Tips Memilih Wajan Kecil untuk Berbagai Kebutuhan Serta 10 Rekomendasi Produk (2020)

Tips Memilih Wajan Kecil untuk Berbagai Kebutuhan Serta 10 Rekomendasi Produk (2020)

Wajan kecil juga dibutuhkan di dapur. Khususnya untuk keperluan seperti memasak telur ceplok, martabak, dan sebagainya. Wajan kecil juga memiliki sejumlah kelebihan. Berikut tips memilih serta rekomendasi produknya untuk Anda.

Miliki Wajan untuk Menyempurnakan Koleksi Alat Masak di Dapur

Bila menyebut peralatan dapur, maka salah satu yang mesti ikut disebut adalah wajan. Wajan adalah benda kedua di dapur setelah kompor yang harus dimiliki. Semua rumah bisa dikatakan memiliki wajan di rumahnya.

Wajan memiliki banyak kegunaan. Berbeda kegunaan, maka bentuk wajannya juga berbeda. Wajan khusus untuk menggoreng akan berbeda bentuknya dengan wajan untuk memanggang. Anda juga bisa memasak masakan yang sedikit berkuah, namun kapasitas kuahnya tidak bisa banyak.

Cara Memilih Wajan

Pilih Material yang Tepat

Material wajan ada bermacam-macam. Material yang umum adalah antilengket atau biasa disebut dengan teflon, keramik, besi, dan alumunium.

Wajan berbahan teflon memiliki kelebihan yaitu tidak membuat makanan menjadi lengket saat dimasak. Kekurangannya, wajan berbahan lapis teflon ini mudah terkelupas, terutama bila perawatannya tidak tepat.
Ada wajan berbahan teflon yang tipis, ada juga yang tebal. Wajan teflon tipis memiliki kualitas serta harganya jauh di bawah teflon yang tebal. Wajan berbahan teflon tebal memiliki bobot yang lebih berat.

Bahan wajan lain selain teflon adalah keramik. Wajan ini tergolong awet karena tidak mudah rusak. Sayangnya, wajan keramik sulit dibersihkan. Harganya pun relatif mahal.

Wajan lain yang awet adalah wajan berbahan besi. Panas yang dihasilkannya lebih merata. Wajan ini pun agak sulit dibersihkan. Ada pula wajan berbahan alumunium. Wajan ini juga cepat menghantarkan panas.



Perhatikan Ukuran Wajan

Ada wajan yang berbentuk datar, ada juga yang cekung. Wajan cekung ini yang paling sering berada di rumah setiap orang. Nah, wajan cekung ini memiliki ukuran yang bervariasi.

Wajan paling kecil, diameternya hanya sekitar 1 cm saja, biasanya ditujukan untuk memasak telur mata sapi. Sedangkan untuk memasak lainnya, tentunya memerlukan yang ukurannya lebih besar. Ada wajan berukuran diameter 28 cm yang sering digunakan untuk memasak banyak.

Sedangkan yang lebih besar, ada yang berdiameter 30 cm bahkan lebih. Tujuannya agar bisa memasak dengan lebih banyak. Tentunya, wajan yang semakin besar ini lebih sering ditujukan untuk bisnis. Jadi, pilihlah wajan yang paling tepat dengan kebutuhan Anda.

Cek juga Bagian Gagangnya

Memilih wajan yang tepat, juga mesti mempertimbangkan bagian gagangnya. Wajan modern memiliki gagang yang sudah didesain antipanas. Materialnya sangat baik dan tidak menyalurkan panas ke tangan.

Material yang biasa dipilih antara lain plastik hingga kayu. Tentunya, Anda bisa memilih yang paling aman dan nyaman ketika digenggam. Ada pegangan yang dipasang dengan cara dipaku, dilas, sampai disekrup. Anda bisa mempertimbangkan yang paling kuat, agar tidak mudah lepas dan patah.

Meski demikian, ada juga wajan yang pegangannya terbuat dari bahan logam. Namun, logam adalah konduktor panas yang kurang baik. Jadinya, relatif dingin, ketika wajan tengah digunakan dalam suhu tinggi. Tentu saja, bahan yang seperti ini lebih kuat dari plastik ketika digunakan di dalam oven.

Rekomendasi Wajan Kecil

Maxim Color Red Wajan Anti Lengket Kecil 12cm

Wajan kecil pertama yang direkomendasikan adalah Maxim Color red Wajan Anti Lengket Kecil 12 cm frypan. Produk satu ini merupakan wajan untuk menggoreng dengan bahan teflon klasik yang berkualitas.

Merek Maxim sengaja mengeluarkan produk wajan berukuran kecil khusus untuk memasak telur. Dengan ukuran hanya diameter 12 cm, tentunya wajan satu ini sangat simpel digunakan.

Tidak hanya itu, produk ini juga mudah dibersihkan, hanya tinggal menggunakan spons yang lembut. Bagian pegangannya terbuat dari rivet yang kuat serta nyaman digenggam. Produk satu ini juga memiliki banyak varian warna yang menarik untuk Anda.

Harga Rp. 70.000-158.000

Wajan Teflon Cetakan Kue Telur Lapisan Keramik Maker Cake Pan

Berikutnya ada Wajan Teflon Cetakan Kue Telur Lapisan Keramik Maker Cake Pan. Produk satu ini merupakan wajan berukuran mini, dengan diameter hanya 9,5 cm, yang sangat pas untuk membuat kue atau memasak telur ceplok.

Produk ini terbuat dari bahan teflon dengan lapisan keramik. Jadinya, sangat tahan panas, tidak lengket, juga mudah dibersihkan. Bahan lapis keramik tersebut juga menjadikan tidak mudah rusak dan terkelupas.

Produk satu ini hadir dalam warna hitam yang menawan. Meski diameter hanya 9,5 cm, namun bobotnya mencapai 1 kg. Hal itu dikarenakan ada lapisan keramik dan teflon yang tebal.

Harga Rp. 156.000-187.500

Wajan/Kuali Kecil 16cm

Produk berikutnya adalah Wajan/Kuali Kecil 16 cm. Dengan ukuran 16 cm, tentunya wajan satu ini bisa untuk memasak telur ceplok dan makanan berukuran kecil lainnya.

Wajan kecil satu ini terbuat dari bahan baja berkualitas tinggi. Jadinya, tahan lama, antigores. dan tidak mudah rusak.

Produk satu ini cukup banyak digemari dan banyak pula peminatnya. Ditambah lagi, harganya cukup terjangkau, jadinya sangat tepat untuk melengkapi sempurnanya perlengkapan dapur Anda.

Harga Rp. 17.000-44.000

Maxim Valentino

Berikutnya, ada lagi produk dari merek Maxim yang bisa Anda pertimbangkan. Produk tersebut adalah Maxim Valentino Fry Pan 12 cm. Ukuran produk ini sangat tepat untuk mendukung Anda memasak telur mata sapi, burger, pancake, dan sebagainya.

Anda bisa memasak dengan sedikit minyak, namun hasilnya sempurna. Sebab, wajan satu ini antilengket dan cepat panas sempurna. Dilengkapi dengan pegangan atau gagang yang nyaman dan antipanas.

Lapisan teflon antilengketnya sangat aman, mudah dibersihkan, tidak mudah terkelupas, dan menjadikan Anda lebih nyaman memasak.

Harga Rp. 54.545-81.000

Yoshikawa 12 cm Frypan

Berikutnya ada wajan kecil dari Yoshikawa. Yoshikawa 12 cm Frypan merupakan wajan kecil yang sangat pas untuk memasak martabak mini, telur ceplok, dan sebagainya. Dengan ukurannya yang kecil, maka panas cepat merata dan tentunya menjadi lebih mudah matang sempurna.

Produk dari Yoshikawa satu ini dibuat dengan bahan berkualitas dan bahan lapis teflon. Jadinya, tidak mudah lengket serta menjadikan masak lebih mudah. Produk satu ini juga mudah dibersihkan dan dicuci.

Tidak hanya itu, gagangnya juga berkualitas sehingga tidak panas serta nyaman digenggam. Namun, produk satu ini tidak bisa digunakan di kompor listrik.

Harga Rp. 42.000-55.500

Bima Wajan Kecil Aluminium Hitam Non Stick 18cm

Selanjutnya, masih ada lagi wajan yang ukurannya 18 cm, jadinya bisa juga untuk memasak dalam kapasitas kecil. Produk yang direkomendasikan adalah Bima Wajan Kecil Aluminium Hitam Non Stick 18 Cm Anti Lengket.

Produk satu ini merupakan wajan berwarna hitam yang dilapisi bahan anti lengket. Bahan wajannya adalah besi aluminium premium yang ringan, mudah dibersihkan, dan menjadikan makanan matang sempurna.

Merek Bima sudah berdiri sejak tahun 1950 dan sudah dipercaya banyak orang karena kualitas dari setiap produknya.

Harga Rp. 93.000-152.000

Frypan Kirin Sasando 18 cm

Berikutnya ada produk berkualitas dari merek peralatan dapur terpercaya, Kirin. Kirin sudah lama dipercaya sebagai merek yang mengeluarkan produk peralatan dapur berkualitas tinggi dengan bahan premium.

Salah satu yang direkomendasikan adalah Kirin Frypan 18 cm Sasando Series. Produk satu ini sangat pas untuk Anda yang memasak tanpa minyak, karena lapisan anti lengketnya sangat berkualitas. Ditambah lagi, bahan lainnya adalah aluminium 3003 yang menjadikan panas lebih merata serta proses masak lebih cepat.

Produk yang satu ini juga sangat mudah dicuci dan dibersihkan. Karena bahan pegangannya berkualitas, jadinya tangan tidak panas serta lebih nyaman digenggam.

Harga Rp. 55.000-80.000

Panci Supor Bobo 2 in 1

Ingin memasak lebih cepat dan mudah? Berikutnya ada Panci Bobo Supor - Sauce Pan + Wajan Frypan Mini ukuran 10 + 12 cm.

Dalam satu setnya terdiri dari panci sauce pot dan wajan mini. Semuanya terbuat dari bahan aluminium alloy serta lapisan anti lengket yang berkualitas.

Produk sauce pot mini memiliki diameter 10 cm dengan tinggi 9 cm serta dilengkapi dengan tutup kaca. Sedangkan wajan mini memiliki ukuran 12 cm. Keduanya dibuat dari material food grade yang menjadikan Anda lebih aman dan nyaman memasak.

Harga Rp. 214.500-293.000

wajan miyako 14cm

Miyako sudah lama dikenal sebagai merek penyedia perlengkapan dan peralatan dapur yang berkualitas dan tepercaya. Kali ini, produk yang direkomendasikan adalah Wajan Penggorengan Frypan Miyako 14 cm 14AFP114A.

Produk berbahan teflon satu ini tentunya bisa menjadi pilihan tepat untuk aktivitas memasak Anda. Khususnya untuk masakan berkapasitas kecil, menggoreng telur ceplok, martabak mini, pancake, dan sebagainya.

Bagian gagang terbuat dari bahan bakelite yang dilapisi silicon antislip. Jadinya, nyaman digenggam, tidak panas, serta tidak mudah lepas. Sedangkan bagian antilengketnya merupakan bahan yang bebas PFOA. Jadinya, masakan tidak berasap juga lebih aman bagi kesehatan Anda.

Harga Rp. 43.000-52.000

Wajan Crepes Maker Makcook Crepes Pan 22 cm

Ingin mencari wajan yang khusus untuk memasak atau membuat crepe? Nah, Wajan Crepes Maker Makcook Crepes Pan 22 cm bisa menjadi pilihan yang jitu untuk Anda.

Produk satu ini dengan lebar diameter 22 cm, tentunya sangat pas untuk memasak crepe, kulit lumpia, kue dadar, pancake, dan martabak. Bahannya adalah alumunium yang baik dalam menghantarkan panas sehingga masakan menjadi lebih matang sempurna.

Tidak hanya itu, panas menjadi lebih merata karena ada motif ulir di bagian bawah sehingga api lebih merata ke setiap sisi wajan. Ditambah lagi dilapisi dengan teflon yang antilengket, jadinya masak lebih mudah dan wajan juga mudah dibersihkan. Produk dari MakCook satu ini tentunya bisa menjadikan masakan Anda lebih cepat matang serta aman bagi kesehatan keluarga.

Harga Rp. 50.000-135.000
From our editorial team

Wajan Kecil yang Berkualitas Tinggi Membuat Masakan Lebih Cepat Matang

Wajan kecil yang berkualitas tentunya akan menjadikan masakan matang lebih cepat serta panasnya lebih merata. Rekomendasi wajan kecil dari BP-Guide di atas tentunya bisa Anda jadikan pelengkap sempurnanya kelengkapan dapur Anda. Jadi, masak lebih nyaman dan menyenangkan, karena wajan yang digunakan berkualitas tinggi.