Mengolah Makanan Secara Lebih Sehat Dengan 10 Rekomendasi Air Fryer Terbaik Ini (2022)

Mengolah Makanan Secara Lebih Sehat Dengan 10 Rekomendasi Air Fryer Terbaik Ini (2022)

Air fryer menjadi primadona belakangan ini, apalagi saat minyak goreng sedang naik harganya. Jika Anda juga tertarik menggunakan air fryer, BP-Guide akan memebrikan rekomendasinya buat Anda. Yuk, simak artikel berikut sampai selesai!

Air Fryer Jadi Solusi Mengolah Makanan Lebih Sehat

Makanan yang digoreng dengan minyak seringkali menyerap banyak minyak. Minyak yang terbawa pada masakan itu pun ikut termakan. Padahal, mengonsumsi banyak minyak tidaklah baik untuk kesehatan. Namun, meninggalkan makanan yang digoreng memang seberat itu, karena rasanya yang sangat memanjakan lidah.

Beruntung, sekarang telah ada air fryer. Menggoreng menggunakan air fryer hanya membutuhkan sedikit minyak atau bahkan tidak sama sekali. Dengan air fryer, Anda bisa mendapatkan ayam krispi yang tidak greasy alias berminyak. Alat ini menjadi solusi memasak makanan yang lebih sehat.

Kelebihan Menggunakan Air Fryer

Menghemat Waktu

Memasak di air fryer ini sangatlah cepat dibandingkan dengan memasak di atas kompor. Hal ini dikarenakan panas yang dihasilkan oleh air fryer lebih stabil dengan sistem yang tertutup. Umumnya, masakan Anda bisa matang dalam hitungan beberapa menit saja.

Lebih Efisien

Tak perlu repot-repot membolak-balikkan masakan agar matang merata. Anda tinggal memasukkan bahan masakan ke dalam air fryer, lalu biarkan alat ini bekerja dengan timer. Alat ini akan mematangkan masakan secara merata menggunakan daya listrik.

Makanan Lebih Sehat dan Rendah Minyak

Memasak menggunakan air fryer tidaklah memerlukan minyak. Kalau pun Anda memakai minyak, biasanya hanya perlu sedikit minyak, seperti sedikit percikan atau semprotan. Hal ini membuat masakan dari air fryer menjadi rendah minyak sehingga lebih sehat.

Tidak Memakan Banyak Ruang

Air fryer hadir dengan desain yang ringkas, dan hampir mirip dengan rice cooker. Sehingga, Anda bisa meletakkannya di setiap sudut dapur tanpa memakan banyak ruang. Alat masak ini juga cukup minimalis untuk dapur Anda yang mungkin memiliki area terbatas.

Mengurangi Pembentukan Senyawa Berbahaya

Menggoreng makanan terlalu lama di dalam minyak panas dapat menyebabkan terbentuknya senyawa akrilamida yang berbahaya. Sementara itu, sebuah studi menemukan bahwa penggorengan udara menurunkan jumlah akrilamida dalam kentang goreng hingga 90%, begitu yang disebutkan dalam situs WebMD.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Air Fryer

Kapasitas

Air fryer tersedia dalam berbagai kapasitas, mulai dari yang kecil hingga yang cukup besar. Anda dapat mempertimbangkan berapa kapasitas yang Anda butuhkan, tergantung perkiraan jumlah makanan yang akan Anda masak biasanya.

Jika Anda hanya memasak untuk 2 orang sepertinya Anda sudah cukup dengan air fryer berkapasitas kecil. Namun jika anggota rumah Anda lebih banyak, sebaiknya Anda menggunakan air fryer dengan kapasitas yang lebih besar.

Fitur Pendukung

Beberapa air fryer hadir dengan fitur pendukung yang berbeda-beda. Ada air fryer yang sangat cocok digunakan untuk memanggang daging, mengolah sayur, membuat kentang, dan masih banyak yang lainnya.

Adapun fitur keunggulan lain yang ada pada air fryer adalah dapat memproses makanan agar cepat matang, anti lengket, bebas asap, serta tidak berisik. Pertimbangkanlah fitur-fitur yang akan membantu Anda dalam memasak ini.

Konsumsi Daya

Sebelum terlanjur membeli air fryer, penting bagi Anda untuk memperhatikan berapa daya listrik produk yang hendak Anda beli. Apakah sesuai dengan kapasitas daya listrik di rumah atau tidak?

Umumnya alat ini memakan daya listrik yang cukup besar, yaitu sekitar 1000 watt. Namun saat ini sudah tersedia juga produk dengan konsumsi listrik kecil (low watt). Bahkan beberapa ada yang mencapai konsumsi 500 watt saja untuk daya maksimal 200 derajat Celcius.

Rekomendasi Air Fryer Terbaik Buat Anda

Russell Hobbs Purifry Health Airfryer 20810-56

Purifry Health Fryer didesain dengan lapisan permacoat, yang membuatnya semakin aman digunakan untuk memasak daging atau steak bersama dengan proses purify yang tahan lama.

Kapasitasnya cukup besar, sehingga Anda bisa memasak untuk porsi 3-4 orang. Terdapat juga 2 laci yang berbeda untuk memasak 2 jenis masakan dalam satu waktu. Ngomong-ngomong soal waktu, produk ini memiliki fitur set timer hingga 60 menit.

Penggunaan watt-nya tergolong besar. Namun, sangat wajar dan bisa dimaklumi karena sesuai dengan kapasitas dan fitur-fitur yang tersedia pada produk air fryer ini.

Harga Rp. 5.000.000-7.500.000

Midea Air Fryer MF-TN30A

Midea Air Fryer MF-TN30A merupakan smokeless air fryer yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Air fryer ini tidak hanya bisa Anda gunakan untuk menggoreng, tapi juga untuk memanggang, membakar, dan mengukus makanan.

Dengan teknologi Rapid Air, alat ini bekerja menguapkan kandungan air pada makanan, sehingga menghasilkan masakan yang renyah dan lebih sehat dibandingkan penggoreng biasa. Air fryer ini dibuat dari material berkualitas food grade dan bebas BPA. Keranjang yang digunakan juga bersifat anti lengket yang bebas PFOA.

Air fryer ini dapat diatur hingga suhu 200°C untuk kematangan sempurna. Dengan pengaturan waktu dan suhu memasak, Anda bisa memasak sambil mengerjakan aktivitas lain tanpa takut gosong. Alat ini tersedia dalam warna hitam dan putih yang netral.

Harga Rp. 500.000-1.000.000

Lock n Lock Air Fryer Rose Gold Series

Lock n Lock mendesain air fryer ini dengan tampilan yang cantik. Warna hitam berbalut rose gold begitu elegan menimbulkan kesan mewah pada sebuah produk rumah tangga. Panci masaknya dibuat dari bahan teflon yang bersifat anti lengket, mudah dibersihkan, dan tahan lama.

Air fryer ini memiliki kapasitas 2 liter, yang cukup untuk membuat porsi makan 2-4 orang. Selain untuk menggoreng tanpa minyak, air fryer Lock n Lock ini juga bisa Anda gunakan untuk memanggang dan membakar, lho. Dengan suhu maksimal 200°C, air fryer ini hanya mengonsumsi daya 800 watt saja.

Panel pengaturan pada air fryer low watt ini juga mudah dipahami, hanya terdiri dari 2 macam kenop putar. Satu untuk mengatur suhu, dan satu lagi untuk mengatur waktu alias timer.

Harga Rp. 800.000-1.200.000

HAN RIVER Air Fryer Electric 4.5L

Produk air fryer dari Han River ini sangat cocok untuk pemula. Penggunaannya cukup mudah, karena konfigurasi tombolnya yang tidak terlalu banyak.

Kapasitasnya juga cukup besar untuk menjadi senjata andalan dalam menggoreng minim minyak. Anda bisa memakainya untuk membuat aneka makanan seperti ayam goreng, kentang goreng, dan lain sebagainya, bahkan juga membuat steak dan burger.

Perawatannya sangat mudah. Wadahnya tidak lengket berkat lapisan khusus yang disusun sedemikian rupa. Panci penanaknya juga memiliki rongga yang besaryang besar, sehingga kotoran mudah keluar sambil menjaga aliran udara panas tidak terhambat.

Harga Rp. 500.000-1.200.000

Oxone OX-277

Oxone menghadirkan air fryer yang dapat Anda gunakan untuk menggoreng ataupun memanggang seperti menggunakan oven. OX-277 ini ideal untuk memasak ayam. Anda bahkan bisa memasukkan ayam utuh untuk digoreng atau dipanggang.

Wadahnya terbuat dari kaca, sehingga Anda dapat melihat proses memasak. Hebatnya, alat ini bisa berputar 360 derajat sehingga membuat panas jadi merata dan masakan pun matang dengan sempurna. Anda tidak perlu repot membolak-balik makanan.

Dengan menggunakan air fryer dari Oxone ini, Anda dapat mengurangi kadar lemak hingga 80% dan juga mengurangi pengeluaran untuk pembelian minyak goreng. Memasak pun jadi lebih efisien.

Harga Rp. 1.700.000-2.700.000

Maspion AF 322 Air Fryer

Maspion AF 322 Air fryer ini memiliki kapasitas yang sedang, yaitu 3,2 liter dengan konsumsi daya 1000 watt. Dengan teknologi penggorengan menggunakan sistem hembusan udara panas ini, Anda bisa memasak gorengan yang renyah, bebas lemak tak jenuh, dan tetap nikmat.

Alat ini memiliki sistem kerja kombinasi panas serta perubahan udara cepat, yang membuat panas di dalamnya menjadi stabil, dan masakan akan cepat matang.

Pengaturan saat memasak Maspion AF 322 Air Fryer ini dilakukan secara digital dengan touch control LCD. Anda bisa mengatur suhu dengan mudah, mulai dari 50°C hingga 200°C.

Harga Rp. 850.000-1.200.000

Yong Ma Air Fryer 2,4 L

Produk Yong Ma Air Fryer 2.4L ini hanya mengonsumsi daya 800 watt. Produk ini dilengkapi dengan tray penahan tetesan minyak yang membuat makanan mengandung sedikit, bahkan bebas minyak sama sekali.

Alat ini memiliki ventilasi uap panas pada bagian belakang, sehingga Anda bisa mencium aroma masakan saat matang. Untuk menjaga keamanan, terdapat pengatur/penahan jarak agar air fryer tidak tidak menempel ke dinding.

Air fryer ini pun cukup mudah untuk digunakan. Terdapat tombol bundar yang didekorasi dengan desain modern yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Anda bisa mengatur suhu mulai dari 80- 200°C, dalam waktu 0-60 menit.

Yong Ma Air Fryer 2.4L memiliki garansi 1 tahun. Terdapat 104 service center Yong Ma di seluruh Indonesia, sehingga Anda bisa lebih mudah memperbaikinya jika diperlukan.

Harga Rp. 750.000-1.200.000

Gaabor Airfryer Low Watt

Gaabor Airfryer seri GA-M35A ini memiliki kapasitas 3,5 liter. Alat ini dirancang dengan lapisan anti lengket pada panci masaknya. Ini juga akan membuat Anda mudah membersihkannya.

Keunggulan lainnya dari produk keluaran perusahaan asal Jerman ini adalah kapasitasnya yang cukup besar yaitu 6 liter, yang bisa Anda andalkan untuk memasak beberapa porsi sekaligus.

Anda bisa mengandalkan produk ini untuk memasak berbagai variasi makanan, mulai dari umbi-umbian seperti kentang hingga memasak daging, seperti ayam, sapi, dan sebagainya.

Harga Rp. 500.000-1.500.000

Mi Smart Air Fryer 3.5L

Secara desain, alat ini hadir dengan model yang minimalis dan klasik, yaitu seperti kotak dengan sudut-sudut lengkung. Anda bisa memakainya untuk air frying, memanggang, mengeringkan buah, mencairkan makanan beku, serta membuat makanan fermentasi seperti yoghurt.

Panel pengaturannya sungguh futuristik, berupa kenop putar dengan tampilan layar digital OLED model sentuh di tengahnya untuk menunjukkan status. Teknologi yang makin canggih membuat Anda juga bisa mengatur dan memantau proses memasak melalui aplikasi Mi Home di smartphone.

Dengan pipa panas stainless steel, teknologi aliran udara kecepatan tinggi 360 derajat di seluruh ruang pembakaran, membuat masakan jadi matang merata.

Anda bisa mengatur suhunya mulai dari 40°C hingga 200°C, dengan waktu memasak bisa sampai 24 jam. Konsumsi dayanya memang cukup tinggi, yaitu 1400 watt. Namun dengan segala kelebihannya, sangat bisa dimaklumi.

Harga Rp. 1.000.000-1.500.000

Mecoo Most Aesthetic Air Fryer

Jika Anda bosan dengan desain air fryer yang begitu-begitu saja, cobalah lirik produk air fryer berkapasitas 4,5 liter dari Mecoo ini. Mecoo menghadirkan air fryer modern yang cantik dengan desain dominan warna pink yang akan menghidupkan suasana dapur Anda.

Desainnya tersebut bahkan sempat membuatnya mendapatkan gelar International iF Design Talent Award 2020. Di pasar Indonesia, produk ini pun sudah menyandang sertifikasi SNI. Produk ini tidak banyak mengonsumsi daya, hanya 650 watt.

Panci atau loyangnya bisa dikeluarkan, memudahkan Anda untuk membersihkannya. Alat ini juga mudah dioperasikan berkat panel kontrol yang sederhana. Dengan sirkulasi udara panas 360 derajat di dalamnya, masakan pun bisa matang dengan merata.

Harga Rp. 600.000-800.000
From our editorial team

Perhatikan Juga Review Pengguna Sebelum Membeli

Selain memastikan semua fiturnya sesuai dengan kebutuhan Anda, review pengguna juga harus diperhatikan sebelum membeli air fryer. Apalagi jika Anda membelinya secara online. Yuk, cek lagi rekomendasi air fryer terbaik di artikel BP-Guide di atas!