10 Rekomendasi Wifi Router Termurah untuk Menjamin Koneksi Internet yang Lancar (2020)

10 Rekomendasi Wifi Router Termurah untuk Menjamin Koneksi Internet yang Lancar (2020)

Agar koneksi internet bisa kamu nikmati di berbagai sudut rumah, kamu membutuhkan router untuk menguatkan sinyal WiFi-mu. Bujet terbatas? Nggak perlu khawatir, BP-Guide akan memberikan rekomendasi WiFi router termurah dan berkualitas hanya di artikel berikut!

Router Wifi Dapat Mendukung Koneksi Internet yang Lancar di Rumah

Sumber gambar www.reportlinker.com

Di saat teknologi sudah sangat canggih dan jarak bukan lagi halangan, selalu terhubung dengan internet menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa dielakkan. Entah itu untuk bekerja, menghubungi orang-orang terdekat, atau sekedar mencari hiburan. Di manapun kamu berada, kamu tidak bisa lepas dari internet. Tidak terkecuali saat kamu sedang di rumah.

Jaringan WiFi kini tidak hanya ditemukan di tempat-tempat umum dan pusat hiburan saja. Agar kamu tetap bisa mengakses internet dari dalam rumah, kamu juga membutuhkan WiFi untuk digunakan di rumah. Tahukah kamu bagaimana WiFi bisa bekerja?

Ada 2 komponen utama yang dibutuhkan, yaitu router dan access point. Access point bekerja membentuk hotspot yang kemudian lalu lintas datanya dikelola oleh router. Router bisa diartikan sebagai alat yang dapat menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan internet. Perangkat ini sangat diperlukan dalam setiap jaringan internet agar data yang ada dapat didistribusikan ke rute yang sesuai.

Tips Memilih Router Wifi yang Tepat Sesuai Kebutuhan Kamu

Teknologi Dual-Band

Kamu yang masih awam bisa jadi tidak paham dengan teknologi router Dual Band. Pada router dual band, ada 2 radio yang masing-masing beroperasi di frekuensi 2.4 GHz dan 5.0 GHz. Dengan adanya 2 radio ini, kamu bisa memisahkan jaringan wireless yang ada pada router. Sistem ini membuat akses internet semakin lancar saja.

Selain faktor tersebut, kamu membutuhkan router yang berada di frekuensi lebih dari 5.0 GHz karena alasan yang satu ini. Perangkat lain di rumahmu seperti oven dan microwave beroperasi di gelombang 2.4 GHz, sehingga saat mereka berjalan bersamaan dapat mengganggu koneksi WiFi di rumahmu.

Sebelum membeli, ada baiknya kamu memastikan dulu bahwa kedua radio pada router yang kamu gunakan bisa dijalankan secara bersamaan. Beberapa router dengan 2 radio hanya bisa menjalankan salah satunya saja, tidak bisa digunakan bersama-sama.

Antena

Setiap router internet pasti dilengkapi dengan antena. Fungsi antena adalah menguatkan sinyal internet sehingga bisa diakses dari berbagai ruangan di dalam rumah. Supaya sinyal internet semakin kuat, pilih router yang memiliki lebih dari satu antena.

Benda-benda seperti dinding dan kaca di dalam rumah bisa menjadi penghalang buat sinyal internet, sehingga perlu dikuatkan dengan adanya antena. antena bekerja menguatkan jangkauan internet, sangat cocok buat kamu yang tinggal di rumah yang besar atau luar.

Beberapa tipe router sudah disertai dengan antena internal yang bisa menyalurkan koneksi internet. Meskipun demikian, kinerjanya tidak sebaik antena eksternal. Pastikan kamu menambahkan antena eksternal ke router internetmu agar jangkauan sinyalnya semakin kuat.

Tentukan Kecepatan

Speed atau kecepatan adalah aspek yang sangat penting untuk dipertimbangkan ketika kamu memilih router. Router yang dijual di pasaran bisanya memiliki kecepatan 300 Mbps, 900 Mbps, dan 1900 Mbps. Pilih router yang sesuai dengan kebutuhanmu ya. Jika kamu hanya tingga seorang diri, maka router dengan kecepatan 300 Mbps sudah sangat bagus.

Berbeda lagi jika kamu tinggal bersama dengan keluarga besar di rumah, tentu kamu akan membutuhkan router dengan kecepatan yang lebih tinggi lagi. Tetapi jangan salah paham ya. Kecepatan router yang tertulis adalah kecepatan yang bisa dicapai di bawah kondisi ideal di laboratorium. Jika router-mu bisa mencapai setengah dari kecepatan itu, maka sudah bisa dianggap baik.

Kecepatan internet tidak semata-mata tergantung pada router. Provider internet yang kamu gunakan juga sangat menentukan. Percuma saja kamu menggunakan router yang paling cepat jika provider tidak bisa mengimbanginya. Jadi kalau internet di rumahmu cepat lemot, coba cek dulu apakah jangkauan sinyal provider-mu kuat juga atau tidak.

Periksa Keamanan

Internet adalah jaringan luas yang tidak terbatas, sehingga keamanannya harus kamu pertimbangkan. Jangan sampai koneksi internetmu dicuri orang lain, apalagi beserta data-data di dalamnya. Ada tiga jenis keamanan yang dimiliki oleh router yaitu WEP, WPA, dan WPA2.

Di antara ketiga jenis keamanan tersebut, WPA2 dianggap yang paling baik dalam memberikan proteksi pada pengguna internet. Router produksi baru biasanya sudah menyediakan fitur ini dan dilengkapi juga dengan Parental Control untuk membatasi akses internet oleh anak-anak. Jika kamu ingin membeli router, pastikan sistem keamanan yang dimiliki adalah WPA2 dan disertai dengan fitur Parental Control.

Sesuaikan Bujet

Dalam membeli barang apapun, bujet adalah yang paling menentukan. Percuma saja kamu mencari-cari tipe router tanpa mempertimbangkan berapa uang kamu miliki untuk membelinya. Kalau kamu punya bujet yang besar, kamu bebas memilih jenis router apa saja yang kamu mau. Bahkan membeli router yang paling mahal sekalipun tidak jadi masalah. Tetapi meski bujet-mu besar, sebaiknya kamu pertimbangkan dulu apakah router tersebut dengan kebutuhanmu.

Kalau bujet-mu terbatas, kamu harus lebih berhati-hati. Jangan sampai salah beli dan hasilnya tidak sesuai dengan yang kamu inginkan. Jangan mudah juga tertipu dengan harga murah, ya. Cari router yang spesifikasinya sesuai dengan bujet dan kebutuhanmu.

Tetapi, semakin tinggi kecepatan router, maka semakin mahal pula harganya. Jadi lebih baik kamu mempertimbangkan dulu dengan matang sebelum memutuskan untuk membeli router, ya!

Rekomendasi WiFi Router Murah dengan Harga Rp 100 Ribuan

TP-LINK TL WR 840N

Router dengan 2 antena ini memiliki kecepatan hingga 300 Mpbs. Dapat digunakan sendiri atau untuk keluarga kecil. Fungsi nirkabel yang dimiliki antena ini adalah mengaktifkan dan menonaktfikan radio nirkabel, jembatan WDS, WMM, dan Statistik nirkabel.

Sistem pengamanannya sudah cukup mumpuni, yaitu WEP, WPA2, hingga WPA2-PSK. Router juga memberikan fitur kontrol akses beragam seperti Kontrol Orang Tua, Daftar Host, Manajemen Aturan, Kontrol Manajemen Lokal, dan Jadwal Akses.

Fitur lainnya adalah kontrol bandwidth berbasis IP, sehingga admin bisa mengatur berapa bandwitdh yang diberikan untuk setiap perangkat.

Jembatan WDS pada router ini dapat membantu memperluas jangkauan jaringan. Kekuatan router ini juga tidak perlu diragukan lagi karena dapat menjangkau hingga ke lantai 2 bangunan.

Harga Rp. 133.000-155.000

Xiaomi Wi-Fi Router Repearter Wireless Wi-Fi

Kalau kamu mencari router murah dengan fitur lengkap, ini mungkin jawabannya. Fitur-fitur unggulannya dapat memenuhi kebutuhanmu untuk tetap terhubung.

Dengan kecepatan 300 Mbps, router ini masih memiliki fitur WiFi Amplify untuk semakin menguatkan jangkauan dan sinyal. Kamu bisa streaming tanpa gangguan dan buffering, serta bisa bekerja dengan nyaman di rumah.

Selain itu, router ini juga mudah digunakan. Tinggal colokkan saja ke slot USB Router, lalu perangkat ini akan bekerja sendiri dengan melakukan pairing otomatis. Desainnya yang ramping dan elegan tidak akan memakan banyak tempat dengan jangkauan yang luas.

Berapa pun perangkat yang kamu miliki dan ingin kamu hubungkan, tidak masalah karena ini adalah router Used for All yang bisa digunakan pada CCTV, smartphone, laptop, dan PC sekaligus.

Harga Rp. 99.000-149.500

Kextech WiFi Router Wireless-N Repearter 2 LAN Port 300Mbps - LV-WR02B

Bingung karena sinyal WiFi-mu sulit menjangkau area tersembunyi, sedangkan kamu sangat membutuhkannya? Pakai saja WiFi Repeater yang satu ini.

Fungsinya adalah untuk menguatkan sinyal WiFi sehingga meski perangkatmu tersembunyi di sudut ruangan, kamu tetap bisa mendapatkan akses internet yang lancar.

Dengan jangkauan dan kecepatn yang maksimal hingga 300 Mbps, dijamin kamu akan bisa menikmati koneksi internet yang lancar tanpa hambatan.

Router ini beroperasi di jaringan 2.4 GHz dengan 2 port LAN yang bisa digunakan secara bersamaan. Bentuknya juga kecil dan ringkas, sehingga kamu bisa menggunakannya di mana saja dan mudah dibawa saat bepergian.

Harga Rp. 123.900-194.000

Tenda F3 300Mbps Network WiFi Router

Satu lagi router WiFi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan internetmu di rumah. Dengan kecepatan 300 Mbps, router ini akan memberikan akses internet tidak terbatas yang bisa kamu nikmati. Dibekali dengan chip broadcom untuk memastikan kinerja router yang tetap stabil dan mempertahankan kecepatan, memudahkan kamu melakukan apa saja di internet.

Fitur keamanan pada router ini sudah lengkap dan mumpuni, yaitu WPA hingga WPA2-PSK untuk melindungi penggunanya. Disertai pula dengan kontrol bandwidth shingga admin bisa mengatur alokasi bandwidth untuk setiap gadget yang terhubung.

Jangkauan router ini cukup luas, yaitu dengan Coverage Area mencapai 200 meter persegi. Set up perangkat ini juga mudah dengan tampilan antarmuka bersahabat, bahkan buat pemula sekalipun.

Harga Rp. 147.999-155.000

Totolink N200RE 300Mbps Router N Wireless

Jika kamu tidak suka dengan router yang terlalu besar, ada router mini ini dengan kecepatan tangguh 300 Mbps. Router nirkabel ini bisa membantumu mengakses internet dari berbagai sudur rumahmu, bahkan di sudut yang paling tersembunyi sekalipun.

Selain koneksi secara nirkabel, alat ini juga mendukung koneksi LAN sehingga bisa digunakan di banyak perangkat sekaligus. Router ini bisa memberikan akses yang lancar untuk semua aktivitas internet, mulai dari streaming, gaming online, dan browsing.

Dilengkapi 2 antena dengan kinerja tinggi dan 2 port LAN yang bisa dikoneksikan secara bersamaan. Fitur lain yang ditawarkan oleh router ini adalah kontrol orang tua untuk membatasi akses internet anak, kontrol bandwidth, serta Multi SSID sehingga kamu bisa membuat beberapa SSID sesuai kebutuhanmu.

Harga Rp. 112.899-135.000

D-LINK 150Mbps WIRELESS USB

Untuk penggunaan sendiri, rasanya router yang satu ini sudah cukup kok. Menawarkan kecepatan hingag 150 Mbps dan beroperasi di jaringan 2.4 GHz, perangkat ini memiliki antena internal yang sudah terintegrasi.

Tidak hanya itu, fitur keamanan router ini tergolong canggih. Keamanan enkripsi WPA2 bisa diatur dengan mudah, hanya dengan satu sentuhan tombol saja. Dengan panduan cepat 18 bahasa, perangkat keras ini akan membantumu menikmati akses internet yang tidak terbatas.

Selain itu, ada juga pengatuan adaptor USB 2.0 yang bisa dihubungkan dengan cepat ke laptop atau smartphone. Cara pengaturannya yang mudah membuat Anda bisa menghemat banyak waktu pemasangannya.

Harga Rp. 73.000-94.435

Osman Wireless 300Mbps Wi-Fi 802.11 AP

Model WiFi router sangat ditentukan oleh besarnya ruangan atau rumah yang kamu tinggali. Jika di rumahmu ada banyak dinding atau kaca, artinya semakin banyak pula penghalang bagi sinyal WiFi. Sebaiknya kamu pilih router yang punya lebih dari satu antena agar jangkauan sinyal semakin kuat dan luas.

Router yang satu ini adalah penguat sinyal dengan kecepatan transmisi hingga 300 Mbps. Fitur keamanannya maksimum dengan menggunakan WPA2 untuk melindungi data-data Anda. Cocok untuk penggunaan pribadi di rumah atau di kantor kecil.

Jika kamu merasa jangkauan sinyal internetmu kurang luas, maka sudah saatnya kamu beralih ke router WiFi yang satu ini.

Harga Rp. 117.500-157.320

Tenda N301 3 In 1 Wireless Router

Menawarkan kecepatan maksimal hingga 300 Mbps, router ini sangat ideal untuk menguatkan sinyal internetmu. Set up awalnya yang mudah, hanya dengan hitungan menit saja tentu sangat memudahkan penggunaan di dalam rumah. Dengan kecepatan tersebut, semua aktivitas internet seperti email, chatting, browsing, streaming, hingga online gaming akan terpenuhi.

Beberapa fitur tambahan yang dimiliki oleh router ini antara lain adalah WiFi Radio On/Off, Port Forward, DHCP Server, dan masih banyak lagi. Hanya dalam hitungan menit saja, kamu sudah bisa menikmati akses internet tanpa batas.

Harga Rp. 135.000-140.000

Router WiFi 300Mbps Netgear CG3100D-2BPAUS Gigabit Gateway

Router yang satu ini adalah perangkat DLNA Certified yang memudahkan akses multimedia dan membagikannya melalui jaringan internet. Kamu tinggal menyambungkan Drive Hard USB, lalu kamu bisa bebas mentransfer dan menyimpan file apapun di penyimpanan pusat.

Perangkat ini memang sangat ideal untuk digunakan di dalam rumah. Enkripsi keamanannya juga cukup mumpuni, mampu melindungi data pribadimu. Dengan satu router saja, kamu sudah bisa menyambungkan beberapa perangkat sekaligus di dalam rumah. Urusan kecepatan tidak perlu khawatir, router ini bisa mentransmisikan data hingga 300 Mbps.

Harga Rp. 116.640-155.900

PIX-LINK USB Wi-Fi Range Extender Wireless Wifi Repeater

Dengan WiFi Range Extender, kamu bisa memperluas jangkauan sinyal WiFi hingga ke seluruh ruangan di dalam rumah. Dilengkapi dengan antena ganda untuk memaksimalkan kecepatan hingga 300 Mbps, router ini memiliki performa stabil dengan sinyal yang kuat.

Desainnya yang compact dan portable tidak memakan banyak tempat, bisa kamu bawa kemana saja dengan mudah. Dilengkapi dengan lampu pintar yang bisa mengindikasikan status perangkat, membuatmu semakin mudah dalam menggunakannya. Perangkat ini bisa disambungkan dengan berbagai macam gadget seperti smartphone, tablet, laptop, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 153.632-190.700
From our editorial team

Tunggu Apalagi, Yuk Segera Nikmati Koneksi Cepat Tanpa Batas!

Kamu yang sangat membutuhkan koneksi internet di dalam rumah, tunggu apa lagi? Yuk segera miliki WiFi router termurah versi BP-Guide di atas ya. Tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam, kamu sudah bisa mengakses internet dari seluruh sudut di rumahmu!