Tips Memilih Router dan 10 Rekomendasi Router WiFi Terbaik Pilihan BP-Guide (2020)

Tips Memilih Router dan 10 Rekomendasi Router WiFi Terbaik Pilihan BP-Guide (2020)

Akses internet yang cepat dan stabil kini sudah menjadi kebutuhan harian banyak orang. Internet dibutuhkan untuk mengakses berbagai media hiburan sehingga banyak yang memilih memasang perangkat WiFi untuk di rumah. Jika kamu juga ingin menghadirkan akses internet WiFi di rumah, jangan lupa simak tips memilih router yang tepat dan dapatkan rekomendasi router terbaik pilihan BP-Guide.

Apa itu Router?

Dunia internet kini sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Kebutuhan akan jaringan internet pun kini mulai beralih jadi kebutuhan dasar bagi semua orang. Hampir semua kegiatan dan kebutuhan harian mulai bergantung pada jaringan internet. Sebut saja untuk memesan makanan, transportasi, komunikasi, hingga melakukan berbagai pembayaran pun kini sudah melalui akses digital.

Untuk melakukan semua kegiatan itu tentunya harus ada jaringan internet. Salah satu koneksi yang dibutuhkan agar bisa mengakses internet adalah WiFi. Nah, agar bisa mengakses internet melalui jaringan WiFi ini dibutuhkan sebuah alat bantu, yakni router. Dengan router ini, gadget dengan built-in WiFi pun dapat tersambung ke jaringan internet secara nirkabel.

Jenis-jenis Router WiFi

Router Hardware

Router hadir dalam beberapa jenis dan yang paling umum adalah router hardware atau router fisik. Router hardware mirip dengan modem atau hub dan dibekali dengan banyak port penghubung. Perangkat ini akan diletakkan pada lokasi yang menjadi pusat untuk membagi jaringan WiFi. Router hardware ini juga dikenal memiliki kemampuan yang baik dalam memancarkan IP address.

Router Aplikasi

Sumber gambar piar-m.ru

Router software berbeda dengan router hardware yang memiliki bentuk fisik. Router software merupakan sebuah program yang diinstal pada sebuah sistem operasi, seperti pada windows, Mac Os, atau linux.

Beberapa software yang bisa menjadikan perangkat menjadi sebuah router adalah Soygate, WinGate, dan WinRoute. Router software yang telah dinstal memungkinkan laptop atau PC bisa berbagi sinyal WiFi dengan perangkat lainnya. Namun, fungsi routing router software ini tidaklah sebagus router hardware.

Router PC

Sumber gambar www.geekyviews.com

Satu lagi jenis router yang harus kamu ketahui adalah Router PC. Berbeda dengan router software, router PC merupakan sebuah sistem operasi khusus yang dapat membagi IP address. Salah satu sistem operasi yang memiliki fasilitas router ini adalah sistem operasi Mikrotik yang dilengkapi dengan LAN card.

Spesifikasi minimum untuk komputer yang bisa diinstal sistem operasi khusus router PC ini adalah komputer Prosessor Pentium II dengan hard drive 10GB dan RAM 64MB.

Pertimbangan dalam Memilih Router WiFi

Keamanan

Jika kamu ingin membeli router untuk di rumah atau keperluan lainnya, pertimbangkan juga sistem keamanan yang dimiliki router tersebut. Keamanan ini dimaksudkan agar jaringan WiFi yang kamu miliki tidak digunakan orang lain secara bebas. Jika jaringan WiFi dari routermu banyak digunakan oleh orang lain tentu akan mengganggu konektivitas, kelancaran, dan kecepatan WiFi.

Selain itu pertimbangkan juga router dengan fitur parental control untuk memblokir IP yang tidak ramah anak. Beberapa jenis sistem keamanan yang terdapat pada router adalah WPA2, WPA, dan WEP. Namun yang paling aman dari ketiga jenis tersebut adalah WPA2.

Jumlah Band yang Dibutuhkan

Hal lain yang juga perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli router adalah ketahui jumlah band yang digunakan. Saat ini router ada yang menggunakan teknologi dual-band dan tri-band. Router dual-band memiliki 2 radio yang beroperasi pada frekuensi 2.4GHz dan 5.0GHz.

Kedua radio pada router ini dapat digunakan dan beberapa jenis router dual-band ada yang hanya bisa mengoperasikan 1 frekuensi radio saja dalam waktu bersamaan. Untuk menghindari gangguan koneksi sebaiknya kamu memilih router yang memungkinkan koneksi pada pita frekuensi di atas 5GHz.

Hal ini dikarenakan beberapa perangkat juga beroperasi pada rentang frekuensi 2.4GHz sehingga dapat mengganggu koneksi router. Contoh perangkat yang bekerja pada frekuensi 2.4GHz adalah perangkat bluetooth, microwave, dan telepon tanpa kabel.

Antena

Router juga hadir dengan antena untuk memancarkan sinyal WiFi, yakni antena internal dan eksternal. Antena pada router memiliki fungsi penting karena dapat meningkatkan jangkauan router dalam membagikan sinyal WiFi.

Namun, dibandingkan antena internal, router dengan antena eksternal jauh lebih bagus karena jangkauannya lebih luas dan bisa memancarkan jaringan WiFi hingga ke seluruh ruangan dalam rumah. Bahkan untuk ruangan yang terhalang tembok sekalipun.

Kemampuan Network

Kemampuan network pada router juga menjadi pertimbangan penting sebelum membeli router WiFi. Router produksi lama menggunakan sistem wireless 802.11ac. Sedangkan router keluaran terbaru hadir dengan sistem wireless dengan standar teknologi 802.11n.

Router WiFi dengan teknologi terbaru tentunya dapat bekerja lebih maksimal dibanding router keluaran lama. Walau demikian, router keluaran lama masih bisa tetap tersambung dengan teknologi terbaru dan kamu pun bisa mendapatkan router keluaran lama ini dengan harga yang lebih murah tentunya.

10 Rekomendasi Router WiFi Pilihan BP-Guide

Xiaomi Mi Router 4 Dual Band Wireless WiFi Gigabit

Xiaomi Mi Router 4 Dual Band Wireless WiFi Gigabit hadir dengan desain panel berlubang pada bagian bawahnya. Desain ini berguna dalam membuang panas berlebih selama pemakaian. Keunggulan dari router Xiaomi ini adalah memiliki RAM sebesar 128MB dan ROM 16MB yang mampu menampung sebanyak 128 pengguna internet.

Sementara prosesor yang digunakan adalah MediaTek MT7621A MIPS (Dual Core 880MHz) sehingga dapat memberikan akses internet yang cepat dan lancar. Tingkat konkurensi dual-band adalah 1167MHz tanpa antarmuka.

Router WiFi Xiaomi yang support IPv6, dual band WiFi 2.4G + 5G ini mampu memberikan kecepatan maksimal sebesar 1167Mbps dan dilengkapi pula dengan 4 high-gain antennas untuk area jangkauan yang lebih luas. Aplikasi yang dapat digunakan untuk mengakses dan mengatur wireless router ini adalah MiWiFi App.

Harga Rp. 429.000-857.000

TP-Link TL-WR840N 300MBps Wireless Router Access Point Range WiFi Extender

TP-Link TL-WR840N 300MBps Wireless Router Access Point Range WiFi Extender hadir dengan 4 fungsi yang bisa digunakan sebagai Access Point, Wireless Router, Range Extender & WISP.

WISP (Wireless Internet Service Provider) akan menangkap jasa layanan internet yang telah ada untuk dipancarkan kembali di tempat alat ini dipasang dengan sinyal yang lebih kuat. Router WiFi TP-Link yang merupakan gabungan kabel/jaringan nirkabel ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan jaringan usaha kecil dan rumahan.

Penggunaan router yang dapat memberikan akses jaringan berkecepatan tinggi ini ideal untuk bermain game online, streaming video HD, mendownload file besar dan VoIP. Router ini telah menggunakan teknologi 802.11n yang kompatibel dengan IEEE 802.11b/g/n. Untuk pengaturan router ini juga mudah karena kamu hanya perlu masuk ke admin area.

Harga Rp. 133.000-180.000

Tenda AC6 AC1200 Smart Dual-Band WiFi Wireless Router

Tenda AC6 AC1200 Smart Dual-Band WiFi Wireless Router dapat memberikan sinyal yang kuat dengan kinerja yang stabil berkat CPU 900MHz dari Broadcom.

Router WiFi yang menggunakan standar teknologi 802.11ac generasi ke-5 ini memiliki kecepatan dual band hingga 1167Mbps dan dapat menghasilkan kecepatan 867Mbps pada frekuensi 5GHz dan 300Mbps pada 2.4GHz dalam waktu bersamaan.

Router WiFi AC6 ini juga memiliki teknologi beamforming+ dan antena eksternal serta daya amplifier yang tinggi untuk meningkatkan jangkauan perangkat. Keunggulan yang juga dimiliki router ini adalah kemampuannya menembus dinding sehingga bisa memberikan koneksi internet yang stabil dan kuat.

Harga Rp. 349.900-369.900

Modem Router Huawei B311As-853Modem WiFi Wireless Router

Modem Router Huawei B311As-853Modem WiFi Wireless Router cocok untuk dipasang pada hotel, apartemen, kantor, kos-kosan, serta tempat umum lainnya. Router WiFi ini terbuka untuk semua jaringan 3G dan 4G untuk provider Telkomsel, XL, Indosat, Axis, Hinet, Three dan Smartfren.

Jangkauan perangkat sejauh 250 meter yang dapat terbagi untuk 32 perangkat. Untuk menggunakan jaringan dari router ini cukup dengan memasang sim card dan mengisi data diri untuk pendaftaran atau aktivasi. Setelah mendapatkan notifikasi pindahkan simcard pada MiFi dan koneksikan menggunakan SSID dan password MiFi .

Harga Rp. 857.500-899.000

Asus RT-AC59U Dual Band Gigabit Wireless

Asus RT-AC59U Dual Band Gigabit Wireless juga hadir dengan dukungan WiFi generasi ke-5 (WiFi 5G) dan chipset 802.11ac untuk menghasilkan kecepatan nirkabel yang super cepat.

RT-AC59U ini dilengkapi dengan port LAN Gigabit yang dapat memompa kecepatan hingga 4Gbps secara bersamaan. Dan router WiFi ini pun dapat dijadikan sebagai hub media untuk pemutar media, konsol game, TV pintar, dan perangkat lainnya yang memiliki port khusus.

Harga Rp. 1.330.000-1.449.000

Linksys WRT1900ACS 1.6Ghz Dual Band WiFi Router with UltraFast WRT1900

Router WiFi yang juga mampu memberikan sinyal yang kuat dalam jangkauan yang jauh adalah Linksys WRT1900ACS 1.6Ghz Dual Band WiFi Router with UltraFast WRT1900. Dengan router ini kamu bisa mengakses internet dengan cepat, lancar, dan tanpa hambatan.

Kamu pun bisa bebas menikmati berbagai media hiburan dari dunia maya dan memberikan kemudahan dalam mengakses internet untuk bekerja. Router Linksys dual band ini kompatibel dengan Mac OS X yaitu 10.5.8 Leopard, 10.6.1 Snow Leopard, 10.7 Lion, 10.8 Mountain Lion, 10.9 Mavericks dan Windows yaitu XP, Vista, 7, 8, 8.1.

Router ini juga memiliki lampu LED yang mengindikasikan internet, ethernet (1-4), Protected Setup, dan Power serta sekaligus membuat router ini tetap terlihat dalam kondisi gelap. Port yang dimiliki router ini adalah internet, ethernet (1-4), port power, USB 3.0, dan USB 2.0 /eSATA combo.

Harga Rp. 2.795.000-3.499.000

Linksys Cisco WiFi Router E1200

Linksys Cisco WiFi Router E1200 pun hadir untuk memberikan jangkauan koneksi yang lebih luas, handal, dan cepat. Dengan router WiFi ini kamu bisa berselancar di internet dengan nyaman dalam kecepatan maksimal baik untuk streaming, browsing dan sharing file antar device.

Router yang bekerja pada jaringan IEEE 802.11b/g/n dan frekuensi 2.4GHz ini juga dilengkapi dengan antena MIMO yang cocok untuk penggunaan di area rumah maupun kantor. Router ini juga memiliki perlindungan keamanan berupa WPA/WPA2 dan SPI firewall sehingga orang lain tidak bisa mengakses jaringan dengan bebas.

Router WiFi ini juga ramah anak karena memiliki sistem perlindungan parental controls yang memungkinkan untuk mengatur jadwal online dan mengelola aktivitas online anak-anak dari mana saja. Router ini pun menyediakan fitur guest access agar tamu bisa mengakses jaringan internet dengan kata kunci unik.

Harga Rp. 410.000-475.000

Xiaomi AC2100 2.4G 5G Wireless WiFi Router

Xiaomi AC2100 2.4G 5G Wireless WiFi Router merupakan perangkat tanpa mutual interferense yang beroperasi dalam frekuensi 2.GHz dan 5GHz. Router Xiaomi ini pun dapat menghasilkan koneksi internet yang super cepat dan stabil berkat penggunaan teknologi 802.11ac.

Router dapat menghasilkan transmisi yang lebih efisien sehingga memungkinkan kamu memainkan game pada beberapa device secara bersamaan tanpa hambatan. Router dari Xiaomi ini menggunakan CPU dual core four thread 880MHz sehingga kemampuannya lebih gahar.

Pada router juga terdapat port Gigabit Ethernet dan Gigabit Dual Band WiFi untuk performa yang lebih baik. Router ini dapat menghasilkan kecepatan maksimum 2100Mbps jika menggabungkan kedua band, 2.4Ghz dan 5Ghz. Tak lupa, perangkat router ini juga memiliki teknologi beamforming yang dapat mengenal posisi perangkat dan mengarahkan sinyal dengan tepat.

Harga Rp. 757.000-1.654.000

Netgear CG3100D-2BPAUS Gigabit Gateway WiFi Router 300Mbps

Netgear CG3100D-2BPAUS Gigabit Gateway WiFi Router 300Mbps cocok untuk dipasang di rumah karena dirancang dengan 3 fungsi utama, yakni WiFi Access Point, modem kabel, dan router. Dengan dukungan DLNA Certified pada perangkat ini kamu juga bisa memindahkan file digital antar perangkat DLNA dengan mudah.

Router WiFi yang menggunakan processor Intel X86/32 bit ini kompatibel dengan Windows XP SP3/Vista/7, Mac OS X.5.8 atau yang lebih tinggi dan WiFi 802.11b/g/n enabled device. Router juga dilengkapi dengan enkripsi keamanan WiFi dan kamu pun bisa menyambungkan Drive HArd USB eksternal ke gateway.

Harga Rp. 115.000-125.900

Ice Comfastcf-WR754AC 1200Mbps Home Wireless Extender Router WiFi

Ice Comfastcf-WR754AC 1200Mbps Home Wireless Extender Router WiFi dapat memberikan laju transmisi dan kinerja nirkabel yang baik. Hal ini dikarenakan router memiliki 4x 3dBi antena dengan kinerja yang tinggi dan cocok untuk penggunaan layanan WiFi gratis pada area yang luas.

Router WiFi ini hadir dengan fitur Wireless Access Point, Router Nirkabel, dan WiFi Range Extender (Repeater). Router juga dilengkapi dengan enkripsi keamanan nirkabel, RJ-45 Ethernet port untuk berbagi port Ethernet / LAN WAN 2x 10 / 100Mbps.

Pada router juga terdapat tombol pilihan fungsi untuk jaringan khusus dan indikator LED. Router yang mendukung 2.4G dan 5G koneksi jaringan nirkabel ini dapat memberikan kecepatan transmisi hingga 867Mbps.

Harga Rp. 535.000-723.100
From our editorial team

Dapatkan Router Terbaik untuk Akses Internet Cepat dan Stabil

Meskipun ada jaringan internet namun koneksinya lambat tentu sangat menjengkelkan. Hal ini bisa saja terjadi jika kamu salah memilih router yang tepat. Nah, dengan tips memilih router yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan serta rekomendasi router terbaik ini kamu bisa menikmati internet berkecepatan tinggi di rumah.

Tag