11 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik dan Modern Ini Wajib Dilirik agar Kegiatan Memasak Jadi Lebih Menyenangkan

11 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik dan Modern Ini Wajib Dilirik agar Kegiatan Memasak Jadi Lebih Menyenangkan

Kompor listrik yang modern dan kekinian menawarkan beragam fitur yang lebih canggih. Desain yang cantik dan elegan dipastikan sukses menarik hati Anda yang gemar memasak. Beragam pilihan kompor listrik terbaik ini siap untuk dilirik, lho!

Kepopuleran Kompor Listrik Semakin Meningkat karena Lebih Praktis

Sumber gambar nhadatcantho.info

Salah satu alat dapur yang wajib ada adalah kompor. Pada saat ini terdapat beberapa jenis kompor, tergantung bahan bakarnya. Walau semakin berkurang populasinya, kompor minyak masih ada yang menggunakannya.

Kompor yang mungkin paling banyak digunakan di Indonesia saat ini mungkin adalah kompor gas. Namun begitu, ada jenis kompor lain yang mulai banyak dilirik, yaitu kompor listrik.

Bagi keluarga zaman sekarang, terutama kaum urban, kompor listrik menawarkan berbagai kelebihan yang tidak didapat dari kompor gas. Kompor listrik menawarkan desain yang kompak.

Karena kompor listrik tidak memakai gas, maka Anda pun tidak perlu lagi takut dengan risiko gas yang bocor atau bahkan tabung gas bermasalah dan meledak. Masih banyak kelebihan kompor listrik yang lain. Lebih dari itu semua, kompor listrik semakin populer karena dirasa lebih praktis.

Anda Harus Tahu Jenis-jenis Kompor Listrik

Sumber panas kompor listrik memang sama, yaitu daya listrik. Walau begitu, berdasarkan cara memanaskannya, kompor listrik berbeda-beda jenisnya. Tiga yang paling umum dikenal adalah kompor listrik konvensional, kompor listrik induksi (atau disebut kompor induksi saja), dan kompor listrik infra merah.

Kompor listrik yang masih paling umum digunakan adalah kompor listrik konvensional. Konstruksinya simpel, arus listrik dialirkan ke kumparan kawat nikrom untuk diubah menjadi panas. Nah, panas inilah yang digunakan untuk memasak.

Kompor ini perlu waktu untuk mendapatkan panas maksimal. Tingkat panas bisa disetel, namun efeknya tidak langsung terasa layaknya kompor gas. Di antara kompor listrik lain, kompor listrik konvensional ini harganya paling murah.

Kompor induksi adalah pendatang baru yang semakin diminati. Seperti namanya, kompor ini memanaskan masakan dengan cara menginduksi alat masak yang digunakan melalui induksi (mempengaruhi tanpa menyentuh) elektromagnetik.

Kompor ini bentuknya sangat ringkas dan lebih hemat energi dibanding kompor listrik konvensional (karena sebagian besar panas langsung tersalur pada alat memasak). Walau begitu, kompor ini hanya bisa digunakan untuk alat-alat masak yang induktif dan magnetik bahannya, seperti alat masak stainless steel atau besi.

Kompor infra merah menjadi semacam kompromi atas kelemahan kompor listrik konvensional dan kompor induksi. Kompor ini menggunakan sinar infra merah (biasanya bersumber dari lampu halogen intensitas tinggi).

Kompor ini bisa digunakan untuk alat masak apa saja. Kontrolnya juga intuitif sehingga mirip kompor gas yang bisa terasa langsung efek perubahan panasnya. Kompor infra merah ini juga hemat energi.

Sebelum Membeli Kompor Listrik, Sebaiknya Pertimbangkan Beberapa Hal Ini

Perhatikan Spesifikasi Detail Bagian Pemanas Kompor Listrik

Sumber gambar exlog.info

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kompor listrik memiliki bagian pemanas yang berbeda-beda. Untuk itu, saat akan membeli, pastikan jenis kompor apa yang ingin Anda gunakan.

Kompor listrik konvensional dan infra merah memiliki konstruksi mirip kompor gas umumnya. Namun, jika Anda ingin kompor listrik yang tampak datar dan modern, kompor induktif bisa menjadi pilihan.

Pilih Kompor yang Memiliki Variasi Level Panas

Sumber gambar www.ikea.com

Selanjutnya, tentukan tingkat panas kompor yang Anda inginkan, karena ini terkait dengan jenis masakan yang Anda masak. Berbagai masakan membutuhkan tingkat panas masing-masing untuk bisa matang sempurna.

Sederhananya, semakin besar panas yang Anda butuhkan, maka semakin besar pula daya (watt) yang Anda perlukan. Oleh karena itu kompor listrik yang ideal harus memiliki kisaran/jangkauan daya yang luas. Sehingga Anda bisa memasak untuk masakan yang hanya perlu tingkat panas yang kecil, sedang, atau tinggi.

Sesuaikan dengan Konsumsi Daya Listrik di Rumah

Sumber gambar www.fisherpaykel.com

Selanjutnya, ini yang paling penting namun sering terlupakan, cocokkan daya listrik rumah Anda dengan kompor listrik yang Anda incar.

Jika ternyata kompor listrik memiliki daya yang akan bisa membuat sekring listrik rumah selalu mati karena kelebihan beban, maka silakan pilih kompor listrik dengan kisaran daya yang lebih cocok.

Daya kompor listrik ideal, misalnya untuk kompor induksi, adalah 600 Watt. Namun disarankan untuk memilih jalan tengah yang lebih ideal, umumnya sekitar 1000 Watt.

Beli Produk dari Merek yang Tepercaya

Sumber gambar www.thespruce.com

Terakhir, karena Anda menggunakan kompor bukan hanya satu atau dua hari saja, cari kompor listrik kualitas terbaik. Sebagai acuan sederhana, cari saja merek kompor yang telah dipercaya oleh masyarakat. Selain mendapat kualitas barang bagus, pelayanan purna jualnya pun juga umumnya sangat terjamin.

Inilah 11 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik untuk Anda

[Paket Bonus] Beli Kompor Listrik Maspion S300 Bonus Frypan 18CM

Sumber gambar shopee.co.id

Rekomendasi pertama kompor listrik yang pertama jatuh pada Maspion Electic Stove S-300. Produk lokal berkualitas ini memiliki desain satu tungku yang manis. Bodinya dari besi kokoh, dengan finishing yang modern dan elegan. Daya terendah 300 Watt dan daya maksimum 600 Watt.

Elemen pemanasnya menggunakan kawat berkualitas tinggi yang cepat panas dan tahan lama. Untuk pengaturan panas, disediakan kenop yang praktis, mirip dengan kenop pengatur panas pada kompor gas. Anda bisa mendapatkan produk ini di Shopee dengan harga Rp159.900.

Philips HD4932 Kompor Induksi - Hitam + Free Panci

Sumber gambar www.blibli.com

Philips juga menawarkan kompor listrik bagi Anda, Philips HD-4932. Desainnya sangat minimalis dan elegan khas Eropa. Permukaan kompor induksi ini dibuat dari kaca yang elegan. Kompor satu tungku ini bisa digunakan untuk alat masak berdiameter 10 – 23.

Untuk kemudahan kontrol, terdapat panel digital yang praktis. Ada pula timer (pewaktu) masak 1-120 menit dan fitur mematikan kompor secara otomatis. Daya yang diperlukan 400-2100 watt dengan 6 level pengaturan daya. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 1.075.000 dan dapatkan panci gratisnya.

Rinnai RB-3002H-CB

Sumber gambar www.bukalapak.com

Untuk urusan kompor, tentu saja Rinnai tidak bisa dilupakan. Merek ini membawa Rinnai RB-3002H-CB. Desain kompor ini sangat simpel dan modern, dengan lapisan kaca tahan panas schott ceran yang elegan. Tungkunya ada dua dengan kekuatan panas 1,2-1,8 kW/jam.

Untuk kontrolnya, ada 9 pilihan yang bisa Anda gunakan secara mudah melalui layar sentuh. Fitur lain yang menawan adalah safety child lock untuk keamanan si buah hati. Anda bisa mendapatkan kompor ini di Bukalapak dengan harga Rp 4.554.300.

Idealife IL-401s Electric Hot Stove Kompor Listrik 1 Tungku [Low Watt]

Sumber gambar www.blibli.com

Untuk kompor listrik praktis dan hemat listrik, ada Idealife IL-401s Electric Hot Stove Kompor Listrik 1 Tungku low watt. Kompor satu tungku ini memiliki rentang daya 100-500 Watt. Untuk kenyamanan Anda, kompor Idealife ini juga dilengkapi lampu indikator serta auto thermostat.

Mungkin tercium bau gosong pada 15 menit pertama penggunaan, namun itu normal. Karena lapisan pelindung elemen terbakar. Selanjutnya kompor bisa dipakai secara normal. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 150.000.

Modena - PI-1315

Sumber gambar www.bukalapak.com

Satu hal yang khas dari kompor Modena adalah desainnya yang selalu terkini. Termasuk produk kompor listrik induksi, Modena - PI-1315 ini memiliki desain manis dengan permukaan kaca keramik.

Kompor satu tungku ini juga memiliki berbagai fitur canggih, seperti kontrol dengan panel layar sentuh (dengan 8 program otomatis), level daya hingga 8 tingkat, timer, sakelar off otomatis, serta fitur lainnya. Anda bahkan juga mendapat ekstra stainless steel pan. Anda bisa mendapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga Rp1.116.000.

Oxone OX-655D Double Ceramic Stove Kompor Listrik [2 Tungku]

Sumber gambar www.blibli.com

Salah satu produsen peralatan rumah tangga berkualitas, Oxone, menawarkan kompor listrik 2 tungku yang hemat listrik, yakni Oxone OX-655D Double Ceramic Stove Kompor Listrik 2 Tungku. Tungku besar berkapasitas 800 Watt, sementara tungku kecil 600 Watt.

Kompor berdesain keren ini dilengkapi fitur pelindung panas berlebih. Untuk keselamatan, ada pula lampu power yang akan menyala saat kompor dipakai. Anda bisa membeli produk ini di Blibli dengan harga Rp 875.000.

Midea IC-1613 Pemasak Listrik Induksi Free Panci & Teflon

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kompor induksi satu tungku Midea IC-1613 Pemasak Listrik Induksi juga direkomendasikan untuk Anda. Kompor ini memiliki sistem pemanas yang sangat efektif. Untuk pengaturannya, ada 8 level kontrol daya. Konsumsi dayanya sendiri adalah 800 Watt. Bodinya dari keramik yang tahan panas. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 730.000.

Akebonno Kompor Listrik Sinar Inframerah MSP 3103C

Sumber gambar www.bukalapak.com

Ingin kompor infra merah? Akebonno Kompor Listrik Sinar Inframerah MSP 3103C bisa menjadi pilihan. Kompor satu tungku ini memiliki rentang daya 100-1500 Watt. Permukaannya dari kaca datar sehingga mudah dibersihkan.

Ada 7 kontrol praktis untuk memasak berbagai masakan. Anda pun bisa menggunakan berbagai jenis alat masak, bukan hanya logam atau stainless steel saja. Untuk memanggang pun juga bisa. Anda bisa mendapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga Rp 687.000.

Cyprus KL-0071 Kompor Induksi Elektrik - Hitam

Sumber gambar www.blibli.com

Kompor listrik satu tungku Cyprus KL-0071 Kompor Induksi Elektrik - Hitam adalah rekomendasi selanjutnya. Kompor induksi manis ini memiliki desain permukaan kaca kristal yang anggun.

Daya listriknya antara 100-500 Watt dengan 7 opsi pengatur temperatur. Untuk kontrol, ada layar LED 4 digit. Anda bisa mendapatkan produk yang hemat listrik dan ekonomis ini di Blibli dengan harga Rp 399.000.

Ariston DK 2 KL IX Vitro Ceramic Stainless steel Kompor Tanam

Sumber gambar www.blibli.com

Untuk dapur yang indah, tentu saja kompor induksi dua tungku Ariston DK 2 KL IX Vitro Ceramic Stainless steel Kompor Tanam ini adalah pilihan yang tepat. Desainnya sangat manis dengan bahan vitro ceramic stainless steel yang kokoh dan elegan.

Kompor tanam ini memiliki 6 tingkat pengatur panas pada setiap tungkunya. Ada pula sensor panas berupa lampu yang tetap menyala saat tungku masih panas atau menyisakan panas. Anda bisa mendapatkan kompor premium ini di Blibli dengan harga Rp 8.976.000.

Maspion S 302 Kompor Listrik Electric Stove S302

Sumber gambar www.blibli.com

Penutup dari rekomendasi kompor listrik kali ini kembali pada Maspion. Maspion S302 adalah kompor satu tungku yang memiliki rentang daya 300-600 Watt. Desainnya manis, khas kompor masa kini dengan bentuk bulat unik.

Untuk kenyamanan Anda, ada fitur thermostat dan thermofuse yang mencegah panas berlebih dan mati dengan sendirinya jika sampai overheat terjadi. Kompor ini dilengkapi fitur lampu indikator juga. Anda bisa mendapatkannya di Blibli dengan harga Rp 135.800.

From our editorial team

Yakin Nggak Jatuh Hati dengan Kompor Listrik Ini?

Kompor listrik yang memiliki beberapa keunggulan dari kompor gas, pastinya membuat Anda ingin untuk memilikinya, bukan? Dengan pilihan terbaik yang telah kami tawarkan, Anda bisa memilih kompor listrik yang paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.