Ide Kado Anniversary Handmade Yang Dijamin Berkesan (2017)

Ide Kado Anniversary Handmade Yang Dijamin Berkesan (2017)

Kado tak melulu harus dibeli di toko. Bisa juga dengan membuatnya sendiri. Kado handmade seperti ini justru punya nilai yang lebih tinggi ketika dibuat dengan hati dan ketulusan. Temukan inspirasi kado handmade bagi Anda di sini.

Kado anniversary handmade lebih berkesan dari kado biasa

Hadiah yang punya makna nilai keunikan tertentu tidak lain dan tidak bukan adalah sebuah hadiah yang dibikin sendiri alias handmade. Bukan hadiah bikinan pabrik yang diproduksi secara masal. Hadiah handmade umumnya malah lebih banyak dicari dan diburu orang. Pasti ada alasan khusus kenapa hadiah handmade begitu disukai.

Alasan kado handmade lebih disukai

  • Eksklusif dan personal
    Hadiah handmade bisa dibentuk sesuka hati kita, sesuai dengan kreativitas dan imajinasi yang dimiliki. Menaruh nama atau hal lain dalam desain hadiah pasti tidak akan ada yang menyamai. Sangat eksklusif dan personal.

  • Menunjukkan kreativitas pembuatnya
    Ide dan kreativitas adalah sesuatu yang mahal. Karena itu ketika memberikan hadiah handmade, mereka yang menerimanya akan lebih menghargai ketimbang hadiah yang sudah jadi.

  • Tidak bisa ditiru
    Ketika tangan dan hati bersatu membuat sebuah hadiah handmade, maka tidak akan pernah ada yang bisa menyamai atau meniru. Umumnya para pengrajin pun tidak akan membuat dua benda yang sama persis.

  • Dibuat dengan unsur peghormatan dan penghargaan
    Di ruangan para pengrajin bekerja biasanya selalu dipenuhi keceriaan, penghormatan, dan penghargaan. Inilah yang kemudian tersalurkan kepada hasil karya mereka.

  • Dibuat dengan sepenuh hati
    Sesuatu barang yang merupakan produk handmade pasti menyertakan "hati" di dalamnya. Kue bikinan ibu atau istri sendiri dengan kue yang diproduksi di pabrik pasti akan memiliki rasa berbeda meski takaran adonan dan lainnya sama persis. Faktor hati inilah yang membuat produk handmade selalu berbeda.

Tips mempersiapkan kado anniversary handmade

Hadiah handmade memang punya sederet nilai plus seperti personal, unik, dan harganya yang tak terbatas. Akan tetapi, kita harus tetap memerhatikan segi kualitas dari hadiah handmade ini. Kalau kualitasnya jelek atau dibuat dengan serampangan maka semua nilai plus yang dimiliki akan berubah menjadi minus.

Lalu bagaimana agar kita memberi hadiah handmade yang bagus? Di sisi lain, penerima hadiah juga akan punya pendapat sama terhadap hadiah yang kita berikan. Agar pemberi maupun penerima hadiah punya pandangan yang sama terhadap hadiah handmade, Anda bisa ikuti tips-tips berikut ini:

  • Utamakan fungsi dan kegunaan hadiah
    Jangan pernah membuat hadiah handmade yang tidak berguna. Pastikan hadiah itu akan dipakai atau digunakan penerima hadiah. Jangan sampai hadiah yang diterima akhirnya hanya menumpuk di sudut kamar.

  • Atur rencana pembuatan
    Membuat hadiah handmade tidak bisa selesai dalam waktu yang sebentar. Butuh proses hingga berhari-hari. Hitung waktu dengan cermat agar hadiah bisa selesai tepat waktu.

  • Buat sesuai kemampuan
    Pastikan hadiah handmade yang akan dibikin sudah diketahui cara membuatnya termasuk bahan-bahan yang dibutuhkan. Jika belum pernah membuatnya, cobalah dari bagian atau bentuk yang paling mudah. Jika sudah mulai terasah baru membuat hal yang lebih rumit.

  • Gunakan bahan yang sudah ada
    Kreativitas Anda akan diuji ketika membuat hadiah handmade. Terutama untuk memanfaatkan barang-barang yang ada tanpa harus membeli. Selain bisa menghemat biaya, hadiah yang dibikin pun akan terlihat lebih personal dan eksklusif.

  • Hitung cermat biayanya
    Jika memang harus membeli bahan-bahan yang dibutuhkan, Anda harus mengetahui semua harga secara detail. Sesuaikan biaya yang dibutuhkan dengan budget yang dimiliki. Di sinilah sisi kreativitas Anda akan ditantang untuk bisa membuat hadiah handmade yang murah tanpa mengesampingkan kualitas.

Ide kado anniversary handmade

Sebuah hadiah handmade memang punya nilai yang lebih tinggi dibanding hadiah buatan pabrik. Namun demikian, Anda juga harus menyadari bahwa membuat hadiah handmade juga bukan sebuah hal yang mudah. Butuh waktu, fokus, dan keterampilan agar menghasilkan sebuah hadiah yang menarik dan indah.

Nah jika Anda memang butuh panduan untuk bisa membuat hadiah handmade yang bagus dan menarik, sekaligus murah dan mudah, berikut ini ada beberapa contoh yang bisa Anda ikuti.

Beads flip flop

Sandal manik-manik hasil kreasi sendiri sangat pas dijadikan hadiah. Produk handmade ini hanya butuh sebuah sandal jepit yang masih bagus dan layak pakai. Dengan sentuhan kilau manik-manik, sandal beads flip flop akan terlihat menarik. Selain sandal jepit layak pakai, Anda akan membutuhkan pita, manik-manik, lem, benang, dan jarum.

Cara menghias sandal beads flip flop

  • Oleskan lem di sisi luar tali sandal, dari pangkal sampai ujung sandal.
  • Kemudian bungkus tali sandal dengan pita, juga dari pangkal sampai ujung.
  • Pastikan seluruh bagian tali sandal terbalut pita. Rekatkan ujung-ujung pita dengan lem.
  • Balut kembali ujung tali sandal hingga membentuk huruf V. Jangan terlalu ketat agar tidak menyakiti sela-sela jari saat dipakai.
  • Olesi manik-manik dengan lem, kemudian pasang manik-manik pada pita.
  • Setelah lem kering, jahit manik-manik. Beads flip-flops manik-manik siap dijadikan hadiah.

Perlu inspirasi lain atau istri Anda tidak suka manik-manik? Coba saja inspirasi berikut.

Bagaimana kalau Anda ingin membuatnya sendiri dari nol? Anda bisa melihat video berikut untuk mendapatkan tutorial yang sangat jelas. Anda hanya akan membutuhkan gunting, perekat solder dan yoga mat bekas untuk membuatnya.

Jika Anda kurang yakin bisa membuat sandal beads flip flop dengan bagus, bisa juga membelinya di beberapa tempat di bawah ini, yaitu:

1.BcBali
Berdiri sejak 2000, BcBali memang fokus pada barang-barang kerajinan tangan. Seperti sandal, aksesori, sarung, anyaman, baju, hingga bikini. Khusus sandal beads flip flop terdiri dari beragam warna yaitu merah, hitam, ungu, dan biru gelap. Bisa diakses melalui www.bcbali.com.

2. Sandal Etnik
Sandal ini dihias dengan monte yang merupakan ciri khas sandal Bali. Nyaman dipakai sehari-hari.Cari saja di Tokopedia.com

3. Sandal Bohemian
Sandal ini memiliki hiasan monte cantik dengan kain tile tipis bergaya bohemian. Sangat cocok dipakai bersantai di pantai. Bisa dilihat langsung di Shopee.co.id

Frame 3D

Sebuah Frame 3D sangat menunjukkan keseriusan Anda untuk membuat hadiah handmade. Karena untuk membuat frame 3D ini butuh perencanaan yang matang mulai dari pencarian ide, mengumpulkan bahan, hingga eksekusi pembuatan yang harus cermat dan tidak bisa asal-asalan. Tapi Anda bisa mengkreasikan apa pun yang ada dalam imajinasi untuk menciptakan frame 3D ini.

Sebelum mulai membuat frame 3D, tentukan lebih dulu tema yang akan diangkat. Termasuk memastikan warna dominan yang digunakan. Sesuaikan tema dan warna dengan orang yang akan menerima hadiah.

Kemudian siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Antara lain pensil warna, penggaris, gunting, cutter, double tape, kertas warna, pita, dan ornamen pelengkap lainnya. Selanjutnya tinggal beraksi.

Proses pembuatan frame 3D

  • Buat beberapa lace dari paper yang sudah disiapkan. Mulai dari bagian atas, bawah, samping, dan tengah.
  • Susun material hiasan sesuai dengan konsep yang sudah dirancang sebelumnya. Lakukan tahapan ini berulang-ulang sampai Anda merasa puas.
  • Pengeleman semua hiasan
  • Perhatikan setiap detail dari bahan-bahan yang dijadikan frame 3D. Pastikan semua bahan yang dipasang akan membuat desain Anda terlihat menarik.

Perlu video tutorial untuk membantu upaya Anda? Jangan khawatir, simak saja video tutorial berbahasa Indonesia berikut.

Masih bingung cara membuatnya, tenang ada banyak tempat yang menjual frame 3D handmade ini. Di antaranya:

1. Oriscrap
Untuk sebuah frame 3D siap jadi tersedia dengan harga Rp110.000. Untuk harga frame 3D yang termasuk cetak foto 25x25 cm dijual Rp140.000 sementara ukuran 25x35 cm seharga Rp180.000

2. Kado Wisudaku
Produk frame 3D ukuran A4 (14,8 cm x 21 cm) dijual seharga Rp75.000, A5 (21 cm x 29,7 cm) Rp. 125.000. Proses pembuatannya sekitar 2 sampai 3 hari.

3. Tokopedia
Marketplace ini menawarkan beragam frame 3D dengan bentuk desain yang variatif. Seperti produk Papier.idn yang membuat frame dengan bunga dan boneka 3D dijual Rp330.000. Sementara Appa Shop menawarkan scrap frame berukuran 24,5 cm x 16,5 cm seharga Rp. 80.000.

Cokelat handmade

Memberi hadiah cokelat seolah menjadi simbol dari kasih sayang dan romantisme. Untuk momen spesial kali ini, bagaimana kalau Anda memberikan sebuah hadiah cokelat handmade?
Ada banyak bentuk dan cara dalam membuat cokelat handmade ini. Bisa berbentuk lolipop, praline, atau truffle.

Untuk isian praline Anda bisa menggunakan kacang-kacangan seperti mete, almond, hazelnut tapi dipanggang terlebih dahulu. Bisa juga menggunakan kismis atau buah kering, selai kacang, selai buah, atau madu yang sudah dicampur cokelat.

Langkah-langkah pembuatan cokelat handmade

  • Potong cokelat menjadi bagian-bagian kecil
  • Lelehkan cokelat di dalam panci yang berisi air panas.
  • Tuang cokelat yang telah meleleh ke dalam cetakan dengan menggunakan piping bag atau sendok.
  • Isikan hingga separuh cetakan saja agar tidak berantakan.
  • Masukkan ke dalam freezer selama 2-4 menit, tergantung ukuran cetakan.
  • Setelah mengeras, isi dengan praline lalu tutup dengan cokelat leleh lagi.
  • Ratakan cokelat dalam cetakan dengan menggunakan spatula dan simpan kembali ke dalam freezer.
  • Setelah mengeras, cokelat bisa dikeluarkan dari cetakan.

Kalau Anda tidak punya waktu untuk membuatnya? Anda bisa memesan cokelat handmade dari sejumlah vendor berikut ini:

1. Godiva Indonesia
Produsen cokelat asal Belgia ini punya beragam cokelat praline, cokelat truffle, maupun cokelat bar dengan tingkat kemanisan yang beragam. Harganya antara Rp300.000 sampai Rp1 juta.

2. VinChoco
Berasal dari Surabaya, Chocolatier ini punya beragam tema untuk cokelat buatan mereka. Cokelat tematik ini dijual mulai harga Rp50.000 sementara cokelat praline antara Rp100.000-Rp200.000.

3. Pipiltin Cocoa
Produk kreasi Pipiltin Cocoa ini dijual mulai harga Rp129.000 untuk cokelat truffle. Sementara satu keranjang assorted chocolate berharga Rp500.000 sampai Rp1,2 juta. Anda bisa memesan produk Pipiltin Cocoa secara online.

4. Dapur Cokelat
Produk jagoan Dapur Cokelat adalah cokelat praline dengan beragam rasa. Seperti matcha, rum, dan strawberry yang dijual Rp50.000. Selain itu ada juga produk spesial lainnya yang berupa racikan asli Dapur Cokelat yang harganya mulai Rp150.000.

Dompet buatan sendiri

Dompet dari kulit sudah biasa. Yang tidak biasa adalah dompet mini yang dibuat oleh suami. Sang istri pasti akan semakin cinta saat mendapatkan dompet buatan tangan suami. Mssalahnya, kebanyakan pria pasti merasa ogah kalau disuruh jahit menjahit, benar? Jangan khawatir, Anda bisa membuat dompet unik berbentuk logo Instagram tanpa menjahit. Anda hanya akan memerlukan bulu kempa aneka warna, gunting, perekat solder dan template yang bisa Anda dapatkan dari deskripsi videonya. Penasaran? Simak saja yang berikut.

Jika Anda kurang percaya diri untuk membuat sendiri dompet mini, Anda bisa juga memesan domplet flannel dari tempat-tempat di bawah ini:

1. UsahaDesa.com
Di sini tersedia mini wallet flannel dengan harga hanya Rp. 30.000 saja. Dompet produksi Swadesa Samirono ini bagian dalamnya dilapisi busa sehingga lebih tahan lama.



3. Shopee Indonesia
Ada beberapa merchant yang menjual dompet dari flanel, seperti Samudera Kreasi dan Kierrabatik. Dompet yang dijual berkisar antara Rp. 15.000 - Rp. 20.000.

Sugar scrub

Gula tidak hanya berguna untuk membuat manis minuman atau sebagai penambah bumbu masak. Gula juga bisa dibuat menjadi pembersih muka. Dengan campuran bahan tertentu, Sugar Scrub bisa membuat kulit lebih bercahaya dan mampu mengangkat sel-sel kulit mati.

Bahan-bahan pembuat Sugar Scrub sebagian tersedia di dapur Anda. Antara lain gula pasir, virgin coconut oil (VCO), jeruk lemon, parutan, dan toples. Bahkan, bubuk kopi bisa digunakan untuk sugar scrub juga loh! Jika tidak ada VCO bisa digantikan dengan minyak zaitun, minyak alpukat, atau minyak almond.

Langkah-langkah membuat Sugar Scrub

  • Parut kulit jeruk lemon
  • Peras jeruk lemon dan tampung dalam piring atau mangkuk
  • Campurkan parutan kulit lemon ke dalam perasan lemon dan tambahkan gula lalu diaduk sampai mengental
  • Masukkan 2,5 sendok makan VCO ke dalam adonan dan aduk kembali sampai mengental
  • Setelah rata dan mengental, adonan bisa dimasukkan ke dalam toples dan tutup dengan rapat agar scrub bisa bertahan lama.

Anda mau membuat sugar scrub yang beda dari yang di atas? Jangan khawatir, berikut video tutorial yang akan mengajarkan Anda cara membuat 4 variasi sugar scrub dengan bahan-bahan sederhana.

Kalau Anda repot dan kurang punya waktu untuk membuat Sugar Scrub sendiri, kunjungi saja beberapa marketplace yang memang punya merchant yang menjual produk ini. Di antaranya ada di:

1. Lazada
Ada merchant bernama Beautie Box yang menjual Sugar Scrub dengan merek The Face Shop seharga Rp122.000. Selain itu ada merchant Body Shop yang menjual produk sejenis dengan harga Rp229.000.

2. Tokopedia
Merchant Caribbean punya sugar scrub bernama Bath and Body Work (BBW) seharga Rp220.000. BBW sendiri dibuat untuk beragam keperluan, seperti tidur, aktivitas, dan sensual. Sementara merchant Chloe Beauty menjual sugar scrub bermerek Kemmy's Kitchen seharga Rp55.000. Sugar scrub ini berbahan essential oil dengan aroma berbeda. Ada cokelat, susu, apel, dan stroberi.

Orange soap

Mandi bukan lagi hanya sekadar ritual membersihkan diri. Tapi mandi juga bisa menjadi sarana merilekskan badan usai beraktivitas. Agar mandi bisa lebih berwarna, coba pakai sabun dengan aroma jeruk Orange Soap.

Bahan dan cara pembuatan Orange Soap

    Bahan-bahan yang dibutuhkan
  • 8,5 ons Palm Oil (25%)
  • 3,4 ons Cocoa Butter (10%)
  • 8,5 ons Coconut Oil (25%)
  • 13,6 ons Olive Oil (40%)
  • 4,8 ons Sodium Hydroxide Lye
  • 11,2 ons Distilled Water
  • 2 ons 10X Orange Essential Oil

  • Persiapan membuat Orange Soap
  • Sediakan wadah yang dilapisi dengan freezer paper
  • Letakkan semua alat (wadah, lye water, minyak-minyak, stick blender, dan spatula) dalam satu meja.
  • Gunakan peralatan keselamatan dan kenyamanan bekerja seperti kacamata, sarung tangan, dan baju lengan panjang.

  • Proses pembuatan Orange Soap
  • Masukkan Iye ke dalam air dan aduk perlahan sampai menyatu dan berwarna bening. Biarkan adonan hingga lebih dingin.
  • Campurkan olive oil, coconut oil, palm oil, dan cocoa butter. Biarkan sejenak lalu tambahkan sodium laktat jika ingin sabun lebih padat.
  • Masukkan stik blender ke dalam adonan dan angkat beberapa kali untuk melepaskan buih yang menempel.
  • Masukkan Iye yang bercampur air ke dalam adonan.
  • Nyalakan blender dan aduk hingga krim berwarna kekuningan.
  • Setelah sekitar 30 detik angkat stik blender dan lihat apakah ada bagian yang lengket atau tidak. Jika ada, artinya proses pembuatan orange soap bisa dilanjutkan.
  • Masukkan 10x orange essential oil sambil diaduk dengan menggunakan stik blender agar adonan lebih kental.
  • Tuangkan adonan yang sudah mengental ke wadah yang sudah dilapisi freezer paper.
  • Semprot adonan bagian atas dengan alkohol lalu diamkan 3-4 hari. Kemudian dipotong menjadi batang sabun dan diamkan lagi selama 3-4 minggu agar sabun lebih padat dan kadar airnya sudah banyak berkurang.

Proses pembuatan Orange Soap memang butuh waktu yang cukup lama. Jika Anda terburu-buru, bisa membelinya melalui beberapa merchant di bawah ini:

A. Bali Soap Indonesia
Merchant yang bisa ditemukan di Lazada ini menyediakan sabun essential oil beraroma jeruk untuk menyenangkan keseharian Anda. Tersedia dalam paket yang berisi tiga sabun 100 gr seharga Rp. 67.000.

B. Sensatia.com
Produk yang ditawarkan produsen produk kecantikan asal Bali ini di antaranya Coconut & Mandarin Natural Soap yang berkhasiat melembapkan kulit dan menghilangkan stress. Tersedia dalam ukuran 125 gr (Rp. 60.000) dan 25 gr (Rp. 12.500).

C. Sekar Wangsa Bali
Merchant yang menjual produknya melalui OnStore ini menyediakan 3 varian Orange Soap. Antara lain Orange & Pawpaw, Orange & Honey, dan Orange & Ricebran. Semua sabun berguna untuk melembapkan, mencerahkan, dan merevitalisasi kulit dan dijual seharga Rp. 25.000 per buah.

Ucapan romantis sebaiknya mengiringi kado kamu yang dibuat sendiri

Untuk melengkapi hadiah buatan tangan sendiri, pastikan Anda juga membuat kartu ucapan berisi kata-kata yang bermakna dalam. Kalau bisa kartu ucapan juga merupakan hasil karya Anda sendiri, lengkap dengan kata-kata indah dan gambar yang memperindah kartu ucapan Anda.

Kalau Anda akan menyusun kata-kata sendiri, sampaikan dengan jujur. Tidak perlu banyak basa-basi. Seperti contoh berikut ini: "Selamat Happy Anniversary ke-11, sayang! Aku cinta kamu setiap tahun!"

Bisa juga dengan memasang foto-foto kenangan dalam kartu ucapan yang Anda bikin. Pastikan foto yang dipasang bisa mengingatkan Anda terhadap momen-momen indah yang pernah dialami.

Setiap kali merayakan anniversary pasti akan ada yang berbeda dan punya keunikan masing-masing. Dengan merayakan anniversary akan memperkokoh hubungan batin Anda.

From our editorial team

Handmade is the best gift

Tidak ada kado anniversary yang istimewa selain kado hasil karya tangan kita sendiri. Memang tidak mudah dan butuh fokus dari mulai merencanakan hingga proses pembuatan. Tapi ketika hasil karya Anda bisa membuat bahagia orang yang Anda sayangi, semua kelelahan langsung menghilang. Seperti embun pagi yang menguap ketika terkena sinar mentari.