14 Peralatan Rumah Tangga yang Harus Ada di Rumah Anda

14 Peralatan Rumah Tangga yang Harus Ada di Rumah Anda

Rumah yang baru ditempati perlu segera diisi dengan berbagai peralatan rumah tangga. Jika saat ini Anda juga baru menempati rumah baru, apakah sudah membuat daftar perabot yang diperlukan? Simak sejumlah peralatan rumah tangga dalam artikel ini untuk memudahkan Anda menyusun daftar tersebut.

Peralatan Rumah Tangga Adalah Kebutuhan yang Wajib Dimiliki

Anda yang baru saja membina biduk rumah tangga pasti menginginkan untuk tinggal di rumah sendiri. Saat memutuskan untuk menempati sebuah rumah baru, banyak hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya adalah peralatan rumah tangga.

Sejumlah peralatan rumah tangga wajib ada di rumah baru. Perabotan rumah tangga ini wajib dimiliki agar rumah tangga dapat berjalan dengan baik. Tidak semua perabotan harus dibeli sekaligus. Tentukan anggarannya dan belilah barang yang memang benar-benar dibutuhkan. Sementara barang lainnya bisa dibeli secara bertahap sembari menempati rumah baru.

Memilih Peralatan Rumah Tangga dengan Bijaksana

Karena sangat penting, peralatan rumah tangga harus segera dilengkapi. Namun bukan berarti Anda tergesa-gesa membelinya. Pertimbangkan dengan bijaksana apa yang harus dibeli, yaitu yang benar-benar dibutuhkan. Untuk itu BP-Guide menyediakan panduan untuk memilih peralatan rumah tangga:

Pilih Berdasarkan Fungsinya

Ketika pindah dan menempati rumah baru, pikirkan perabot apa yang paling dibutuhkan. Ini perlu dilakukan agar pembelian barang berguna. Jangan membeli barang yang fungsinya masih bisa digantikan barang lain yang sudah Anda miliki. Sebagai alternatif, bisa juga membeli barang yang multifungsi. Hal ini bisa menghemat anggaran belanja juga, kan.

Perhatikan Bahan Pembuat Alat Rumah Tangga

Ketika membeli peralatan untuk kebutuhan rumah tangga, pasti Anda ingin memiliki barang yang awet. Barang yang awet dan tidak cepat rusak akan menghemat pengeluaran, Anda jadi tak perlu terlalu sering mengeluarkan uang untuk membeli barang baru. Oleh karena itu, perhatikan kualitas barang yang akan dibeli dengan teliti. Hal ini bisa dilihat dari bahan pembuat barang. Pilih bahan yang kuat dan tahan lama. Sementara untuk peralatan dapur, usahakan memilih yang bahannya aman dan tak mudah terkelupas.

Pilih Barang yang Efisien

Zaman semakin berkembang. Tak ada salahnya jika Anda mengikuti perkembangan zaman yang banyak menyediakan peralatan rumah tangga yang efisien. Misalnya, belilah lampu dengan daya dengan watt kecil yang berkualitas baik dengan harga terjangkau. Selain itu Anda juga bisa membandingkan satu produk dengan lainnya. Ini untuk mengetahui mana yang lebih efisien dari segi harga, kegunaan, dan lain sebagainya.

Peralatan Rumah Tangga yang Harus Dimiliki

1. Peralatan Dapur

Memasak menjadi aktivitas penting di rumah agar bisa membuat hidangan untuk mengisi perut seluruh anggota keluarga. Oleh karena itu, peralatan dapur perlu segera dimiliki. Tanpa peralatan dapur, Anda tidak bisa menyajikan makanan enak dan sehat untuk keluarga. Inilah beberapa peralatan penting yang harus mengisi dapur Anda.

Kompor

Sumber gambar www.blibli.com

Anda tidak akan bisa memasak jika tidak ada kompor. Nah, pilihlah kompor yang berkualitas baik agar tahan lama dan awet, ya. Anda bisa memilih kompor gas Quantum QGC 201 DEP yang memiliki dua tungku. Proses memasak menjadi lebih cepat jika menggunakan kedua tungku tersebut. Besar api bisa disesuaikan. Berat barangnya adalah 6 kg dengan ukuran 73 x 43 x 16 cm. Bisa dibeli di situs web jd.id dengan harga Rp 382.000.

Kompor gas kedua adalah merek Denpoo seri DG 779. Kompor dua tungku ini lebih hemat gas dengan 35 ribu kali pemantikan. Kompor mudah dibersihkan dan terbuat dari material berkualitas sehingga tahan lama. Kompor seharga Rp 199.800 ini dilengkapi dengan label SNI. Bisa dibeli di toko online Blibli.

Penanak Nasi

Sumber gambar www.bhinneka.com

Nah, alat kedua yang dibutuhkan adalah alat penanak nasi. Anda tentu membutuhkan alat yang bisa digunakan untuk memasak nasi sekaligus sebagai penghangat agar nasi tetap hangat saat dimakan.

Yuk, beli Miyako Magic Com MCG171. Penanak berkapasitas 6 liter ini memiliki fitur antilengket sehingga bisa awet dan tahan lama. Untuk menanak nasi dibutuhkan daya 1300 watt sedangkan untuk menghangatkan nasi dibutuhkan daya 180 watt. Desainnya modern dengan ukuran 63 x 63 x 63 cm. Anda dapat memperolehnya di situs web jualelektronik.com dengan harga Rp 995.000.

Pakai juga nih Philips Rice Cooker HD 3127/31. Kapasitas untuk menanak nasi adalah 2 liter dengan konsumsi daya listrik sebesar 400 watt. Alat berukuran 22 cm x 25 cm x 19 cm ini bisa juga untuk menghangatkan lauk dan kemampuan untuk menghangatkan hingga 48 jam. Yuk ke situs web bhinneka.com untuk membelinya seharga Rp 599.800.

Pisau

Sumber gambar www.bhinneka.com

Kalau mau memasak, Anda tentu butuh pisau untuk memotong berbagai macam bahan makanan. Anda bisa membeli Oxone Knife Set berikut ini. Satu set pisau berwarna hijau ini terdiri dari berbagai macam jenis pisau sesuai dengan fungsinya. Dilengkapi pula dengan gunting dapur. Pisaunya tahan karat karena terbuat dari stainless steel. Peralatan ini cantik juga untuk dijadikan hiasan di dapur Anda. Silakan beli di situs web bhinneka.com dengan harga Rp 104.654.

Piring dan Mangkuk

Sumber gambar jozzbuy.com

Jika makanan sudah matang, Anda tentu perlu piring atau mangkuk untuk menghidangkannya. Purple Daisy Set Tupperware adalah perangkat yang tepat. Dalam satu set ini terdiri dari wadah saus, piring saji kecil, mangkuk sup dengan sendok, mangkuk besar dengan sendok, dan mangkuk sup kecil. Perangkat dari Tupperware ini cocok digunakan untuk menghidangkan makanan untuk keluarga atau menjamu tamu yang datang ke rumah. Jika membeli perangkat ini, Anda juga mendapatkan gift box dan buklet. Anda dapat membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 318.000.

2. Peralatan Kamar Tidur

Setelah seharian beraktivitas, Anda dan keluarga tentu butuh istirahat dan tidur dengan nyaman. Diperlukan peralatan tidur yang bagus agar seluruh penghuni rumah bisa bermimpi indah dan bangun dengan segar di pagi hari. Lengkapi kamar tidur Anda dengan sejumlah peralatan di bawah ini.

Kasur

Sumber gambar www.blibli.com

Kasur yang berkualitas dapat menunjang kenyamanan tidur Anda. Beli segera kasur Guhdo Sapphire Dream. Kasur busa berukuran 100 x 200 cm ini terbuat dari material kain yang berkualitas membuat tidur Anda semakin enak. Silakan klik toko online Dekoruma untuk membelinya seharga Rp 1.669.440.

Selanjutnya ada produk tempat tidur Sleeplicity. Terbuat dari material kain premium bertekstur lembut dengan kombinasi lateks alami. Satu paket terdiri dari kasur, 2 buah bantal, dan 2 buah guling. Dapatkan di situs web sleep.zeesindo.com dengan harga Rp 5.400.000.

Seprai

Sumber gambar www.blibli.com

Jika kasur sudah tersedia, peralatan tidur selanjutnya yang dibutuhkan adalah seprai dan bed cover. Kedua benda ini akan membuat tidur Anda semakin nyaman. Ada seprai dan bed cover Starry Night dari Sierra yang cantik dengan perpaduan warna biru tua dan kuning. Seprai terbuat dari katun sedangkan isi bed cover menggunakan bahan dakron yang lembut. Anda tidak akan merasa panas saat tidur dengan seprai dan bed cover ini. Silakan klik Lazada untuk membeli barang ini seharga Rp 115.600.

Lemari

Sumber gambar www.dekoruma.com

Lemari adalah benda yang pasti ada di dalam kamar tidur Anda. Jika membutuhkan lemari, beli saja Lemari Pakaian 3 Pintu 318 merek Lunar. Produk seharga Rp 1.251.000 ini terdiri dari 3 pintu dengan warna hitam kombinasi perak sehingga tampak modern. Dilengkapi pula dengan meja rias, tempat penyimpanan barang, serta cermin. Lemari berukuran 120 x 42 x 182 cm ini terbuat dari material particle board. Silakan kunjungi toko online Dekoruma untuk membelinya, ya.

Ada pula lemari pakaian putih jumbo seharga Rp 3.500.000. Lemari ini juga dilengkapi dengan meja rias. Ukurannya 180 x 53 x 190 cm dan terbuat dari bahan particle board. Yuk, kunjungi Bukalapak untuk membelinya.

3. Peralatan Elektronik

Kebutuhan peralatan rumah tangga akan kurang lengkap tanpa peralatan elektronik. Peralatan elektronik bisa memudahkan hidup kita. Dengan demikian kita dapat menghemat waktu dan tenaga. Coba cek sejumlah peralatan elektronik berikut ini, apakah ada yang belum Anda miliki atau sudah rusak sehingga perlu diganti.

Mesin Cuci

Sumber gambar www.tokopedia.com

Mesin cuci bisa menghemat waktu dan tenaga saat mencuci. Salah satu mesin cuci yang berkualitas adalah mesin cuci Sharp ES-T85CR-PK. Mesin cuci berwarna merah muda ini memiliki tabung yang bisa menampung cucian hingga 8 kg. Daya listrik yang digunakan adalah 245 watt. Mesin cuci dua tabung ini menggunakan double pulsator. Bisa dibeli di Lazada dengan harga Rp. 1.896.000.

Televisi

Sumber gambar www.blibli.com

Anda tentu butuh hiburan di rumah. Dengan televisi yang berkualitas, Anda dapat menyaksikan acara televisi yang menyenangkan. Anda bisa membeli Samsung seri UA32J4303AKPXD. Produk LED TV ini berukuran 32 inci. Fitur audio dolby digital plus dan picture engine hyper real menghasilkan gambar dan suara yang jernih. Dilengkapi pula dengan port HDMI & USB yang dapat digunakan untuk mendengarkan musik, menonton serta bermain game langsung dari perangkat yang kompatibel. TV ini dijual di Blibli dengan harga Rp 2.995.400.

Anda juga bisa memilih TV LED 24LE175 dari Sharp. Produk televisi dari Sharp sudah lama terkenal berkualitas dan bisa menyajikan gambar dan suara yang jelas. TV ini berukuran 24 inci dan dilengkapi dengan fitur slot USB dan HDMI. Anda bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 1.550.000.

Kipas Angin

Sumber gambar www.tokopedia.com

Saat cuaca panas, kipas angin bisa menjadi penolong Anda. Yuk, beli kipas angin Miyako KAW-1689 RC. Kipas angin ini memiliki tiga pilihan kecepatan yang bisa diatur sesuai keinginan. Daya listrik yang digunakan adalah sebesar 55 watt. Kipas angin dinding ini bisa dibeli di Lazada dengan harga Rp 285.500.

Beli juga kipas angin merek Cosmos seri 16 S 033 WADESTA 3 IN 1. Daya listrik yang digunakan adalah sebesar 45 watt. Memiliki tiga tombol kecepatan dan satu tombol stop. Kipas ini dijual dengan harga Rp 320.000 di Tokopedia.

Setrika

Sumber gambar www.blibli.com

Setelah baju selesai dicuci dan dijemur, jangan lupa dirapikan dengan setrika. Ada produk setrik dari Maspion yang bisa Anda pilih. Setrika berwarna hitam ini menggunakan proteksi thermofuse serta thermostat untuk menjaga suhu panas setrika. Dilengkapi dengan tombol pengatur panas yang mudah diatur dan alas antilengket. Daya listrik yang digunakan sebesar 350 watt. Silakan beli di toko online Blibli seharga Rp 102.050.

Pilihan kedua adalah setrika Philips GC1418. Setrika uap ini bisa disemprot langsung ke arah baju dan bisa menampung kapasitas air hingga 145 ml. Lapisan antilengket setrika akan memudahkan Anda saat menyetrika. Harganya Rp 371.000 dan bisa dibeli di toko online Bhinneka.

4. Peralatan Kebersihan

Rumah yang bersih dan rapi akan membuat penghuninya merasa betah. Peralatan kebersihan diperlukan untuk menunjang hal ini. Lengkapi rumah Anda dengan peralatan kebersihan berikut ini agar Anda mudah membersihkan rumah.

Pengisap Debu

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kebersihan suatu rumah wajib dijaga. Oleh karenanya penting untuk memiliki alat kebersihan, ya. Salah satunya adalah pengisap debu Sharp EC-CW60. Kapasitas tabung penyimpanan sebesar 7,5 liter dengan panjang kabel 3 meter. Filter alat ini mudah dicuci dan dibersihkan. Daya listrik yang diperlukan sebesar 600W. Harganya Rp 725.897 dan bisa diperoleh di Tokopedia.

Alat Mengepel

Sumber gambar www.ruparupa.com

Beli yuk, Proclean Pel putar 3 in 1. Berwarna oranye cerah sehingga Anda semakin semangat membersihkan rumah. Alat ini memiliki tongkat yang panjangnya bisa disesuaikan. Dilengkapi pula dengan ember peras tanpa perlu mengotori tangan dan pedal untuk memeras pel. Pegangannya nyaman digenggam. Kunjungi situs web ruparupa.com untuk membelinya seharga Rp 299.300.

Keset

Sumber gambar 108.61.214.240

Ada keset bermotif kucing lucu untuk menghias rumah Anda. Keset ini berbahan polyester dengan ukuran 40 cm x 60 cm. Produk ini dijual Rp 78.000 di situs web Lazada. Ada pula keset Bagus Dormat berukuran 40 cm x 60 cm x 15 mm. Keset ini tidak licin sehingga Anda tidak mudah tergelincir. Teksturnya empuk karena terbuat dari bahan sintetis yang tebal dengan ketebalan 15 mm. Anda dapat membelinya di toko online Bhinneka dengan harga Rp 134.769.

From our editorial team

Memelihara Peralatan Rumah Tangga Membuat Awet dan Bisa dipakai Dalam Waktu Lama

Selain memilih barang yang berkualitas, pemeliharaan perabot rumah tangga di rumah dapat membuat peralatan ini awet dan tahan lama. Lakukan pembersihan peralatan rumah tangga secara rutin dan bersihkan segera jika terdapat kotoran. Khusus untuk peralatan elektronik, cabut kabelnya dari stop kontak jika tidak digunakan.

Tag