Dapatkan Koneksi Internet Cepat dengan 10 Rekomendasi Alat Wi-Fi Murah Pilihan BP-Guide (2019)

Dapatkan Koneksi Internet Cepat dengan 10 Rekomendasi Alat Wi-Fi Murah Pilihan BP-Guide (2019)

Sumber gambar turbofuture.com

Jaringan Wi-Fi saat ini sudah jadi salah satu kebutuhan pokok bagi para pengguna internet. Kalau Anda ingin mendapatkan koneksi internet yang baik dengan menggunakan jaringan wireless, Anda bisa cek rekomendasi alat Wi-Fi murah pilihan BP-Guide berikut!

Alat Wi-Fi Murah Jawaban untuk Anda yang Butuh Internet On Budget

Sumber gambar mashtips.com

Jaringan internet menjadi kebutuhan pokok manusia di zaman teknologi ini, karena internet tidak bisa dipisahkan dari kehidupan modern. Namun, jaringan internet terkadang memiliki sinyal yang tidak menentu, sehingga menghambat aktivitas Anda.

Agar Anda mendapatkan sinyal dan koneksi internet yang kuat dan stabil, Anda bisa menggunakan Wi-Fi. Ini adalah teknologi jaringan nirkabel yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan koneksi Internet berkecepatan tinggi. Anda tidak perlu khawatir, karena sekarang telah banyak tersedia alat Wi-Fi yang murah.

5 Tips Memilih Alat Wi-Fi Sesuai Kebutuhan

Tingkat Keamanan Data

Sumber gambar lifehacker.com

Sebelum Anda membeli alat Wi-Fi, pastikanlah terlebih dahulu tingkat keamanannya. Wi-Fi yang tidak memiliki tingkat keamanan yang baik akan membuat jaringan Anda dapat diakses oleh pengguna liar. Hal ini dapat membuat koneksi Anda menjadi lebih lambat dan pemakaian data Anda menjadi lebih boros.

Tidak hanya itu, masalahnya bisa menjadi semakin parah jika sistem Anda diinfeksi dengan virus. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui apakah alat Wi-Fi Anda memiliki tingkat keamanan data yang baik.

Menentukan Kecepatan Wi-Fi

Sumber gambar www.minim.co

Wi-Fi memiliki kecepatan yang berbeda-beda, mulai dari 350 Mb/sec hingga 1900 Mb/sec. Sebelum memilih alat Wi-Fi, tentukanlah terlebih dahulu kecepatan yang Anda butuhkan dan sesuaikan dengan keperluan Anda. Jangan sampai Anda memilih jaringan Wi-Fi yang sangat cepat dengan harga yang cukup mahal, padahal Anda hanya menggunakannya untuk berselancar di media sosial.

Tetapi jika Anda menggunakannya untuk mengunfuh file berat, menonton secara streaming, dan bermain game online, tentunya membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil.

Maka dari itu, tentukan terlebih dahulu kebutuhan Anda, barulah memilih koneksi yang memiliki kecepatan sesuai kebutuhan Anda.

Network Standart 802.11n atau 802.11ac

Sumber gambar www.cruise1st.co.uk

Setiap router dibekali dengan teknologi untuk fitur wireless. Salah satu teknologinya adalah 802.11ac. Sistem wireless ini merupakan teknologi lama, namun tetap bisa bekerja dan terhubung dengan teknologi terbaru. Router yang memiliki teknologi 802.11ac memiliki harga yang lebih murah.

Tetapi jika Anda menginginkan teknologi yang terbaru, Anda bisa memiliki network standar. 802.11n. Sistem wireless ini merupakan teknologi terbaru yang tentunya telah lebih berkembang dari teknologi sebelumnya. Tidak hanya itu, 802.11n telah memenuhi standar dari industri, sehingga lebih tepercaya.

Jumlah Band yang Dibutuhkan

Sumber gambar kb.netgear.com

Berbagai pihak manufaktur menciptakan router dengan memiliki dua teknologi yang berbeda, yaitu dual-band dan tri-band. Perbedaan dari kedua teknologi ini adalah jika teknologi dual band menggunakan 2 radio dan jika teknologi tri band menggunakan 3 radio. Radio-radio tersebut dapat beroperasi di frekuensi yang berbeda.

Anda dapat membeli router WiFi dengan band yang Anda butuhkan, karena percuma saja membeli router dengan 3 radio, tetapi yang Anda gunakan hanya 1 radio saja. Karena biasanya router yang memiliki fitur dual band atau tri band hanya dapat mengoperasikan 1 radio saja.

Konektivitas dengan USB

Sumber gambar thepihut.com

Perlu Anda ketahui, bahwa koneksi USB pada router adalah elemen yang penting. Kegunaan port USB memiliki fungsi yaitu menjadi tempat penyimpanan atau NAS (Network Attached Storage). NAS adalah perangkat penyimpanan eksternal yang dapat terhubung dengan jaringan.

Anda juga dapat menggunakan port USB tersebut untuk berbagi file dengan menghubungkan HDD eksternal. Sehingga Anda bisa mentransfer dari jaringan rumah. Mengingat pentingnya port USB, maka pilihlah router yang memiliki port USB. Anda juga perlu menyiapkan pengaturan HDD eksternal pada wireless untuk pengaturan USB.

Pilihan Alat Wi-Fi Murah Terbaik

Smartfren Modem MiFi Andromax M3Y + Free Kartu perdana GSM - Hitam

Sumber gambar Lazada

Smartfren Modem MiFi Andromax M3Y + Free Kartu perdana GSM - Hitam adalah alat Wi-Fi dari Smartfren yang memiliki kecepatan internet 300 Mbps hingga 2.4 Ghz. Router yang dapat dihubungkan dengan 32 user dalam waktu yang bersamaan ini dibekali dengan teknologi CAT4 dengan Chipset keluaran Qualcomm.

Router yang memiliki berbagai fungsi seperti Wireless Storage, berbagi musik, video dan file lainnya melalui koneksi Wi-Fi ini dilengkapi dengan MicroSD slot dan memiliki baterai memiliki kapasitas 3000 mAH. Anda bisa mendapatkan produk ini di Lazada dengan harga Rp 599.000.

Modem ADSL TP-link TD-W8951ND

Sumber gambar Tokopedia

Modem ADSL TP-link TD-W8951ND adalah perangkat yang dapat memberikan Anda koneksi internet berkecepatan tinggi melalui jaringan kabel atau wireless. Koneksi yang ditawarkan modem ADSL ini mencapai 24 Mbps downstream dan 3.5Mbps upstream dengan jangkauan yang lebih luas.

Bahkan modem ini dapat menghasilkan kecepatan hingga 150 Mbps, sehingga aktivitas bermain game online, panggilan internet, dan video streaming Anda tidak terganggu.

Keunggulan dari modem ADSL adalah memiliki fitur Easy one touch yang memudahkan Anda untuk mengamankan enkripsi wireless dengan tombol QSS atau Quick Security Setup. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga hanya Rp 260.000.

D-LINK DSL-526E

Sumber gambar Bhinneka

D-LINK DSL-526E adalah router yang dapat memberikan Anda koneksi ADSL2 yang memiliki kecepatan yang tinggi. Untuk sistem keamanannya, router ini dibekali dengan NAT dan Firewall yang dapat melindungi berbagai serangan melalui internet.

Kemudian lalu lintas datanya didukung oleh QoS, sehingga Anda dapat bermain game online, streaming musik dan film, telepon via internet, dan mengunduh file tanpa terganggu. Kecepatan yang dihasilkan oleh ADSL2/2+ ini mencapai 24 Mbps untuk downstream dan 2 Mbps untuk upstream. Anda bisa mendapatkan router ini di Bhinneka dengan harga Rp 85.000.

TP-LINK TL-WR841ND

Sumber gambar Tokopedia

TP-LINK TL-WR841ND adalah alat Wi-Fi gabungan jaringan kabel atau nirkabel yang canggih. Router yang memiliki dua antena ini memiliki kecepatan dan tingkat transmisi sampai dengan 300 Mbps, sehingga ideal untuk streaming, video HD, membuat VoIP, dan game online.

Untuk keamanan dan memastikan enkripsi WPA2, router ini dilengkapi dengan tombol Quick Setup Security untuk mencegah jaringan dari intusi luar. Bandwidth yang dialokasikan ke setiap PC ditentukan oleh kontrol bandwidth berbasis IP. Anda bisa mendapatkan router dari TP-link yang cocok untuk IPv6-Protocol versi terbaru ini di Tokopedia dengan harga Rp 305.000.

Universal Portable 4G Kartu SIM Modern 100 Mbps LTE FDD WCDMA EVDO Usbwifi Router-Intl

Sumber gambar Lazada

Universal Portable 4G Kartu SIM Modern 100 Mbps LTE FDD WCDMA EVDO USB Wifi Router adalah router nirkabel yang memiliki jaringan 3G dan 4G. Router portabel ini memiliki tingkat transmisi hingga 150 Mbps dengan kecepatan download 4G 100 Mbps dan kecepatan upload hingga 50 Mbps, sehingga dapat mendukung aktivitas internet Anda.

Untuk fitur keamanannya, didukung oleh WLAN 802.11 b/g/n yang dapat mengamankan jaringan Anda dari berbagai serangan dari internet. Anda bisa mendapatkan produk ini di Lazada dengan harga Rp 470.000.

D-LINK DSL-2540U

Sumber gambar Bhinneka

D-LINK DSL-2540U adalah router yang dapat memberikan jaringan internet berkecepatan tinggi melalui ADSL2. Untuk keamanannya, router dari D-Link ini didukung oleh NAT dan Firewall SPI, sehingga bisa terhindar dari berbagai serangan jaringan internet.

Router ini dibekali dengan QoS yang dapat memprioritaskan lalu lintas data yang penting. Anda bisa mendapatkan router dari D-Link ini dengan harga Rp 117.000 di Bhinneka.

Glitzglozz MIMO-X2 Antena Indoor Portable for Bolt 4G Huawei E5577 [Slim 2/Max 2]

Sumber gambar Blibli

Glitzglozz MIMO-X2 Antena Indoor Portable for Bolt 4G Huawei E5577 Slim 2/Max 2 adalah router yang dibekali dengan Antena Portable MIMO-X2 yang dapat memaksimalkan penangkapan sinyal di area sekitar. Tidak hanya itu, antena tersebut juga dapat membantu Anda dalam menerapkan teknik MIMO yang dapat mengambil polarisasi vertikal dan horizontal secara bersamaan.

Router ini memiliki dua antena yang memiliki fungsi yang berbeda, antena pertama sebagai transmitter dan yang kedua sebagai receiver. Teknologi dual antenna ini dapat membuat koneksi Anda menjadi lebih stabil dan bagus meskipun berada di kondisi sinyal minim. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 63.000.

TP-Link TL-MR3020 Portable 3G/3.75G Wireless N Router

Sumber gambar Jakartanotebook

TP-Link TL-MR3020 Portable 3G/3.75G Wireless N Router adalah router yang memungkinkan untuk berbagi koneksi mobile broadband 3G atau 3.75G. Router yang memiliki kecepatan wireless hingga 150 Mbps ini juga dilengkapi dengan fitur failover 3G/WAN strategi back up yang dapat memberikan koneksi internet yang berkelanjutan. Anda bisa mendapatkan router dari TP-Link ini dengan harga Rp 238.300 di Jakarta Notebook.

4G LTE Wifi Router Mobile Hotspot Wi-fi 100 Mbps Saku Modem USB Nirkabel FDD B1 B3 B7

Sumber gambar Lazada

4G LTE Wifi Router Mobile Hotspot Wi-fi 100 Mbps Saku Modem USB Nirkabel FDD B1 B3 B7 adalah router yang dapat memberikan koneksi nirkabel hingga 100 Mbps.

Router yang dapat digunakan untuk 10 pengguna ini memiliki antena WiFi 4G / 3G + built-in yang dapat memberikan jangkauan dan keandalan optimal dan meningkatkan kekuatan sinyal sehingga Anda bisa menikmati konektivitas dari jarak yang jauh. Anda bisa mendapatkan produk ini di Lazada dengan harga Rp 474.000.

TP-LINK TL-MR3420

Sumber gambar Blibli

TP-LINK TL-MR3420 adalah router yang dapat memberikan kecepatan wireless LAN hingga 300Mbps, sehingga cocok untuk Anda yang suka streaming video atau bermain game. Untuk keamanannya, router yang kompatibel dengan modem USB UMTS/HSPA/EVDO ini dilengkapi dengan tombol QSS (Easy one touch). Tombol tersebut dapat memberikan kemudahan untuk keamanan enkripsi wireless Anda.

Router dari TP-Link ini juga memiliki fitur bandwidth control yang dapat mengatur dan menentukan bandwidth yang dialokasikan untuk setiap PC. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga RP 335.000.

From our editorial team

Gunakan Alat Wi-Fi Sesuai Kebutuhan dan Bujet yang Dimiliki

Menggunakan alat Wi-Fi tentunya akan sangat membantu terutama jika Anda biasa bekerja atau beraktivitas dengan menggunakan internet. Sebelum membeli, pastikan Anda mengecek spesifikasi alat Wi-Fi yang akan Anda pilih dan pastikan Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan serta bujet yang Anda miliki. Ketahui juga cara menggunakan dan memasangnya dengan benar agar Wi-Fi berfungsi secara normal.

Tag