Pecinta Kopi? Inilah 10 Merek Kopi Kintamani yang Wajib Kamu Bawa sebagai Oleh-oleh Bali!

Pecinta Kopi? Inilah 10 Merek Kopi Kintamani yang Wajib Kamu Bawa sebagai Oleh-oleh Bali!

Kekayaan kopi Indonesia tidak pernah ada habisnya. Setiap daerah memiliki keunikan kopi yang menjadi ciri khasnya. Tak terkecuali dengan kopi Kintamani asal Bali. Berikut ini 10 rekomendasi merek kopi Kintamani terbaik yang dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Bali.

Kopi Kintamani dari Bali Memiliki Cita Rasa Khas yang Mendunia

Sumber gambar amazonaws.com

Bali dikenal dengan keindahan alam yang luar biasa. Tidak mengherankan jika banyak wisatawan asing yang berkunjung untuk menikmati keindahan alamnya. Faktor lain yang menarik wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri untuk berkunjung ke Indonesia adalah cita rasa dari kopinya.

Ya, kopi Kintamani Bali pun sudah mendunia sama seperti keindahan alam pulau Dewata ini. Kopi Arabika yang dihasilkan dari biji kopi asal Kintamani ini dikenal sangat unik. Ada rasa lembut dan manis yang khas pada kopinya.

Diolah secara organik, kopi Kintamani menjadi salah satu kopi terbaik dari Bali. Ditanam di daerah yang sejuk dengan sistem pengairan tradisional mebuat biji kopinya semakin bekualitas baik. Ini pula yang membuat kopi Kintamani memiliki rasa lembut dan aroma khas yang nikmat sehingga cita rasanya mendunia.

Keistimewaan Kopi Kintamani yang Harus Kamu Ketahui

Sumber gambar kedaingopi.com

Mau tahu, kan, apa sih istimewanya kopi Kintamani ini? Tergolong kopi Arabika, kopi ini ditanam di Bali tepatnya di daerah dengan letak geografis yang unik. Kopi ini tak terasa berat saat dikonsumsi. Rasanya ringan dan bikin ketagihan, apalagi jika sudah menghirup aroma unik khas kopi Kintamani.

Saking uniknya, kopi Kintamani telah mendapat sertifikat Indikasi Geografis dari dunia. Makin penasaran, kan, dengan keistimewaan kopi Kintamani? Oleh sebab itu, yuk, simak ulasan BP Guide di bawah ini !

100% Kopi Arabika

Sumber gambar garuda. industry.co.id

Kopi Kintamani dihasilkan dari seratus persen biji kopi Arabika. Seperti diketahui bersama, biji kopi ini bertekstur medium dan memiliki rasa lembut. Bagi pecinta kopi yang tidak terlalu suka rasa kopi yang kuat, bisa menjajal kopi Kintamani.

Biji kopi Arabika ditanam pada ketinggian di atas 900 mdpl di dataran tinggi Kintamani. Kawasan ini termasuk kawasan lereng gunung Batur. Tanah tempat menanamnya tergolong tanah Entisel dan juga tanah regusol. Dengan hawa dingin nan kering, kopi Arabika ini ditanam pada daerah dengan curah hujan tinggi.

Memiliki Aroma dan Rasa yang Unik

Sumber gambar media.npr.org

Biji kopi Arabika yang digunakan untuk menghasilkan kopi Kintamani adalah biji pilihan terbaik. Kopi Kintamani ditanam dengan sistem tumpang sari. Menggunakan sistem pengairan tradisional dan kondisi geografis yang mumpuni maka terciptalah kopi Kintamani yang unik.

Ada aroma dan rasa unik dari kopi Kintamani ini. Rasanya sedikit fruity karena biji kopi tumbuh di daerah yang banyak ditanami buah-buahan. Inilah yang membuat aroma kopi Kintamani memiliki aroma buah jeruk. Adanya aroma fruity, menjadikan kopi Kintamani terasa unik dan berbeda dari kopi lainnya. Maka tidak heran jika kopi ini mendapatkan sertifikasi di tingkat internasional.

Memiliki Tingkat Keasaman Sedang

Sumber gambar beritabali.com

Tingkat keasaman pada kopi Kintamani berada pada level sedang. Ini sudah konsisten dari tahun ke tahun berdasarkan hasil analisis sensorial. Ini juga yang membuat kopi Kintamani memiliki mutu dan intensitas aroma yang begitu kuat.

Biji dari kopi Kintamani ini tergolong besar. Biji kopi dipilih dan dipetik dengan hati-hati. Hanya biji kopi yang memenuhi standar saja yang dipetik. Pengolahan pun dilakukan dengan cara tradisional. Hal tersebut membuat body kopi terasa ringan dengan tingkat keasaman sedang dan rasa kopi yang beraroma buah.

Merek Kopi Kintamani Bali yang Cocok Dibawa sebagai Oleh-oleh Khas Bali

Sumber gambar assets.akurat.co

Sebagai tujuan wisata dari turis dalam dan luar negeri, Bali memang selalu memikat. Ada saja hal menarik yang membuat ingin kembali mengunjungi pulau Dewata ini. Keindahan alam, keramahan penduduk, dan kelengkapan fasilitas yang mumpuni menjadi daya tarik sendiri.

Kopi Bali pun turut memberikan kontribusi terhadap banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Bali. Kopi Kintamani adalah salah satu daya tarik wisatawan. Rasa khas dan uniknya tidak bisa tertandingi dengan kopi lainnya. Yuk, tengok merek kopi Kintamani apa saja yang paling booming !

Ranin

Sumber gambar febyyolanda.com

Brand kopi Kintamani Ranin berasal dari kepanjangan Rakyat Tani Indonesia. Ada kedai kopi bernama Rumah Kopi Ranin yang memberi ruang ekspolari untuk rasa kopi. Lokasi rumah kopi ini ada di Jalan Kresna Raya Nomor 46 Bogor. Selain kopi Kintamani asal Bali, rumah kopi ini juga menyediakan aneka kopi dari berbagai daerah di Indoensia seperti kopi Toraja Sulawesi, kopi Wamena Papua, dan banyak lagi lainnya.

Kopi Kintamani dari Ranin dihasilkan oleh petani Sukerta di desa Subak Kintamani Bali. Dibuat dari biji kopi hibrida arabika alami. Diproses dengan wet proses dry hulling. Biji kopinya ditanam di ketinggian 1300 mdpl. Nikmati kopi Kintamani ini dengan membelinya di website rumah kopi Ranin dengan harga Rp 85.000.

Kebon Kopi

Sumber gambar lazada.co.id

Sebagai varian Arabika, kopi Kintamani memiliki rasa manis nan lembut. Dikembangkan dengan sistem Subak Abian, kopi ini diolah secara organik. Kebon Kopi merupakan rumah sangrai kopi yang berlokasi di Yogyakarta. Roastery ini mengolah beragan biji kopi dari berbagai daerah di Indonesia termasuk kopi dari Kintamani.

Kebon Kopi mengolah biji kopi dari proses roasting hingga packaging. Sementara untuk penanaman hingga pencucian tetap dilakukan oleh petani dari masing masing daerah biji kopi berasal. Kesegaran kopi Kintamani yang dihasilkan di tempat ini terjamin. Jika ingin merasakan nikmatnya kopi Kintamani di sini, kamu bisa kunjungi Jalan Kaliurang Km.5,8 Gang Pandega Satya No.5 Depok di Sleman Yogyakarta. Untuk produk kopi Kintamani Kebon Kopi kamu bisa beli di website resminya seharga Rp 65.000.

Wildberry

Sumber gambar lazada.co.id

Sebagai home based small medium batch coffe roaster, Wildberry juga menyediakan kopi Kintamani. Mereka menyangrai serta mengirim pesanan dengan cepat dalam 1 x 24 jam sejak pesanan tercatat. Hal ini karena mereka benar-benar ingin menjaga kesegaran dan kualitas kopinya.

Mereka hanya menyangrai kopi jika pesanan datang. Tersedia dalam kemasan 100 hingga 200 gram. Kopi Kintamani Bali dengan medium roast dan terdesia dengan aneka pilihan ukuran giling. Segera dapatkan dengan harga Rp 46.900 di beberapa toko online seperti Lazada atau ke website resmi thewildberrycoffee.

Sentra Kopi

Sumber gambar lazada.co.id

Ada juga nih Sentra Kopi yang menyediakan kopi Bali asal Kintamani. Ini merupakan toko kopi online yang menjadi distributor dari berbagai kopi nusantara. Selain menawarkan kopi, mereka pun menawarkan mesin kopi hingga beragam aksesori untuk pembuatan kopi.

Ada kopi Toraja hingga kopi Bengkulu yang mereka sediakan, selain kopi Kintamani. Mereka menyediakan dalam bentuk biji kopi mentah maupun biji kopi yang telah di roast. Kamu bisa membeli kopi Kintamani di sini dengan harga Rp. 128.000 untuk 500 gram. Biji kopinya di roast dengan level medium dark. Segera beli di Sentra Kopi, ya, jika tertarik mencobanya.

Coffee Toffee

Sumber gambar lazada.co.id

Berdiri tahun 2006, Coffee Toffee ini berniat memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia mengenai kopi. Mereka menyediakan banyak kopi dari seluruh penjuru nusantara. Dengan kualitas terbaik mereka berhasil membuka lebih dari 100 gerai kopi di seluruh Indonesia.

Perusahaan kopi ini menawarkan kopi Bali Kintamani dalam kemasan 200 gram. Mereka menjualnya seharga Rp 74.900 per kemasannya. Dengan roast level medium, kopi Kintamaninya memiliki cupping medium body dengan citrus flavour dan medium acidity. Langsung beli di website resmi coffee toffee atau bisa juga ke Bukalapak untuk membelinya.

Fry and Roast

Sumber gambar blibli.com

Dari biji kopi Arabika terciptalah kopi Kintamani yang nikmat. Yuk, beli produk dari Fry and Roast. Mereka menyediakan kopi Kintamani Bali dalam bentuk bubuk kopi dalam kemasan 250 gram. Kopi ini dijual Rp 66.500 per kemasannya.

Dengan karakter kopi Kintamani yang manis buah dan aroma citrus kopi ini banyak digemari. Berbody medium kopi Kintamani dari Fry and Roast dijamin bikin kamu ingin ngopi lagi dan lagi. Segera beli di website toko online seperti Blibli.

Largo Speciality

Sumber gambar blibli.com

Brand Largo Speciality pun menyediakan kopi Kintamani Bali. Dengan roast level medium to dark, mereka menyajikan kopi Kintamani dari biji kopi terbaik. Dengan tingkat keasaman tinggi dan high body kopi Kintamani dari Largo Speciality sedikit berbeda.

Tersedia dalam kemasan 250 gram hingga kemasan 1 kg. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 98.000. Untuk harga yang kopi bubuk dijual Rp 65.000 per pack-nya. Sementara itu, untuk harga greenbeannya dijual Rp 105.000 per kilogramnya. Kopi Kintamani ini memiliki aroma dark chocolate bercampur jeruk dan lemon. Segera beli di website Largo Speciality kopi, ya.

JJ Royal

Sumber gambar tokopedia.com

JJ Royal Coffee mempersembahkan kopi eksklusif dari seluruh Indonesia. Biji kopinya dipilih khusus sehingga menghasilkan kopi yang istimewa. Bagi pecinta kopi nusantara wajib mencoba produksi JJ Royal Coffee ini. Ada kopi Aceh, kopi Flores, dan kopi Kintamani Bali.

JJ Royal Kintamani Arabica Coffee dijual Rp 73.000 di Tokopedia. JJ royal menghadirkan kopi Kintamani dengan biji kopi special grade 1. Biji kopi Kintamaninya ditanam pada tanah vulkanik yang subur. Dengan hint rasa cocoa, kopi Kintamani ini dijual pada kemasan 200 gram.

Otten

Sumber gambar blibli.com

Merupakan online store kopi terbesar di Indonesia, Otten menyediakan aneka kopi dari dalam negeri. Mereka menjual produk kopi dalam bentuk biji hingga bubuk. Mereka juga menyediakan mesin kopi hingga penggiling kopi. Ada pula barista tools dan mesin sangrai kopi yang disediakan.

Otten Coffee menawarkan kopi Kintamani yang nikmat dengan kemasan 500 gram. Kopi Bali Kintamani dari Otten dibanderol harga Rp 170.000. Keunikan rasa kopi Kintamani ini bisa kamu nikmati dari produk Otten ini. Yuk, segera beli di Blibli.

Khatulistiwa Coffee

Sumber gambar lazada.co.id

Khatulistiwa Kopi didirikan tahun 2007. Kopi ini menyediakan kopi dari seluruh Indonesia untuk bisa dinikmati. Mereka menjual kopi Arabika asal Kintamani Bali. Produk ini dijual dalam kemasan 250 gram dengan harga Rp 86.000.

Dengan body bold, kopinya memiliki aroma yang kuat. Dengan tingkat keasaman sedang, kopi ini pas untuk menemani hari-hari kamu. Dapatkan Khatulistiwa Coffee di toko online seperti Lazada.

From our editorial team

Keunikan Rasa dan Aroma Kopi Kintamani Bali

Bali tidak hanya memikat dari destinasi wisatanya yang menawan, namun keunikan kopi asal Kintamani Bali menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk kembali mengunjungi Pulau Dewata ini. Tidak heran jika kopi Kintamani mendapatkan sertifikasi internasional karena kopi ini memiliki ciri khas aroma fruity yang tidak dimiliki kopi dari daerah lainnya. Hmm, rasanya tidak sabar untuk menikmati aroma dan rasa dari Kopi Kintamani ini. Tentunya, menjadikan kopi Kintamani sebagai oleh-oleh dari Bali adalah pilihan yang paling tepat.