Jangan Sembarangan Pilih Kompor, Inilah 10 Rekomendasi Kompor Freestanding Berkualitas (2020)

Jangan Sembarangan Pilih Kompor, Inilah 10 Rekomendasi Kompor Freestanding Berkualitas (2020)

Kompor menjadi bagian dari peralatan dapur yang paling utama. Dengan memiliki kompor, pengeluaran yang berkaitan dengan makanan tentu akan lebih hemat. Jadi, sudah selayaknya memilih kompor yang berkualitas untuk melengkapi area dapur. Cek dulu yuk produk-produk rekomendasi dari BP-Guide ini!

Kompor Freestanding saat Ini Banyak Dijadikan Pilihan di Rumah

Bagi Anda yang belum familiar dengan kompor freestanding, apa sih kompor freestanding itu? Jadi, kompor freestanding adalah kompor yang dapat langsung diletakkan di atas lantai dapur Anda. Tidak seperti kompor biasa yang memerlukan meja agar nyaman digunakan, kompor freestanding ini tidak memerlukan meja lagi karena posisi tungkunya sudah tinggi sehingga langsung pas digunakan untuk memasak.

Biasanya, kompor ini hadir bersama dengan oven di bawahnya yang mana lebih menghemat tempat karena di dalam 1 unit, ada dua alat memasak yang bisa digunakan. Belakangan ini kompor freestanding banyak dijadikan untuk mengisi dapur karena selain lebih hemat tempat, kompor ini juga menawarkan cara memasak yang lebih cepat dan fleksibel.

Sebab, ia mudah dipindahkan ke mana-mana tanpa perlu mengangkatnya. Meski kebanyakan desainnya masih tradisional, namun tampilan luar dari kompor freestanding ini tetap elegan dan canitik. Sehingga tidak akan merusak keindahan dapur Anda.

Kelebihan Kompor Freestanding

Fitur Lebih Banyak

Salah satu keunggulan utama dari kompor freestanding yang tidak dimiliki oleh kompor biasa adalah ia dapat digunakan untuk memasak beberapa menu sekaligus. Tidak hanya penggunaan kompornya, namun juga penggunaan oven di bawahnya yang dapat digunakan secara bersamaan.

Sambil memasak menu makanan menggunakan kompor, Anda pun dapat sekaligus memanggang kue. Hal ini tentu saja akan menambah pengalaman memasak Anda. Selain itu, biasanya ada beberapa fitur tambahan yang membuat kompor freestanding ini berbeda dengan kompor biasa.

Pertama adalah fitur termostat, utnuk mengatur api oven sesuai dengan panas yang diperlukan. Jadi jika Anda ingin panas 170 derajat Celcius, Anda tinggal memutar knop ke suhu tersebut dan oven akan mengatur api secara otomatis hingga menghasilkan panas 170 derajat Celcius.

Kemudian, kompor ini juga memiliki fitur automatic ignition untuk masing-masing unit, baik kompor maupun oven. Dan yang pasti, adanya fitur timer untuk mengatur waktu memasak Anda.

Instalasi Mudah

Keunggulan lain dari kompor freestanding adalah instalasinya yang cenderung lebih mudah. Bagaimana tidak, Anda tidak perlu memasang kompor ini ke peralatan dapur lainnya. Tinggal letakkan saja di salah satu sudut dapur Anda dan kompor ini dapat langsung digunakan.

Keren

Kompor freestanding akan mempercantik tampilan dapur Anda. Dengan desain yang unik dan elegan, kompor ini memang memiliki tampilan yang sangat keren.

Sehingga tidak salah jika banyak yang merekomendasikan kompor freestanding ini untuk menjadi salah satu perabot rumah tangga Anda.

Selain itu, karena terbuat dari material kaca dan stainless steel, maka kompor jenis ini juga sangat mudah dibersihkan. Anda dapat dengan mudah menjaga kebersihan dan kerapian kompor dan dapur Anda.

Memilih Kompor Freestanding yang Tepat

Ukuran

Kompor freestanding tersedia dalam berbagai ukuran. Ada yang kecil, medium, bahkan hingga yang berukuran besar. Untuk memilih jenis mana yang cocok untuk Anda, ada baiknya jika Anda juga memertimbangkan ukurannya.

Sesuaikan ukuran kompor freestanding yang ingin Anda beli dengan luas area dapur Anda. Memang kompor ini sifatnya sangat fleksibel yang mudah diletakkan di sudut manapun. Namun, jika Anda memilih kompor ukuran besar sedangkan luas area dapur Anda terbatas, yang ada justru membuat repot dan memakan terlalu banyak area.

Sehingga, ruangan dapur justru terlihat sesak dan kurang nyaman. Baik kompor yang tanam maupun portable, semuanya memiliki banyak ukuran yang dapat Anda sesuaikan sendiri.

Keamanan

Keamanan menjadi salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam pemilihan kompor. Apalagi jika di rumah Anda ada anak kecil yang biasanya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Sehingga rawan jika ditinggal sendirian dengan kompor yang ada di dapur.

Nah, sebaiknya pilihlah kompor freestanding yang memberikan fitur proteksi atau keamanan yang lebih. Kini sudah banyak kompor freestanding yang punya fitur menutup gas secara otomatis, terutama jika ada kejadian-kejadian yang tidak terduga. Fitur ini dapat memastikan tidak ada gas yang keluar, sehingga relatif lebih aman jika anak kecil sedang iseng memutar-mutar knop gas.

Spesifikasi

Terakhir dan yang terpenting adalah memertimbangkan spesifikasi apa saja yang ditawarkan dari kompor freestanding tersebut. Ada kompor dengan empat tungku, ada juga kompor dengan enam tungku.

Belum lagi material body-nya yang berbeda-beda. Ada yang stainless steel, namun ada juga kompor dengan material yang lain. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan spesifikasi apa saja yang ditawarkan sebelum membeli.

Rekomendasi Freestanding Cooker

Modena FC5942L

Produk pertama yang kami rekomendasikan adalah kompor freestanding dari Modena. Kompor ini memiliki 4 tungku dengan kapasitas oven 67 liter. Oven yang terdiri dari 1 oven tray dan 1 oven rack ini juga dilengkapi dengan lampu penerangan di dalamnya.

Untuk body-nya sendiri, ia terbuat dari material stainless steel yang anti karat dan mudah dibersihkan. Dari segi keamanan, kompor ini sudah dilengkapi dengan fitur gas safety technology. Sedangkan untuk fitur oven-nya sendiri, sudah dilengkapi dengan thermostat dan timer yang akan sangat memudahkan kegiatan memasak Anda.

Ukuran dari oven ini adalah panjang 900 mm dengan lebar 600 mm. Tingginya beragam, mulai dari 890-940 mm.

Harga Rp. 14.475.000-19.300.000

Domo DG 9405 SL

Rekomendasi kompor berikutnya masih termasuk kompor dengan 4 tungku namun dengan tampilan yang lebih berkelas dan elegan. Keseluruhan body kompor memiliki warna hitam yang sangat cantik dan memberikan kesan mewah pada dapur Anda.

Kompor ini memiliki panjang 850 mm, lebar 550 mm, dan tinggi 850 mm. Untuk materialnya sendiri, di bagian body kabinet terbuat dari bahan metal dengan kaca oven 2 lapis. Sedangkan penutup atas kompor terbuat dari bahan kristal yang sangat menawan.

Namun perlu dicatat bahwa unit yang satu ini tidak memiliki lampu oven. Selain itu, unit oven dan kompornya pun tidak dapat digunakan secara bersamaan.

Harga Rp. 5.196.000-5.428.000

Italina 836WH

Beranjak ke rekomendasi selanjutnya yaitu kompor dengan 3 tungku di bagian atas dan 1 oven di bagian bawah. Keunggulan dari unit yang satu ini adalah memiliki pemantik otomatis untuk tungku atas.

Sedangkan untuk oven, ia memiliki thermostat yang dapat membuat suhu oven menjadi lebih stabil. Jika Anda menginginkan unit ini, ada 2 pilihan warna yang dapat Anda pertimbangkan, yaitu putih atau cokelat.

Keduanya sama-sama elegan dan menarik, tinggal disesuaikan saja dengan suasana dapur di rumah Anda. Dimensinya pun tidak terlalu besar, yaitu 85 x 86 x 50 cm saja.

Harga Rp. 6.104.000-6.870.000

Azalea Istanbul 90

Dibandingkan dengan unit-unit sebelumnya, unit ini memiliki ukuran yang lebih besar. Dimensi dari satu unit kompor dan oven ini yaitu 90 x 60 x 90 cm. Namun demikian, fitur yang ditawarkan pun jauh lebih lengkap dibandingkan unit-unit sebelumnya.

Pertama dari kompornya sendiri, ia memiliki 5 buah tungku yang dilengkapi dengan Single Touch Ignition sebagai pengaman. Pengamanan ini juga ada pada oven yang ada di bawahnya. Tidak hanya 1 buah rak, namun ada 3 buah rak oven di bawah kompor yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Ukuran rak oven yang bervariasi akan sangat memudahkan Anda untuk memilah penggunaan oven sesuai dengan kebutuhan Anda. Material dari unit ini adalah stainless steel yang sangat mudah dibersihkan dengan kaca yang juga mudah dilepaskan. Sehingga, kegiatan membersihkan unit pun akan lebih mudah dan cepat selesai.

Uniknya lagi, unit ini dilengkapi dengan fitur thermostat cooling fan yang akan sangat membantu suhu di dalam oven tetap stabil. Menghindarkan makanan dari gosong akibat suhu yang terlalu tinggi ataupun kemungkinan yang lain.

Harga Rp. 31.920.000-36.000.000

Delizia Monza 90

Dari tampilannya saja, kita sudah bisa bilang bahwa unit yang satu ini memang berbeda dengan unit-unit lainnya. Desainnya sangat elegan dengan pilihan warna yang unik, tidak monoton.

Alih-alih memberikan warna-warna monokrom seperti kebanyakan desain lainnya, unit ini justru memiliki warna yang cenderung tidak biasa. Selain warnanya yang unik, kompor 4 tungku ini juga memiliki keunggulan dalam segi fitur. Ia dilengkapi dengan bottle compartment serta oven gas yang dilengkapi dengan pemanggang.

Tak ketinggalan, untuk keamanan pun ia memiliki heat protector dan safety device sendiri. Body luarnya terbuat dari tempered glass yang menghindari unit dari lecet-lecet akibat gesekan ataupun benturan dengan benda keras lainnya. Dan yang paling unik lagi, ketinggian unit dapat disesuaikan dengan kenyamanan kita. Sangat menarik, bukan?

Harga Rp. 7.999.000-8.064.375

Tecnogas 90 Next 1SS

Kita beranjak ke rekomendasi berikutnya yaitu kompor dengan 5 buah tungku di atas dan oven di bawahnya. Untuk bagian kompor maupun oven, keduanya dilengkapi dengan pengaman unit tersendiri sehingga Anda tidak perlu khawatir akan fitur keamanannya.

Pintu oven dilengkapi dengan kaca sebanyak 3 lapis, namun demikian mudah dilepas untuk dibersihkan. Oven ini memiliki lebar 90 cm dengan panjang 60 cm. Ketinggiannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita, namun ada di rentang 83.5 hingga 94 cm.

Kegiatan memanggang menjadi lebih mudah karena oven dilengkapi dengan timer. Oven ini dapat digunakan untuk memanggang hingga suhu 260 derajat Celcius.

Harga Rp. 39.737.075-39.950.000

Electrolux EKG20100OK

Yang membedakan unit satu ini dengan unit-unit sebleumnya adalah ia memiliki tata letak yang ekstra luas. Dengan 3 tungku di bagian atas, maka space memasak Anda tentu akan menjadi lebih luas.

Cocok untuk Anda yang gemar membuat masakan dengan banyak komponen ataupun untuk Anda yang ingin membuat beberapa hidangan dalam satu waktu yang bersamaan. Pembakaran yang stabil dan kontrol panas yang presisi membuat unit ini mampu memberikan panas yang maksimum dengan cepat dan efektif.

Karena material luarnya dilapisi dengan clear glass, maka ia pun mudah dibersihkan. Untuk ukuran sendiri tidak terlalu besar, yaitu 50 x 85 x 53.5 cm.

Harga Rp. 7.099.000-7.800.000

Ariston A9GG1FC(X)/EX

Masih dengan kompor gas 5 tungku, material luar unit yang satu ini terbuat dari perpaduan stainless steel dan tempered glass.

Desainnya sangat ergonomis dengan ketinggian unit yang fleksibel. Dapat Anda atur sesuai dengan kebutuhan Anda ataupun menyesuaikan dengan ukuran dapur Anda. Agar lebih mudah ketika memasak, unit ini dilengkapi dengan timer, lampu oven, dan dishwarmer compartment.

Dishwarmer compartment berfungsi untuk menyimpan piring dan gelas setelah dicuci dan sebelum dikembalikan ke rak. Fungsi yang terakhir ini memang cukup unik dan jarang ditemukan pada unit kompor freestanding pada umumnya.

Harga Rp. 25.200.800-25.976.000

Beko FSGT62111GXL

Rekomendasi unit berikutnya berasal dari salah satu brand nomor 1 di Eropa yang terkenal karena kualitasnya yang sangat mumpuni, yaitu Beko.

Unit dari Beko ini didesain secara khusus oleh para desainer ternama, sehingga memudahkan Anda untuk memasak dengan lebih cepat dan efisien. Ada 4 tungku di bagian atas dan 1 rak oven di bagian bawahnya.

Oven dilengkapi dengan sistem pengaman otomatis dan lampu hologen. Dengan adanya lampu hologen di dalam oven, Anda dapat memantau masakan yang sedang Anda panggang di dalamnya. Dimensi dari unit ini yaitu 60 x 60 x 85 cm.

Harga Rp. 6.897.000-6.850.000

Teka FS66F 4G

Unit yang terakhir ini memiliki 4 buah tungku di bagian atas yang dilengkapi dengan auto ignition. Di bagian bawahnya terdapat oven yang juga memiliki kelengkapan keamanan, yaitu auto lock safety device.

Dalam 1 unit ini, Anda bisa menggunakannya untuk 9 macam kegiatan memasak. Sangat efektif, bukan? Body luar terbuat dari stainless steel yang mudah dibersihkan dan tahan gores. Ketinggian unit dapat diatur sekitar 880 – 930 mm.

Harga Rp. 8.899.000-9.899.000
From our editorial team

Pilih Sesuai Kebutuhan Rumah Anda

Pemilihan kompor freestanding memang tidak boleh asal-asalan. Paling utama, pastikan memilih ukuran kompor yang sesuai dengan luas area dapur Anda agar efisien. Setelah itu barulah Anda pilih jumlah tungku kompornya yang sekiranya memang dibutuhkan untuk area dapur. Agar lebih estetik, tentu Anda perlu memilih warna senada dengan konsep area dapur Anda.