10 Rekomendasi Sikat Gigi Khusus Behel yang Aman (2022)

10 Rekomendasi Sikat Gigi Khusus Behel yang Aman (2022)

Saat mengenakan behel, Anda harus sangat berhati-hati dalam merawatnya. Termasuk saat menggosok gigi. Tapi tidak perlu khawatir, dalam artikel ini BP-Guide akan memberikan rekomendasi sikat gigi khusus behel yang aman digunakan. Yuk, segera simak deretan produknya!

Sikat Gigi Khusus Behel Bisa Membersihkan Secara Lebih Maksimal

Kawat gigi atau behel membuat makanan jadi lebih mudah tersangkut. Sisa makanan yang tidak dibersihkan sampai tuntas berpotensi menjadi plak, karang gigi, dan kemudian menyebabkan gigi menjadi busuk hingga infeksi. Mudahnya makanan menempel di gigi pengguna behel membuat risiko gigi berlubang jadi lebih tinggi.

Apabila sisa makanan dan bakteri mengeras sehingga terbentuk karang gigi, proses pergerakan gigi yang diharapkan pun akan jadi terhambat. Oleh karena itu, pengguna behel pun harus selalu menjaga kebersihan gigi dan mulutnya secara lebih maksimal.

Agar pengguna behel dapat membersihkan gigi secara efektif, maka hadirlah sikat gigi khusus behel yang dirancang dapat membersihkan celah kawat gigi hingga bagian belakang. Sikat gigi ini pada umumnya memiliki ciri bulu yang halus dengan model V-cut, serta kepala sikat yang kecil.

Sikat gigi behel ini pun hadir dengan berbagai jenis. Mulai dari sikat gigi biasa khusus behel atau orthodontic brush, hingga produk jenis interdental brush dengan kepala yang lebih kecil untuk menyikat sela-sela kawat. Jadi, Anda pun bisa lebih leluasa memilih sikat khusus behel sesuai dengan kebutuhan.

Tips Merawat Gigi Bagi Pemakai Behel

Rajin Flossing Dengan Benang Gigi

Sebenarnya flossing bukan hanya untuk pengguna behel, namun pengguna sisa makanan yang mudah tersangkut akan membuat pengguna behel perlu lebih ekstra dalam membersihkan gigi. Flossing dengan benang gigi atau dental floss ini dapat dilakukan setelah menyikat gigi. Kegiatan membersihkan sela-sela gigi ini membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit.

Jika menggunakan dental floss ini, pastikan benang yang digunakan memiliki panjang sekitar 50 cm. Lilitkan benang pada telunjuk agar mempermudah Anda. Anda dapat melakukan flossing di depan cermin agar lebih mudah mendapatkan visualnya.

Pada pengguna behel, mulailah dengan memasukkan benang di antara gigi dan kawat. Tekan benang secara perlahan ke dalam sela gigi dengan gerakan naik turun. Jika sudah, keluarkan benang dan lanjut ke gigi berikutnya.

Hindari Konsumsi Makanan Lengket

Pengguna behel sebaiknya menghindari makan makanan yang bersifat lengket seperti permen karet, dodol, dan sebagainya. Makanan ini akan sangat mudah menempel di sela-sela gigi dan behel, dan akan lebih sulit untuk dilepaskan.

Terlebih jika Anda sedang nongkrong dan tidak membawa sikat gigi. Maka Anda akan kerepotan dalam membersihkan makanan yang lengket ini, karena tidak bisa terangkat hanya dengan berkumur-kumur atau mengandalkan lidah.

Rutin Periksakan Gigi ke Dokter

Sudah menjadi kewajiban bagi pengguna kawat gigi untuk rutin memeriksakan giginya ke dokter gigi atau ortodontis. Hal ini dilakukan untuk memeriksa pergerakan behel dan memastikan apakah pergerakan gigi sesuai dengan rencana.

Mengganti kawat ataupun karet juga dilakukan agar behel jadi lebih higienis. Jadwal kontrol behel ini pun berbeda-beda pada setiap orang, umumnya dilakukan 1-3 bulan sekali sesuai yang disarankan oleh dokter gigi atau ortodontis.

Hindari Makanan Keras

Saat memakai behel, Anda bisa saja akan kesulitan menggigit makanan keras, terlebih saat setelah kontrol karena akan terasa ngilu. Makanan keras seperti kacang, kerupuk, dan semacamnya pun dapat membuat bracket menjadi lepas.

Jika bracket behel Anda lepas, Anda harus memasangnya kembali, dan ini akan mengharuskan Anda ke dokter gigi atau ortodontis di luar jadwal kontrol rutin. Pemasangan bracket yang lepas juga membuat Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Kumur Dengan Obat Kumur

Anda disarankan untuk berkumur obat kumur antiseptik. Berkumurlah selama kurang lebih 30 detik saja. Obat kumur antiseptik dapat membantu membunuh kuman, dan menghilangkan sisa makanan yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

Gigi dan rongga mulut pun jadi lebih bersih maksimal setelah berkumur dengan obat kumur atau mouthwash. Nafas Anda pun jadi lebih segar dalam waktu yang lebih lama setelah berkumur-kumur dengan obat kumur.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Sikat Gigi Khusus Behel

Jenis Sikat Gigi

Ada beberapa macam sikat gigi yang diperuntukkan bagi pengguna behel. Ada sikat gigi konvensional dengan bulu sikat yang halus untuk membersihkan permukaan gigi. Sikat gigi ini dirancang dengan model V-cut, yaitu bulu pada bagian tengah yang lebih rendah dibanding bagian tepinya.

Selain bulunya, bentuk kepala sikat gigi behel juga didesain dengan ujung yang mengecil sehingga dapat menjangkau gigi bagian belakang. Bentuk kepala yang lebih kecil ini disebut dengan model tuft brush.

Ada lagi sikat gigi interdental, yang bisa Anda jadikan sebagai pelengkap untuk membersihkan gigi Anda. Interdental brush ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan sikat gigi konvensional. Ukurannya yang kecil dengan bulu yang halus dapat membersihkan sisa makanan yang terselip sela-sela kawat gigi dan bracket.

Bentuk Gagang

Anda juga perlu menyesuaikan bentuk gagang dari sikat gigi khusus behel sesuai dengan kebutuhan. Meskipun terbilang sepele, gagang sikat gigi juga mempengaruhi kenyamanan saat menyikat gigi, lho.

Sikat gigi behel dengan gagang yang lurus akan lebih mudah mengontrol pergerakan sikat gigi. Sementara itu, sikat gigi behel dengan gagang yang bengkok akan lebih mudah menjangkau bagian yang sulit dibersihkan.

Baik sikat gigi khusus behel jenis konvensional maupun interdental brush sama-sama memiliki produk bergagang lurus dan bengkok. Hebatnya lagi, beberapa interdental brush memiliki gagang yang fleksibel sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kontur gigi saat memakainya.

Faktor Kenyamanan

Faktor yang sangat penting dalam memilih suatu produk ataupun jasa adalah bagaimana kenyamanan yang akan didapatkan. Anda perlu memastikan bahwa produk sikat gigi khusus behel yang Anda pilih itu nyaman saat dipakai.

Pilihlah sikat gigi dengan bulu yang lembut, sehingga gusi Anda pun tak akan terasa sakit bahkan sampai berdarah jika Anda menyikat gigi. Bulu dengan pola V-cut juga dapat membersihkan gigi dan behel dengan maksimal.

Sedangkan untuk gagangnya, pilihlah sikat gigi dengan gagang yang memiliki detail non-slip grip sehingga membuat Anda lebih nyaman ketika menggosok gigi. Detail tersebut mampu memudahkan Anda mengontrol gerakan sikat gigi meskipun dalam keadaan basah.

Rekomendasi Sikat Gigi Khusus Behel Untuk Bisa Gunakan

Daiso Rubber Interdental Brush

Jika Anda sedang mencari sikat gigi untuk behel jenis interdental, Anda bisa mencoba produk besutan Daiso Rubber.

Daiso Rubber Interdental Brush ini memiliki ujung sikat berbentuk kerucut, sehingga memudahkan Anda untuk membersihkan sela-sela sempit antara bracket. Anda tinggal menggerakkan sikat ini ke atas dan ke bawah untuk mengangkat kotoran yang melekat di celah gigi. Bisa digunakan sambil bercermin supaya lebih jelas melihatnya.

Bahan interdental ini terbuat dari karet, dan tidak mengandung metal. Ini membuat sikat gigi interdental ini menjadi lebih fleksibel. Dalam 1 pack, terdapat 15 sikat interdental.

Harga Rp. 50.000-75.000

Pierrot Clinic Orthodontic

Jika Anda mencari sikat gigi orthodontic yang cocok untuk semua jenis kawat gigi, Pierrot Clinic Orthodontic adalah jawabannya.

Sikat ini memiliki desain dengan potongan V, untuk peningkatan presisi. Plak dan kotoran yang menempel di kawat gigi akan terangkat secara maksimal. Sikat gigi khusus behel ini juga dibalut dengan handle yang didesain ergonomis, sehingga pas dengan genggaman tangan, dan tidak licin saat digunakan.

Produk besutan Spanyol ini telah mendapatkan sertifikasi dari Perhimpunan Ahli Kesehatan Gigi Spanyol (HIDES). Merk yang satu ini juga telah membuktikan kualitasnya lewat penghargaan internasional sebagai perusahaan dengan outlook terbesar di Cantabria, lho!

Harga Rp. 40.000-75.000

Formula Sikat Gigi Orthodontics

Brand yang terkenal memproduksi sikat gigi Formula, juga memproduksi sikat gigi orthodontic atau sikat gigi khusus behel.

Formula Sikat Gigi Orthodontics dirancang khusus untuk pengguna kawat gigi ini, dengan bulu sikat yang lembut, dan desain V-cut nya. Dengan demikian, proses pembersihan gigi dan kawat gigi bisa dilakukan secara menyeluruh, bahkan sampai menyentuh area gigi dan behel paling belakang.

Anda bisa mendapatkan sikat gigi ortho dari Formula ini di sejumlah minimarket, supermarket, hypermarket, toko khusus alat kesehatan, hingga toko online.

Harga Rp. 35.000-45.000

Enzim Orthodontic

Anda tidak salah, Enzim Orthodontic ini memang merupakan produk pasta gigi. Pasta gigi ini dirancang khusus bagi pengguna behel. Namun, jika Anda beruntung, Anda akan mendapatkan bonus sikat gigi khusus behel dalam satu produk.

Kapan lagi dapat 2 produk khusus behel, kan? Dengan menggunakan produk dari Enzim Orthodontic ini, gigi Anda pun akan bersih secara maksimal berkat pasta gigi dan sikat giginya.

Pasta giginya diformulasikan khusus untuk membantu mengatasi masalah yang timbul pada pemakaian kawat gigi. Sikat giginya juga mengandung bahan abrasif yang rendah, namun memiliki daya bersih yang tinggi dengan bulu yang sangat halus, sehingga dapat membersihkan gigi dengan maksimal tanpa merusak email gigi.

Harga Rp. 70.000-100.000

Sensodyne Repair & Protect Toothbrush Extra Soft 2s

Brand yang terkenal akan pasta gigi untuk gigi sensitif ini juga menawarkan sikat gigi khusus behel yang ekonomis, tetapi dengan kualitas yang tetap oke.

Jika Anda membeli produk Sensodyne Repair & Protect Toothbrush Extra Soft 2s ini, Anda akan mendapatkan dua sikat gigi khusus behel dengan warna yang berbeda.

Jadi, dalam sekali beli, Anda sudah mendapatkan stok cadangan 1 sikat gigi lagi. Saat waktunya ganti sikat gigi, yaitu setelah 3 bulan pemakaian, Anda tinggal pakai sikat yang satunya lagi. 1 pack untuk 6 bulan. Memudahkan, bukan?

Harga Rp. 30.000-75.000

PikoInterdental Brush

Jika Anda mencari interdental brush yang direkomendasikan, Piko Interdental Brush pun hadir sebagai pilihan.

Piko Interdental Brush ini dibuat dari silicone rubber, sehingga fleksibel untuk digunakan. Silicone rubber yang dihadirkan terasa lebih lembut saat digunakan. Sikat ini pun aman dipakai untuk gigi yang sensitif.

Setelah menyikat gigi, bilaslah produk ini dengan air hangat. Setelah itu, keringkanlah sikat ini. Anda bisa menggunakan kapas atau kain kasa untuk mengeringkannya.

Harga Rp. 50.000-75.000

Sunstar G.U.M Travel Orthodontic

Bagi Anda yang hobi travelling, tentu Anda butuh sikat gigi yang praktis untuk dibawa-bawa. Nah, Sunstar Orthodontic Travel GUM 125 adalah produk yang pas.

Sikat gigi ini dirancang dengan spesifikasi khusus untuk travel karena gagangnya bisa dilipat, sehingga ukurannya pun menjadi lebih kecil dan tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Teknologi Snap-Lock Cap / Handle Extension-nya sekaligus bisa dijadikan tutup sikat gigi agar tidak kotor saat dibawa dan dipindahkan. Gagangnya pun dirancang dengan desain ergonomis sehingga pas di genggaman.

Sikat gigi ini dirancang dengan V-cut, dan dapat membantu menghilangkan partikel sisa makanan di sekitar behel secara maksimal. Bulu sikatnya pun diformulasikan dengan teknologi anti bakteri berupa kandungan chlorhexidine untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

Harga Rp. 50.000-100.000

Dr. Clark Ortho Kit

Siapa sih yang tidak mau mendapatkan satu paket ortho kit yang lengkap dalam satu kemasan produk? Nah, Dr. Clark berhasil mewujudkan hal tersebut dengan mengeluarkan dental kit yang dirancang khusus untuk para pengguna kawat gigi.

Dr. Clark Ortho Kit ini terdiri dari sederet sikat gigi berbagai ukuran, seperti sikat gigi orthodonti, sikat interdental, sikat gigi travel, dan dental floss. Produk dari Dr. Clark ini juga dilengkapi kaca mulut yang didesain ramping. Selain itu, jam pasir yang akan membantu Anda menyesuaikan durasi menyikat gigi sesuai dengan standar yang dianjurkan para dokter gigi. Sikat gigi behel ini hadir dengan beragam warna, mulai dari biru, ungu, merah, serta hijau yang bisa dipilih tergantung selera.

Produk ini dikemas secara praktis, sehingga bisa dengan mudah untuk dibawa kemanapun. Ukurannya ringkas, dan tidak akan memakan banyak tempat di dalam tas.

Harga Rp. 45.000-60.000

3M Interdental Brush

Ada lagi rekomendasi sikat gigi interdental untuk Anda yang ingin menjaga kesehatan gigi dan mulut saat menggunakan behel.

3M Interdental Brush ini hadir dengan sikat gigi yang dirancang untuk membersihkan kotoran di gigi, sisa makanan, serta plak gigi pada sela-sela gigi dan gusi.

Bentuk sikatnya yang kecil berukuran 1 milimeter, mampu membersihkan area gigi yang sulit dijangkau menggunakan sikat gigi biasa. Dalam 1 pack, Anda dapat memiliki 3 sikat gigi interdental.

Harga Rp. 35.000-50.000

Dr. Smith Ortho Interdental Brush

Siapa yang belum tahu dengan Dr. Smith? Merk terkemuka ini selalu menghadirkan produk perawatan gigi behel berkualitas sehingga setiap produknya selalu dinanti. Kali ini Dr. Smith hadir dengan sikat gigi ortho interdental dengan inovasi bentuk sikat bengkok.

Bentuknya yang bengkok memang sengaja didesain khusus agar pengguna kawat gigi dapat dengan mudah membersihkan sela-sela yang sulit dijangkau oleh sikat gigi behel atau sikat gigi behel interdental biasa.

Bulu sikat gigi ini begitu halus, sehingga Anda tidak perlu khawatir gusi dan mulut Anda akan terluka ketika menyikat gigi. 1 pack terdiri dari 5 buah sikat gigi berukuran 0,7 millimeter.

Harga Rp. 20.000-25.000
From our editorial team

Konsultasikan Pada Dokter Tentang Sikat Gigi yang Akan Digunakan

Selain memilih sikat gigi khusus behel seperti rekomendasi BP-Guide di atas, Anda juga harus konsultasi dulu dengan dokter gigi Anda. Jangan lupa untuk rajin memeriksakan kondisi gigi Anda, ya! Agar tidak terjadi infeksi, jaga juga kebersihan gigi.

Tag