Pilihan Modem Mifi Terbaik untuk Jaringan Internet yang Kuat (2020)

Pilihan Modem Mifi Terbaik untuk Jaringan Internet yang Kuat (2020)

Modem Mifi adalah teknologi terbaik yang merupakan perkembangan dari modem wifi konvensional. Tentunya, produk mifi menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang mobile dan fleksibel. Selanjutnya, berikut ini BP-Guide mengulas dan memberikan rekomendasi

Mifi, Modem Wifi Multiguna Dengan Mobilitas Tinggi

Tentunya Anda sudah pernah mendengar tentang modem Mifi, bukan? Yah, modem Mifi merupakan modem yang memungkinkan alat atau gadget mampu mendapatkan sinyal wifi berupa sinyal 4G LTE yang tentunya sangat kencang.

Kelebihan dari produk satu ini adalah perangkat Wifi yang bisa dibawa ke mana saja. Berbeda dengan modem Wifi biasa yang tidak biasa dibawa serta akan sangat bergantung dengan colokan listrik. Modem Mifi juga bisa diakses lebih dari satu perangkat yang menjadikannya sebagai teknologi terbaru dari perangkat Wifi konvensional.

Modem 4G ini sangat penting ketimbang Anda melakukan tethering sinyal dari handphone. Karena, membiarkan handphone kerja sebagai modem bisa merusak handphone dengan cepat. Karena itulah Anda membutukan Mifi alias sering dianggap kependekan dari Mobilie Wifi.

Fungsi Mifi Itu Apa Sih?

Sebagai Wifi Router Mengakses Internet

Secara umum bisa kita katakan bahwa tugas Mifi adalah membagikan sinyal atau jaringan internet alias router nirkabel. Untuk menyalakannya, mifi akan menggunakan sim card dengan menggunakan sinyal dari penyedia internet seluler.

Seperti Wifi pada umumnya, Mifi juga memiliki alamat IP default. Anda bisa mengecek alamat IP defaultnya di kotak atau kemasan. Setelah diaktifkan, maka Mifi akan menjadi hotspot yang membagikan sinyal sampai maksimal 10 perangkat.

Dengan kata lain, Mifi adalah pengganti tethering handphone. Karena sinyal yang digunakan juga sinyal seluler yang menjadikan Anda perlu membeli pulsa atau kuota untuk mengaktifkannya.

Dapat Digunakan ke Banyak Perangkat Sekaligus

Berikutnya, sama seperti perangkat modem Wifi konvensional, maka Mifi ini juga mampu memancarkan sinyal atau jaringan internet untuk diakses oleh beberapa perangkat. Semakin baru, maka semakin banyak perangkat yang bisa mengakses secara bersamaan.

Bahkan yang paling baru bisa mengakses sampai puluhan perangkat sekaligus. Karena jaringannya adalah 4G LTE maka jaringannya sangat cepat.

Cara kerjanya juga mudah. Nyalakan Mifi tersebut lalu perangkat lainnya yang membutuhkan jaringan tinggal disambungkan. Mulai dari laptop, tab sampai ponsel semuanya yang memiliki fitur Wifi tentunya bisa mengakses Mifi.

Menghemat Pengeluaran Untuk Biaya Internet

Mifi tentunya akan sangat berguna apalagi ketika semua hal dikerjakan dari dari rumah seperti belajar maupun bekerja. Anda membutuhkan sinyal internet yang cepat.

Mifi menawarkan sinyal yang cepat, tergantung dari kualitasnya. Selain itu, satu modem bisa digunakan pada beberapa perangkat, menjadikan Anda lebih hemat biaya berinternet.

Untuk harga, ada Mifi yang harganya cukup terjangkau mulai dari Rp 200 ribuan. Tapi, ada juga yang cukup mahal sampai 1 jutaan lebih. Tentunya, kemampuannya berbeda-beda, serta paket dari provider masing-masing juga berbeda. Anda bisa memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Keunggulan Modem Mifi

Bentuknya Simpel

Kelebihan pertama perangkat Mifi ini bila dibandingkan dengan modem Wifi biasa adalah bentuknya yang simpel. Rata-rata Mifi berukuran sangat kecil, bahkan hanya sebesar mouse komputer saja.

Karena itu, produk ini bahkan bisa Anda bawa dengan dimasukkan ke dalam tas. Ada beberapa jenis perangkat yang bahkan bisa dimasukkan ke dalam saku, loh. Karena itulah modem satu ini tidak menghabiskan tempat.

Anda bisa membawanya ke kantor lalu meletakkan di atas meja. Atau, Anda bisa membawanya ke kafe untuk bekerja di sana, tanpa menghabiskan tempat di atas meja. Bisa juga Anda masukkan di kantong sambil Anda bekerja di luar rumah.

Perangkat Portable Tanpa Kabel

Kelebihan lainnya adalah Mifi adalah produk tanpa kabel. Jadinya, tidak perlu colokan hanya perlu di-charge atau ganti baterai bila habis dayanya. Hal itu bisa membuat Anda tidak menghabiskan tempat dengan kabel-kabel yang berserakan.

Ditambah lagi, Anda juga tidak perlu meng-install driver tertentu serta hal-hal lain yang meribetkan Anda. Anda hanya perlu menyalakan Mifi tersebut, lalu sambungkan dengan perangkat yang membutuhkan.

Ukuran yang kecil, tanpa kabel juga simple penggunaannya menjadikan produk satu ini sangat pas untuk Anda yang antiribet.

Kemampuan Menerima dan Mengirimkan Sinyal

Pepatah don't judge the book by its cover juga sangat pas disematkan pada produk modem Mifi. Bentuknya kecil dan simpel namun kinerjanya luar biasa. Modem MifiMifi mampu menangkap sinyal dengan baik, juga memancarkan dengan sangat baik.

Beberapa Mifi rata-rata bisa memancarkan sinyal internet ke perangkat hingga berjarak 30 meter. Jadinya, Anda bisa meletakkan modemnya di kamar atau di tempat lainnya, sedangkan Anda bisa mengaksesnya sambil makan di ruang makan atau sebagainya. Tentunya, jarak jangkau tersebut tergantung dengan kemampuan atau merek dari Mifi tersebut.

Kecepatan sinyal juga sangat mumpuni. Apalagi perangkat teranyar memang didesain untuk menjadikan sinyal bisa diakses hingga puluhan perangkat, namun tetap super cepat. Asalkan tidak ada gangguan internet saja pada provider penyedia.

Baterai Smartphone Lebih Hemat

Rata-rata untuk menyalakan laptop maka orang akan menggunakan fitur tethering sinyal internet di smartphone-nya. Sayangnya, smartphone menjadi cepat panas, karena penggunaan sinyal meningkat tajam, juga konsumsi baterai menjadi lebih besar.

Hasilnya, ketika smartphone yang dijadikan modem, maka smartphone tersebut akan lebih sering dicharge yang membuat baterai lebih cepat aus. Maka modem mampu menyelamatkan Anda dari masalah tersebut.

Dengan modem, maka smartphone Anda bekerja lebih ringan. Smartphone bahkan bisa menumpang sinyal di Mifi apabila dibutuhkan, atau habis kuota misalnya.

Pilihan Modem Mifi dengan Harga Termurah, Jangkauan Luas

Huawei E5172

Produk pertama yang direkomendasikan adalah Modem Mifi Wireless Router Huawei E5172. Produk satu ini merupakan hasil perkembangan dari produk Bolt yang sebelumnya sudah sukses di pasaran. Perbedaannya adalah, bila produk sebelumnya hanya bisa satu provider, produk yang satu ini bebas menggunakan provider mana saja.

Produk ini bisa menggunakan jaringan 2G, 3G sampai 4G LTE. Dengan berjalan di frekuensi LTE 2300MHz menjadikan produk ini mampu menghadirkan sinyal internet yang sangat cepat. Daya tampungnya bisa diakses hingga 32 perangkat secara bersamaan.

Produk satu ini juga dilengkapi dengan soket ethernet LAN RJ45, 10/100 Mbps dan satu soket RJ11 untuk telepon analog. Dilengkapi dengan satu konektor SMA untuk antena eksternal bila dibutuhkan. Selain itu, juga ada dukungan untuk baterai cadangan bila dibutuhkan.

Harga Rp. 925.000-1.059.000

Modem WiFi S1 Smartfren

Modem Mifi S1 1200 GB menjadi produk yang bisa Anda pertimbangkan berikutnya. Dengan teknologi CAT 7 menjadikan sinyal 4G + yang super cepat bisa dibagikan ke banyak perangkat. Bahkan produk ini diklaim sebagai pengguna teknologi ini pertama kali.

Tidak hanya itu, produk satu ini dibekali dengan chipset Qualcomm MDM9307 yang menjadikan kerjanya sangat cepat. Juga mampu mendukung koneksi yang bisa digunakan hingga 32 orang pengguna. Anda bahkan bisa men-download dengan kecepatan mencapai 225 Mbps.

Produk satu ini mampu menampung hingga 32 perangkat sekaligus. Dilengkapi pula dengan layar LCD yang membuat Anda bisa melihat sisa pulsa atau kuota, kekuatan jaringan, dan sebagainya. Baterainya memiliki 3250 mAh yang menjadikannya lebih tahan lama. Lengkap pula dengan fitur yang memungkinkan modem ini bisa menggunakan power bank.

Harga Rp. 2.800.000-3.525.700

Smartfren Andromax M3Y

Produk selanjutnya adalah Andromax M3Y 4G LTE. Produk satu ini adalah salah satu produk dari provider Smartfren yang masih terus diproduksi hingga saat ini. Untuk ukuran modem, spesifikasinya cukup mumpuni dengan teknologi CAT 4 yang mendukung kecepatan 4G LTE.

Bagian dapur pacu diperkuat dengan Chipset Qualcomm MDM 9307 dan mendukung wifi hingga 2.4 Ghz. Produk ini juga mendukung fungsi wireless storage sehingga Anda bisa berbagi file dengan koneksi wifi. Tidak hanya itu, juga ada microSD slot yang bisa hingga 32GB.

Baterainya 3000mAh menjadikannya lebih tahan lama. Produk ini mendukung pengguna hingga 32 perangkat dalam saat yang sama. Ditambah lagi ada penyetelan yang sangat mudah untuk mobile Wifi app. Tentunya untuk pengguna Smartfren produk ini sangat bisa dipertimbangkan.

Harga Rp. 499.000-775.500

Movimax MV003

Produk berikutnya adalah Modem Mifi Movimax MV003 Unlock. Ini merupakan modem Mifi yang dikeluarkan oleh provider XL. Namun meski dikeluarkan oleh provider XL, tapi modemnya unlock sehingga tetap bisa menggunakan jaringan lainnya.

Jaringannya sangat mudah diakses berbagai perangkat, mulai dari smartphone, sampai PC sekalipun. Dukungan Wifi 2.4 Ghz serta kecepatan download hingga 150Mbit/s menjadikan Anda bisa lebih nyaman dan cepat bekerja.

Baterainya 2300mAh yang menjadikan waktu menyala bisa hingga 10 jam. Kelebihan lainnya, mampu mendukung kecepatan 4G LTE dan bisa menampung hingga 32 perangkat sekaligus.

Harga Rp. 569.000-715.000

BOLT! Mobile WiFi Hydra

Selanjutnya ada Bolt Hydra ZTE MF910 Mobile Modem Unlock. Bolt merupakan modem keluaran dari provider Smartfren yang diset unlock sehingga tetap bisa menggunakan jaringan lainnya. Dukungan baterai berkapasitas 2000mAh menjadikannya tahan dalam waktu berjam-jam.

Produk ini diperkuat dengan chipset wisefone 7250 dan mampu bergerak di jaringan 4G namun khusus untuk Telkomsel dan Smartfren saja. Khusus operator atau provider lain hanya mampu bergerak di jaringan 3G.

Produk satu ini mampu membagikan jaringan internet hingga ke 8 perangkat secara bersamaan. Dilengkapi pula dengan layar sebesar 1,44 inci dengan intelligent display dan jenis layar TFT Color LCD Screen.

Harga Rp. 399.000-664.000

ZTE MF90

Masih produk Bolt, salah satunya yang juga bisa Anda pertimbangkan adalah Modem Bolt 4G ! Mobile WiFi ZTE MF90. Produk satu ini mampu menghadirkan koneksi 4G LTE yang super cepat.

Dengan kecepatan yang mumpuni, namun harga kuotanya tetap bersahabat. Meskipun Bolt merupakan produk Smartfren, namun tetap bisa digunakan untuk berbagai jenis provider. Produk satu ini juga dikenal sebagai produk yang tahan lama, awet, dan kuat.

Produk satu ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Namun kinerjanya mumpuni, bahkan salah satu yang terkuat bila dibandingkan dengan jenis modem Bolt lainnya. Kemampuannya bahkan bisa menyalurkan jaringan hingga 10 perangkat dalam saat bersamaan.

Harga Rp. 225.000-489.900

ZMI MF885

Produk berikutnya adalah Xiaomi ZMI 4G wifi Router MF885 10mAh PowerBank with Mobile Hostpot. Ukurannya mini, namun fiturnya banyak dan menarik. Dengan teknologi 4G CAT 4 menjanjikan sinyal yang mumpuni dan sangat cepat.

Baterainya memiliki 10 ribu mAh yang menjadikannya sangat tahan lama. Untuk pengisian ulangnya bahkan sangat cepat dengan dukungan quick charge 2.0. Ditambah lagi, produk ini juga bisa menggunakan power bank yang menjadikannya bisa dibawa ke mana saja.

Produk ini dibuat dengan bahan aluminium di bagian case-nya. Produk ini mampu menyebarkan jaringan hingga ke 9 pengguna secara bersamaan.

Harga Rp. 1.159.000-1.717.500

Prolink PRT7011

Selanjutnya, Anda bisa mempertimbangkan Prolink PRT7011L Smart 4G LTE wiFi hotspot. Produk satu ini bergerak di jaringan 4G LTE yang menjadikannya mampu mencapai 300 Mbps. Kelebihan lainnya adalah produk ini mampu bertahan selama 10 jam sejak bateari penuh.

Desainnya ringkas dan juga sangat ringan jadi mudah dibawa ke mana saja. Baterai bisa di-charge ulang sehingga tidak perlu bingung mencari colokan atau mencari baterai pengganti.

Dengan kecepatan tinggi dan ketahanannya, produk satu ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk memenuhi kebutuhan internet di rumah Anda. Apalagi, modem satu ini bisa digunakan untuk semua operator seluler.

Harga Rp. 590.000-750.000

Huawei E5573 XL Go

Berikutnya ada Huawei E5573 Modem Mifi 4G LTE Free XL GO. Kelebihan utama adalah Anda membeli produk modem Wifi sekaligus mendapatkan paket internet dari XL. Paket dengan kuota mencapai 20GB sudah dalam kecepatan yang tinggi dan bisa diakses bahkan di 10 negara.

Produk ini mampu bergerak di jaringan 4G dan 3G dengan kecepatan download hingga 150Mbt/s. Teknologi LTE cat 4 yang menjadikan kecepatan download bisa lebih cepat. Jangkauan sinyal cukup jauh hingga berjarak 10 meter.

Tidak hanya itu, produk ini juga mampu menyalurkan jaringan ke 10 perangkat berbeda dalam bersamaan. Dengan baterai berdaya 1.500 mAh menjadikan produk ini mampu bertahan hingga 6 jam untuk pemakaian nonstop. Juga sangat mudah di-charge ulang dan cepat terisi kembali.

Harga Rp. 648.900-699.000

Huawei E5673

Selanjutnya ada MiFi modem WiFi 4G LTE Huawei E5673 unlock. Dengan fitur bypass resmi dari Huawei menjadikannya tetap bisa "on" meski baterainya habis dan Anda langsung mencolokkan adaptor.

Ukurannya modem satu ini sangat mungil dan sudah dalam keadaan unlock. Jadinya, bisa digunakan dengan operator selular apa saja. Produk ini bisa bergerak di kecepatan 4G dan 3G.

Selain itu itu, produk ini bisa membagikan jaringan ke 16 perangkat sekaligus. Tidak hanya itu, jarak range jaringan bisa mencapai 10 meter. Baterainya 1.500mAh dan mampu bertahan dalam waktu 6 jam nonstop. Sedangkan dalam posisi standby bisa mencapai 300 jam.

Harga Rp. 641.900-659.000
From our editorial team

Modem Mifi Paling Pas untuk Pekerja yang Fleksibel

Mifi bisa menjadi pilihan yang pas untuk Anda yang berjiwa bebas. Bekerja di mana saja, tentunya menjadikan Anda mampu bekerja dengan baik dan mifi menjadikannya jauh lebih lancar. Produk yang direkomendasikan BP-Guide di atas tentunya bisa Anda pertimbangkan untuk menunjang pekerjaan Anda.