10 Rekomendasi WiFi Router Terbaik untuk Koneksi Internet Super Lancar (2020)

10 Rekomendasi WiFi Router Terbaik untuk Koneksi Internet Super Lancar (2020)

Sudah bukan zamannya lagi internet lemot. Nikmati koneksi lancar tanpa batas dengan rekomendasi WiFi router terbaik dari BP-Guide berikut ini. Kamu bisa menggunakannya di mana saja, baik di rumah maupun di kantor. Yuk, cek apa saja produknya!

Koneksi Internet yang Stabil Sangat Dibutuhkan, Salah Satu Caranya dengan Menggunakan WiFi Router

Bagi masyarakat modern, internet merupakan sebuah kebutuhan yang tidak bisa ditawar lagi. Alur informasi yang dibagikan secara cepat dan real time di seluruh dunia menuntut setiap orang untuk tetap terhubung di jaringan internet, tidak peduli dimanapun berada.

Untuk memenuhi kebutuhan akses internet yang kian hari kian meningkat saja, dibutuhkan alat khusus untuk menjaga koneksi internet tetap stabil. Router namanya. Router bertugas untuk menguatkan sinyal WiFi agar dapat menjangkau seluruh sudut area, baik itu yang tersembunyi sekalipun maupun banyak terhalang oleh tembok dan kaca.

Dengan adanya router, jangan khawatir sinyal internet akan melemah, ya! Kamu bisa menggunakan router untuk berbagai keperluan, baik itu untuk keperluan pribadi atau keluarga di rumah hingga keperluan internet di tempat umum.

Ketahui Jenis Router yang Sering Digunakan

Router Statis

Router statis juga dikenal dengan nama static routing. Dibandingkan dengan router jenis yang lain, router ini punya satu keunggulan. Yakni administrator bisa melakukan filtering atau penyaringan terkait rute mana saja yang boleh dilewati oleh koneksi internet. Dengan demikian, proses routing atau penghalaan dapat dijalankan secara real time oleh admin.

Pengaturan manual ini memang mudah dan cepat, di mana pengguna atau user juga bisa melakukan permintaan routing tertentu kepada admin. Namun, tentu saja jika menggunakan router ini admin harus selalu stand by untuk mengatur lalu lintas koneksi internet.

Router Dinamis

Berbeda dengan router statis di mana proses routing atau penghalaan dilakukan secara manual oleh seorang admin, maka router dinamis atau dynamic router bisa berjalan sendiri secara otomatis dan dinamis. Tanpa adanya kendali dari admin, router akan tetap bisa berjalan.

Router dinamis bekerja dengan cara melakukan routing ke user yang telah ditentukan, menghapus jalur atau rute yang sudah tidak terpakai lagi, serta banyak aktivitas lain yang bisa berjalan secara otomatis. Bisa dibilang router dinamis lebih praktis dan lebih efisien dalam penggunaan. Kerja admin juga semakin mudah dan ringan karena tidak memerlukan tabel routing seperti pada router statis.

Selain itu, untuk kebutuhan jaringan yang besar, sibuk, dan luas, penggunaan router dinamis lebih disarankan dibandingkan dengan router statis.

Router Wireless

Seperti namanya, wireless router bisa bekerja tanpa kabel sehingga lebih praktis dan modern. Sementara itu, sistem kerjanya tidak spesifik. Wireless router bisa bersifat statis atau dinamis. Router jenis ini sangat banyak digunakan hanya karena alasan efisiensi. Namun untuk fungsi dan cara kerjanya sendiri sama dengan router pada umumnya.

Tanpa adanya kabel, instalasi wireless router lebih mudah dan cepat. Selain itu, router juga bisa dijadikan Access Point yang langsung terhubung dengan smartphone, notebook, laptop, dan perangkat lain yang memiliki fitur WiFi. Router juga bisa dipakai di mana saja. Mudahnya lagi, hanya dengan 1 modem saja sudah bisa dipakai untuk menyambungkan banyak komputer.

Rekomendasi WiFi Router Terbaik

Linksys EA9500 Max-Stream

Sudah pernah dengar tentang LinkSys? Kalau belum, yuk simak info singkat tentang perusahaan ini.

LinkSys dikenal sebagai salah satu perusahaan terdepan yang memproduksi router dan berhasil menjual 100 juta router secara global. Berkat router ini, rumah-rumah kini memiliki jaringan internet yang cepat dan tanpa batas.

Salah satu teknologi terkenal dari LinkSys adalah MU-MIMO (Multi-User, Multiple-Input, Multiple-Output) yang mampu menyediakan bandwith para perangkat dengan fitur MIU-MIMO untuk koneksi yang lebih cepat. Meski banyak perangkat yang tersambung dengan satu koneksi internet yang sama, tidak perlu khawatir akan menjadi lemot.

Menghadirkan kecepatan bandwidth hingga 5,3 Gpbs, router ini jelas ideal untuk penggunaan jaringan yang sangat luas. Router ini juga dilengkapi dengan 8 Gigabit Ports dan 8 slot antenna eksternal untuk ekstensi atau perluasan jangkauan jaringan.

Harga Rp. 7.710.000-8.525.750

Netgear R9000 AD7200

Didukung dengan teknologi nirkabel paling mutakhir, 802.11ac dan 802.11ad, router ini merupakan kombinasi antara dua koneksi internet super cepat yang mampu mendukung semua aktivitasmu. Mulai dari gaming VR, streaming video kualitas 4K, hingga mengunduh file berukuran besar hanya dalam sekejap saja.

Netgear Nighthawk X10 dibekali dengan prosesor Quad Core 1.7 GHz dengan arsitektur Quad-Stream untuk performa andal dengan bandwidth super besar mencapai 7.2 Gbps. Dukungan frekuensi 160 MHz dapat menggandakan kecepatan WiFi pada perangkat mobile. Jika jangkauan sinyal dirasa kurang, ada 4 slot antena eksternal yang bisa digunakan untuk memperluasnya.

WiFi dengan kecepatan 500 Mbps ini ideal untuk digunakan di rumah yang besar dengan banyak ruangan. Penggunaan di kantor kecil sebanyak 2 lantai juga masih dirasa cukup.

Harga Rp. 9.799.000-12.460.875

Linksys EA9300

Produk LinkSys memang selalu menghadirkan teknologi yang paling canggih dan mutakhir. Seri EA9300 ini misalnya, didukung dengan Tri-Band MU-MIMO yang bisa memacu kecepatan WiFi hingga ke level tertinggi.

Disertai 3 buah band yang bisa menghadirkan kecepatan bandwidth mencapai 4.0 Gbps. Kamu bebas bermain game, melalukan konferensi video, streaming video dengan kualitas 4K, serta browsing dalam waktu bersamaan.

Karena router ini adalah jenis nirkabel, maka lebih praktis dan mudah digunakan. Perangkat ini memiliki output perangkat yang lengkap yakni 4 port LAN, 1 port WAN, 2 port USB 3.0, serta 6 slot antena eksternal yang bisa digunakan untuk semakin memperkuat jaringan internet.

Harga Rp. 4.507.125-5.669.000

Linksys WRT1900AC

WRT atau wireless router adalah lini legendaris dari merek router nomor satu dunia, LinkSys. WRT dulu sempat populer di era tahun 2000-an. Namun setelah itu lini WRT sepertinya tidak berlanjut lagi hingga beberapa tahun lalu LinkSys kembali meluncurkan seri terbaru yaitu WRT1900AC.

Dari segi desain, seri terbaru ini mencoba kembali nostalgia ke masa kejayaan WRT di mana bentuk dan warnanya masih didominasi kombinasi hitam dan biru. Ini sangat menarik bagi mantan pengguna WRT. Router ini dibekali dengan berbagai fitur paling mutakhir untuk mendukung berbagai aktivitas internetmu.

Router ini kompatibel dengan hampir semua platform Windows mulai dari XP dan seri di atasnya juga dengan MAC OS X. Nikmati koneksi internet tanpa hambatan dengan menggunakan router canggih yang satu ini.

Harga Rp. 3.128.475-3.389.000

ASUS Wireless RT-AC88U

ASUS RT-AC88U dibekali dengan teknologi canggih berupa Dual-Band Wireless AC yang mampu memacu kecepatan WiFi mencapai 3167 Mbps. Dengan bandwidth berkecepatan tinggi, gaming online, streaming video, panggilan video, hingga mengunduh file berukuran besar bisa dilakukan bersamaan tanpa hambatan.

Router ini juga dilengkapi dengan 8 port Gigabit LAN untuk dukungan konektivitas yang lebih luas lagi. Kamu juga bisa memonitor lalu lintas internet melalui smartphone. Selain itu, teknologi Beamforming memberikan jangkauan WiFi yang lebih luas lagi dengan sinyal yang tetap stabil. Karena router ini nirkabel, instalasinya sangat mudah dan praktis.

Harga Rp. 4.138.999-4.500.000

TOTO Link T10 - AC1200

Router dari TOTO Link adalah perangkat nirkabel cerdas yang bisa digunakan hanya dengan satu sentuhan saja. Jangkauan sinyal yang luas membuat router ini ideal untuk digunakan di dalam rumah berukuran sedang. Router juga memiliki fungsi roaming nirkabel yang membuat kecepatan WiFi tetap tinggi dan stabil di segala kondisi.

Teknologi standar sinyal terbaru IEEE 802.11ac mampu memberikan kecepatan hingga 300 Mbps + 867 Mbps. Prosesor dengan kecepatan 1 GHz memungkinkan transfer data yang cepat tanpa mengganggu stabilitas kecepatan jaringan.

Router dibekali dengan Dual Band dengan masing-masing kecepatan 2.4 GHz dan 5 GHz yang bisa bekerja bersamaan, membuat koneksi internet tetap lancar meski terhubung di banyak perangkat dalam satu waktu.

Harga Rp. 2.400.000-2.520.000

Synology RT2600AC

Router Synology hadir dengan kecepatan yang mumpuni mencapai 800 Mbps. Perangkat ini dirancang untuk jaringan internet dan tetap stabil meski terhubung ke banyak perangkat. Bisa digunakan sendiri di rumah atau untuk di kantor.

Dual Band pada router masing-masing memiliki kecepatan 2.4 GHz dan 5 GHz untuk mendukung koneksi internet yang serba cepat dan lancar. Teknologi Dual WAN pada router memudahkan kamu untuk menjaga jaringan internet selalu optimal tanpa adanya penurunan kinerja.

Pada dapur pacunya, perangkat ini dibekali dengan CPU Dual Core, memori 512 MB, dan DDR3 untuk kinerja maksimal yang mendukung lalu lintas jaringan internet.

Harga Rp. 4.078.900-4.159.900

LinkSys Velop Triband Wifi WHW0303-AH AC6600

Satu lagi router dari LinkSys untuk mendukung aktivitas internet tanpa hambatan. Router ini dibekali dengan teknologi Tri-Band yang bisa memberikan kecepatan stabil meski banyak perangkat yang terhubung. Segala macam kegiatan mulai dari streaming dan download bisa dilakukan secara bersamaan tanpa adalah gangguan kecepatan.

Prosesor inti Quad Core 716 MHz menghadirkan kerja yang cepat, membuat Anda selalu bisa menikmati koneksi internet selama dalam jangkauan sinyalnya. WiFi pintar ini sangat cocok untuk digunakan dalam rumah berukuran sedang hingga luas. Jangkauannya mencapai 6.000 kaki persegi.

Harga Rp. 6.510.000-10.989.000

ASUS Wireless RT-AC5300

Wireless router Tri-Band dari Asus ini mampu menawarkan rate total yang mencapai 5300 Mbps! Masing-masing band-nya adalah 5 GHz dengan teknologi revolusioner MU-MIMO.

Dibekali pula dengan Game Accelerator Built-In, di mana kamu masih bisa menikmati grafik gameplay yang halus meski banyak perangkat terhubung.

Tri-Band yang ada pada router ini merupakan satu dari tiga tercepat yang ada, lho. Tidak heran kekuatan sinyalnya sangat mumpuni meskipun masing-masing band sangat sibuk. Router ini mampu menghadirkan koneksi internet super cepat yang tanpa hambatan.

Harga Rp. 5.299.000-5.999.000

LinkSys EA8500 AC2600

Wireless router dari LinkSys ini disertai mampu menghasilkan 4 aliran data disertai dengan 4 slot antena eksternal yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Koneksinya lebih kuat dengan kecepatan hingga 2.53 Gbps. Port USB 3.0 mendukung kecepatan berbagi file.

Teknologi MU-MIMO pada router mendukung penggunaan internet oleh banyak perangkat sekaligus tanpa mempengaruhi kecepatannya. Nikmati semua aktivitas seperti download, streaming, browsing, hingga gaming tanpa hambatan. Router ini sangat cocok untuk kamu yang mendambakan koneksi internet cepat di dalam rumah.

Harga Rp. 3.911.000-4.297.900
From our editorial team

Jadi, Sudah Siap Terhubung Setiap Saat?

Dengan menggunakan router rekomendasi BP-Guide di atas, kamu kini tidak perlu khawatir lagi koneksi internet akan lemot dan terhambat. Router terbaik akan memberikan kecepatan data yang maksimal, sehingga kamu akan tetap terhubung setiap saat. Baik itu untuk menyelesaikan pekerjaan atau sekadar menonton video, kamu bisa melakukan semuanya dengan mudah.