Memasak Lebih Mudah dengan 10 Kompor Gas Termahal yang Bikin Memasak Semakin Nyaman (2020)

Memasak Lebih Mudah dengan 10 Kompor Gas Termahal yang Bikin Memasak Semakin Nyaman (2020)

Kompor adalah alat terpenting saat memasak. Bukan hanya aman, desain kompor juga harus diperhatikan supaya interior dapur jadi lebih stylish. Melalui artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi kompor termahal yang aman dan desainnya menarik.

Kompor Gas Adalah Elemen Terpenting di Dapur

Dapur tidak bisa disebut sebagai dapur jika tidak ada kompor di dalamnya. Tidak dapat dipungkiri, kompor memang menjadi elemen yang paling penting di dapur. Jenis kompor yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah kompor gas. Harga kompor gas yang relatif lebih murah dan gas yang bisa diisi ulang memang membuat masyarakat lebih nyaman menggunakannya.

Jenis-jenis kompor yang dijual di pasaran juga beragam. Ada yang murah, ada juga yang sangat mahal lho. Semua tergantung pada bahan yang digunakan, fitur-fitur apa saja yang ditawarkan oleh kompor gas, hingga desain kompor itu sendiri. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi lengkap tentang kompor gas termahal.

Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan tips memilih kompor gas yang sesuai dengan kebutuhan hingga jenis kompor gas yang dijual di luar sana.

Jenis-Jenis Kompor Gas yang Dijual Di Pasaran

Kompor Gas Portabel

Kompor gas jenis ini adalah kompor gas yang banyak ditemukan di dapur rumah tangga. Kelebihan dari kompor gas portabel adalah komponen yang mudah dibongkar pasang, mudah dipindahkan, dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Kompor gas portabel biasanya diletakkan di atas meja dapur, lalu selang gas dipasang melewati bagian belakang untuk disalurkan pada tabung yang ada di bawah meja.

Jika Anda ingin dapur terlihat rapi, Anda bisa menggunakan meja tertutup supaya selang dan tabung tidak terlihat dari luar. Kompor gas portabel biasanya terdiri dari 2 atau 4 tungku.

Kompor Gas Tanam

Kompor gas tanam disebut-sebut sebagai kompor gas yang paling aman karena menyatu dengan meja dapur. Selangnya pun tersembunyi sehingga Anda tidak perlu repot memasangnya saat baru membeli kompor ini.

Namun hal yang harus diperhatikan adalah kompor ini bersifat permanen dan tidak bisa dipindahkan sewaktu-waktu. Jadi jika Anda termasuk orang yang suka mengubah-ubah tatanan dapur, sebaiknya pikirkan dulu sebelum memilih kompor ini.

Salah satu keunggulan kompor ini adalah tampilan yang sangat rapi dan elegan, membuat tampilan dapur semakin cantik saja.

Kompor Gas Freestanding

Dari segi ukuran, kompor gas freestanding adalah yang paling besar dari kompor gas jenis lainnya. Disebut freestanding karena kompor ini berdiri sendiri dan dilengkapi pelindung di bagian belakang kompor yang juga dapat difungsikan sebagai backsplash. Kompor freestanding umumnya terdiri dari 4 hingga 6 tunggu dan dilengkapi dengan oven pada bagian bawah.

Kompor jenis ini sangat aman buat Anda yang hobi masak dan membuat kue atau menjalankan bisnis makanan kecil-kecilan. Kompor 2 in 1 ini meski harganya sedikit mahal namun tetap lebih hemat daripada harus membeli kompor dan iven secara terpisah.

Kompor Gas Tungku

Umumnya kompor gas memiliki 3 pilihan tungku yaitu 1 tungku, 2 tungku, dan 4 tungku. Buat Anda yang punya dapur kecil dan hidup sendiri atau berdua dengan pasangan, kompor 1 tungku saja sudah cukup.

Sedangkan kompor 2 tungku banyak digunakan oleh ibu rumah tangga karena bisa bekerja menghasilkan 2 hidangan sekaligus secara bersamaan.

Sementara itu, kompor 4 tungku sangat disukai oleh para koki profesional dan penjual makanan karena lebih hemat waktu. Anda yang hobi memasak juga boleh lho menggunakan kompor ini.

Kompor Gas Komersil

Sumber gambar shopee.co.id

Berbeda dengan kompor gas yang digunakan untuk keperluan rumah tangga, kompor gas komersil hadir dalam diameter yang sangat besar. Selain itu, material pembuatnya adalah cor sehingga memiliki kekuatan yang lebih besar dan mampu menampung makanan dalam jumlah sangat banyak.

Kompor satu tungku ini memask dimaksudkan untuk keperluan komersil seperti di restoran hingga layanan catering skala besar. Diameter yang besar mampu menghasilkan api yang besar, dengan demikian makanan bisa lebih cepat matang dan bisa memasakan beberapa porsi sekaligus.

Cara Memilih Kompor Gas Sesuai Kebutuhan

Perhatikan Jumlah Tungku dan Jarak Antar Tungku

Jumlah tungku menjadi hal pertama yang harus diperhatika ketika akan membeli kompor. Apabila Anda tinggal sendirian, maka kompor 1 tungku yang ringkas sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan dapur. Namun jika Anda harus memasak setiap hari, pilih kompor dengan 2 tungku. Berbeda lagi jika Anda menjalankan bisnis makanan, maka memiliki kompor dengan banyak tungku dapat menghemat waktu.

Jarak antar tungku juga harus dipertimbangkan. Sebaiknya pilih kompor yang jarak antar tungku selebar ukuran tungku itu sendiri. Tujuannya agar Anda lebih nyaman saat memasak meski menggunakan wajan atau panci yang besar.

Pilih yang Terbuat dari Bahan Stainless Steel

Bahan kompor gas yang bagus adalah stainless steel karena lebih kokoh dan tidak mudah berkarat. Artinya kompor gas Anda bisa awet dan lebih stabil saat digunakan. Perhatikan juga bahan pembuat bumer atau tempat keluarnya api. Bumer yang terbuat dari bahan kuningan dapat menyebarkan panas dengan lebih cepat sehingga membuat masakan lebih cepat matang juga.

Utamakan Produk Berlogo SNI

Sumber gambar liputan6.com

Ini dia yang tidak kalah penting. Jika Anda ingin mendapatkan garansi resmi bahwa kompor yang Anda beli memang aman, pilih produk yang berlogo SNI, bukan hanya garansi dari pebariknya saja. Dengan demikian Anda boleh merasa yakin bahwa kompor Anda memang aman dan berkualitas. Selain itu, beli kompor yang setidaknya memiliki garansi selama 1 tahun.

Rekomendasi Kompor Gas Termahal Agar Memasak Semakin Mudah dan Nyaman

Modena Kompor Tanam Gas 4 Tungku CRISTA BH 1945

Rekomendasi kompor gas pertama datang dari Modena, tepatnya seri Modena Kompor Tanam Gas 4 Tungku CRISTA BH 1945. Kompor gas model open burner ini hadir dengan 4 tungku serbaguna yang dapat digunakan secara bersamaan.

Fitur-fitur unggulan yang ditawarkan oleh produk ini adalah buner yang terbuat dari bahan brass dan aluminium sehingga mampu mengantarkan panas dengan baik. Gas Safety Technology memastikan produk ini aman digunakan. Api mudah dinyalakan dengan One Hand Ignition, serta bagian atas kompor terbuat dari bahan tempered glass berkualitas.

Burner atau lubang api terdiri atas 3 ukuran berbeda yakni Small, Medium, dan Large. Dimensi produk sendiri adalah 865 x 510 x 100 mm.

Harga Rp. 3.700.000-5.500.000

Kompor Gas Tanam Rinnai RB 712 N

Selanjutnya ada Kompor Gas Tanam Rinnai RB 712 N yang bisa menjadi produk pilihan Anda. Kompor gas dengan pilihan warna Black dan White ini menawarkan sederet fitur unggulan yang menggoda. Sebuat saja seperti Schott Glass pada permukaannya, Wok Adaptor, Enamel Iron Burner Head, dan Aluminium Die Cast Burner.

Tempered glass dengan ketebal 8 mm mampu menahan panas hingga mencapai suhu 280 derajat celcius dengan kemampuan menahan beban hingga 100 kg. Dilengkapi dengan Extra Wok Adaptor yang dapat digunakan sebagai tatakan tambahan untuk wajan dengan segala ukuran.

Kompor dengan dimensi 780 x 465 x 122.6 mm ini memiliki garansi resmi selama 1 tahun untuk sparepart. Desainnya yang elegan akan membuat dapur terlihat lebih stylish dan Anda semakin betah memasak.

Harga Rp. 1.650.000-2.500.000

Sanken Kompor Gas Kaca 2 Tungku SG-369DX2

Kompor 2 tungku adalah pilihan paling ideal untuk penggunaan rumah tangga atau buat Anda yang memasak setiap hari. Sanken Kompor Gas Kaca 2 Tungku SG-369DX2 bisa jadi produk unggulan yang dipertimbangkan. Tipe bodi glass top memberikan tampilan modern dan elegan pada kompor ini.

Dimensi kompor adalah 730 x 410 x 116 mm dengan jarak antar tungku yang lebar. Kompor ini menggunakan tungku Api Putar yang membuat masakan lebih cepat matang namun menghemat gas. Satu tungku dilengkapi api lilin dan suporter untuk panci berukuran kecil. Enamel Bracket membantu kompor menahan beban berat saat menggunakan panci besar.

Permukaan kompor menggunakan bahan Super Tempered Glass yang tahan panas dan mudah dibersihkan. Sementara itu, bagian bawah kompor diberi lapisan aluminium untuk mencegah panas berlebih saat kompor digunakan.

Harga Rp. 750.000-1.500.000

Winn Gas Kompor Tanam 3 Tungku W-999

Membeli kompor jangan asal pilih. Desain juga harus menjadi hal utama yang dipertimbangkan jika Anda ingin tampilan dapur semakin menawan. Winn Gas Kompor Tanam 3 Tungku W-999 bisa jadi pilihan tepat. Kompor dengan desain yang simpel dan elegan ini juga mudah digunakan lho.

Api biru yang dihasilkan membuat kegiatan memasak menjadi lebih efisien dan cepat matang. Dilengkapi dengan Auto Gas Stopper yang dapat mencegah kebocoran gas ketika knob terbuka. Sementara Safety Device memberikan kemudahan api menyala hanya dalam sekali tekan dan putar saja.

Terdiri dari 2 tungku turbo dan 1 tungku mini dengan permukaan plat anti karat berlapis kaca. Kompor berdimensi 790 x 460 x 165 mm ini memiliki water try, pemantik otomatis, dan keamanan tingkat tinggi.

Harga Rp. 2.500.000-3.500.000

Kompor Gas RINNAI RI2RSP Professional

Membahas merek kompor berkualitas tidak bisa mengabaikan Rinnai. Kompor Gas RINNAI RI2RSP Professional adalah kompor yang dirancang khusus untuk memasak makanan dalam porsi besar sekaligus. Bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga atau untuk restoran.

Desain yang kokoh memastikan kompor ini awet dan tahan lama. Terdiri dari 2 tungku yang bisa digunakan secara bersamaan, memastikan memasak menjadi lebih efisien. Permukaan kompor juga sangat mudah dibersihkan karena memiliki lapisan anti lengket. Dimensi kompor adalah 750 x 199 x 486 cm.

Finishing yang menawan memberikan sentuhan berbeda pada dapur Anda. Dapur akan terkesan lebih rapi dan modern.

Harga Rp. 1.300.000-1.700.000

Ariston DD642AICE Built in Gas Hob

Kompor gas tanam adalah solusi praktis untuk tampilan dapur yang modern dan elegan. Ariston DD642AICE Built in Gas Hob hadir dalam desain ekslusif dan warna hitam menawan. Kompor tanam 60 cm ini terdiri dari 4 tungku, pemantik listrik, dan pemantik listrik 1 tangan.

Fitur unggulan yang ditawarkan antara lain adalah sensor pengaman otomatis, sistem pengaturan gas yang akurat, serta permukaan kaca yang kokoh dan tahan panas. Tatakan kompor dilengkapi lapisan enamel dan adaptor untuk penggunaan kuali. Kaca kristal ICEBERG memberikan finishing yang sangat cantik.

Harga Rp. 8.200.000-11.000.000

Kompor Blue Gaz Next-G Safety Timer

Berikutnya ada rekomendasi produk bernama Kompor Blue Gaz Next-G Safety Timer dengan 2 tungku yang sangat aman. Fitur unggulan pada kompor ini adalah Gas Flow Safety Device yang dapat menjamin keamanan saat memasak. Aliran gas akan tertutup secara otomatis jika api mati secara tiba-tiba.

Permukaan kompor terbuat dari bahan stainless steel berkualitas yang kokoh dan tidak berkarat. Burner terbuat dari kuningan sehingga mampu menghantarkan panas dengan baik. Bodi kompor dilengkapo dengan Powder Coating, membuat warna lebih awet dan tahan lama.

Burner besar bisa digunakan untuk memasak dalam jumlah besar sementara burner kecil berfungsi untuk menumis dan menggoreng. Beban maksimal yang bisa ditanggung oleh kompor ini adalah 20 kg.

Harga Rp. 1.800.000-2.500.000

Kompor Gas Freestanding Italian 839 SS Stainless By Elba Italy

Buat Anda yang suka kompor dan oven praktis dalam satu produk, maka Kompor Gas Freestanding Italina 839 SS Stainless By Elba Italy bisa jadi pilihan tepat. Bodi kompor dan oven full terbuat dari bahan stainless steel berkualitas. Bagian dalamnya juga dilengkapi dengan kawat anti tikus agar lebih nyaman digunakan.

Terdiri dari kompor, grill, dan oven yang bisa digunakan bersamaan, membuat waktu memasak menjadi lebih singkat dan efisien. Dilengkapi dengan pemantik elektrik dan pan support berbahan enamel. Total dimensi produk ini adalah 850 x 860 x 50 cm.

Harga Rp. 9.500.000-14.000.000

Winn Kompor Gas 4 Tungku + Oven W5050

Kompor freestanding menjadi pilihan untuk memasak yang lebih mudah sekaligus memberi sentuhan mewah pada dapur. Winn Kompor Gas 4 Tungku + Oven W5050 adalah kompor dan oven yang terbuat dari bahan plat berlapis kaca dengan burner berbahan kuningan.

Kompor ini bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga atau komersial. Dilengkapi juga dengan grill atau pemanggang yang besar di bagian bawah. Kompor memiliki tingkat keamanan tinggi, mudah digunakan, dan pemantik otomatis. Dimensi kompor secara keseluruhan adalah 580 x 483 x 903 mm.

Harga Rp. 3.500.000-5.000.000

Winn Gas W-888

Produk terakhir yang direkomendasikan adalah Winn Gas W-888. Kompor gas tanam dengan 2 tungku ini terbuat dari plat kaca di bagian atas dengan enamel anti karat, serta knob dan pemantik otomatis. Mudah dan aman digunakan.

Desain yang minimalis akan mempercantik tampilan dapur Anda. Mudah dibersihkan setelah dipakai, cocok untuk kebutuhan rumah tangga. Burner Cap terbuat dari bahan kuningan yang mudah menghantarkan panas sehingga masakan matang secara merata.

Dimensi produk ini adalah 710 x 390 x 50 mm.

Harga Rp. 1.000.000-2.000.000
From our editorial team

Menjaga Kebersihan Kompor Harus Jadi yang Utama

Jangan hanya membeli kompor mahal saja tapi kebersihannya tidak diperhatikan ya! Setiap selesai memasak, pastikan Anda membersihkan kompor hingga kinclong seperti semula. Selain menjaga keawetan juga untuk mencegah menumpuknya bakteri dan kotoran dari sisa masakan sebelumnya. Yuk, tingkatkan semangat memasakmu dengan rekomendasi kompor termahal BP-Guide tadi!