Gunakan 10 Rekomendasi Panci Kukus Terbaik dari BP-Guide untuk Masakan Lebih Sehat (2020)

Gunakan 10 Rekomendasi Panci Kukus Terbaik dari BP-Guide untuk Masakan Lebih Sehat (2020)

Mengukus menjadi salah satu metode memasak yang mudah. Anda yang ingin mulai beralih hidup sehat wajib memiliki panci kukus untuk bisa menciptakan segala makanan serba kukus bagi keluarga. Yuk, simak tips memilih panci kukus dari kami!

Mengukus Merupakan Teknik Pengolahan Makanan yang Memiliki Banyak Kelebihan

Menghidangkan makanan sehat untuk keluarga menjadi kewajiban kita. Bukan hanya bahan makanan saja yang wajib diperhatikan kesegaran dan kandungan gizinya, cara memasaknya pun wajib diperhatikan. Akan percuma jika bahan makanan segar diolah asal saja. Bukan jadi lebih sehat, namun malah merusak kandungan gizi bahan tersebut.

Salah satu cara mengolah makanan yang sehat adalah dengan cara mengukus. Dengan cara mengukus, maka nutrisi makanan tak banyak berkurang. Metode ini membuat vitamin dan mineral yang ada di dalam makanan tetap terjaga. Dengan mengukus berarti kita mengurangi pemakaian minyak goreng.

Teknik mengukus cocok untuk aneka jenis masakan dan kue. Dengan cara mengukus maka kita bisa mempertahankan 90 persen antioksidan dalam sayuran segar dibandingkan menggunakan panci tekan yang menghilangkan 50 persen antioksidan.

Prinsip dasar mengukus adalah makanan akan dimatangkan dengan uap panas. Ada dua cara mengukus yang bisa Anda gunakan. Pertama adalah mengukus langsung di atas saringan. Ini merupakan cara yang mudah dan sangat populer. Bisa juga mengukus dengan cara meletakkan dulu makanan ke dalam wadah baru diletakkan di atas saringan. Dengan cara ini, sayuran, ikan, dan lainnya akan lebih cepat matang.

Cara kedua adalah mengukus dengan cara dibungkus. Metodenya adalah membungkus makanan dengan daun, kertas roti, kertas alumunium, dan lainnya. Selanjutnya baru makanan diletakkan di atas saringan. Cara yang satu ini membuat makanan tetap lembap dan tidak kering permukaannya. Cara yang satu ini juga membuat makanan lebih cepat matang.

Panci Kukus Jadi Alat Wajib yang Perlu Dimiliki

Untuk mengolah masakan dengan cara dikukus, Anda membutuhkan panci kukus. Ini menjadi alat mutlak untuk dimiliki. Panci memiliki banyak sekali kelebihan. Salah satunya adalah panci kukus sangat serbaguna. Anda bisa memakainya untuk aneka sayuran dan buah. Selain itu cocok juga untuk masakan hingga kue basah. Anda bisa lebih mudah mengolah ayam, salmon, pepes, bakpau, dimsum, dan lain sebagainya.

Panci kukus juga sangat efektif digunakan. Panci ini bisa menampung hingga sembilan liter makanan sehingga Anda bisa memasak beberapa jenis makanan dalam satu kali kukusan. Cara memakainya dan cara membersihkannya pun sangat mudah.

Jenis panci kukus juga beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ada panci kukus jenis dandang yang paling murah dan paling praktis dipakai. Panci kukus semacam ini umumnya terbuat dari aluminum yang tahan karat dan kuat. Anda bisa juga memilih panci kukus susun yang cocok untuk keluarga besar atau untuk bisnis. Ini membuat Anda bisa mengukus banyak makanan sekaligus. Lalu ada juga panci kukus steamer plate yang memerlukan wadah tambahan berupa panci atau wajan untuk mendidihkan air. Panci semacam ini biasanya berbahan aluminum, bambu, atau plastik tahan panas.

Tips Membeli Panci Kukus yang Bagus

Pastikan Bahannya Berkualitas

Ketika membeli panci kukus, pastikan bahwa produknya terbuat dari bahan yang berkualitas. Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat panci kukus. Ada bahan kaca, stainless steel, bambu, hingga alumunium yang bisa digunakan.

Panci kukusan berbahan kaca atau stainless steel bisa jadi pilihan jika Anda tak ingin kerepotan mencuci dan membersihkannya. Panci kukusan dari dua bahan ini juga memudahkan Anda memasak karena lebih cepat panas. Produk dari kaca bisa jadi andalan jika Anda ingin masakan lebih terlihat saat diproses sehingga Anda tak perlu buka tutup panci untuk mengecek kematangan makanan. Panci kukus berbahan stainless steel bersifat tahan karat jadi tahan lama digunakan. Baik panci kaca atau stainless steel cocok digunakan pada microwave, oven, dan kompor.

Ada juga panci kukusan bahan bambu. Umumnya jenis ini dipakai untuk sayur dan dimsum. Bahan bambu lebih cocok untuk membuat aroma masakan lebih harum. Selain itu, dengan kukusan dari bambu maka makanan bisa mengembang padat dan lezat karena proses penguapan lebih sempurna.

Pilih Sesuai Kapasitas yang Dibutuhkan

Ketika membeli panci kukusan, ada baiknya memilih panci sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Panci kukusan hadir dengan berbagai ukuran. Ada yang besar ada juga yang kecil. Anda bisa memilih dari diameternya juga.

Jika di rumah Anda hanya ada sedikit orang, maka sebaiknya membeli panci kukusan yang berkapasitas kecil. Namun jika ada banyak orang, ada baiknya membeli yang berkapasitas besar. Apalagi jika Anda memakainya untuk berjualan, maka Anda bisa memilih panci dengan ukuran yang besar.

Pilih Model Pancinya

Anda bisa juga memilih panci kukusan dari modelnya. Ada model plate yang paling cocok untuk para pemula dalam hal memasak. Model panci kukus plate ini mudah digunakan. Anda tinggal meletakkan kukusan di dalam panci yang Anda punya di rumah. Biaya yang dikeluarkan juga lebih sedikit karena kukusan macam ini harganya lebih terjangkau. Kukusan model plate ini cocok dikombinasikan dengan panci berpenutup. Ini akan mempercepat proses memasak.

Ada juga model pot yang bisa jadi pilihan panci kukusan. Produk semacam ini memiliki daya tampung besar. Panci kukus model pot juga bisa dipakai mengukus dalam waktu lama karena daya tampung airnya besar.

Rekomendasi Panci Kukus Terbaik untuk Anda

Maxim VAL24DOSTEAM Valentino Dutch Oven plus Steamer

Maxim VAL24DOSTEAM Valentino Dutch Oven plus Steamer bisa jadi andalan Anda di rumah. Kukusan ini hadir dengan warna merah yang bisa mempercantik tampilan dapur. Kombinasi dengan warna hitam juga membuat tampilan panci kukusan ini lebih elegan. Produk ini terbuat dari bahan antilengket sehingga memudahkan Anda memasak aneka ragam makanan. Pegangannya berbahan silikon sehingga Anda lebih mudah membawanya ke mana saja. Panci berdiameter 24 cm ini hadir dengan tutup kaca sehingga Anda bisa memasak dengan lebih mudah.Dengan dimensi 30 cm x 30 cm x 30 cm, panci ini tentu bisa diandalkan di berbagai kesempatan.

Harga Rp. 312.000-560.000

BIMA 24 CM POT & STEAMER WITH COVER

BIMA 24 CM POT & STEAMER WITH COVER adalah produk rekomendasi kami selanjutnya. Ini adalah panci yang dihadirkan oleh BIMA. Merek ini berasal dari Bandung yang sudah berpengalaman di bidang cookware sejak tahun 1950. Kualitas panci kukusan ini tak perlu dipertanyakan lagi. Ukuran pancinya adalah 30 cm x 26 cm x 16.5 cm. Panci berdiameter 24 cm ini hadir dengan tutup panci. Materialnya menggunakan stainless steel sehingga tampak kokoh, awet, dan antikarat.

Harga Rp. 320.000-547.000

PHILIPS Pure Essentials Collection Steamer HD9140

PHILIPS Pure Essentials Collection Steamer HD9140 menjadi andalan banyak masyarakat. Panci kukusan yang satu ini tampak transparan sehingga memudahkan Anda melihat kondisi masakan. Uniknya, panci ini dilengkapi tombol prasetel yang bisa membuat Anda bisa memasak kapan pun Anda mau. Ada juga fitur penghangat, tombol timer, dan tabung booster pada panci kukusan canggih ini. Panci ini terbuat dari bahan plastik dengan komponen baja antikarat. Kukusan dengan ukuran 36 cm x 45 cm x 22,7 cm ini memiliki 3 tingkatan. Anda juga bisa menyalakan fitur flavour booster untuk menambah aroma masakan. Produk ini dilengkapi LCD display sehingga kesannya sangat elegan. Ada garansi 2 tahun pada kukusan elektrik ini.

Harga Rp. 1.190.000-1.739.000

Maspion 33 CM Panca Guna Panci Kukus Steamer

Maspion 33 CM Panca Guna Panci Kukus Steamer menjadi produk yang sayang untuk dilewatkan. Panci kukusan ini selain cocok untuk mengukus, bisa juga dipakai merebus, mengetim, dan lainnya. Produk ini sudah lengkap dengan tutup kaca sehingga Anda bisa mengecek masakan tanpa membuka tutupnya. Ada handle antipanas yang memudahkan Anda mengangkatnya dari kompor. Panci ini terbuat dari bahan aluminium anodized yang sudah food grade sehingga aman untuk makanan.

Harga Rp. 320.000-645.000

Supra Panci Kukus Steamer 3 Susun 32 cm

Supra Panci Kukus Steamer 3 Susun 32 cm menjadi rekomendasi selanjutnya. Panci kukusan yang satu ini cocok saat Anda ingin menjamu banyak orang. Produk ini hadir dalam 3 susun sehingga Anda bisa mengukus kue, lauk, dan makanan lainnya dalam satu waktu. Terbuat dari bahan stainless steel, panci ini tahan lama dan pastinya antikarat. Panci model pot ini memiliki diameter 32 cm. Ada pegangan anti karat pada produk yang satu ini. Anda juga mudah untuk membersihkannya. Panci ini food grade sehingga aman untuk digunakan.

Harga Rp. 390.000-741.000

Luminarc Steam Basket

Luminarc Steam Basket ini merupakan produk yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Panci keren ini cocok untuk aneka masakan. Terbuat dari bahan kaca, kukusan dari Perancis ini cocok digunakan di atas kompor, microwave, dan bahkan cocok dipakai di oven. Selain bisa mengukus, produk ini juga bisa dipakai untuk menghangatkan makanan. Uniknya, Anda tak usah memindahkan makanan ke piring lagi karena panci kukus ini juga cocok jadi wadah makanan. Jadi tinggal angkat dan sajikan di meja makan. Lebih praktis dan Anda tak perlu menambah cucian piring kotor.

Harga Rp. 350.000-513.000

Panci America High Pot 5 in 1

Anda tak bisa melewatkan Panci America High Pot 5 in 1. Produk panci yang satu ini membuat Anda sangat berhemat. Anda akan mendapatkan 5 buah panci dalam berbagai ukuran. Tak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan 2 buah piring kukus sebagai kelengkapan. Panci ini terbuat dari bahan stai less steel yang bermutu dan tahan karat. Anda bisa mengukus sayur, dimsum, kue, dan lainnya. Gagang pancinya ergonomis jadi lebih nyaman untuk dipegang.

Harga Rp. 182.000-389.000

Akebonno Electric Food Steamer Msp 10107

Akebonno Electric Food Steamer Msp 10107 merupakan produk yang bisa jadi andalan. Panci kukusan ini cocok untuk sayuran, makanan, kue, dan lain sebagainya. Produk ini akan membuat hidup lebih sehat karena Anda akan terjauh dari minyak. Ada 2 wadah yang terbuat dari bahan polycarbonate dengan BPA FREE sehingga lebih aman digunakan. Dalam pembeliannya sudah lengkap dengan tutup wadah yang terbuat dari bahan kaca beling. Produk ini memakai daya listrik 800 watt. Panci kukusan ini memiliki dimensi 32 x 22 x 9,2 cm. Kukusan ini hadir dengan timer 60 menit sehingga aman dari panas berlebih jika air pemanas habis.

Harga Rp. 635.000-903.000

Panci Kukus Vicenza V565

Panci Kukus Vicenza V565 menjadi pilihan menarik selanjutnya. Panci kukus yang satu ini terbuat dari bahan stainless steel. Produk ini bisa mengukus segala jenis masakan dan kue. Dalam satu set Anda bisa mendapatkan panci ukuran 8, 12, 16, dan 20. Selain itu, setiap panci dilengkapi dengan tutup panci sendiri-sendiri. Ada pula 4 saringan dan 4 ladle yang tersedia. Tak lupa ada juga sebuah sendok sayur dalam paket ini. Produk yang satu ini mudah dibersihkan dan tahan karat. Pancinya higienis dan memiliki lapisan tebal sehingga tak mudah rusak dan bisa digunakan dalam waktu lama.

Harga Rp. 563.000-651.000

Orchid 33 CM Panca Guna Steamer Panci Kukus

Orchid 33 CM Panca Guna Steamer Panci Kukus menjadi produk yang bisa Anda gunakan selanjutnya. Panci yang satu ini hadir dalam 3 susun steamer yang dapat dilepas. Anda bisa masak banyak sekaligus atau bisa juga hanya memakai 1 atau 2 susun saja sesuai kebutuhan. Ada handle tahan panas yang membantu Anda untuk memindahkan panci tanpa kerepotan. Produk berdimensi 36 x 36 x 32 cm ini memiliki diameter 33 cm. Terbuat dari bahan aluminium berkualitas, panci yang satu ini cocok untuk mengukus aneka kue dan masakan.

Harga Rp. 309.000-569.000
From our editorial team

Untuk yang Diet, Makanan Serba Kukus Bisa jadi Pilihan

Anda yang sedang diet sebaiknya memang menjauhi aneka makanan yang digoreng. Aneka makanan yang digoreng membuat lemak jahat meningkat dan Anda jadi susah menurunkan berat badan. Untuk itu, Anda bisa melirik aneka makanan yang dikukus. Makanan yang dikukus lebih rendah kolesterol. Rasa makanan yang dikukus pun tak kalah enak. Nah, untuk itu, Anda bisa cek panci kukusan rekomendasi kami di atas ya!