Suka Memasak Banyak Makanan Sekaligus? Simak 10 Rekomendasi Kompor Gas 4 Tungku Serbaguna Ini (2020)

Suka Memasak Banyak Makanan Sekaligus? Simak 10 Rekomendasi Kompor Gas 4 Tungku Serbaguna Ini (2020)

Kompor menjadi kebutuhan paling utama di dapur. Jika Anda termasuk orang yang suka memasak atau menjalankan bisnis makanan, Anda pasti membutuhkan kompor dengan banyak tungku. Yuk, simak rekomendasi kompor gas 4 tungku terbaik dari BP-Guide dalam artikel ini.

Kompor Gas 4 Tungku Jadi Solusi Memasak Praktis dan Cepat

Kompor gas adalah kompor yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, baik itu untuk keperluan rumah tangga maupun komersial. Kompor gas dinilai jauh lebih efisien dibandingkan penggunaan kayu bakar atau kompor minyak tanah.

Seiring berkembangnya zaman, kompor gas juga mengalami banyak perubahan. Kini kompor gas hadir dengan banyak tungku agar bisa mengakomodasi kebutuhan penggunanya. Jika Anda merasa kompor 2 tungku saja tidak cukup, saatnya beralih ke kompor 4 tungku.

Kompor 4 tungku dapat digunakan secara pribadi atau untuk keperluan usaha. Dengan kompor ini, memasak menjadi lebih praktis dan cepat karena bisa mengolah beberapa macam hidangan sekaligus. Cocok buat Anda yang tinggal dengan keluarga besar atau menjalankan bisnis menjual makanan.

Tips Memilih Kompor 4 Tungku yang Tepat

Sesuaikan dengan Ukuran Dapur

Saat membeli kompor, banyak orang terpikat lebih dulu dengan desain dan modelnya tanpa memperhatikan ukuran dapur mereka. Khususnya untuk kompor 4 tungku yang berukuran besar, jelas membutuhkan ruang yang lebih banyak.

Jika Anda ingin membeli kompor 4 tungku, ukur dulu meja dapur yang Anda miliki. Kemudian Anda juga harus memutuskan, memilih kompor jenis freestanding atau kompor tanam. Tentunya Anda juga harus ingat untuk membeli kompor 4 tungku yang sesuai dengan bujet yang dimiliki.

Bentuk dan Bahan Pembuat Burner

Burner adalah bagian penting dari kompor gas sebagai tempat bertemunya oksigen dan gas untuk menciptakan api. Jenis api yang dihasilkan dan efisiensi gas yang dikeluarkan sangat tergantung pada bentuk burner kompor yang digunakan.

Yang tidak kalah penting adalah memilih bahan burner yang tepat. Pilih burner yang terbuat dari kuningan karena dapat menghantarkan panas dengan sempurna sehingga masakan dapat matang lebih cepat dan merata.

Jarak Antar Tungku

Apabila Anda berencana menggunakan 4 tungku kompor sekaligus dalam waktu bersamaan, perhatikan jarak antar tungku. Pastikan satu tungku dengan yang lainnya berada dalam rentang jarak yang pas sehingga Anda bisa meletakkan panci dan wajan berukuran besar di atasnya.

Lihat dulu ulasan yang ada di internet terkait produk kompor 4 tungku yang akan Anda beli. Jika produk ini mendapatkan ulasan positif, mungkin keputusan Anda untuk membeli kompor tersebut tidak salah.

Material Bodi Kompor

Ada banyak jenis material yang digunakan untuk membuat bodi kompor. Sebut saja seperti stainless steel, baja, hingga tempered glass. Jika Anda hanya mengutamakan kekuatan dan keawetan, stainless steel bisa jadi solusi yang tepat. Selain itu, stainless steel juga tidak mudah berkarat.

Namun buat Anda yang ingin tampilan dapur lebih modern dan minimalis, pertimbangkan permukaan kompor yang terbuat dari tempered glass. Biasanya tempered glass kompor memiliki kekuatan menahan panas dan beban dalam jumlah tertentu. Kekurangan dari bahan tempered glass adalah harganya lebih mahal dari kompor besi atau stainless steel.

Metode Perawatan Kompor Gas

Saat sedang memilih kompor gas, perhatikan juga bagaimana perawatannya. Umumnya kompor gas disertai dengan ring terpisah supaya lebih mudah dalam pembersihannya. Pastikan Anda membaca petunjuk perawatan kompor gas dengan benar supaya performanya tetap apik meski sudah lama digunakan.

Bersihkan kompor gas secara rutin agar Anda lebih nyaman saat memasak. Kebersihan kompor sangat penting karena akan mempengaruhi kebersihan makanan yang diolah juga.

Cara Membersihkan Kompor 4 Tungku agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Rendam Ring Kompor Dalam Air Sabun

Sumber gambar popmama.com

Kebanyakan kompor gas memiliki ring terpisah supaya bisa dibersihkan secara lebih menyeluruh. Langkah pertama membersihkan kompor gas adalah melepas ring dari kompor, lalu merendamnya di dalam air sabun.

Biarkan ring terendam selama 2 sampai 4 jam untuk mengangkat semua kerak yang menempel di permukaannya. Setelah itu sikat dengan sikat gigi bekas sampai bersih. Bilas ring kompor, lalu biarkan mengering atau lap dengan kain bersih.

Bersihkan Tungku dengan Krim Khusus

Jika ring kompor bisa dibersihkan dengan air sabun, maka tidak dengan tungkunya. Tungku kompor harus dibersihkan dengan cairan khusus pembersih dapur atau kompor. Sembarangan membersihkan kompor dengan air justru akan membuatnya lembap dan tidak bisa memantik api nantinya.

Setelah cairan disemprotkan ke atas tungku dan permukaan kompor, diamkan selama beberapa saat agar semua kotoran dan lemak bisa terangkat. Lalu usap dengan spons untuk membersihkan kotorannya. Jika ada bagian yang sulit dijangkau, gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkannya. Setelah itu, lap kompor dengan kain bersih.

Pilih Bahan-bahan Alami Sebagai Pembersih

Selain produk pembersih berbahan kimia siap pakai, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk membersihkan kompor gas. Bahan alami yang bisa digunakan antara lain adalah baking soda, jeruk nipis, cuka apel, serta tepung terigu.

Caranya mudah, cukup campurkan salah satu bahan tersebut dengan air secukupnya, lalu semprotkan pada permukaan kompor gas yang kotor. Setelah ditunggu beberapa saat, lap menggunakan kain bersih dan dapatkan tampilam kompor gas yang mengkilap seketika!

Rekomendasi Kompor Gas 4 Tungku Agar Memasak Lebih Cepat dan Efisien

Electrolux EKM9682X Freestanding Kompor 4 Tungku + Oven

Electrolux EKM9682X Freestanding Kompor 4 Tungku + Oven adalah kompor serbaguna yang wajib ada di dapur Anda. Bodi dan permukaan kompor terbuat dari bahan stainless steel berkualitas yang anti karat. Dilengkapi dengan Cast Iron Pan Support yang mampu menahan beban alat masak dengan sangat efektif.

Dimensi kompor ini adalah 900 x 860 x 550 mm. Oven di bagian bawah membuat Anda semakin mudah saat memasak sekaligus memanggang makanan atau membuat kue. Empat buah tungku pada kompor semakin memudahkan dan mempercepat kegiatan memasak.

Harga Rp. 16.000.000-20.000.000

Modena CT 7640 G

Tidak semua kompor 4 tungku hadir dalam model freestanding lengkap dengan oven di bagian bawah. Modena CT 7640 G dirancang lebih ringkas dan sederhana tanpa ada oven namun tetap bisa memenuhi kebutuhan Anda yang suka memasak. Kompor cantik ini terbuat dari bahan stainless steel berkualitas yang awet, tahan lama, dan anti karat.

Dilengkapi dengan cast iron grid untuk pan support, memberikan ketahanan yang lebih besar untuk menampung alat masak dan makanan porsi banyak. Ada juga fitur oil tray untuk menjaga permukaan kompor lebih bersih setelah digunakan untuk menggoreng. Sementara itu, dimensi kompor sendiri adalah 600 x 770 x 360+60 mm.

Harga Rp. 6.500.000-7.500.000

Kompor Winn Gas W5060 Freestanding Cooker

Rekomendasi produk berikutnya adalah Kompor Winn Gas W5060 Freestanding Cooker. Kompor gas 4 tungku ini dibuat dengan desain mewah nan elegan, lengkap dengan pemanggang daging berkapasitas besar di bagian bawah. Hadir dengan desain kokoh, kompor ini dijamin awet dan tahan lama.

Warna silver memberikan kesan modern, sedangkan kontrol 5 knob dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Rasakan pengalaman menyajikan hidangan yang semakin mudah dan praktis. Burner pada kompor terbuat dari bahan kuningan yang mampu menghantarkan panas secara cepat dan merata. Dimensi kompor serbaguna ini adalah 490 x 600 x 900 mm.

Harga Rp. 3.000.000-5.000.000

Modena Prima FC 7943 W

Modena Prima FC 7943 W adalah kompor 4 tungku sekaligus oven yang dirancang untuk memudahkan kegiatan di dapur. Fitur unggulan yang ditawarkan oleh produk ini antara lain adalah warna putih minimalis yang cantik, penutup kristal saat kompor tidak digunakan, kompartemen untuk gelas dan botol, serta fix rubber feet untuk mencegah kompor berpindah tempat.

Terdapat 3 ring burner dan 1 long burner yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Knob pada kompor sangat praktis dengan automatic ignition. Sementara oven dilengkapi dengan 1 oven tray dan 1 oven rack. Dimensi keseluruhan dari kompor dan oven ini adalah 900 x 600 x 850 mm.

Harga Rp. 9.000.000-14.000.000

Freestanding Domo DG 9405 SW Kompor Gas 4 Tungku

Jika Anda mencari kompor freestanding dengan harga yang cukup terjangkau, Freestanding Domo DG 9405 SW Kompor Gas 4 Tungku patut untuk dipertimbangkan. Meski merek Domo kurang terkenal, tidak perlu meragukan kualitasnya.

Produk ini telah dirancang untuk bisa menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan termasuk karat, gangguan tikus, hingga tegangan listrik yang tidak stabil. Material kabinet terbuat dari bahan logam berkualitas dengan penutup atas kompor terbuat dari bahan kristal. Kompor ini memiliki 4 tungku dengan pemantik otomatis.

Kaca oven dibuat 2 lapis untuk memberikan ketahanan sempurna terhadap panas. Ovennya memiliki 2 tungku pemanas yaitu di bagian atas dan bawah. Dimensi kompor dan oven ini adalah 850 x 550 x 850 cm.

Harga Rp. 5.000.000-7.500.000

Modena Crista BH 1945

Modena Crista BH 1945 adalah kompor 4 tungku dengan 3 ukuran burner yaitu large, medium, dan small. Menggunakan Eco Gas System yang membuat penggunaan gas lebih hemat dari kompor kebanyakan. Fitur One Hand Ignition memudahkan Anda saat menyalakan api untuk menggunakan kompor.

Dari segi desain, kompor ini hadir dalam warna diamond black yang elegan dan menawan dengan permukaan atas terbuat dari tempered glass. Sementara itu, dimensi dari kompor ini secara keseluruhan adalah 910 x 550 x 175 mm.

Harga Rp. 4.000.000-6.500.000

Rinnai RI 4 RSP Kompor Gas

Rinnai dikenal sebagai merek kompor terkemuka di Indonesia. Produknya yang berkualitas namun terjangkau membuat Rinnai selalu diminati oleh masyarakat. Tidak terkecuali produknya yang bernama Rinnai RI 4 RSP Kompor Gas.

Kompor gas yang memiliki 4 tungku pembakar ini terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dan kokoh. Tungku terbuat dari bahan coran yang mampu meratakan panas dan membuat masakan lebih cepat matang. Sementara itu pipa gas pada kompor dilapisi dengan cat antikarat khusus. Demikian pula dengan tatakan kompor yang dilapisi dengan enamel untuk menahan panas hingga 800 derajat Celcius.

Dengan dimensi 864 x 486 x 199 mm, kompor ini tidak memakan banyak tempat di dapur Anda.

Harga Rp. 1.700.000-2.500.000

Rinnai RB-64G Built In Hob

Satu lagi rekomendasi kompor 4 tungku dari Rinnai. Rinnai RB-64G Built In Hob adalah kompor model tanam yang dapat disatukan dengan meja dapur Anda. Tampilannya menjadi lebih ringkas, modern, dan elegan. Permukaan kompor terbuat dari tempered glass warna hitam oleh Schott dan kokoh dan mampu menahan panas dengan baik.

Dilengkapi dengan Safety Device, Heavy Duty Cast Iron Pan Support, dan Selaed Double Ring Burner. Ujung selangnya fleksibel membuat pemasangan gas menjadi lebih mudah. Total dimensi kompor yang cantik ini adalah 620 x 520 x 130 mm.

Harga Rp. 3.200.000-4.500.000

Beko FSGT52110GS Kompor Gas 4 Tungku

Beko mungkin merupakan merek yang belum familiar di Indonesia, namun ternyata ini adalah merek nomor satu di Eropa lho. Kualitas produk Beko sudah tidak perlu diragukan lagi. Merek ini juga menjadi official partner bagi klub sepakbola Barcelona.

Beko FSGT52110GS Kompor Gas 4 Tungku adalah kompor dan oven yang praktis dalam satu produk. Baik kompor maupun oven menggunakan Push Button Ignition yang mudah dan praktis. Terdapat lampu interior di dalam kompor dan tempat penyimpanan di bawah oven. Kaca pada oven dapat dilepas sehingga mudah dibersihkan.

Dimensi dari kompor dan oven ini adalah 500 x 600 x 850 mm.

Harga Rp. 5.200.000-6.700.000

Kompor Gas 4 Tungku Tecnogas N3X66G4VC

Produk terakhir yang direkomendasikan adalah Kompor Gas 4 Tungku Tecnogas N3X66G4VC. Kompor dan oven model freestanding ini menggunakan dua sumber daya berbeda. Gas untuk kompor dan listrik untuk oven. Keunggulannya adalah tinggi kompor yang dapat disesuaikan antara 81-85 cm.

Ovennya disertai dengan fitur pemanggang daging berkapasitas total 65 liter. Cast iron pan support memastikan ketahanan menyangga panci besar dengan makanan yang porsinya besar pula. Keempat tungku pada kompor masing-masing dilengkapi dengan triple ring untuk menjamin keamanan dan kenyamanan saat digunakan.

Harga Rp. 16.000.000-21.000.000
From our editorial team

Sebelum Membeli Kompor, Jangan Lupa Hitung Dulu Bujet yang Anda Miliki

Kompor gas 4 tungku harganya memang relatif lebih mahal dibanding kompor 1 atau 2 tungku. Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda menghitung dulu berapa bujet yang disediakan. Pastikan kompor yang dibeli sesuai dompet dan kebutuhan Anda ya! Produknya bisa Anda pilih dari rekomendasi BP-Guide di atas.