10 Rekomendasi Cooling Pad Laptop agar Laptopmu Lebih Awet Digunakan (2021)

10 Rekomendasi Cooling Pad Laptop agar Laptopmu Lebih Awet Digunakan (2021)

Bekerja dengan laptop memang sangat nyaman karena bikin kamu leluasa bekerja dimana saja dan kapan saja. Agar bekerja bisa lebih nyaman, kamu bisa memakai cooling pad. Nah, jangan asal beli cooling pad. Kamu harus tahu tips memilihnya yang tepat dan juga rekomendasi terbaiknya. Kami menyediakan rekomendasi terbaik untukmu!

Jaga Suhu Laptop dengan Cooling Pad

Bagi yang setiap harinya bekerja dengan menggunakan laptop tentu sudah paham aksesori apa saja yang dibutuhkan agar bekerja dengan laptop bisa lebih maksimal. Salah satu aksesori paling dibutuhkan adalah cooling pad. Jangan sampai kamu tidak memakai coling pad, apalagi jika kamu bekerja dalam waktu lama menggunakan laptop.

Fungsi utama dari cooling pad adalah untuk mencegah terjadinya overheat. Ini merupakan kondisi panas berlebih pada laptop. Makin lama laptop digunakan, makin tinggi suhunya dan bisa membuatnya jadi lebih cepat rusak. Untuk mengantisipasinya, kamu wajib memakai cooling pad. Adanya cooling pad akan bisa menurunkan suhu tinggi pada laptop selama laptop digunakan.

Fungsi cooling pad lainnya adalah untuk menumpu laptop. Hindari memakai laptop dengan cara dipangku. Radiasi dari laptop tersebut bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan. Letakkan laptop di meja atau permukaan datar lainnya. Agar lebih nyaman, kamu bisa memakai cooling pad sebagai tumpuan atau tatakan. Dengan cooling pad maka ketegangan pada leher bisa dikurnagi. Selain itu, posisi duduk jadi lebih bagus karena sesuai dengan eye level.

Pemakaian cooling pad juga berfungsi agar laptop tidak mati mendadak. Laptop yang terlalu panas dan dipaksa terus bekerja bisa mati mendadak. Jika kondisi ini kamu biarkan maka hasilnya laptop wajib diservis yang tentu saja biayanya tidak akan murah. Dengan menjaga suhunya tetap ingin, laptop bisa bekerja lebih lama dan lebih awet.

Tips Memilih Cooling Pad untuk Laptop

Pilih Jenisnya

Kamu bisa memilih jenis cooling pad yang tepat untuk kamu gunakan. Di pasaran tersedia cooling pad dengan kipas dan ada juga cooling pad tanpa kipas. Masing-masing jenisnya memiliki kelebihannya tersendiri.

Cooling pad dengan kipas lebih mudah ditemukan di pasaran. jenis yang satu ini hadir dengan sejumlah kipas yang akan mendingingan laptop. Produk harus terhubung dengan laptop lewat colokan USB untuk mengalirkan atau memberi angin pada bagian bawah laptop.

Cooling pad tanpa kipas juga bisa jadi pilihan kamu. Produk ini berbahan heat-resistant materials seperti aluminium. Tidak ada kipasnya namun tetap bisa mendinginkan laptop. Produk ini juga memiliki keunggulan berupa tidak akan mengeluarkan suara bising saat digunakan.

Pilih Ukuran

Perhatikan ukuran produk yang akan kamu beli. Sesuaikan ukuran cooling pad dengan ukuran laptop kamu. Saat dudukan pada cooling pad tidak cocok dengan ukuran laptop maka akan membuat proses pendinginan mesin kurang efisien.

Kebanyakan cooling pad di pasaran cocok untuk laptop yang berukuran 13 hingga 15 inci. Nah, jika kamu memiliki laptop ukuran 17 inci ke atas maka kamu bisa gunakan cooling pad yang ukurannya besar juga.

Utamakan Bahan Logam

Ketika memilih cooling pad, kamu bisa cek juga bahan yang digunakan. Secara umum, ada bahan plastik hingga logam yang tersedia di pasaran. Cooling pad bahan plastik lebih murah harganya. Sayangnya, produk semacam ini kurang bisa menyerap panas dengan baik. Selain itu, bahan plastik lebih mudah rusak. Bagian kipas juga cenderung bergerak pelan saja sehingga kurang maksimal dalam mendinginkan mesin laptop.

Utamakan memilih cooling pad bahan aluminium. Bahan ini hadir dengan konduktivitas termal yang tinggi sehingga panas bisa dilepaskan dengan cepat. Pilih yang struktur cooling padnya berjaring. Dengan begini, panas bisa keluar dengan lebih lancar di sela-sela jaring.

Cek Jumlah dan Posisi Kipas

Terakhir, cek posisi dan jumlah kipas angin pada cooling pad. Di pasaran tersedia aneka cooling pad. Ada yang mengusung dua kipas dengan posisi sejajar, ada juga yang mengusung tiga kipas kecil dengan posisi membentuk pola segitiga. Selain itu ada banyak juga yang mengusung 1 hingga 5 buah kipas sekaligus.

Jumlah dan posisi kipas pada cooling pad bisa mempengaruhi kinerja cooling pad. Pilih produk yang jumlah dan posisi kipasnya sesuai dengan jumlah saluran udara yang ada di laptop. Dengan begini proses pendinginan mesin laptop bisa lebih maksimal.

Ini Dia Deretan Cooling Pad Terbaik untuk Laptopmu

NYK Nemesis Cooling Pad Winterstorm X-3

NYK Nemesis Cooling Pad Winterstorm X-3 ini merupakan rekomendasi pertama kami. Produk keren ini akan menjaga mesin laptop tetap dingin meski digunakan dalam waktu lama. Cooling pad juga hadir dengan 5 tingkat ketinggian yang bisa diatur. Kamu tidak perlu khawatir karena meski dalam posisi tingkat tertinggi, ada anti selip sehingga laptop tidak mudah tergelincir dari cooling pad. Adanya tingkat ketinggian ini kamu jadi bisa menyesuaikan dengan eye level dengan lebih mudah.

Produk paling cocok untuk laptop ukuran 15 inci. Ada 2 port USB yang tersedia. Desainnya modern dengan 6 buah kipas yang dilengkapi LED. Kipas memiliki kecepatan tinggi. Ukurannya 362 x 263 x 28 mm dengan kesan ultra slim. Produk ini tidak berisi saat digunakan.

Harga Rp. 145.000-165.000

Deepcool Windpal Mini N110

Deepcool Windpal Mini Notebook Cooler hadir dalam bentuk yang mungil. Kamu jadi mudah memakainya untuk beraktivitas di mana saja. Cooling pad ini praktis dibawa bepergian karena ukurannya yang mini. Bobotnya juga ringan sehingga tidak memberatkan saat dibawa.

Ada LED biru yang bisa menyala saat cooling pad dinyalakan. Desainnya unik dengan sedikit melengkung dan tipis. Permukaan atasnya terbuat dari bahan metal mesh sehingga angin yang dihasilkan akan menyebar dengan baik untuk mengurangi panas pada laptop.

Harga Rp. 108.000-112.500

Havit HV-F2068 Gaming Coolpad

Havit HV-F2068 Gaming Coolpad adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk ini dilengkapi lima buah kipas sehingga bisa mendinginkan dengan lebih cepat. Mesin laptop kamu jadi lebih cepat dingin dan bisa tahan lama digunakan untuk bekerja.

Bagian kipasnya memiliki kecepatan berputar masing-masing 1100 RPM. Anginnya lebih banyak jadi proses pendinginan tidak memakan waktu lama. Bahan pembuatannya dari metal mesh sehingga panas juga lebih cepat terserap dengan baik.

Produk paling cocok untuk laptop ukuran 14 hingga 17 inci. Ukuran keseluruhannya adalah 403 mm x 300 mm x 34 mm. Cooling pad hadir dengan jumlah USB port sebanyak 2 buah.

Harga Rp. 270.000-285.000

Cooler Master Notepal X-Slim II

Cooler Master Notepal X-Slim II memiliki desain yang elegan. Tampilannya juga terlihat lebih rapi. Ini karena tidak ada kabel yang berseliweran untuk menyambungkan cooling pad dengan laptop. Dengan fitur easy cable management, produk ini kabelnya bisa tersimpan dengan rapi di bagian bawahnya. Empat bagian sudutnya mirip kaki kura-kura.

Ukuran keseluruhannya adalah 350 mm x 249 mm x 44 mm.Cooling pad ini cocok untuk laptop dengan ukuran 15,6 inci. Terbuat dari bahan paduan plastik, mesh, dan rubber, produk tidak mudah selip. Desain jaringnya bikin panas cepat hilang dari laptop.

Harga Rp. 180.000-299.000

Targus Cooling Pad Chill Mat AWE6105AP

Targus Cooling Pad Chill Mat AWE6105AP merupakan rekomendasi kami selanjutnya. Produk dengan dua buah kipas ini akan memberikan manfaat besar dalam mendinginkan dengan cepat. Cooling pad ini juga bisa membantu mencegah jeda waktu yang sering disebabkan oleh panas yang berlebihan.

Ada no-slip rubber grips untuk menghindari pergeseran di permukaan. Ukuran keseluruhan dari produk ini adalah 33.9 x 23.6 x 2.9 cm.

Harga Rp. 252.000-380.000

Cooler Master Notepal U3

Cooler Master Notepal U3 merupakan cooling pad keren untuk kamu miliki. Kipasnya unik karena bisa dipindah dan disesuaikan untuk mendinginkan bagian laptop yang ingin didinginkan. Cooling pad hadir dengan 3 buah kipas.

Terbuat dari bahan aluminium yang ringan, bagian permukaannya halus. Tampilannya bersih dan membuatnya cocok diletakkan dimana saja. Uniknya lagi, produk bisa kamu ubah jadi tas jinjing laptop. Ukuran keseluruhan produk ini adalah 435 mm x 333 mm x 76 mm. Ukurannya yang besar membuatnya cocok untuk laptop ukuran 17 inci ke atas.

Harga Rp. 440.000-475.000

Thermaltake Massive 20 RGB Notebook Cooler

Thermaltake Massive 20 RGB Notebook Cooler hadir dengan LED yang bisa menyala dan mempercantik tampilan bawah laptop. Produk ini memiliki lima sistem pencahayaan yang bikin kamu lebih semangat bekerja karena tampilannya estetik utamanya saat ada di ruangan yang gelap.

Hadir dengan penampang yang luas, kamu bisa memakainya untuk laptop biasa dan juga laptop gaming. Desainnya ergonomis sehingga kamu bisa memberikan ketinggian layar yang lebih optimal. Kamu juga bisa mengatur tingkat ketinggian dan sudutnya sekaligus. Ukuran keseluruhannya adalah 471 mm x 354,5 mm x 46,5 mm.

Harga Rp. 618.000-650.000

Deepcool Multi Core X8

Deepcool Multi Core X8 menghadirkan kipas empat arah dengan tiga buah pengaturan. Kinerjanya cukup efisien sehingga bisa membuang panas pada laptop dengan cepat. Uniknya, kamu bisa mengatur kipas mana yang akan menyala. Kamu bisa menyalakan 1, 2, atau 4 kipas sekaligus.

Ukuran keseluruhan poduk ini adalah 381 mm x 268 mm x 29 mm. Terbuat dari bahan aluminium dengan desain struktur jaring sehingga membantu proses pendinginan lebih cepat.

Harga Rp. 360.000-371.000

Nyk X-5 Kingfisher 6 fan RGB

Nyk X-5 Kingfisher 6 fan RGB adalah rekomendasi selanjutnya dari kami. Produk yang satu ini hadir dengan 6 buah kipas angin berkecepatan tinggi. Kamu bisa memakainya untuk laptop dengan ukuran 15,6 inci. Desainnya dari bahan spesial yang ultra slim dan anti selip.

Ada 2 USB output sehingga lebih mudah digunakan dan bisa membantu kamu untuk transfer data dan lain sebagainya. Cooling pad ini cocok juga untuk para gamer karena desainnya keren. Dengan 7 cahaya LED, produk juga tampak lebih menawan. Ukuran keseluruhan produk ini adalah 410 x 296 x 40mm.

Harga Rp. 260.000-330.000

Cooling Pad Orico NA15-SV

Cooling Pad Orico NA15-SV merupakan rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini terbuat dari bahan aluminium yang memiliki ketebalan 2 mm. Bahannya bikin cooling pad mampu memberi angin maksimal untuk penggunaan laptop.

Produk juga memiliki efek anti oksidasi dan tahan aus. Cooling pad memiliki teknologi bantalan fluida. Adanya teknologi tersebut membuat suara yang dihasilkan lebih senyap dan tidak berisik.

Cooling pad bisa digunakan untuk laptop ukuran 15 inci. Warna silvernya menarik dan menawan.

Harga Rp. 279.000-290.000
From our editorial team

Cooling Pad juga Bisa Memberi Efek Buruk

Jangan dikira cooling pad hanya memiliki efek baik saja. segala sesuatu memiliki dua sisi, baik dan buruk. Begitu juga dengan cooling pad. Ada efek buruk juga yang dihasilkan dari cooling pad. Salah satu contohnya adalah kipas pada motor cooling pad akan bisa memberi angin yang pada akhirnya masuk pada lubang udara di bawah laptop. Dampak buruknya adalah hal ini bisa membuat debu dan partikel kecil bisa terangkat masuk dan menumpuk dalam komponen laptop. Jika hal ini terjadi terus maka laptop bisa jadi bermasalah. Hembusan udara dari cooling pad bisa saja mengganggu sirkulasi pada laptop.