Lebih Hemat Dengan 10 Rekomendasi Kompor Listrik Ini (2022)

Lebih Hemat Dengan 10 Rekomendasi Kompor Listrik Ini (2022)

Kompor listrik jadi salah satu peralatan dapur yang wajib dimiliki saat ini. Ada banyak keunggulan kompor listrik dibandingkan dengan kompor biasa. Simak rekomendasi kompor listrik terbaik dari BP-Guide berikut ini.

Kompor Listrik, Praktis dan Cepat Digunakan

Kompor listrik merupakan alat yang sangat memudahkan proses memasak. Bicara soal keunggulannya, kompor listrik pun memiliki beberapa keunggulan yang patut untuk Anda pertimbangkan, seperti lebih praktis dan cepat digunakan, tanpa perlu mengisi ulang gas, bahkan minyak tanah atau kayu bakar.

Kompor listrik sendiri memiliki beberapa tipe. Berdasarkan sistem instalasinya, ada kompor listrik portable, dan ada kompor listrik yang ditanam di meja. Jadi, apabila Anda hendak membeli kompor listrik, pastikan Anda menggunakan produk yang tepat, sesuai dengan kebutuhan.

Keunggulan Kompor Listrik

Lebih Aman

Banyak orang berpindah dari kompor gas ke kompor listrik karena ingin merasa lebih aman. Saat menggunakan kompor gas, kemungkinan gas bocor pasti ada. Sementara kebocoran gas tak akan terjadi pada kompor listrik.

Risiko kebakaran akibat api yang terlalu besar atau karena lupa mematikan kompor gas pun bisa terhindarkan ketika memakai kompor listrik, karena kompor ini tidak mengeluarkan api saat memasak.

Mudah Dibersihkan

Karena menggunakan api, maka kompor gas masih menyisakan bekas bakaran di dekat area tungku. Bekas bakaran yang melekat akan membutuhkan waktu untuk membersihkannya secara maksimal.

Sementara kompor listrik tidak menggunakan api, sehingga tidak akan meninggalkan kerak bakaran. Dalam membersihkan kompor listrik, Anda cukup menggunakan cairan pembersih dan lap, dan kompor pun bersih seperti sedia kala.

Panas Bisa Diatur

Meski kompor gas juga punya pilihan besarnya api, namun akan lebih presisi jika menggunakan kompor listrik. Kompor listrik pun hadir dengan banyak fitur memasak seperti memasak sup, hot pot, atau sekadar menghangatkan.

Fitur-fitur yang terdapat pada kompor listrik membuat Anda lebih tenang dan tak perlu khawatir gosong saat memasak sesuatu. Cukup sesuaikan dengan kebutuhan, panasnya akan terpasang.

Waktu Memasak Lebih Cepat

Kompor listrik dapat memanaskan wajan secara langsung, dan isi wajan akan mulai mendidih atau lebih cepat matang. Kecepatan memasak menggunakan kompor listrik adalah 25% hingga 50% lebih cepat daripada kompor gas.

Panas yang dihasilkan oleh kompor listrik pun akan lebih merata. Dengan menggunakan kompor listrik, Anda hanya membutuhkan waktu 4 menit saja untuk merebus 1 panci air. Tentu akan menghemat waktu Anda, bukan?

Hemat Energi

Kalau dihitung-hitung, penggunaan bahan bakar oleh kompor listrik akan lebih sedikit dibandingkan dengan kompor lainnya. Maka, kompor listrik akan menghemat energi lebih jauh dibandingkan dengan jenis kompor lainnya.

Hebatnya lagi, jika Anda tidak sengaja membiarkannya menyala terus saat tidak sedang memasak, hal ini tidak akan menghabiskan daya berkat fitur yang ada pada kompor listrik. Anda pun bisa lebih tenang.

Jenis Kompor Listrik Berdasarkan Metode Pemanasannya

Kompor Elektrik

Kompor elektrik juga disebut dengan kompor konvensional. Sumber panas yang dihasilkan merupakan hasil konversi dari tenaga listrik yang dialirkan melalui kabel nikrom lalu menuju kawat besi berbentuk spiral di atas kompor, sehingga membuat permukaan kompor menjadi panas.

Kompor elektrik juga dapat membuat permukaan kompor menjadi panas sehingga Anda perlu berhati-hati saat memakainya, terlebih jika bersama dengan anak-anak. Sebaiknya Anda tidak lupa untuk mematikan kompor elektrik.

Dibandingkan dengan kompor induksi, proses memasak menggunakan kompor elektrik akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Oleh karena durasi memasak yang lama, maka konsumsi listrik kompor pun jauh lebih besar dibandingkan kompor induksi.

Kompor Induksi

Mekanisme mematangkan makanan pada kompor listrik tipe induksi adalah dengan menginduksi peralatan masak, sehingga membuat proses memasak menjadi lebih singkat dibandingkan kompor listrik tipe elektrik.

Selain menawarkan proses pemasakan yang relatif singkat dengan meminimalisir penggunaan listrik, kompor induksi juga lebih aman karena permukaan kompornya tidak panas berkat sistem induksi.

Peralatan masak yang Anda gunakan harus bersifat magnetik. Oleh karena itu, hanya alat masak yang terbuat dari besi dan stainless steel yang dipakai pada kompor induksi. Tak lupa, permukaannya harus datar.

Sekarang ini, kompor induksi juga dibekali fitur pengaturan suhu serta fitur tambahan yang akan mematikan kompor secara otomatis saat suhu panas melebihi ambang yang ditetapkan atau telah dipakai terlalu lama.

Kompor Infrared

Jika Anda ingin memasak dengan waktu yang lebih cepat layaknya kompor induksi pada peralatan yang terbuat dari material tidak bersifat magnetik, maka kompor listrik tipe inframerah lah pilihannya.

Kompor ini menggunakan lampu halogen dalam logam anti-korosi yang dikelilingi radiasi kumparan agar menciptakan panas yang merata. Panas tersebut kemudian diantarkan ke atas kompor dengan sinar infrared secara langsung.

Selain dapat bekerja baik pada seluruh bahan peralatan masak terkecuali plastik, kompor ini juga telah dilengkapi kontrol mode panas sehingga Anda bisa mengatur panas yang ditimbulkan.

Akan tetapi, kekurangan dari kompor listrik infrared sama seperti kompor elektrik, di mana permukaan kompor akan terasa panas sehingga berbahaya jika tersentuh. Panas yang dihasilkan itu pun perlu waktu untuk menghilang agar permukaan kompor dingin kembali.

Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik 2022

Tori TIC-818 Kompor Listrik Induksi

Kompor listrik jenis induksi merk Tori ini memiliki ukuran yang relatif kecil, dengan dimensi 30 x 38 x 8 cm. Tentu saja, produk ini tidak memakan banyak ruang. Dengan sifatnya yang portabel, Anda juga bisa memasukkan kompor ini ke dalam tas untuk dibawa bepergian.

Tori pun membekali 7 fungsi memasak, yaitu hot pot, steam, fry, boiling water, soup, porridge, dan saute. Kompor ini juga dilengkapi fitur automatic shut off yang mematikan kompor secara otomatis ketika maksimal 24 jam kompor dalam keadaan menyala.

Harga Rp. 500.000-750.000

Oxone OX-655S Single Ceramic Stove

Sebagai salah satu perusahaan yang memproduksi alat-alat rumah terbesar di Indonesia, Oxone pun juga menghadirkan Oxone OX-655S Single Ceramic Stove sebagai kompor listrik jenis induksi yang bisa menjadi pilihan masyarakat. Kompor listrik ini terdiri dari satu tungku keramik yang tampak elegan, stylist, dan mewah.

Kompor listrik satu tungku ini bersifat portable, dan pengoperasiannya dibekali oleh fitur canggih yang menjamin keamanan setiap pengguna. Salah satu keunggulan dari kompor listrik ini adalah mempunyai pengaman otomatis saat menyalakan dan mematikan kompor. Dalam penggunaannya, kompor listrik ini memerlukan daya hingga 800 watt untuk kebutuhan memasak dengan suhu tinggi.

Harga Rp. 700.000-950.000

Midea IC 1613

Kompor listrik keluaran Midea ini bertenagakan listrik berdaya 1600 watt, dengan sistem penginduksian, yang akan memanaskan panci dengan sangat cepat. Anda juga dapat menurunkan suhunya hingga ke angka 120 watt untuk mengatur masakan yang perlu dimatangkan secara bertahap.

Jika suhu peralatan mencapai ambang abnormal, sistem konversi energi panas pun akan mati untuk mengaktifkan fungsi perlindungan. Tersedia juga panel kontrol sekali sentuh untuk memudahkan pengoperasian. Ukurannya pun terbilang ringkas, yaitu 35,5 x 27 x 6,5 cm.

Harga Rp. 850.000-1.400.000

Kangaroo KG412i

Kompor listrik berdimensi 31 x 28,5 x 6,5 cm ini memanfaatkan teknologi inframerah dalam membantu Anda menghasilkan makanan matang dalam waktu singkat tanpa memerlukan mekanisme induksi, yang tentunya tidak mengharuskan Anda menggunakan alat masak magnetik.

Kangaroo KG412i mudah dioperasikan melalui tombol sentuh multi fungsi pada badan atasnya. Lapisan kaca tempered yang berkualitas baik menjadikan permukaan kompor tidak mudah tergores pantat panci saat digeser.

Harga Rp. 750.000-1.300.000

Philips HD4932 Viva Collection Induction Cooker

Sebagai produk yang terkenal memproduksi peralatan elektronik yang berkualitas, Philips juga mengeluarkan kompor listrik. Kompor listrik induksi satu tungku yang dijagokan oleh Philips ini menawarkan sensor sentuh untuk berbagai keperluan, mulai dari menghidup dan mematikan, mengatur suhu hingga 6 level daya, dan mengaktifkan fitur lain yang disediakan.

Kompor listrik ini memiliki daya mencapai 2100 watt dengan panel digital yang mudah dibaca membuat mata Anda tidak harus fokus berlebih saat melakukan pengaturan. Philips juga membekali kompor listrik berlapiskan kaca penuh ini dengan fitur Child Lock yang dapat membuat Anda lebih tenang ketika meninggalkan anak di rumah.

Harga Rp. 1.500.000-3.000.000

Cyprus KL-0071

Kompor listrik induksi dari Cyprus KL-0071 ini memiliki fitur 7 pilihan temperatur dan pengatur daya listrik mulai dari 100-600 watt, sehingga Anda bisa mengefektifkan kegiatan memasak di dapur. Bukan cuma itu, Cyprus KL-0071 juga dipercantik dengan adanya layar LED 4 digit untuk membantu memudahkan pengoperasian.

Bagian permukaan kompor listrik ini terbuat dari kaca kristal yang mudah dibersihkan apabila terkena tumpahan air atau kuah kental. Kompor ini juga terkenal sebagai kompor listrik yang hemat listrik karena bisa otomatis mati saat panci diangkat dari tungku.

Harga Rp. 350.000-600.000

Oxone OX-655D Double Ceramic Stove

Oxone juga menghadirkan kompor listrik 2 tungku, yaitu pada seri Oxone OX-655D Double Ceramic Stove. Secara kasat mata, kompor ini memiliki tampilan yang elegan dan mewah, sehingga memberi kesan sebagai produk yang mahal.

Bicara mengenai spesifikasinya, kompor listrik dari Oxone ini dibuat dari bahan stainless steel yang dominan pada bagian badannya. Kedua tungku yang menghantarkan panas pada panci atau alat masak lain terbuat dari bahan keramik yang mudah dibersihkan. Adanya thermal memberi perlindungan dari suhu panas saat menggunakan kompor ini.

Harga Rp. 950.000-1.400.000

MODENA Built in Hob BE-1325

Kompor listrik dari Modena ini memiliki 2 tungku dengan ukuran yang berbeda. Bagian luar kompor ini dibungkus dengan bahan dasar stainless steel yang tidak mudah berkarat. Desainnya begitu mewah, dan dilengkapi oleh tombol pengatur suhu hingga 6 level, dan bisa Anda sesuaikan pula dengan jenis masakan yang dibuat.

Sebagai kompor induksi, kompor ini bisa memberikan suhu panas yang maksimal tanpa harus merasakan panas pada bagian tungku. Tentu hal ini penting karena memberikan perlindungan keamanan jika disentuh secara tidak sengaja, terlebih oleh anak kecil.

Harga Rp. 3.000.000-3.500.000

Getra IC-1100 Kompor Induksi

Kompor ini berdaya 500-1100 watt, dan diklaim mampu menghantarkan panas secara merata berkat panel kristal hitam yang ada pada kompor ini. Kompor ini memiliki panel kontrol yang sensitif, yang akan memberikan respon cepat ketika disentuh.

Kompor listrik 1 tungku ini dapat dijadikan sebagai kompor portable, dan dapat juga ditanam di meja jika Anda ingin menjadikannya semi-permanen. Kompor ini memiliki desain dengan kombinasi warna yang elegan, sehingga dapat memperindah ruangan dapur Anda. Dimensinya hanyak 21 x 25 x 5,8 cm, membuat kompor ini sangat menghemat tempat.

Harga Rp. 400.000-700.000

Maspion S-300 Kompor Listrik

Maspion termasuk merek lokal yang sudah banyak digunakan oleh rumah tangga di Indonesia. Dalam dunia kompor listrik, Maspion pun memiliki kompor listrik S-300 yang dirancang khusus untuk kebutuhan skala kecil dan pengguna yang masih pemula dalam menggunakan kompor listrik.

Kompor ini menawarkan 2 pilihan daya, yaitu 300 watt dan 600 watt. Kompor ini memang perlu waktu yang agak lama agar bisa mencapai suhu panas maksimal. Oleh karena itu, kompor listrik ini lebih cocok digunakan untuk kegiatan memasak yang tidak memerlukan waktu lama, seperti menggoreng tempe, tahu, telur, atau membuat nasi goreng.

Harga Rp. 150.000-200.000
From our editorial team

Jangan Lupa Pastikan Daya Listrik Kompor Sesuai Dengan Daya Rumah Anda

Menggunakan kompor elektrik memang hemat energi, namun ada hal penting yang harus Anda perhatikan. Pastikan daya listrik kompor Anda sesuai dengan daya listrik di rumah Anda. Pilih produk kompor elektrik terbaik dari rekomendasi BP-Guide di atas!