8 Peralatan Dapur Canggih yang Mudah dan Efisien untuk Membuat Makanan Lezat (2018)

8 Peralatan Dapur Canggih yang Mudah dan Efisien untuk Membuat Makanan Lezat (2018)

Salah satu hal yang membuat Anda malas turun ke dapur mungkin karena aktivitas memasak ini membutuhkan waktu yang lama. Padahal tidak selalu begitu. Apalagi jika Anda menggunakan peralatan dapur yang canggih, maka waktu memasak Anda di dapur bisa menjadi lebih singkat dan masakan yang dihasilkan pun tetap lezat.

Peralatan Dapur Canggih Kini Semakin Memudahkan Kegiatan Memasak

Sepertinya akan sangat menyenangkan jika rumah dilengkapi dengan berbagai peralatan dapur yang memudahkan dalam memasak, bener nggak? Nah, saat ini sudah mulai banyak bermunculan peralatan dapur canggih yang dapat memudahkan kegiatan memasak sehingga Anda tidak ribet dan tidak perlu menghabiskan waktu di dapur. Semakin hari semakin banyak inovasi peralatan masak dengan berbagai desain dan bentuk yang sesuai tren.

Tips Memilih Peralatan Dapur yang Aman dan Berkualitas

Peralatan dapur yang kini beredar di pasaran, baik di toko fisik maupun online sangat bervariasi sehingga terkadang membuat pembeli menjadi bingung untuk memilih. Anda perlu memilah dengan baik peralatan dapur yang akan dipakai dan memperhatikan sejumlah faktor agar tidak salah pilih.

Punya Fitur Anti Lengket

Peralatan dapur yang banyak menjadi pilihan ibu-ibu rumah tangga adalah punya fitur anti lengket, khususnya wajan. Teflon adalah merek yang memproduksi perkakas dapur yang menggunakan material polytetrafluoroethylene (PTFE) atau antilengket. Akhirnya semua peralatan dapur yang antilengket disebut dengan teflon. Dalam keadaan suhu paling panas, teflon tidak akan meleleh.Titik leleh teflon adalah pada suhu 500 derajat Celsius. Jadi teflon aman dipakai untuk memasak sehari-hari.

Namun, Anda tetap perlu berhati-hati karena peralatan masak dengan fitur anti lengket berkualitas rendah justru membawa zat karsinogen yang memicu kanker. Carilah alternatif lain, seperti alat masak yang dibuat dari bahan enamel berkualitas tinggi dan dilapisi besi cor atau baja. Sifat anti lengket bahan enamel ini alami dan tidak bersifat reaktif dengan zat-zat kimia lainnya.

Selain itu, tersedia pula peralatan masak berbahan stainless steel yang biasanya terbuat dari campuran nikel dan krom. Meskipun begitu, sebaiknya pilih peralatan masak, seperti panci dengan campuran nikel yang minim agar campuran nikel tidak mudah larut ke dalam makanan.

Perhatikan Cara Merawatnya

Anda perlu memperhatikan cara merawat peralatan dapur sesuai bahannya agar tetap awet dan tahan lama. Berikut langkah-langkahnya.

Peralatan Dapur Anti Lengket

  • Jangan gunakan spatula, sendok panci, atau sodet berbahan logam untuk menghindari goresan pada lapisan antilengket wajan atau panci.
  • Gunakan api kecil ketika memasak dengan peralatan masak anti lengket agar tidak mengelupas atau menguap yang bisa menjadi racun yang berbahaya.
  • Jika peralatan anti lengket yang masih panas buru-buru dicuci, maka bisa merusak lapisannya. Dinginkan dulu, lalu cuci dengan air sabun dan spons lembut.
  • Bila ingin disimpan, lapisi dengan sedikit minyak goreng sehingga kelembapannya tetap terjaga.

Peralatan Dapur Stainless Steel

  • Peralatan berbahan stainless steel bisa dicuci seperti biasa dengan sabun cuci piring dan spons lembut. Setelah dicuci segera dilap agar tidak menimbulkan bercak. Jika terdapat noda bandel, bersihkan dengan campuran baking soda dan air.

Cermati Harga dan Kualitasnya

Hal lainnya yang perlu dipertimbangkan ketika membeli peralatan dapur adalah harga dan kualitasnya. Harga yang mahal belum menjadi jaminan bahwa kualitas barang tersebut bagus, begitu pun sebaliknya. Peralatan dapur dengan harga yang murah belum tentu murahan. Lakukan perbandingan harga terhadap barang yang akan dibeli dan sesuaikan dengan dana yang dimiliki. Jika memungkinkan, cobalah untuk melakukan penawaran harga. Tentunya, pastikan untuk melihat kualitasnya juga.

Usahakan Membeli Alat Dapur dengan Fungsi Tunggal

Belilah peralatan dapur dengan fungsi tunggal, seperti wajan yang hanya dipakai untuk menggoreng saja dan panci yang hanya untuk merebus saja. Peralatan masak yang fungsinya tunggal juga lebih awet karena didesain untuk satu pekerjaan.

Rekomendasi 8 Peralatan Dapur Canggih Terbaru

Semakin berkembangnya teknologi, maka muncul juga peralatan-peralatan dapur terbaru yang sangat canggih. Wah..tentunya akan semakin memudahkan Anda saat memasak ya, ladies! Alat-alat dapur ini dibuat untuk menghemat waktu persiapan makanan dan mengatasi permasalahan yang ada di dapur. Keren, kan? Nah, berikut beberapa inovasi canggih yang dibuat untuk melengkapi dapur cantik Anda.

The Orange Chef Prep Pad-Smart Food Scale

Sumber gambar www.amazon.com

Alat ini cocok untuk Anda yang peduli dengan konsep makanan sehat. Dengan alat ini, Anda bisa mengetahui nilai kalori, lemak, dan karbohidrat yang tepat dalam makanan. Memiliki akses informasi sekitar 3000 jenis makanan dan bisa memindai barcode. Makanan yang pernah Anda makan juga tersimpan rapi di dalam alat ini. Harganya sekitar Rp 360 ribu dan bisa diperoleh di Amazon.

Hurom HG-EBE11 slow juicer

Sumber gambar www.ruparupa.com

Produk lainnya adalah Hurom HG-EBE11 Mesin Slow Juicer Stainless. Alat ini dibanderol dengan harga Rp 6.398.000. Terbuat dari bahan stainless steel yang higienis dan aman. Alat ini bisa digunakan untuk membuat jus sayuran maupun buah-buahan.

Dilengkapi teknologi slow squeezing technology yang memiliki pergerakan motor mesin yang rendah. Nutrisi sayuran dan buah-buahan yang dijus pun tetap terjaga.Daya konsumsi listrik yang diperlukan adalah 150 watt. Silakan beli di ruparupa.com untuk membelinya.

LG GCM237JGNN Kulkas Multi Door

Sumber gambar www.blibli.com

LG Electronics mengeluarkan produk-produk pilihan yang dibuat dengan sangat inovatif. LG GCM237JGNN Kulkas Multi Door memiliki kapasitas 679 liter dan dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Kulkas ini dapat menjaga makanan tetap higienis dan segar.

Jika Anda memasukkan makanan hangat ke dalam kulkas atau pintu kulkas terbuka tidak sengaja, alarm fitur digital multi sensor akan berbunyi dan membantu menjaga suhu di dalam kulkas agar tetap dingin. Harga kulkas ini Rp 18,5 juta dan bisa dibeli di Blibli.

Samsung Smart Fridge Family Hub 2.0

Sumber gambar www.bestbuy.com

Beralih ke alat elektronik lainnya ada Samsung Smart Fridge Family Hub 2.0. Ini adalah produk kulkas Samsung dengan desain yang bagus serta berfitur lengkap. Fitur kamera pada kulkas bisa memantau isi kulkas dan memberikan pemberitahuan kedaluwarsa makanan.

Sistem triple cooling system menjaga makanan lebih segar dan tahan lama. Produk ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 46 juta di bestbuy.com.

Pantelligent Smart Frying Pan

Sumber gambar www.amazon.com

Tidak hanya kulkas, hadir pula Pantelligent Smart Frying Pan yang siap membantu Anda. Produk ini dilengkapi dengan sensor yang mengatur temperatur makanan tepat setelah makanan tersebut menyentuh wajan. Ada pula fitur yang bisa mengontrol panas secara otomatis. Anda dapat membuat steak dengan mengatur tingkat kematangan dan ketebalan daging menggunakan produk ini.

Untuk harganya, Pantelligent Smart Frying Pan dibanderol dengan harga berkisar Rp 2,6 juta di Amazon.

Smoothie Maker

Sumber gambar tokoonline88.com

Alat pembuat smoothie ini sangat unik karena otomatis beroperasi ketika dimiringkan ke atas hingga 180 derajat. Dilengkapi dengan 3 buah cangkir plastik ukuran 480 ml, 280 ml dan 150 ml. Dilengkapi pula dengan 4 buah mata pisau untuk menghasilkan smoothies. Fungsi turbo boost bisa menghancurkan es dengan tepat. Jika tertarik silakan beli di tokoonline88.com dengan harga Rp 1.121.250.

Simplehuman Sensor Can

Sumber gambar www.amazon.com

Simplehuman Sensor Can merupakan tempat sampah pintar yang dilengkapi dengan perintah suara untuk membuka atau menutup mulut tempat sampah secara lisan. Selain itu, tempat sampah ini diberi sensor gerak dan tersedia dalam dua varian, yaitu ukuran lebih kecil seharga 2,4 juta rupiah dan ukuran lebih besar dengan harga berkisar Rp 3,2 juta.

Versi kedua yang dirilis pada bulan Mei 2017 diberi kemampuan untuk melacak isi dari kantong sampah. Anda cukup melambaikan tangan saja, maka tong sampah akan terbuka dan tidak langsung menutup sebelum selesai membuang sampah. Anda bisa mendapatkan tempat sampah canggih ini di Lazada.

Crock-Pot SCCPWM600-V2 Wemo Smart Wifi-Enabled Slow Cooker

Sumber gambar www.amazon.com

Tersedia juga produk slow cooker yang menawarkan kepraktisan dalam memasak lengkap dengan tungku dan pelapis yang mudah dibersihkan. Cukup hubungkan dengan aplikasi WeMo, maka Anda bisa menyesuaikan waktu dan suhu memasak dengan lebih akurat.

Aplikasi WeMo ini dapat diunduh secara gratis di perangkat dengan sistem operasi iOS 7 atau yang lebih tinggi dan Android 4.0 atau lebih tinggi. Untuk harganya, slow cooker ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,8 juta.

From our editorial team

Menggunakan Peralatan Dapur dengan Baik Membuat Alat Lebih Awet

Nah, itulah beberapa peralatan dapur canggih yang dapat kami rekomendasikan untuk Anda. Apakah Anda tertarik untuk memiliki salah satunya? Secanggih apa pun alatnya, penggunaan dan perawatan yang tepat dapat memperpanjang masa pemakaian. Jadi gunakan dengan benar, ya. Happy Shopping!

Tag