Gamepad Termurah Mulai dari Rp 100 Ribu? Ini Pilihannya! (2022)

Gamepad Termurah Mulai dari Rp 100 Ribu? Ini Pilihannya! (2022)

Bagi pecinta games, salah satu kenyamanan dalam bermain permainan adalah fasilitas yang mendukung, seperti kualitas gambar yang HD, controller yang responsif, hingga gamepad yang berkualitas.

Gamepad, Bentuk Kenyamanan dalam Bermain Game

Dengan menggunakan gamepad, terdapat beberapa kelebihan yang akan dirasakan dibandingkan menggunakan smartphone biasa, seperti pergerakan jari yang lebih leluasa, sehingga game pun dapat dimainkan dengan cepat.

Seiring dengan perkembangan teknologi, game yang dikeluarkan pun membutuhkan controller yang rumit, sehingga sebagian pemain merasa kesulitan untuk meng-klik atau menekan banyaknya tombol saat bermain game. Tidak jarang juga, controller tidak responsif pada saat ditekan, sehingga mengalami error saat dimainkan, akhirnya berujung pada kesalahan bahkan kekalahan. Hmm, Anda tidak mau ini terjadi bukan?

Cara Memilih Gamepad untuk Pemula

Jika Anda ingin beralih dari penggunaan control game seperti mouse, keyboard ke gamepad, terdapat beberapa hal yang perlu diketahui agar tidak salah pilih. Di pasaran, Anda akan menemukan berbagai merek gamepad dengan spesifikasi dan harga yang berbeda-beda. Namun, Anda juga harus membedakan gamepad original dengan yang palsu. Dari segi tampilan tidak terlihat bedanya, namun gamepad palsu memiliki potensi ketahanan yang tidak tahan lama. Oleh sebab itu, mari simak tipsnya di bawah ini.

Pilih Konektivitas Gamepad yang Memudahkan Anda

Ada beberapa jenis konektivitas yang dapat Anda pilih untuk gamepad, yaitu wired, bluetooth, dan juga USB. Sebelum Anda memilihnya, pahami dulu kelebihan dan kekurangan masing-masing konektivitas tersebut. Jika Anda memilih wired, Anda dapat memainkan game dengan lancar tanpa lag karena menggunakan daya dari smartphone Anda. Jika Anda ingin menjaga kualitas smartphone, USB gamepad merupakan pilihan yang tepat, terlebih sudah dilengkapi dengan baterai built-in atau AA.

Jika Anda merasa terganggu dengan kabel yang menghalangi saat bermain, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli gamepad bluetooth. Kelebihannya, penggunaannya mudah karena Anda hanya perlu menghubungkan antara gamepad dan smartphone melalui bluetooth. Namun, Anda juga harus memperhatikan besaran daya gamepad ketika memilih untuk menggunakan bluetooth.

Sesuaikan Desain Gamepad dengan Kenyamanan Tangan Anda

Selain konektivitas, hal lain yang perlu diperhatikan adalah desain gamepad. Pastikan, Anda memilih desain gamepad yang sesuai dengan ukuran tangan Anda, tidak kebesaran dan juga tidak kekecilan. Jika ukuran gamepad kebesaran, Anda tentunya akan kesulitan untuk menggunakan controller dan juga tombol-tombol yang ada. Selain ukuran, berat gamepad juga harus Anda perhatikan.

Anda dapat menyesuaikan dengan selera, gamepad berat ataukah ringan yang lebih Anda sukai untuk bermain game. Biasanya, gamepad berat lebih disukai oleh gamer karena sensasi getar yang lebih terasa dan juga analog yang lengkap. Untuk pemula, gamepad dengan ukuran lebih ringan lebih disukai karena penggunaannya pun tidak terasa berat. Standar ukuran berat untuk gamepad adalah 200 gram.

Perhatikan OS (Operating System) yang Mendukung Gamepad

Sebelum Anda membeli gamepad, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah OS (Operating System) yang mendukung. Pilihlah gamepad yang dapat digunakan di beberapa perangkat dengan OS (Operating System) yang berbeda, seperti Windows, iOS, dan juga Android. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah memainkannya tanpa harus membeli atau menggantinya dengan perangkat baru.

Biasanya, gamepad yang hanya dapat digunakan di satu OS (Operating System) akan menyulitkan. Misalnya, iOS, tentunya Anda hanya dapat memainkan game yang ada pada iOS. Begitu juga dengan perangkat lain yang dibutuhkan untuk menunjang game tersebut. Jika Anda mencari kemudahan dalam bermain game, pertimbangkan untuk membeli game yang dapat digunakan di beberapa OS (Operating System) ya!

Lihat Kelengkapan Fitur Gamepad

Tips terakhir dalam memilih gamepad yang tepat adalah kelengkapan fiturnya. Dalam bermain game, fitur-fitur tambahan sangat mendukung agar pengalaman atau sensasi bermain lebih terasa. Masing-masing gamepad tentunya memiliki kelengkapan fitur yang berbeda, tergantung spesifikasi masing-masing. Namun, terdapat dua fitur yang wajib Anda pertimbangkan ketika membeli gamepad, yaitu fitur joystick dan getar.

Apa itu fitur joystick? Fitur ini adalah sebuah tombol yang memungkinkan Anda melakukan berbagai aksi hanya dengan menekannya. Anda juga dapat mengarahkan tombol ini untuk mengarahkan karakter Anda secara leluasa. Selain praktis, tombol ini sangat berguna untuk para pemula. Anda tidak perlu menghafal tombol lain untuk dapat memainkan game secara leluasa. Selain joystick, pertimbangkan juga fitur getar. Saat memainkan game, terdapat moment-moment tertentu yang membuat gamepad bergetar sehingga menghasilkan pengalaman bermain game yang lebih nyata.

10 Rekomendasi Gamepad Termurah

Terios T3 Wireless Bluetooth Gamepad Joystick for Android Smartphone

Punya smartphone Android, PSP, PS1, dan Nintendo tapi butuh gamepad berkualitas yang murah? Terios T3 Wireless Bluetooth Gamepad Joystick for Android Smartphone bisa jadi pertimbangan. Pasalnya, gamepad ini memiliki konektivitas yang bagus, sehingga dapat dimainkan di beberapa platform.

Anda juga dapat menggunakan gamepad Terios T3 Wireless Bluetooth Gamepad Joystick for Android Smartphone dengan kacamata 3D VR, lho. Tidak perlu khawtair mengenai ukuran, karena gamepad ini didesain khusus untuk orang Asia. Dengan budget mulai dari Rp 150.000, Anda bisa mendapatkannya, lho. Tertarik?

Harga Rp. 90.000-150.000

Ipega Dark Knight PG-9067

Spesifikasi bagus namun ukuran gamepad terlalu besar? Pasti terasa tidak nyaman digunakan dalam bermain game. Selan itu, ukuran akan mempengaruhi keleluasaan pemain dalam menekan tombol control yang ada. Jika ukuran permasalahannya, Anda dapat mencoba Ipega Dark Knight PG-9067.

Dengan harga yang terjangkau, Anda dapat membeli Ipega Dark Knight PG-9067 dilengkapi dengan desain yang nyaman. Selain itu, Anda juga dapat memainkan banyak game bahkan VR sekalipun, lho. Gamepad ini juga dapat digunakan dengan bluetooth, sehingga dapat dengan mudah diaktifkan.

Harga Rp. 170.000-300.000

8Bitdo Zero gamepad

Kalau beberapa waktu lalu sempat booming game Animal Crossing di Nintendo, saat ini Genshin Impact yang jadi juaranya. Game Nintendo ini sedang digemari oleh banyak gamer karena cerita yang seru serta pemandangan alamnya yang sangat indah. Jika Anda ingin menikmati game-game terbaik dari Nintendo Switch, Anda bisa memainkannya dengan 8Bitdo Zero gamepad.

Terlebih lagi, jika Anda menyukai gamepad yang berukuran tidak besar, alias kecil, sehingga Anda dengan mudah menggenggamnya. 8Bitdo Zero juga dilengkapi dengan konektivitas bluetooth, sehingga dapat digunakan untuk bermain game di beberapa OS (Operating System), bahkan di PC sekalipun.

Harga Rp. 200.000-300.000

Mocute 050 Gamepad Bluetooth

Jika Anda pecinta game sejati, dijamin Anda akan menyukai performa dari Mocute 050 Gamepad Bluetooth ini. Pasalnya, gamepad ini mampu bekerja hingga 40 jam, lho! Walaupun penggunaannya lama, tetapi tidak mengganggu performa yang dihasilkan dari Mocute 050 Gamepad Bluetooth.

Anda juga dapat leluasa memainkan game-game terbaik Android dan juga game virtual reality. Agar pengalaman bermain game lebih terasa nyata, Anda bisa memadukannya dengan kacamata 3D VR. Tidak perlu khawtair juga soal konektivitasnya, karena Mocute 050 Gamepad Bluetooth dilengkapi dengan koneksi bluetooth.

Harga Rp. 200.000-400.000

GameSir F1

Anda suka bermain Mobile Legends dan Arena of Valor? Jika iya, Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan gamepad GameSir F1. Gamepad satu ini menawarkan pengalaman bermain MOBA yang lebih nyaman dibandingkan hanya mengusap button pada layar.

Penggunaannya sangat mudah karena gamepad GameSir F1 berbentuk analog yang diletakkan di samping smartphone. Cara menggunakannya, Anda hanya perlu menggerakannya saja. Untuk memiliki GameSir F1, Anda perlu mengeluarkan budget mulai dari Rp 100.000 saja.

Harga Rp. 90.000-150.000

iPega Extending Game Controller

Dalam bermain game, ada berbagai elemen yang membuat pengalaman bermain menjadi lebih menyenangkan. Mulai dari controller, cerita game, sampai ukuran layar. Jika Anda lebih menyukai bermain game di layar yang lebih besar dari smartphone, tablet contohnya, Anda memerlukan iPega Extending Game Controller.

Kesulitannya adalah, Anda akan kesulitan menemukan controller yang tepat untuk tablet. Spesifikasinya berbeda dengan gamepad untuk smartphone. Oleh karena itu, iPega Extending Game Controller hadir untuk menjawab permasalahan Anda. Gamepad ini akan menemani Anda dalam bermain game di tablet hingga ukuran 10 inci. Wah, keren banget ya!

Harga Rp. 200.000-400.000

Fantech Revolver GP12

Rekomendasi gamepad selanjutnya dengan konektivitas yang bagus adalah Fantech Revolver GP12. Anda bisa menggunakan gamepad ini dan memainkan game di laptop ataupun PC, PS (Playstation 3), dan Android. Keunggulan lainnya, gamepad ini memiliki konektivitas USB, sehingga memudahkan Anda dalam penggunaannya.

Dengan harga yang terjangkau, yaitu mulai dari Rp 170.000 saja, Anda bisa mendapatkan gamepad berkualitas yang nyaman digunakan. Berat tubuh yang mencapai 170 gram akan memudahkan Anda saat bermain tanpa terasa berat digunakan. Gimana? Anda tertarik untuk membelinya?

Harga Rp. 140.000-200.000

Rexus GX100

Bagi pecinta game, bermain game dalam waktu yang lama didukung oleh fasilitas yang menunjang tentunya menjadi sebuah impian. Untuk mendukung pengalaman bermain game Anda , Rexus GX100 hadir untuk menyempurnakannya. Bagaimana tidak, Rexus GX100 diklaim dapat menyala dalam waktu 12 jam, lho.

Main game semakin mudah karena gamepad ini tidak menggunakan kabel dan dapat menjangkau frekuensi hingga 8 meter. Agar pengalaman bermain semakin terasa nyata, gamepad ini juga dilengkapi dengan Fitur Turbo, yaitu sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan beberapa aksi hanya dengan menekan tombol satu kali. Bagaimana? Keren bukan?

Harga Rp. 230.000-300.000

Gamepad NYK GP-200

Gamepad dengan Fitur Turbo sudah banyak ditemui di pasaran, lalu bagaimana dengan gamepad yang dilengkapi dengan motion sensor, adjustable, dan double vibration? Dengan harga mulai dari Rp 150.000 saja, Anda dapat merasakan kelengkapan fitur yang ada pada Gamepad NYK GP-200.

Selain fiturnya yang lengkap, Anda dapat menggunakan Gamepad NYK GP-200 dan digunakan untuk bermain game di PC, Laptop, Nintendo Swtich, Playstation, dan juga Android. Untuk mengisi baterai, Gamepad NYK GP-200 hanya membutuhkan kabel type C saja yang mudah dicari di pasaran maupun marketplace kesayangan Anda. Jika Anda ingin merasakan bermain game dengan level yang lebih tinggi, Gamepad NYK GP-200 patut dicoba.

Harga Rp. 170.000-200.000
From our editorial team

Gamepad murah belum tentu murahan!

Tak perlu ragu jika Anda mempunyai dana terbatas untuk membeli gamepad. Rekomendasi kami memberikan Anda cukup banyak pilihan untuk mendapatkan gamepad murah namun berkualitas saat dipakai main!

Tag