Sibuk Bekerja di Depan Laptop, Jangan Lupa Siapkan 10+ Camilan Sehat Ini ya

Sibuk Bekerja di Depan Laptop, Jangan Lupa Siapkan 10+ Camilan Sehat Ini ya

Banyak orang lupa saat asyik bekerja di depan laptop. Namun, jangan abaikan kesehatan hingga lupa untuk istirahat dan makan. Anda bisa menyiapkan camilan untuk menemani Anda saat bekerja. Tapi, jangan lupa pilih camilan yang sehat ya agar kesehatan tubuh juga tetap terjaga.

Setelah memasuki dunia kerja, Anda akan menyadari bahwa aktivitas Anda akan lebih banyak digunakan untuk bekerja daripada mengurus diri sendiri. Sebagian besar orang yang bekerja akan menghabiskan waktu didepan laptop atau komputer. Secara tidak sadar, Anda akan menguras energi terlalu banyak karena kesibukan Anda setiap harinya.

Saat energi mulai menipis, datanglah rasa kantuk bahkan rasa lapar yang dapat mempengaruhi kualitas kerja Anda. Bahkan untuk orang yang ‘gila kerja’, ia bisa saja tidak mempedulikan hal itu sehingga mengalami gangguan pada kesehatannya.

Sumber gambar aab-edu.net

Ketika merasa ngantuk, kebanyakan hal yang dilakukan orang pertama kali adalah membeli kopi instant setiap harinya. Apa Anda juga begitu? Kopi instant memang sangat praktis dibawa ke mana-mana. Selain efisien, Anda juga tidak perlu repot-repot dalam membuatnya karena akan menghabiskan waktu. Namun, kopi instant dapat membuat energi Anda menjadi jatuh karena kandungan gula didalamnya. Dan jika Anda merasa lapar, mie instant adalah salah satu solusinya. Mie instant dikenal sebagai makanan yang praktis karena hanya butuh 5 menit mie sudah siap dimakan. Namun, apa Anda tahu itu sangatlah tidak sehat? Mie instant memiliki karbohidrat yang tinggi maka jika Anda mengkonsumsi terlalu sering maka akan berakibat fatal terhadap kesehatan.

Rasa lapar dan kantuk di kantor bisa Anda hilangkan dengan menyediakan berbagai macam camilan yang tentunya sehat. Selain sehat, camilan ini juga tidak butuh waktu lama dalam menyediakannya. Anda hanya tinggal bekerja dan mengambilnya saat mulai lapar atau mengantuk. Berikut ini adalah camilan yang dapat Anda coba dan cocok saat bekerja

Inilah Camilan yang Cocok Menemani Kamu Saat Kerja

1.Biskuit gandum

Gandum terkenal dengan efek mengenyangkan dan juga sehat. Biskuit ini merupakan makanan dengan rendah kalori dan aman bagi kesehatan. Selain itu, ia juga dapat mengembalikan energi dan stamina Anda setelah bekerja. Hanya dengan 3-4 biskuit saja, Anda sudah merasa lebih kenyang dan berenergi kembali. Anda juga tidak mudah lelah dan lemas saat bekerja karena merasa kenyang dan berstamina.

2.Kacang-kacangan

Selain untuk diet dan menurunkan berat badan, kacang-kacangan seperti mete atau almond memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Selain mengenyangkan, kacang-kacangan memiliki protein nabati yang praktis. Agar terasa lebih gurih, Anda bisa menambah sedikit garam di dalamnya. Kacang yang dipanggang lebih menyehatkan dari pada kacang yang diolah dengan cara digoreng.

3.Biji-bijian

Biji-bijian sering dikatakan sebagai brain food karena mengandung protein yang bisa membantu perkembangan otak. Anda wajib menyediakan camilan ini di kantor maupun di rumah. Banyak jenis biji-bijian yang dapat Anda pilih seperti biji bunga matahari, semangka, labu dan yang lainnya. Jika ingin menambahkan rasa yang lain, Anda bisa menambahkan bumbu kari agar lebih sedap.

4.Roti gandum

Camilan yang satu ini sudah tidak asing lagi. Roti ini dapat menjadi pilihan saat lapar menyerang. Anda bisa menambahkan sayuran atau selai yang rendah lemak sebagai isiannya. Selai yang dapat Anda gunakan bisa seperti selai kacang atau buah-buahan. Selain itu, Anda juga bisa menyediakan telur mata sapi, daging atau ikan tuna sebagai isiannya. Ditambah dengan mayones atau saus agar lebih lengkap. Roti gandum memang sangat efektif dan pasti tidak membosankan karena Anda bisa memilih sendiri isian yang Anda inginkan.

5.Buah-buahan segar

Selain memiliki vitamin dan mineral tinggi, buah dapat menjadi pilihan yang tepat saat Anda merasa lapar. Anda bisa memilih buah yang kaya serat seperti apel, jeruk pisang atau pir agar menyehatkan pencernaan Anda. Serat buah juga membuat Anda kenyang lebih lama sehingga pekerjaan Anda tidak terganggu karena datangnya rasa lapar yang terlalu sering.

6.Oatmeal / Havermout

Siapa yang tidak suka camilan yang satu ini? Ternyata selain digunakan untuk sarapan, oatmeal juga dapat menjadi camilan pengganjal lapar yang cocok di kantor. Oatmeal mengandung serat yang tinggi dan bagus untuk jantung. Selain itu oatmeal sangat mudah diolah karena hanya tinggal mencampurkannya dengan air panas. Agar rasa nya tidak terlalu hambar Anda juga bisa menambahkan kacang-kacangan, yogurt, madu, buah atau bahkan abon sapi. Oatmeal akan mengenyangkan perut Anda dalam waktu yang lama sehingga Anda dapat bekerja dengan lancar.

7.Yogurt

Yogurt terkenal dengan minuman yang kaya serat dan baik untuk pencernaan. Anda bisa menyediakan yogurt yang banyak dijual di swalayan dan taruh di dalam lemari es. Walaupun rasanya asam, yogurt memiliki protein yang tinggi. Anda bisa menambah buah-buahan sebagai topping atau memblender nya bersama dan menjadi smoothies.

8.Telur rebus

Sumber protein yang tinggi dapat Anda temukan di dalam telur. Telur rebus dapat menjadi pilihan camilan yang cocok mengganjal perut saat lapar. Selain itu, telur rebus memiliki nutrisi yang seimbang antara protein dan lemak. Anda bisa menyediakan telur rebus sebelum berangkat bekerja dan bisa juga menambah salad berisi sayur dan buah.

9.Kurma

Kurma dapat menjadi sarapan yang sehat karena mengandung gula alami yang bisa menjadi energi untuk bekerja. Selain itu, Anda bisa membuat perut lebih kenyang karena kurma memiliki kandungan serat tinggi. Kurma sangat praktis karena Anda bisa langsung memakannya. Anda juga bisa mencelupkan kurma ke dalam selai kacang sehingga mendapatkan rasa gurih dan manis.

10.Popcorn

Popcorn sudah menjadi camilan setiap orang di mana saja. Popcorn memang sering dijadikan camilan saat menonton film di rumah maupun di bioskop. Namun jangan salah, popcorn memiliki manfaat kesehatan sebab memiliki kalori yang rendah sehingga baik bagi tubuh.

11.Jagung rebus

Jagung dapat menjaga kesehatan tubuh secara teratur dan juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk Anda. Anda dapat menambahkan mentega yang dioles serta sedikit garam untuk menambahkan rasa. Jagung bakar juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk mengurangi rasa lapar Anda.

12. Buah kering

Sediakan juga beberapa genggam buah kering dalam kotak bekal makan siang. Seperti kismis. Buah kering sangat mudah dan praktis dibawa ke kantor atau sebagai bekal camilan di perjalanan selama naik kereta api atau bus. Tidak akan khawatir membusuk, atau bahkan membasahi dan mengotori isi tas yang penting karena sudah dalam bentuk yang kering. Jadi, aman dibawa bepergian.

13. Potongan sayuran

Selain buah-buahan segar, bagi Anda yang sedang melakukan diet atau pola makan sehat di kantor, bisa dicoba membawa potongan sayuran segar. Seperti mentimun, wortel, tomat, dan sebagainya. Buah atau sayuran yang bertekstur renyah akan membuat Anda yang menyukai ngemil tidak akan pernah takut berat badan naik atau merasa bersalah setelah ngemil. Itulah beberapa camilan yang dapat Anda coba di kantor maupun di rumah saat bekerja. Jumlah dan porsi yang tepat akan membantu Anda mengurangi rasa lapar saat bekerja. Selain camilan di atas, Anda juga dapat menyediakan camilan sehat lainnya sesuai dengan mood Anda tiap hari. Selamat mencoba dan beraktivitas!

From our editorial team

Ganti camilan dengan yang lebih sehat

Hati-hati aktivitas padat di kantor dapat memicu meningkatnya nafsu makan. Bila konsumsi makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak terkontrol tentunya dapat meningkatkan berat badan. Bila selama ini Anda hanya menikmati camilan berupa kentang goreng, kue kering, keripik dan makanan kecil lainnya, cobalah ganti dengan camilan yang lebih sehat ya.