhadap air hujan. Tidak merembes, bagian sambungan jas hujan dibuat dengan teknik press yang kuat.

Beberapa fitur tambahan yang dimiliki jas hujan tersebut adalah saku, kain furing den ventilasi udara pada bagian belakang, dan retsleting yang ditutup kancing.

Harga Rp. 180.000-315.000

Jas Hujan ASV New Motif Carbon (PVC)

Jas Hujan ASV New Motif Carbon (PVC) sudah terbukti tangguh dan terjamin kualitasnya. Tersedia dalam satu ukuran, jas hujan tersebut dibuat dari bahan PVC yang lentur, kuat, dan tidak mudah sobek.

PVC merupakan bahan jas hujan yang terkenal karena ringan dan tidak terlalu tebal. Biasanya bahan tersebut dipakai pada jas hujan kelas bawah hingga menengah karena harganya yang cukup terjangkau.

Terdapat fitur tambahan lain yang dimiliki oleh Jas Hujan ASV New Motif Carbon (PVC). Di bagian jaket terdapat satu kantong. Untuk menjaga supaya pengguna tetap merasa nyaman saat duduk, ukuran celana pada setelan ini dibuat lebih besar di area bokong.

Meski diklaim kuat dan tak mudah sobek, Anda wajib memperhatikan jas hujan PVC tersebut, agar tak tersangkut sesuatu karena bisa jadi sobek atau rusak. Karena tak terlalu tebal, jas hujan berbahan PVC mudah dibawa dan ditaruh di mana saja.

Harga Rp. 85.000-235.000

Jas Hujan ASV 3 Bahan Parasut

Anda bisa menemukan Jas Hujan ASV 3 Bahan Parasut di toko daring ternama. Jas hujan berbahan parasut tersebut dijamin ringan dan tidak panas saat digunakan. Sangat mumpuni saat dipakai untuk berkendara selama hujan, kegiatan outdoor atau hangout bersama dengan teman.

Harga Rp. 185.000-192.500

Jas Hujan Setelan ASV GMA

Untuk menemani aktivitas sehari-hari selama musim hujan, Jas Hujan Setelan ASV GMA menjadi salah satu opsi terbaik untuk para pengguna motor. Desain yang menarik dengan sambungan teknik jahit press membuat jas hukan tersebut sangat nyaman saat dipakai dan tak mudah rusak.

Jas Hujan Setelan ASV GMA diklaim anti bocor dan tidak bau. Selama Anda merawatnya dengan benar, jas hujan ini dijamin awet dan tahan lama. Setelah sampai tujuan, jas hujan yang basah wajib Anda bersihkan dengan lap dan keringkan.

Bukan di bawah sinar matahari langsung, cukup diangin-anginkan saja. Proses penjemuran jas hujan di bawah matahari bisa membuat bahannya cepat rusak. Setelah kering, lipatlah dengan baik dan rapi!

Perlindungan maksimal dari hujan akan Anda dapatkan dari jas hujan setelan yang satu ini. Terbuat dari material kedap air, jas hukan tersebut juga dilengkapi dengan pergelangan tangan karet yang mencegah air masuk ke dalamnya.

Harga Rp. 96.500-145.500

ASV Jas Hujan Parasut Taslan (Model Axio)

ASV Jas Hujan Parasut Taslan (Model Axio) merupakan jas hujan berbahan parasut taslan berkualitas tinggi. Memiliki tekstur yang halus dan bobot ringan, jas hujan tersebut menjadi salah satu rekomendasi menarik untuk musim penghujan tahun ini.

Anda tak perlu takut kepanasan karena ASV Jas Hujan Parasut Taslan (Model Axio) dilengkapi dengan dua lapisan, yaitu furing yang dingin di dalam dan taslan tebal yang tahan terhadap air dan angin di bagian luarnya. Dengan sifat bahan tersebut, jas hujan yang satu ini mudah dilipat dan mengikuti bentuk tubuh saat dikenakan.

Terdapat fitur tambahan yang akan memberikan perlidungan maksimal bagi pengguna ASV Jas Hujan Parasut Taslan (Model Axio). Sebagai penyimpanan, jas hujan ini punya kantong luar dan dalam. Supaya air tak merembes hingga ke dalam pakaian Anda, jas hujan ASV tersebut menggunakan sistem jahit dobel atau sealed hotpress.

Harga Rp. 195.000-236.300

Jas Hujan Stelan ASV Tipe 03 Bahan Parasut

Rekomendasi jas hujan bermaterial parasut yang terakhir adalah Jas Hujan Stelan ASV Tipe 03. Meskipun cukup tebal saat dilipat dan disimpan, jas hujan parasut tersebut tetap terasa nyaman saat dikenakan. Ada tiga pilihan warna yang tersedia yaitu hitam, biru, dan merah.

Harga Rp. 183.000-394.000
From our editorial team

Selalu Siapkan Jas Hujan sebelum Berkendara, Ya

Jas hujan menjadi komponen utama yang harus dipersiapkan jika Anda hendak bepergian menggunakan kendaraan roda dua. Apalagi di musim penghujan, kebutuhan jas hujan sangatlah tinggi karena hujan seringkali turun tanpa diprediksi. Jadi, mulai sekarang mari siapkan jas hujan sebelum Anda bepergian menggunakan motor, ya.

Tag