Percantik Rumah dengan Hiasan a la Scandinavian yang Kekinian (2019)

Percantik Rumah dengan Hiasan a la Scandinavian yang Kekinian (2019)

Memiliki rumah yang cantik dan nyaman dipandang tentu menjadi impian semua orang. Saat ini sedang ramai gaya Scandinavian yang digunakan untuk interior rumah. Seperti apa dekorasi yang bisa kamu lakukan? Yuk, cek di artikel berikut ini!

Desain a la Scandinavian Semakin Diminati karena Tampilan yang Sederhana namun Cantik

Sumber gambar www.mydomaine.com

Rumah bergaya Scandinavia menjadi primadona dalam dunia desain modern. Desainnya yang minimalis, natural, dan dengan pencahayaan yang alami adalah beberapa faktor yang membuat gaya ini sangat terkenal. Desain a la Scandinavia punya karakteristik khusus yaitu sederhana, fungsional, dan minimalis.

Palet warna yang digunakan dalam model ini adalah warna terang, namun didominasi oleh warna putih. Paduan warna pastel yang lembut memberikan kesan nyaman dan rileks dalam setiap ruangan. Kesederhaan dalam desain Scandinavia inilah yang sangat mengena di hati para pencintanya. Belum lagi keberadaan tanaman hias yang sering menjadi sentuhan akhir untuk menyempurnakan desain ini.

Ciri-ciri Desain Scandinavian

Dinding Berwarna Putih

Sumber gambar www.homedit.com

Dinding warna putih menjadi tema utama dalam desain Scandinavian. Meski boleh menggunakan warna lain, putih tetap jadi pilihan utama. Paduan warna ada pada pilihan furnitur ruangan yang beraneka ragam namun tidak terlalu mencolok. Baik dari segi eksterior maupun interior, warna putih menjadi ciri khas desain Scandinavian karena terkesan bersih, rapi, dan lapang.

Dengan tembok warna putih, berbagai ornamen dan dekorasi artistik bisa dipasang sesuai selera. Ini akan membuat ruangan terasa lebih hidup tanpa terlihat berlebihan.

Perabot dengan Material Kayu

Sumber gambar www.homedit.com

Ciri khas berikutnya dari desain Scandinavian adalah elemen kayu. Kayu harus menjadi material yang dominan dalam setiap furnitur yang diletakkan di dalam ruangan. Material kayu bisa juga diterapkan sebagai langit-langit, lantai, atau dinding untuk memberikan kesan hangat dan alami.

Kayu yang dipilih juga tidak bisa sembarangan. Scandinavian sangat lekat dengan bahan kayu solid yang punya serat-serat alami. Ini akan menambah kesan artistik pada rumah. Kayu yang bisa digunakan antara lain kayu jati, pinus, dan sonokeling.

Banyak Cahaya

Sumber gambar www.homedit.com

Ada satu alasan menarik mengapa gaya Scandinavian sangat populer di seluruh dunia. Ini tidak lepas dari pencahayaan alami yang digunakan di seluruh rumah. Jendela-jendela pada rumah bergaya Scandinavian hadir dalam ukuran yang sangat besar agar bisa menyerap sebanyak mungkin sinar matahari. Ini karena di negara-negara Nordik hanya ada sedikit cahaya saat musim dingin tiba.

Masuknya cahaya alami ke dalam ruangan bisa menciptakan ilusi rumah yang luas, bersih, dan rapi. Model ini juga sangat hemat energi. Di siang hari, kita tidak perlu menyalakan listrik karena sudah diterangi oleh cahaya alami dari luar. Jendela besar ini juga memberikan kesan lapang dan menambah kenyamanan di dalam rumah.

Penambahan Warna-warna

Sumber gambar www.homedit.com

Elemen warna utama dalam gaya Scandinavian harus netral seperti abu-abu dan putih. Namun agar tidak terlihat polos dan membosankan, tambahan warna lain bisa dilakukan pada furnitur dan ornamen dalam ruangan. Hanya saja, warna yang dipilih harus bernada pastel yang lembut agar sesuai dengan karakteristik Scandinavian.

Dekorasi a la Scandinavian

Sumber gambar www.homedit.com

Karena minim akan warna, pola dan tekstur bisa jadi ruang eksperimen untuk gaya Scandinavian yang sempurna. Motif geometri pada bantal, gorden, dan karpet akan memberikan warna tersendiri bagi desain ini. Pilih warna yang lebih cerah dan ceria agar suasana lebih hidup.

Tambahkan juga unsur tipografi dengan memajang lukisan quote di berbagai sudut rumah. Dibandingkan gambar atau lukisan, quote yang lebih minimalis dan sederhana sangat sesuai dengan karakteristik gaya Scandinavian.

Sebagai pemanis, jangan lupa tambahan banyak tanaman hias di dalam rumah. Peletakan tanaman membuat ruangan tampak jauh lebih segar dan dekat dengan alam.

Rekomendasi Dekorasi Hiasan Scandinavian

Meublemont Louis Round Mirror

Sumber gambar JD

Cermin bisa menjadi elemen dekorasi menarik di dalam rumah. Benda ini akan menyatu dengan segala konsep desain, termasuk Scandinavian.

Meublemont Louis Round Mirror hadir dalam bentuk modern dengan finishing antique grey yang netral. Jadikan ruangan lebih menarik dengan cermin berdiameter 55 cm ini. Kamu bisa memajangnya di ruang tamu atau kamar tidur sebagai pemanis.

Produk ini tersedia di Blibli, jd.id, Shopee, dan Dekoruma seharga Rp 549.000.

Livien Cermin Avilla Stand Ivory

Sumber gambar Blibli

Hadir dalam desain yang simpel dan elegan, stand mirror ini bisa jadi elemen dekorasi menarik untuk rumah Scandiavian. Dimensinya 33 x 40 x 150 cm dengan beragam pilihan warna menarik. Terbuat dari bahan premium fiberboard dan kayu mahomi dengan cat duco yang ramah lingkungan.

Warna putihnya sederhana namun tetap terlihat manis. Kamu bisa membeli produk ini di Blibli seharga Rp 552.000, di Dekoruma seharga Rp 643.500, di Lazada seharga Rp 742.500, atau di Tokopedia seharga Rp 928.000.

Poster House Poster Monstera 1 30 x 45 cm + Premium Frame Kayu 40 x 55 cm Dengan Matboard

Sumber gambar Tokopedia

Dekorasi dinding selalu jadi penyelamat agar dinding rumah tidak terlihat kosong. Poster dengan bingkai berbahan kayu dengan ukuran 40 x 55 cm ini hadir dalam warna putih yang menawan. Pola tropical a la Pinterest yang kekinian akan menjadikan rumahmu terlihat semakin menarik.

Produk dengan nama Poster House Poster Monstera 1 30 x 45 cm + Premium Frame Kayu 40 x 55 cm Dengan Matboard ini bisa dibeli di Tokopedia seharga Rp 170.000 atau di Dekoruma seharga Rp 185.000.

Sakana Jam Dinding 550 Black

Sumber gambar Bukalapak

Dalam desain apa saja, jam dinding adalah ornamen dinding yang tidak boleh ditinggalkan. Tetapi modelnya memang harus disesuaikan dengan tema rumah secara umum.

Sakana Jam Dinding 550 Black adalah jam dinding dengan diameter 30 cm untuk menghiasi ruangan bergaya Scandinavian-mu. Jam yang terbuat dari bahan plastik ini hadir dalam warna hitam yang kontras namun tetap serasi dengan dinding warna putih khas Scandinavian. Material yang digunakan untuk membuat jam analog ini adalah plastik.

Dapatkan produknya hanya di Bukalapak seharga Rp 128.400, di Dekoruma seharga Rp 140.000, atau di Blibli seharga Rp 207.000.

Mendekor Ambun | Rak Gantungan Dinding Kayu Unik Vintage Shabby Dekorasi Hiasan

Sumber gambar Dekoruma

Rak Gantungan Dinding Kayu Unik Vintage Shabby Dekorasi Hiasan dari merek Ambun ini punya model yang unik. Rak gantungan dengan bentuk tangga yang bisa digunakan untuk menggantung kunci atau benda lainnya. Dengan dimensi 40 x 9 x 19 cm yang pas untuk dipasang di dinding. Warna cokelatnya terlihat natural dan sangat cantik untuk menghias rumah.

Kamu bisa membeli produk ini di Tokopedia, Dekoruma, dan Lazada seharga Rp 189.000.

Jam Dinding Digital

Sumber gambar Tokopedia

Sesuai dengan konsep minimalis dan sederhana yang diusung desain Scandinavian, pemilihan ornamen atau hiasan ruangan juga tidak bisa sembarangan. Ada 2 rekomendasi jam dinding digital yang bisa kamu pilih.

Pertama adalah Modern Design Large Size Digital LED Wall Clock Watch Home Timer Alarm Clocks. Jam digital LED bergaya modern ini punya fitur yang lumayan lengkap. Antara lain tanggal, suhu, hingga alarm. Dimensi produk adalah 215 x 88 x 38 mm yang pas untuk digantung di dinding. Terbuat dari bahan akrilik dengan lampu LED, kamu bisa membelinya di Shopee seharga Rp 202.280.

Ada juga BiruTua Digital Wall Clock dengan desain kayu yang menarik. Warna cokelatnya terlihat natural dan sederhana, namun tetap elegan. Dimensi produk adalah 15 x 15 x 6 cm, pas untuk diletakkan di meja samping tempat tidurmu. Kamu bisa membeli produknya di Dekoruma seharga Rp 185.000.

Custom Wallsticker Walldecor Kayu Pajangan Susun Laundry Today

Sumber gambar Dekoruma

Pajangan dengan tulisan "Laundry Now or Naked Tomorrow" akan mendorongmu agar semakin rajin mencuci. Bahan stikernya berkualitas, tahan air dan panas, dan awet hingga 5 tahun. Ukurannya 55x23 cm, bisa kamu pajang di ruang cuci baju atau ditempel di mesin cuci. Wall sticker yang terbuat dari material MDF ini bisa dibeli di Dekoruma seharga Rp 60.000 atau di Shopee seharga Rp 110.000.

Poster House Poster Abstract 8 30 x 45 cm + Premium Frame Kayu 40 x 55 cm dengan Matboard

Sumber gambar Dekoruma

Satu lagi wall decor yang akan mempercantik ruanganmu. Poster dengan ukuran gambar 30 x 45 cm ini hadir dalam frame hitam, lis putih, atau matboard dengan pola bunga yang cantik. Sementara untuk ukuran bingkainya sendiri adalah 60 x 45 x 3 cm.

Pas sebagai dekorasi rumah bergaya Scandinavian. Kamu bisa membeli hiasan cantik ini dengan nama produk Poster House Poster Abstract 8 30 x 45 cm + Premium Frame Kayu 40 x 55 cm dengan Matboard ini di Dekoruma seharga Rp 185.000.

EL's Gallery Hanging Sign "TOILET" Putih BW 27 x 33 cm

Hanging sign yang unik bisa jadi pemanis dekorasi rumahmu, lho. Produk ini terbuat dari bahan blacu kanvas dengan lapisan furing yang mudah dibersihkan dan dicuci. Warna putihnya netral sehingga produk ini bisa dipadukan dengan cat dinding segala warna.

Dapatkan produk berukuran 27 x 33 x 2 cm ini di Dekoruma seharga Rp 29.000 dengan nama EL's Gallery Hanging Sign "TOILET" Putih BW 27 x 33.

Clouds Clou Wall Clock Monstera 31 x 31 cm

Sumber gambar Dekoruma

Clouds Clou Wall Clock Monstera 31 x 31 cm adalah jam dinding analog yang bisa menjadikan ruangan lebih hidup. Jam yang terbuat dari bahan plastik ini punya style Scandinavian yang menawan. Kamu bisa membelinya di Dekoruma seharga Rp 115.000.

From our editorial team

Pemilihan Dekorasi yang Baik akan Semakin Mempercantik Gaya Scandinavian Rumah

Ulasan dekorasi-dekorasi rumah yang bergaya Scandinavian di atas dapat sangat membantu kamu dalam memilih dan menempatkan barang-barang yang tepat agar rumah kamu semakin cantik gaya Scandinavian-nya. Happy trying! :)

Tag