Ganti Camilan Anda dengan 10 Rekomendasi Snack Rebus yang Sehat dan Nikmat Ini (2019)

Ganti Camilan Anda dengan 10 Rekomendasi Snack Rebus yang Sehat dan Nikmat Ini (2019)

Hobi ngemil? Hati-hati bisa gemuk dan mengalami masalah kesehatan lain akibat kadar lemak dan kolesterol yang tinggi. Ada solusi lain untuk tetap bisa ngemil yakni dengan menyantap camilan yang direbus. Bagaimana cara membuatnya? Simak ulasan BP-Guide berikut ini, yah.

Banyak Sekali Cara Mengolah Snack, Salah Satunya Direbus

Camilan yang digoreng memang sangat digemari karena rasa gurih dan renyahnya. Tetapi kandungan minyak yang berlebih dari gorengan membuat banyak orang berpindah ke snack yang direbus. Karena itulah camilan rebusan tetap eksis sampai hari ini.

Makanan rebusan memiliki banyak jenisnya, seperti umbi-umbian yang direbus, kacang-kacangan rebus, siomay, pentol, hingga cilok.

Keunggulan Mengonsumsi Snack Rebus

Mudah Dicerna

Ketika direbus, senyawa kompleks dari bahan makanan akan pecah karena air mendidih. Sehingga menjadi bentuk yang lebih lunak dan sederhana. Inilah yang menjadi keunggulan dari camilan rebusan, selain karena mudah dicerna juga cocok untuk penderita demam atau diare.

Minim Kolesterol dan Lemak

Keunggulan camilan yang direbus adalah dapat mencegah kelebihan kolesterol atau lemak jenuh di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan tidak adanya kandungan minyak di dalam makanan. Minyak hanya membuat makanan menjadi berlemak, bahkan proses menggoreng dapat membuat gizi di dalam makanan dapat rusak.

Selain itu, tidak seperti saat digoreng, makanan yang direbus dapat matang secara keseluruhan dan kandungan nutrisinya tidak rusak atau hilang.

Mengurangi Risiko Penyakit Lambung

Makanan rebusan dapat dicerna hanya memerlukan sedikit asam lambung, sehingga lambung tidak perlu bekerja keras untuk melakukan proses pencernaan. Hal inilah yang membuat makanan yang direbus lebih ramah untuk lambung.

Selain itu, makanan rebusan juga dapat membersihkan lambung Anda dengan cepat. Proses pencernaan seperti inilah yang dapat mengurangi risiko asam lambung.

Mengandung Lebih Banyak Kandungan Air

Kandungan air yang banyak dari snack rebusan memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda. Air di dalam rebusan dapat membuat kulit Anda lebih bercahaya karena kandungan snack rebusan dapat membuat kulit tetap terhidrasi.

Ditambah lagi, snack rebusan dapat membuat Anda tidak makan berlebihan, karena kandungan air yang banyak dapat membuat perut Anda terasa lebih penuh. Sehingga berat badan Anda dapat terjaga.

Sering Dibuat di Dapur Sendiri, Ayo Coba 10 Resep Snack Rebus yang Sehat Ini

Jagung Rebus

Sumber gambar cookpad.com

Jagung adalah bahan makanan yang sangat cocok untuk direbus, karena kandungan karbohidrat, protein, kalsium, zat besi, serat, vitamin A, vitamin B1, vitamin C ,dan berbagai kandungan yang lain tidak hancur ketika direbus. Jagung juga dapat menurunkan berat badan, mencegah diabetes, menjaga kesehatan gigi, dan banyak manfaat lainnya.

Salah satu resep rebusan jagung yang bisa Anda coba di rumah adalah jagung rebus ala jajanan mal. Bahan-bahan yang perlu Anda perlu siapkan adalah 2 buah jagung manis, margarin secukupnya, keju secukupnya, dan susu kental manis putih secukupnya.

Langkah pertama untuk memasaknya adalah pipil jagung dan kukus selama 15 menit. Setelah matang, tuang jagung rebus di wadah dan campurkan margarin sesuai selera. Lalu, tambahkan susu kental manis putih dan langkah terakhir adalah taburkan topping.

Kue Talam

Sumber gambar resepkoki.id

Kue talam adalah snack rebusan khas Betawi yang sangat populer di Indonesia sebagai salah satu menu wajib berbuka puasa. Memiliki rasa yang lembutnya berpadu dengan gurihnya santan dan menghasilkan rasa kue yang enak. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Pertama siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya, seperti 150 g tepung beras, 400 ml santan, 80 g gula pasir, 1/2 sdt garam, pasta pandan 1/2 sdt, dan 1 lembar daun pandan. Bahan-bahan tersebut untuk membuat lapisan hijaunya.

Kemudian untuk lapisan putihnya, bahan-bahannya adalah 50 g tepung beras, 200 ml santan, 1/2 sdt garam, dan 1 lembar daun pandan.

Langkah pertama untuk membuat kue talam adalah membuat lapisan yang hijau. Rebus santan, gula pasir, garam, daun pandan, dan pasta pandan hingga hangat dan jangan sampai mendidih. Tuang adonan ke dalam tepung beras dan aduk hingga kalis. Tuang adonan ke cetakan sebanyak 3/4 dan kukus dengan api selamam 20 menit.

Kemudian cara untuk membuat adonan putihnya, pertama rebus santan, garam, daun pandan sampai hangat. Kemudian campurkan tepung beras dan aduk rata. Langkah selanjutnya adalah tuangkan adonan putih ke atas adonan hijau hingga cetakan penuh. Kemudian kukus selama 15 menit hingga matang. Dinginkan dan kue talam sudah siap untuk disantap.

Kolak Pisang

Sumber gambar resepcaramemasak.info

Salah satu menu populer di bulan puasa adalah kolak pisang. Rasanya yang manis dan gurih membuat snack rebusan ini sangat digemari masyarakat, khususnya di Indonesia.

Untuk membuat kolak pisang di rumah, bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah pisang 8 buah, 750 ml air bersih, 300 gula merah, 400 ml santan, 1 lembar daun pandan, dan garam dapur secukupnya.

Langkah pertama untuk membuat kolak pisang adalah rebus air yang telah dicampurkan dengan gula merah dan garam. Setelah itu masukkan pisang yang telah dipotong kecil-kecil dan masak hingga mengental.

Untuk kuahnya, rebuslah santan dan daun pandan yang sudah disimpul serta masukkan garam secukupnya. Aduk semua bahan tersebut hingga mengental. Setelah itu campurkan pisang dan kuahnya untuk dapat langsung dinikmati.

Bubur Sumsum

Sumber gambar www.merdeka.com

Hidangan legendaris yang masih tetap digemari hingga saat ini adalah bubur sumsum. Bubur yang memiliki bentuk seperti sumsum tulang ini memiliki rasa yang nikmat dan membuat ketagihan.

Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah 100 g tepung beras, 850 ml santan, 1 sdt garam, dan daun pandan sebanyak 6 lembar.

Cara membuatnya adalah pertama santan 650 ml bagi menjadi dua gelas. Gelas pertama rebus bersama 5 lembar daun pandan dengan api kecil lalu aduk terus agar santan tidak pecah. Kemudian, tambahkan 1 gelas santan lagi campurkan ke tepung beras dan aduk, tetapi jangan sampai menggumpal. Lalu, tambahkan sedikit garam. Campurkan adonan ke dalam santan yang sedang direbus tadi.

Untuk pemanisnya, cincang gula merah dan masak dengan api kecil. Masukkan selembar daun pandan dan tambahkan air secukupnya. Aduk hingga gula larut. Untuk kuahnya, rebus sisa santan 200 ml. Campurkan semuanya untuk menikmati bubur sumsum yang nikmat.

Klepon

Sumber gambar juragancipir.com

Klepon adalah jajanan pasar yang sangat digemari sampai saat ini. Makanan berbentuk bola dan memiliki gula merah di dalamnya ini selain memiliki rasa yang manis, juga kaya akan karbohidrat sehingga juga dapat mengenyangkan.

Untuk membuat klepon di rumah, bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah 250 g tepung beras ketan, 50 g tepung beras, 1350 air mineral, daun pandan secukupnya (Haluskan bersama air untuk dijadikan air pandan), 1 sdt garam, kelapa buah yang sudah diparut dan dikukus, gula merah secukupnya, dan gula pasir 3 sdm.

Langkah pertama untuk membuat klepon adalah masukkan tepung beras ketan, tepung beras, garam, dan diaduk hingga tercampur sempurna. Tuang pewarna pandan.

Campurkan air 150 ml hingga mengental. Setelah kental, bentuk adonan menjadi bola dan isi gula merah di dalamnya. Setelah itu rebus adonan dengan air hingga mendidih dan adonan mengapung. Setelah matang, taburi klepon dengan parutan kelapa yang telah dicampurkan dengan gula pasir dan garam.

Cenil

Sumber gambar travelingyuk.com

Cenil adalah camilan yang memiliki tekstur yang kenyal dan unik sesuai dengan namanya. Makanan yang terbuat dari pati ketela pohon ini sangat digemari banyak orang. Tidak hanya karena teksturnya, tetapi juga rasanya yang manis dan lengket basah membuatnya memiliki ciri khas.

Anda bisa membuat makanan kenyal ini di rumah, dengan bahan-bahan, antara lain tepung kanji 400 g, garam 1 sdt, kelapa setengah butir, air bersih bersih 2 liter, air matang 215 cc, daun pandan 10 lembar, gula pasir 6 sendok, dan pewarna makanan secukupnya.

Cara membuatnya sangatlah sederhana, pertama larutkan garam dan air dalam panci lalu rebus hingga mendidih. Kemudian campurkan tepung kanji dan aduk hingga mengental. Setelah kental, keluarkan adonan dan campurkan dengan sisa tepung kanji lalu uleni hingga rata.

Setelah rata, campurkan dengan pewarna makanan dan bentuk adonan seperti bola pingpong lalu tusuk dengan bambu seperti sate. Lakukan juga untuk adonan yang lain dengan pewarna yang berbeda-beda. Langkah selanjutnya adalah merebus adonan dengan air dan daun pandan. Setelah adonan matang, keluarkan dan taburi kelapa parut dan gula pasir di atasnya. Kue cenil telah siap untuk dinikmati.

Kacang Rebus

Sumber gambar jogja.tribunnews.com

Kacang tanah rebus adalah camilan sehat yang sangat digemari. Memiliki kandungan vitamin E, asam folat, protein, mangan, biotin, serat, magnesium, lemak tak jenuh tunggal, serta kaya akan antioksidan membuat kacang tanah sangat disukai banyak orang.

Selain itu, kacang tanah juga memiliki manfaat yang sangat banyak, seperti memperkecil risiko serangan jantung, mencerahkan kulit wajah, menurunkan kadar gula darah, dan memperbaiki mood. Tidak hanya itu, makanan yang merupakan sumber energi yang baik ini juga dapat mengurangi risiko penyakit kanker usu, mempercepat pertumbuhan rambut, dan memperkecil risiko terkena batu empedu dan infeksi hati.

Cara membuat kacang rebus sangatlah mudah, Anda hanya perlu merebus kacang dengan air selama 1 jam sampai matang.

Cilok

Sumber gambar www.merdeka.com

Cilok adalah makanan yang sangat populer karena sangat digemari berbagai kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa. Camilan yang memiliki rasa yang kenyal dan gurih ini dapat Anda buat sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah tepung terigu 100 g, tepung tapioka 100 g, bawang putih 1 siung, daun bawang 1 batang, merica bubuk, gula pasir, penyedap rasa sapi 1 sdt, garam, dan air panas.

Cara membuatnya adalah campurkan tepung terigu, bawang putih, daun bawang, merica bubuk, gula pasir, penyedap rasa, dan garam. Setelah itu tuang air panas secara perlahan sampai adonan cukup basah dan mengental.

Lalu, campurkan tepung tapioka, setelah itu uleni dan bentuk menjadi bulatan kecil. Setelah adonan siap, rebus dengan air mendidih hingga mengapung dan matang. Cilok siap untuk dinikmati. Untuk lebih sedapnya, hidangkan dengan saus sambal atau kecap manis.

Siomay

Sumber gambar id.tastemade.com

Siomay adalah makanan dari Cina yang berjenis dim sum. Terdapat banyak varian rasa dari siomay yang ada di Indonesia, seperti ikan tenggiri, ayam, udang, kepiting, dan campuran. Karena rasanya yang enak dan memiliki ciri khas, siomay masih sangat populer hingga hari ini.

Untuk membuat siomay di rumah Anda dapat mencoba resep siomay Bandung. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah udang cincang 150 g, daging ayam cincang 150 g, ikan tenggiri 200 g, tepung kanji 250 g, telur 2 butir, kulit pangsit basah 2 buah, tahu putih 3 buah, telur rebus 3 butir, kentang rebus 4 buah. Bahan selanjutnya adalah bawang putih 5 siung, bawang merah 4 buah, kecap ikan 2 sdm, garam 1 sdt, merica 1 sdt dan gula pasir 2 sdt.

Cara membuatnya adalah pertama campurkan undang cincang, ayam cincang, dan ikan tenggiri yang telah dihaluskan, kemudian aduk hingga merata. Tambahkan telur, bawang putih, bawang merah, kecap ikan, garam, merica dan gula pasir. Campur semua adonan dan tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit sambil diuleni.

Setelah adonan tercampur, ambil kulit siomay dan isi adonan didalamnya. Kemudian lipat sisinya menghadap ke atas. Setelah itu kukus siomay, tahu, telur dan kentang hingga matang dan hidangkan dengan saus kacang.

Pentol

Sumber gambar www.youtube.com

Pentol atau dikenal juga dengan sebutan bakso tusuk adalah jajanan tradisional yang masih populer hingga sekarang. Rasanya yang enak dan harganya yang murah menjadi alasan pentol memiliki banyak penggemar. Untuk membuatnya di rumah, Anda perlu mempersiapkan bahan-bahan, antara lain daging sapi cincang 500g, dada ayam cincang 150 g, 3 putih telur, 150 ml air dingin, dan 100 g tepung tapioka.

Untuk rempah-rempahnya yang perlu Anda siapkan adalah 4 siung bawang putih, 1 sdt merica, 1,5 sdm garam, dan 3 sdm bawang goreng.

Untuk cara membuatnya adalah pertama giling daging ayam dan daging sapi hingga halus. Kemudian tambahan semua rempah-rempah dan tepung tapioka, aduk hingga rata. Kemudian bentuk adonan menjadi bola dan dinginkan di lemari es selama 30 menit.

Setelah itu keluarkan dan kukus hingga matang. Pentol telah siap dinikmati, hidangkan dengan campuran saus pedas atau saus kacang.

From our editorial team

Camilan Rebus, Bikin Ngemil Semakin Sehat

Camilan rebus adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang gemar ngemil, tetapi tidak ingin menjadi gendut. Karena, camilan rebus menjadikan kadar lemak dan kolesterol menjadi berkurang ketimbang camilan goreng. Jadi, ganti camilan Anda dengan camilan rebus, yah. Tentunya, pilihan resep dan makanan dari BP-Guide di atas bisa selalu menjadi bahan pertimbangan.