HP Suka Panas Saat Main Game? Dinginkan Dengan 10 Kipas HP Andalan Ini (2022)

HP Suka Panas Saat Main Game? Dinginkan Dengan 10 Kipas HP Andalan Ini (2022)

HP cepat panas bisa dialami siapa saja, termasuk para gamer. Jika dibiarkan, suhu yang tinggi bisa merusak HP Anda lho! Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi kipas HP untuk menjaga suhu ponsel Anda tetap dingin. Yuk, simak!

HP Sering Panas Saat Main Game?

Ada banyak hal yang menyebabkan suhu HP cepat naik hingga memanas, salah satunya adalah bermain game. Tapi Anda tidak perlu khawatir, ini adalah hal yang wajah karena HP mengeluarkan tenaga ekstra ketika Anda nge-game, yang akhirnya menyebabkan kenaikan suhu.

Untungnya kini sudah ada kipas HP yang bisa mendinginkan mesin HP Anda yang memanas kala bermain game. Suhu HP memang tidak boleh dibiarkan panas terus menerus karena bisa mempengaruhi performanya. Dengan kipas HP, suhu normal HP Anda pun akan terus terjaga.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas

Pakai Charger Original

Main game termasuk aktivitas yang memakan banyak daya HP. Akibatnya, Anda pun jadi lebih sering mengisi daya HP atau charging.

Pastikan Anda hanya menggunakan adaptor dan kabel charger original yang dikeluarkan oleh pabrikan HP. Harganya memang lebih mahal dibandingkan charger non-original, namun penggunaan charger yang tidak original bisa merusak baterai HP Anda.

Jangan Pakai HP Saat Sedang Diisi Daya

Masih berhubungan dengan proses pengisian daya atau charging, jangan terbiasa menggunakan HP untuk bermain game ketika HP masih mengisi daya. Tidak hanya main game, sebaiknya Anda juga tidak menggunakan HP untuk membalas chat atau scrolling sosial media.

Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan baterai HP menggelembung. Suhu HP pun justru jadi lebih panas setelah Anda selesai charging.

Bersihkan File "Sampah" di HP

Jika Anda menggunakan smartphone Android, adanya file-file tidak berguna bisa membuat HP cepat panas juga. File sampah seperti cache dan cookies sebaiknya "dibersihkan" secara rutin agar tidak mempengaruhi performa dan penyimpanan HP Anda. Kini sudah banyak aplikasi yang bisa membantu Anda untuk membersihkan HP dari file-file yang tidak terpakai.

Jangan Taruh HP di Tempat Panas

Cara penempatan HP ternyata sangat penting untuk diperhatikan lho. Meletakkan HP di tempat yang panas bisa mempengaruhi suhunya juga. Letakkan HP di alas yang tidak mudah panas, terutama saat charging untuk mencegah kenaikan suhu.

Gunakan Kipas Pendingin HP

Sumber gambar www.walmart.com

Ini dia solusi terbaik mengatasi HP yang panas, apalagi saat bermain game. Anda bisa menggunakan kipas pendingin HP yang kini banyak dijual di pasaran. Kipas pendingin ini memang sengaja diciptakan untuk menjaga suhu HP Anda tetap normal. Bentuknya juga ringkas dan portable, jadi tidak akan mengganggu Anda menggunakan HP.

Tips Memilih Kipas HP yang Bagus

Cek Tipe Kipasnya

Sumber gambar www.blibli.com

Kipas HP hadir dalam 2 tipe, yaitu wired dan wireless. Kipas wired atau yang disertai kabel membutuhkan sumber daya untuk bisa bekerja. Kelemahan kipas jenis ini memang ruang geraknya yang terbatas, namun Anda tetap bisa menggunakannya di rumah.

Saat Anda ingin membawanya keluar, Anda bisa menyambungkannya ke power bank. Sedangkan kipas HP wireless tentu saja lebih fleksibel dan mudah dibawa bepergian. Namun jangan lupa untuk mengisi dayanya secara rutin setelah beraktivitas ya!

Pilih yang Bobotnya Ringan

Sumber gambar lazada.co.id

Tentu Anda tidak ingin direpotkan dengan kipas HP yang berat bukan? Bobot kipas HP akan berpengaruh pada kenyamanan Anda, apalagi kalau Anda menggunakan HP untuk main game dalam waktu lama. Bobot yang berat akan bikin tangan cepat pegal.

Pilih kipas HP dengan bobot yang ringan dan pas di genggaman Anda. Pemilihan kipas HP sebaiknya juga disesuaikan dengan ukuran dan bobot HP Anda juga.

Periksa Kecepatan Kipas dan Volume Suaranya

Sumber gambar tokopedia.com

Kecepatan kipas dan volume saat bekerja juga jadi hal penting untuk Anda pertimbangkan lho. Rata-rata kecepatan kipas HP adalah 5000 sampai 7000 rpm. Nah, jika Anda ingin kipas yang bisa bergerak lebih cepat, Anda bisa memilih kecepatan yang lebih dari itu.

Namun perhatikan juga bahwa semakin tinggi kecepatan kipas HP, maka semakin bising pula suaranya. Pada umumnya, volume suara kipas HP adalah kurang dari 30 db. Sebagai pembeli yang cerdas, Anda harus mencari tahu kedua hal tersebut jika tidak dituliskan dalam deskripsi produknya.

Rekomendasi Kipas HP Buat Anda yang Suka Mobile Gaming

Baseus Gamo Refriger Cooling Radiator

Nama Baseus sudah tidak asing lagi di kalangan pengguna aksesoris HP dan gadget di Indonesia. Kualitas produk yang baik membuat brand ini dipercaya oleh masyarakat. Baseus juga meluncurkan kipas HP untuk menjaga suhu ponsel Anda lho.

Baseus Gamo Refriger Cooling Radiator dibekali teknologi Triple Cooling yang ditenagai oleh semiconductor cooling, silent cooling fan, dan head radiation coating. Kipas ini bisa bekerja untuk pendinginan maksimal hingga mencapai suhu 16 derajat celcius.

Dibekali dengan layar digital, Anda bisa melihat sendiri perubahan suhu ponsel Anda. Produk ini juga bisa mengatur tingkat pendinginan kipas secara otomatis karena bisa mendeteksi suhu ponsel Anda.

Harga Rp. 300.000-700.000

iPega Multifunctional Game Grip PG-9123

Gamers sejati pasti akan jatuh cinta dengan iPega Multifunctional Game Grip PG-9123. Lebih dari sekedar kipas, produk ini hadir dalam bentuk gamepad yang semakin menambah kenyamanan Anda saat gaming. Meski harganya bisa dibilang terjangkau, performa kipas HP ini sangat apik.

Produk ini kompatibel dengan layar HP berukuran 6.5 inci. Jenisnya adalah kipas wireless dengan kapasitas daya 2000 mAH yang bisa tahan selama beberapa jam. iPega Multifunctional Game Grip PG-9123 dilengkapi dengan tombol on dan off yang bisa Anda operasikan secara manual.

Harga Rp. 100.000-200.000

GameSir F8 Pro Snowgon Mobile Cooling Grip

Bukan hanya gamers saja lho yang membutuhkan kipas HP. Meskipun Anda tidak suka bermain game, Anda juga butuh kipas HP jika banyak melakukan aktivitas di ponsel. GameSir F8 Pro Snowgon Mobile Cooling Grip adalah produk yang cocok untuk semua kalangan.

Pendingin HP ini dibekali analog yang bisa dibongkar pasang. Ini membuat proses gaming Anda berlangsung mulus dan nyaman. Produk ini juga kompatibel dengan trigger keluaran GameSir, serta memungkinkan Anda membangun build sendiri saat bermain shooting game.

Harga Rp. 500.000-1.000.000

KiiP Magnetic Cooling Pad C8

Mencari kipas atau pendingin HP magnetis tapi harganya masih terjangkau? KiiP Magnetic Cooling Pad C8 bisa jadi solusi terbaik buat Anda. Produk ini dibekali sistem pendingin tiga lapis yang mampu meningkatkan efektivitas pendinginan ponsel hingga lebih dari 200%.

Desainnya compact dan mudah digunakan, tinggal tempelkan saja di bagian belakang HP Anda. KiiP Magnetic Cooling Pad C8 juga sangat ringan, bobotnya hanya 70 gram saja! Jika HP Anda tidak dibekali magnet bawaan, produk ini juga dilengkapi magnetic plate yang bisa ditempel dengan mudah.

Harga Rp. 200.000-250.000

Asus ROG AeroActive Cooler 5

Berbeda dengan produk cooler HP lain yang universal, Asus ROG AeroActive Cooler 5 didesain khusus untuk ROG Phone 5. Produk ini akan memaksimalkan performa Anda saat gaming tanpa perlu khawatir panas. Pendingin HP keluaran Asus ini dapat menurunkan suhu HP sampai 15 derajat celcius serta bisa dipakai bersama gamepad ROG Kunai 3.

Asus ROG AeroActive Cooler 5 juga memiliki dua tombol kontrol tambahan di bawah yang fungsinya sama dengan tombol L2/R2 pada controller konsol.

Harga Rp. 1.500.000-2.000.000

Rokeet Cooling Pad HP

Satu lagi rekomendasi kipas HP yang murah tapi berkualitas. Rokeet Cooling Pad HP memang tidak punya fitur canggih seperti layar digital maupun aplikasi yang terintegrasi. Namun dengan kecepatan 5000 rpm, kipas ini bisa mendinginkan HP Anda dengan sangat efektif.

Ini adalah kipas wireless dengan kapasitas baterai 500mAh. Level kebisingannya hanya 30 db saja, sehingga Anda tetap nyaman selama nge-game di ponsel.

Harga Rp. 50.000-100.000

DarkFlash G50 Mobile

Jika Anda mencari cooler HP universal yang cocok dengan semua tipe HP, DarkFlash G50 Mobile adalah pilihan tepat. Kipas HP ini bisa digunakan pada semua ponsel yang ukuran layarnya 5 sampai 7 inci. Hadir dengan tipe wireless, Anda pun bisa menggunakannya dengan nyaman dan tinggal isi saja dayanya jika kehabisan.

Harga Rp. 300.000-400.000

Black Shark FunCooler 2 Pro

Black Shark FunCooler 2 Pro memang dibanderol dengan harga lumayan mahal. Produk ini memang ditujukan pada para atlet mobile esport yang mendalami dunia gaming secara profesional.

Produk ini dibekali dengan teknologi pendingin Thermoelectric Cooling (TEC) dengan tujuh bilah kipas dan cooling chip khusus yang bisa mendinginkan secara efektif.

Tidak hanya itu, desain RGB membuat tampilan kipas ini semakin keren. Black Shark FunCooler 2 Pro juga beroperasi tanpa suara sama sekali lho!

Harga Rp. 500.000-1.000.000

RedMagic Dual-core Ice Dock Gaming Cooler

RedMagic Dual-core Ice Dock Gaming Cooler dapat dikatakan unik karena memiliki dua kipas yang bekerja secara bersamaan untuk mendinginkan HP Anda. Buat Anda yang mengutamakan kecepatan, inilah produk yang Anda cari.

Kecepatan kipasnya mencapai 9000 rpm, jadi saat beroperasi pada kecepatan tertinggi akan menghasilkan getaran dan suara yang cukup terdengar. Ada aplikasi terintegrasi untuk mengatur efek warna RGB saat kipas sedang bekerja.

Harga Rp. 700.000-1.200.000

Realme Cooling Back Clip Fan

Realme Cooling Back Clip Fan dibekali dengan sistem pendingin semikonduktor es yang bisa menghantarkan efek dingin ke seluruh bagian perangkat. Dengan 7 bilah kipas berkekuatan 5000 rpm, level suara yang dihasilkan produk ini hanya 26 db saja sehingga sama sekali tidak bising.

Kipas HP ini bisa bekerja dengan sangat efektif, mampu mendinginkan ponsel Anda hingga suhu terendah dalam waktu yang singkat. Bobotnya ringan dan tidak menimbulkan getaran, sehingga sangat nyaman sekali saat dipakai sambil nge-game.

Harga Rp. 350.000-700.000
From our editorial team

Kini Anda Bisa Nge-game Tanpa Perlu Khawatir

Suhu HP panas tidak hanya bikin nge-game jadi tidak nyaman, tapi juga bikin Anda khawatir HP akan rusak. Namun dengan kipas HP yang direkomendasikan BP-Guide di atas, suhu HP tetap aman dan nge-game pun jadi lebih seru!

Tag