Masak Anti Ribet dengan 10 Rekomendasi Panci Elektrik untuk Mengukus dan Menggoreng Makanan (2020)

Masak Anti Ribet dengan 10 Rekomendasi Panci Elektrik untuk Mengukus dan Menggoreng Makanan (2020)

Bagi sebagaan orang, memasak adalah hal yang merepotkan. Pahadal sebelum memulai aktivitas, tubuh kita memerlukan asupan makanan sehat dari makanan. Eits, tunggu dulu, kini ada inovasi panci elektrik yang dapat memudahkanmu untuk mengukus sampai menggoreng makanan, lho. Buruan cari tahu sekarang, yuk!

Panci Kukus Elektrik Adalah Solusi Praktis untukmu yang Ingin Memasak tapi Tidak Punya Kompor Gas

Makanan merupakan kebutuhan sehari-hari yang penting dan harus terpenuhi dalam kehidupan setiap orang. Untuk itulah, memasak menjadi aktivitas yang tak terelakkan. Tapi, bagaimana kalau kamu tidak punya kompor?

Eits, memasak tanpa kompor bukan tidak mungkin, lho. Karena kamu bisa mengganti kompor dengan sebuah panci kukus elektrik. Alat ini berukuran kecil sehingga ringan dan efektif digunakan di mana pun, khususnya untuk kamu para mahasiswa yang tinggal di kos tanpa dapur.

Memang, tidak semua masakan bisa dibuat menggunakan perangkat ini karena panci kukus elektrik hanya bekerja menggunakan uap yang panas. Alat ini diutamakan untuk mengukus, tapi justru dengan begitu kamu bisa lebih sehat karena memasak hanya dengan sedikit minyak.

Apalagi, ada sederet kegunaan panci kukus elektrik yang bakal meringankan aktivitas memasakmu. Yuk, simak kegunaan panci kukus elektrik berikut ini.

Kegunaan Panci Kukus Elektrik

Menanak Nasi

Yap, salah satu fungsi dasar dari panci kukus elektrik adalah untuk menanak nasi. Caranya tentu mudah, kamu tinggal memasak beras hingga separuh matang dan mengembang dengan baik. Kemudian, masukkan nasi yang baru separuh matang itu ke panci kukusan elektrik dan jangan sampai terciprat air.

Lalu, tunggulah sejenak sampai nasi benar-benar matang. Konon, memasak nasi menggunakan panci kukus elektrik ini cenderung lebih menghemat waktu daripada memakai rice cooker. Hmm, menarik untuk dibuktikan!

Membuat Camilan

Jangan bingung dulu, panci kukus elektrik memang bisa digunakan untuk membuat camilan, lho! Nggak percaya? Coba pratikkan saja! Kamu dapat membuat bakpao atau kue-kue yang telah dikemas, sayur beku, nugget, dan makanan lainnya.

Satu fakta yang perlu kamu tahu, bahwa mengukus makanan tidak mengurangi nutrisi di dalamnya. Malah, makanan yang dikukus cenderung lebih baik untuk dikonsumsi. Bahkan, kamu juga bisa memasak makanan ringan menggunakan alat elektronik ini, misalnya bolu kukus simpel menggunakan panci kukus elektrik.

Bagaimana cara bikinnya? Pertama, siapkan cangkir yang diisi dengan susu Milo sebanyak 1 saset ukuran 35 gram, dicampur dengan 1 1/5 sendok makan gula pasir, lalu seduh dengan air panas sebanyak 4 sendok, kemudian aduk hingga bercampur seluruhnya. Jika sudah, tambahkan 2 sendok margarin dan aduk hingga merata.

Setelah itu, campurkan 4 sendok tepung terigu di tempat lain, dengan 3 sendok baking powder dan 1 sendok baking soda. Aduk hingga rata, campurkan dengan bahan cair yang tadi disiapkan dan kembali diaduk. Nah, sekarang tinggal kamu masukkan ke dalam panci dan jangan lupa letakkan alumunium oil di atas cangkirnya, ya. Cukup ditunggu selama 30 menit dan jadilah bolu kukus simpel dan enak!

Membuat Sup

Memasak sup kuah yang sederhana dengan hanya bermodalkan panci kukus elektrik? Pasti bisa, dong. Makanan ini memang sangat mudah ditemui di mana pun, baik di meja makan di dalam rumah maupun di restoran.

Biasanya, sup bening dibuat menggunakan wortel, kentang, daun bawang, buncis, daging, bakso, dan lain-lainnya yang bisa kamu tambahkan ke dalam sup. Ada yang memasukkan telur puyuh, sosis, dan lain-lain. Tidak hanya enak, sup bening juga merupakan makanan yang baik bagi tubuh karena mengandung banyak sayuran dan protein.

Untuk memasak sup bening menggunakan panci kukus elektrik, kamu perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dulu. Siapkanlah 2 buah kentang yang dipotong dadu, wortel sebanyak 1 buah dan dipotong-potong sesuai selera, sosis sebanyak 6 buah yang diiris, daun bawang dan seledri masing-masing sebatang lalu dipotong kecil-kecil.

Untuk bumbunya, siapkan separuh pala yang digeprek, garam, kaldu bubuk, merica dan gula sesuai selera, 2 sendok makan minyak, air sesuai kebutuhan, serta bawang merah dan bawah putih masing-masing 2 siung dan diiris tipis. Jika semua sudah tersedia, tumislah bawang merah bersama pala dan bawang putih sampai tercium aroma sedap.

Kemudian tambahkan air dan tunggu hingga mendidih, barulah tambahkan wortel, sosis, serta kentang. Jika sudah matang, bubuhkan garam, merica, kaldu, gula, seledri dan daun bawang, lalu periksa rasanya. Kalau semua sudah oke, kamu dapat menambahkan bawang goreng sebagai pelengkap. Mudah, bukan?

Merebus Pisang, Jagung, dan Kacang

Panci kukus elektrik juga bisa dipakai untuk merebus makanan-makanan tertentu, lho! Beberapa di antaranya adalah jagung, pisang, dan kacang. Ketiganya merupakan makanan yang dapat kamu konsumsi sebagai camilan baik untuk dimakan sendirian sambil menonton drama Korea atau bareng-bareng keluarga dan teman saat nongkrong.

Cara memasak camilan sehat ini pun mudah. Siapkan dulu bahan-bahannya, misalnya 8 buah pisang kepok atau pisang batu, lalu sediakan juga air sesuai kebutuhan, kupas sisir pisang tersebut dan cuci kulit pisang hingga bersih. Lalu, rebus terlebih dahulu air di dalam panci kukus elektrik dan masukkan pisang setelah airnya mendidih.

Tutuplah panci kukus elektrik, dan tunggu hingga pisang telah melunak dan matang. Setelahnya, tinggal diangkat dan ditiriskan. Nah, kamu bisa merebus kacang, ubi, atau jagung untuk menggantikan pisang.
Meski terlihat multifungsi, kamu tak boleh lupa untuk memastikan panci kukus elektrik ini tidak cepat rusak. Nah, berikut ini tips-tips merawat panci kukus elektrik agar lebih tahan lama. Apa saja tips-nya?

Cara Merawat Panci

Hindari Benturan

Hayo, siapa yang sering tidak sengaja menjatuhkan barang elektronik seperti ponsel? Benturan yang terjadi saat barang elektronik jatuh atau tertubruk tembok akan berakibat pada rusaknya lapisan enamel pada alat tersebut. Ini berlaku bagi panci kukus elektrik, maka dari itu kamu perlu menjaganya dengan waspada.

Jangan sampai panci terjatuh atau berbenturan dengan zat padat lainnya. Tips lain untuk menjaga kualitas material panci adalah dengan mendinginkannya terlebih dahulu sebelum kamu cuci di dalam tempat cuci piring. Soalnya nih, terjadinya peralihan suhu dari suhu panas ke suhu dingin secara ekstrem berpotensi membuat panci cepat rusak.

Dicuci dengan Spons Lembut

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan panci kukus elektrik? Tenang, kamu bisa membersihkannya memakai spons. Kamu disarankan tidak menggunakan sikat besi untuk membersihkan alat ini karena akan berdampak pada permukaan panci kukus.

Bukan tidak mungkin nantinya kamu bakal tergoda menggunakan pembersih abrasif untuk mencuci panci. Namun, pembersih ini memiliki efek negatif, lho. Soalnya, bahan bersifat abrasif pada pembersih tersebut kemungkinan akan menimbulkan goresan atau lubang pada panci, sehingga menjadikannya mudah rusak atau berkarat.

Gunakan Sutil Kayu atau Silikon

Satu hal kecil yang sering terlupakan dari pikiran kita saat menggunakan panci kukus elektrik adalah tidak menggunakan sutil dari material kayu maupun silikon. Ini penting untuk diperhatikan, karena wadah panci kukus elektrik terbuat dari bahan logam yang gampang tergores. Tentu saja, baret pada panci akan membuat kualitasnya berkurang dan daya lengketnya jadi tidak bekerja maksimal.

Untuk itu, agar wadah panci tetap mulus, gunakan hanya sutil atau alat masak berbahan silikon atau kayu. Hanya kedua bahan itu yang tidak merusak permukaan wadah pancimu. Hal itu dikarenakan sutil berbahan silikon atau kayu cenderung berbentuk bulat dan aman untuk digunakan saat memasak menggunakan panci kukus elektrik.

Tiriskan setelah Digunakan

Tips terakhir, jangan sampai kamu lupa meniriskan panci kukus elektrik setelah dicuci. Namun sebelum ditiriskan, bersihkan segera segala sudut panci dengan memakai kain bersih. Hal ini penting dilakukan agar sisa air yang menempel di sana tidak mengakibatkan karat pada perangkat memasakmu.

Jika kamu membiarkan si panci ini begitu saja dikeringkan tanpa dilap terlebih dahulu, maka besar kemungkinan akan hadir noda-noda air yang tertempel pada panci. Noda itu akan membekas pada perabotan berbahan stainless steel dan tidak indah dilihat mata. Maka itu, rajin-rajinlah mengelap panci kukus elektrik setelah dicuci, ya.

Eh, masih bingung beli panci kukus elektrik di mana? Ingin beli panci kukus elektrik yang berkualitas nomor satu? Yuk, simak rekomendasi-rekomendasi kami di bawah ini.

Rekomendasi Panci Kukus Elektrik untuk Melengkapi Dapurmu

Panci Kukus Rebus Elektrik Anti Lengket

Apakah kamu termasuk yang merasa kesal kalau masakan kita lengket di berbagai permukaan alat masak? Aduh, bikin repot karena harus menghabiskan tenaga dan waktu yang lebih untuk membersihkan si alat masak.

Karena itu, belilah hanya panci kukus elektrik yang tahan terhadap lengket, seperti Panci Kukus Rebus Elektrik Anti Lengket satu ini. Panci kukus elektrik berukuran 33 cm x 23 cm x 23 cm ini berbahan stainless steel dapat kamu pakai untuk mengukus maupun menggoreng makanan.

Alat masak impor ini dilengkapi dengan tombol power, centong, steamer atau pengukus, dan penutup berbahan kaca. Cara memakainya pun mudah, bahkan bisa kamu bawa kemana-mana tanpa merasa repot!

Harga Rp. 139.000-175.000

Philips HD9104 Steamer

Ketenaran Philips di kalangan pengguna perangkat elektronik mampu menunjukkan kepercayaan banyak orang terhadap merek satu ini. Untuk itu, tak perlu ragu lagi membeli panci kukus elektrik dari Philips HD9104 Steamer.

Pengukus makanan ini memiliki daya hingga 900 Watt dengan pilihan warna putih dan hijau serta dibuat dari bahan BPA free plastic. Panci kukus elektrik ini mudah digunakan, mudah dipasang dan disimpan, serta sudah disempurnakan dengan penutup yang tahan bocor.

Yang jelas, panci kukus elektrik dari Philips adalah pilihan tepat untuk memulai langkahmu memasak secara sehat. Soalnya, steamer Philips mampu menjaga kualitas nutrisi dalam masa pemasakan.

Selain itu, alat ini juga memiliki fitur pengontrol waktu yang sangat berguna saat kamu perlu memasak ikan, nasi, sayur, dan lainnya. Panci ini dibekali garansi resmi dari Philips selama 2 tahun lamanya, lho.

Didesain dengan bentuk yang ergonomis, panci ini mempunyai dua keranjang uap yang menjadikannya dapat digunakan untuk mengukus lebih dari satu bahan dalam sekali masak dengan kapasitas maksimum 5 liter.

Harga Rp. 649.000-664.000

Panci Elektrik 18 cm 1.5L Serbaguna

Tidak ada lagi alasan tidak punya kompor, karena nyatanya kamu bisa merebus, mengukus, hingga menggoreng menggunakan panci kukus elektrik.

Khusus Panci Elektrik 18 cm 1.5L Serbaguna ini, tersedia dua pilihan tombol power dan kadar panas yang bisa kamu setel sesuai keperluanmu. Alat seberat 1500 gram dengan ukuran 18 cm ini juga sudah hadir dengan alat perebus telur, pegangan yang tahan panas, dan penutup berbahan kaca tebal dan transparan. Wah, lengkap sekali fiturnya, bukan?

Panci kukus elektrik yang dibuat menggunakan perpaduan material keramik untuk pancinya dan material stainless untuk kukusannya. Yang jelas, panci kukus elektrik satu ini tahan lengket dan memiliki tegangan hingga 220 volt atau tenaga sebesar 400 Watt. Jangan lupa, kamu bakal dapat sendok nasi berbahan plastik sebagai bonus!

Harga Rp. 83.000-139.000

Fleco Panci Elektrik Dengan Kukusan Multifungsi

Cari panci kukus elektrik dengan fitur lengkap yang gampang dibawa kemana-mana dan dipakai kapan pun? Berarti, kamu perlu membeli Fleco Panci Elektrik dengan Kukusan Multifungsi ini.

Soalnya, panci kukus elektrik dari Fleco benar-benar multifungsi, bisa digunakan untuk memasak tumisan, mengukus, memanaskan makanan, hingga memasak makanan berkuah.

Panci dengan kekuatan tegangan mencapai 220 Volt dan 500 Watt ini didesain dengan manis, cocok untuk dibawa traveling atau sekadar digunakan di rumahmu.

Dengan ukuran diameter 18 cm dan menampung hingga kapasitas 1 liter, panci kukus ini dibuat dari bahan keramik yang tahan lengket, dilengkapi penutup dari kaca dan tahan panas.

Sementara kukusannya dibuat menggunakan stainless steel yang awet dan bermutu terbaik. Dalam pembelian satu setnya, kamu sudah mendapatkan 1 panci kukus elektrik, 1 tempat telur, serta satu tempat kukus dengan beragam pilihan warna yaitu biru, pink, dan merah marun.

Namun, perlu diperhatikan beberapa tips agar panci kukus elektrikmu lebih awet. Di antaranya, hindari memenuhi panci dengan makanan, segera mematikan aliran listrik setelah memakai panci kukus, dan pakailah alat mencuci yang berbahan lunak saat mencuci panci tersebut.

Harga Rp. 95.000-224.000

Alat Pengukus Makanan Food Steamer Elektrik Idealife 2 Susun

Makin ke sini, bisa dibilang semakin banyak orang mempraktikkan pola hidup yang lebih sehat. Hal ini penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup kita.

Nah, sudah tahukah kamu, bahwa memasak menggunakan teknik kukus akan menghasilkan makanan yang lebih lembap dan empuk sehingga cenderung lebih menyehatkan?

Untuk mengawali hidup sehat, lengkapi alat memasakmu dengan Alat Pengukus Makanan Food Steamer Elektrik Idealife 2 Susun yang dirancang dengan beragam fungsi. Merek Idealife yang sudah dikenal kualitasnya kini mengeluarkan panci kukus elektrik dengan dua keranjang uap.

Kehadiran dua keranjang ini sangat membantu untuk meningkatkan efektivitas memasak, bahkan kamu bisa memproses lebih dari satu bahan masakan, lho.

Panci elektrik yang didesain kekinian ini juga menyenangkan untuk dipakai karena memiliki tutup yang tahan bocor dan dua lapisan wadah kukusan yang antipecah.

Selain itu, kukusan ini juga mudah untuk dibersihkan, dipasang, dan disimpan. Untuk daya listriknya, panci kukus elektrik ini membutuhkan daya hingga 200 hingga 500 Watt. Tuh, kurang apalagi, coba?

Harga Rp. 482.000-938.000

Konka Elektric Cooker Multifungsi

Ingin sekali memasak yang bebas asap dengan menggunakan panci kukus elektrik, tapi bingung memilih panci yang berdaya kecil? Kalau itu masalahnya, maka Konka Elektric Cooker Multifungsi solusinya!

Panci kukus elektrik bergaransi satu tahun ini muat digunakan hingga 3 liter dengan diameter 26 cm dan berat mencampai 6,6 kilogram. Yang jelas, daya listriknya rendah sehingga lebih ramah terhadap lingkungan dan hemat pula di kantong.

Panci kukus elektrik Konka jelas beda dengan panci lainnya, karena alat satu ini dapat kamu gunakan untuk memasak dalam porsi 4 orang dalam sekali masak. Tidak hanya itu, panci ini juga memiliki fitur-fitur yang bikin kamu tidak punya alasan untuk menolaknya.

Panci kukus elektrik Konka didesain tahan lengket dan mudah dibersihkan, panasnya lebih cepat dan rata di setiap sisi, pegangannya pun dibuat dari bahan kayu sehingga mudah dipegang, dengan tutup kukusan dari kaca berukuran tebal, serta warna putih pada kukusan ini jelas lebih menawan.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas sekaligus dalam satu panci kukus elektrik ini, yaitu merebus, menumis, hingga menggoreng makanan. Pengapiannya pun tersedia dalam pilihan ukuran api sedang dan besar.

Hanya saja, perlu diperhatikan beberapa hal jika kamu memakai produk ini pertama kali, yaitu jangan lupa untuk membersihkan panci menggunaka cara desinfeksi, dan hindari memegang kaca tutup panci kukus atau memegang lubang uapnya karena akan mengakibatkan tanganmu terluka.

Harga Rp. 369.000-545.000

Han River HRDSP01 Hot Pot Listrik

Penasaran nggak sih, kenapa makanan yang dimasak dengan cara kukus lebih baik daripada makanan yang dimasak dengan cara lain? Karena, makanan yang dikukus tidak cepat menghilangkan mineral dan vitaminnya sehingga nutrisi makanan terjaga sampai level 80%.

Itulah kenapa, kamu perlu mencoba memasak menggunakan panci kukus elektrik. Nah, Han river HRDSP01 Hot Pot Listrik ini merupakan pilihan terbaik karena merek ini sudah dipercaya sebagai produsen alat-alat rumah tangga yang menghadirkan produk berkualitas di Asia Tenggara. Dengan memakai panci kukus ini, kamu dapat menghangatkan makanan dalam waktu singkat dan alatnya pun tetap aman meski menggunakan suhu tinggi sekalipun.

Panci kukus bergaransi hingga 6 bulan ini dilengkapi dengan tutup kukusan dari bahan transparan dan tahan panas, pegangan yang kuat, lapisan pada kukusannya juga antilengket dan antikarat, serta memiliki fitur power otomatis yang akan mati sesuai dengan batas suhu maksimal dan desain produk yang minimalis dan efisien.

Perlu dicatat, panci kukus elektrik Han River HRDSP01 Hot Pot Listrik ini harus dibersihkan menggunakan alat dengan permukaan lembut, seperti spons atau kain. Selain itu, saat digunakan pada suhu tinggi, sebaiknya kamu melapisi sisi bawah panci menggunakan kain basah.

Harga Rp. 289.000-385.000

Panci Listrik Serbaguna Panci Elektrik Fryer

Beberapa ahli gizi meyakini bahwa mengukus makanan lebih baik daripada merebusnya. Ahli Gizi bernama Jansen Ongko, M. Sc., RD mengatakan, makanan yang dikukus lebih terjaga vitaminnya. Tapi perlu dicatat, kamu tak boleh mengukusnya lebih lama dari waktu yang dibutuhkan agar kesegaran makanan tetap ada.

Pertanyaannya, pengukus apa yang layak dipilih? Nah, kali ini kami rekomendasikan panci kukus elektrik serbaguna yang membantu pekerjaan memasakmu agar lebih efisien. Panci Listrik Serbaguna Panci Elektrik Fryer sudah dijual satu set dengan steamer berbahan stainless steel, penutup berbahan kaca, dan centong.

Panci berukuran 18 cm, tinggi 11 cm, dan diameter 6 x 17 cm ini punya pilihan warna biru muda dan merah muda ini didesain dengan kaca penutup yang tebal dan tembus pandang, pegangan kukusan yang tahan panas sehingga mudah dipegang, serta dua pilihan mode suhu.

Panci kukus elektrik bergaransi ini memiliki kapasitas hingga 1,8 liter sehingga bisa digunakan memasak untuk 2 orang. Panci kukus berukuran daya 350 dan 700 Watt serta bertegangan hingga 220 Volt ini dapat dipakai untuk menumis, memasak makanan basah seperti sop, atau kembali pada fungsinya sebagai pengukus atau penghangat makanan.

Dengan segala fitur dan kualitasnya, Panci Listrik Serbaguna Panci Elektrik Fryer ini pas sekali dipakai untuk kamu yang suka jalan-jalan ke luar kota sehingga tidak perlu pusing mencari kompor untuk memasak.

Harga Rp. 110.000-324.000

Panci Kukus Elektrik Bentuk Cangkir Mug Food Steamer

Panci kukus elektrik satu ini beda banget dari pengukus makanan biasanya. Yang bikin beda adalah, panci kukus ini didesain dengan bentuk mug atau cangkir sehingga mudah digunakan. Penasaran kan, apa saja fitur-fiturnya?

Panci Kukus elektrik Bentuk Cangkir Mug Food Steamer ini pada dasarnya sama dengan pengukus lain yang dapat digunakan untuk menghangatkan masakan, memasak, memasak air, hingga merebus telur.

Hanya saja, desainnya yang menyerupai mug membuat alat ini memiliki pegangan yang bisa memberikan kemudahan yang lebih. Apalagi, kapasitas di dalamnya mencapai 1,6 liter, lho. Lumayan, kan?

Panci kukus elektrik yang menggunakan daya hingga 400 Watt ini dibuat dari material stainless steel sehingga dijamin awet dan bisa dipakai untuk waktu yang lama.

Meski menyerupai mug, kamu tak perlu khawatir, soalnya panci kukus elektrik ini juga dapat memproses masakan dengan cepat. Kamu juga dapat mengatur waktu proses memasak menggunakan timer yang telah tersedia.

Harga Rp. 170.000-189.000

Gratehome Panci Elektrik Portable

Hidup akan lebih mudah jika panci kukus elektrik di rumahmu memiliki aneka fitur yang bisa bikin proses memasak lebih menyenangkan. Untuk itu, segera pilih Gratehome Panci Elektrik Portable yang memiliki dua sampai tiga rak kukus. Dengan begini, kamu bisa memasak lebih banyak dalam waktu cepat!

Panci kukus dengan desain simpel ini berlapiskan bahan keramik yang tahan lama. Dengan kapasitas 1,2 liter, kamu dapat menggunakan panci ini untuk bermacam hal, di antaranya mengukus, menumis sayur, memasak makanan berkuah, atau sekadar memanaskan makanan.

Eits, panci kukus yang mudah dibersihkan ini juga disempurnakan dengan fitur perebus telur, steamer berbagain stainless steel, pegangan pada tepiannya sehingga mudah dipindahkan, dan penutup kukusan berbahan kaca tebal yang tembus pandang serta tahan panas.

Selain itu, panci kukus elektrik ini dirancang untuk tahan minyak dan antilengket. Tegangannya mencapai 220 volt dengan power sebesar 600 Watt. Uniknya, tersedia saklar putar Gratehome pada panci kukus satu ini. Tak ketinggalan, warna putihnya bakal bikin panci kukus elektrik ini terlihat mewah di dapurmu.

Harga Rp. 95.000-186.000
From our editorial team

Panci Elektrik Solusi Praktis Setiap Hari

Jika kamu punya aktivitas yang padat sejak pagi sampai malam, maka kehadiran panci elektrik ini bisa jadi solusi paling pas. Kamu dapat memasak berbagai makanan kukus yang sehat hanya dengan bantuan panci elektrik ini. Selain makan makanan yang sehat, waktumu tidak akan terkuras lama untuk menyajikan makanan ini. Yuk, segera miliki!