8 Tips Merawat Laptop agar Tidak Cepat Rusak dan 5 Rekomendasi Produk untuk Bikin Laptop Lebih Awet (2021)

8 Tips Merawat Laptop agar Tidak Cepat Rusak dan 5 Rekomendasi Produk untuk Bikin Laptop Lebih Awet (2021)

Peminat laptop belakangan ini terus meningkat. Ini karena banyak orang menyadari penggunaan laptop lebih praktis dan efisien jika dibanding komputer, smartphone, dan tablet. Nah, kalau kamu baru saja beli laptop baru, ketahui cara merawatnya dengan benar, ya. Ini supaya laptop kamu jadi awet. Nah, simak juga deretan rekomendasi produk yang bisa bikin laptop kamu jadi lebih awet.

Punya Laptop Baru? Kamu Wajib Menjaganya agar Awet

Laptop bukan barang baru dalam kehidupan kita. Apalagi belakangan ini, semenjak pandemi kita jadi lebih lengket dengan laptop. Bahkan memiliki laptop seolah merupakan kebutuhan primer karena fungsinya memang sangat banyak.

Memiliki laptop bisa membantu kita memenuhi kebutuhan pekerjaan. Dengan laptop, kita jadi lebih mudah mencari informasi apa saja, mengerjakan desain grafis, mengetik cerita, mengirim email, berkomunikasi, mengedit video, menonton film, dan lain sebagainya.

Laptop sangat efisien jika dibandingkan tablet atau smartphone. Laptop dilengkapi keyboard yang memudahkan kita mengetik. Layar laptop lebih luas sehingga kita bisa lebih leluasa menonton atau mengerjakan tugas. Trackpad pada laptop juga memudahkan kita untuk menggerakkan kursor. Selain itu, dalam menyimpan pekerjaan dan data, laptop juga lebih bisa diandalkan.

Kita juga bisa menghubungkan laptop dengan perangkat lain. Contohnya speaker, printer, projector, dan lain sebagainya.

Laptop bisa jadi sarana hiburan yang tidak ada habisnya. Kamu bisa memutar lagu, memutar film hingga drama, bahkan memainkan game. Ini yang membuatnya jadi gadget yang bisa diunggulkan.

Begitu banyak sekali manfaat laptop sehingga kita wajib merawat dan menjaganya agar tidak cepat rusak. Apalagi jika kamu baru saja membeli laptop baru. Pastinya kamu tidak ingin laptop jadi cepat rusak dan tidak bisa dipakai lagi. Nah, simak tips agar laptop-mu lebih awet, ya!

Tips Merawat Laptop agar Tak Cepat Rusak

Jaga Kebersihannya

Agar laptop tidak cepat rusak, tentu saja kita harus menjaga kebersihannya. Kebanyakan laptop rusak karena kotor, utamanya di bagian kipasnya. Maka dari itu, pastikan kamu tahu cara membersihkan laptop dengan benar dan bagian mana saja yang harus kamu bersihkan.

Ingatlah untuk membersihkan area layar, keyboard, port USB, baterai, dan juga lubang sirkulasi laptop. Kebanyakan debu dan kotoran menempel pada berbagai area tersebut sehingga membuat laptop menjadi cepat panas dan kinerjanya melambat.

Bersihkan laptop setidaknya seminggu sekali secara rutin. Belilah peralatan yang bisa membantu kamu membersihkan laptop, mulai dari spray untuk membersihkan LCD, lap untuk membersihkan debu, brush untuk membersihkan sela-sela keyboard, dan lain sebagainya.

Jauhkan dari Makanan dan Minuman

Ketika sedang memakai laptop, jauhkan dari makanan dan minuman. Hindari makan dan minum di dekat laptop. Kamu tentu tidak ingin remahan makananmu masuk ke celah-celah keyboard. Kamu juga tidak akan bisa membayangkan jika minuman kamu tumpah di atas laptop. Ini hanya akan bikin laptop cepat rusak.

Semisal kamu sedang bekerja dengan laptop lalu kamu merasa lapar atau haus, sebaiknya kamu menjauh dulu dari laptopmu. Letakkan gelas sejauh mungkin dari laptop agar tidak terjadi hal yang tidak kamu inginkan.

Gunakan di Permukaan Datar

Saat memakai laptop, selalu pastikan tempatnya datar. Hindari memakai laptop di permukaan lembut seperti tumpukan baju, di atas kasur, di atas sofa, dan lain sebagainya. Pemakaian laptop di atas area yang empuk dan tidak rata hanya akan menghambat sirkulasi pada laptop. Ini membuat udara panas dalam laptop tidak keluar dan menyebabkan laptop cepat panas. Gunakan meja khusus, cooling pad, dan lain sebagainya yang bisa membuat udara panas laptop bebas keluar.

Hindari Memakai Terlalu Lama

Memakai laptop memang menyenangkan. Karena desainnya portabel, kita jadi lebih mudah beraktivitas dengan laptop. Namun, jangan terlena memakainya. Memakai laptop dalam waktu yang terlalu lama akan membuat laptop jadi overheat. Laptop tidak disarankan untuk dipakai selama 24 jam penuh. Ini hanya akan membuat laptop cepat rusak.

Kamu perlu mengistirahatkan laptopmu sebelum memakainya kembali. Misalnya, kamu sudah memakai laptop selama 4 jam, maka beri istirahat dan matikan laptop selama 20 atau 30 menit sebelum memakainya kembali.

Install Aplikasi yang Perlu Saja dan Hindari Game Berat

Laptop kita memiliki kapasitas yang berbeda-beda dalam hal memori. Kendati demikian, meski kapasitasnya besar, bukan berarti kita bebas meng-install aplikasi sebanyak apa pun. Terlalu banyak aplikasi yang kamu install bisa memberatkan laptop saat menjalankan perintah.

Aplikasi yang kamu install bisa saja tetap berjalan di background dan menambah pekerjaan prosesor. Agar tidak berat, sebaiknya kamu hanya meng-install aplikasi yang dirasa perlu. Kurangi atau uninstall saja aplikasi yang kurang diperlukan atau hanya kamu gunakan sesekali saja.

Hindari juga meng-install aplikasi game yang berat. Laptop tidak didesain sekuat komputer sehingga untuk game berat bisa memicu kerusakan laptop karena hardware akan dipaksa bekerja lebih maksimal. Jika hendak bermain game berat, ada baiknya kamu memakai laptop gaming atau komputer.

Rawat Baterai Laptop

Baterai laptop wajib kamu jaga kesehatannya. Salah satu caranya adalah jangan menunggu sampai baterai benar-benar kosong untuk mengisi baterainya. Segera charge baterai laptop-mu sebelum menunjukkan angka 0 %. Membiarkan baterai laptop sampai kosong sebelum mengisinya hanya akan memperpendek usia baterai.

Cara lainnya adalah tetap rutin mengisi baterai walaupun laptop jarang kamu pakai. Baterai yang terpasang di laptop bisa berkurang kapasitasnya meski tidak kita gunakan. Rutin mengisi ulang baterai laptop bisa mencegah kondisi laptop menjadi lembap. Saat baterai di-charge, maka hawa hangat bisa muncul dan bisa mencegah jamur di area baterai.

Matikan dengan Benar Usai Digunakan

Banyak dari kita yang kadang tidak sabaran menunggu laptop mati. Kadang saat sudah tidak digunakan dan saat terburu-buru, kita hanya langsung menutup laptop tanpa mematikannya dengan benar. Hal ini membuat laptop dalam keadaan sleep atau standby. Jika terlalu sering memakainya dalam mode sleep atau standby maka bisa membuat hard disk mudah rusak karena HDD akan tetap bekerja meski laptop dalam mode sleep. Jadi, meski sedang buru-buru, tetap tekan tombol shutdown, dan sabarlah menunggu hingga laptop benar-benar mati sempurna.

Hindari mematikan laptop secara paksa. Baik itu dengan menekan tombol power langsung atau mematikan dengan cara melepas baterai. Hal ini hanya akan membuat HDD cepat rusak.

Simpan dengan Baik Saat Tak Digunakan

Simpan laptop kamu dengan baik saat kamu tidak memakainya. Hindari menumpuk laptop dengan barang lainnya. Apalagi jika kamu sampai meletakkan aneka barang berat di atas laptop. Ini akan bisa menekan LCD dan membuat layar laptop jadi retak.

Perhatikan tempatmu menyimpan laptop. Letakkan di tempat yang tidak lembap. Hindari suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin. Jangan letakkan laptop di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Ini bisa membuat laptop panas dan juga membuat komponen mengeras dan warnanya memudar. Selain itu, pastikan tempat meletakkannya datar.

Hindari meletakkan laptop di area yang memiliki medan magnet kuat seperti TV, kulkas, hingga speaker. Ini hanya akan merusak laptop.

Ini Dia Produk yang Bisa Kamu Miliki untuk Bikin Laptop Lebih Panjang Umur

Cooler Master Notepal X-Slim II

Saat memakai laptop, usahakan kamu selalu memakai pendingin laptop. Adanya pendingin laptop membuat laptop tidak cepat panas sehingga nyaman digunakan dalam waktu lama. Kamu bisa pakai Cooler Master Notepal X-Slim II. Produk yang satu ini memiliki banyak fitur menarik.

Salah satu fiturnya adalah kipas 200 mm yang bekerja dalam mode senyap sehingga tidak berisik saat digunakan. Pendingin dilengkapi dengan manajemen kabel yang mudah diringkas. Cooling pad dengan ukuran 15,6 inci ini desainnya ergonomis sehingga sudut pandangnya bagus dan bikin kamu bisa mengetik dengan nyaman.

Harga Rp. 179.000-286.000

Avan Super Cleaning Set

Avan Super Cleaning Set merupakan perlengkapan yang wajib kamu miliki untuk membersihkan laptop. Dalam satu pembelian kamu akan mendapatkan spray, pompa penghalau debu, kuas, dan kain halus. Semuanya bisa digunakan untuk membersihkan layar LCD, keyboard, dan aneka bagian laptop. Produknya berkualitas tinggi dan awet digunakan dalam waktu lama. Kamu bisa memakainya untuk smartphone, tablet, dan gadget lainnya.

Harga Rp. 24.000-65.000

Ringke Screen & Lens Cleaning Wipe

Ringke Screen & Lens Cleaning Wipe bisa kamu gunakan untuk membersihkan laptop dengan sempurna. Tisu basah ini sangat serbaguna. Kamu bisa memakainya untuk layar laptop, aneka bagian laptop, smartphone, tablet, dan lain sebagainya. Tisunya bisa membersihkan bekas sidik jari, minyak, debu, noda, dan lain sebagainya sehingga tampilan produk laptop hingga smartphone tetap bersih dan jernih.

Tisu dibuat tanpa bahan kimia berbahaya. Produk antibakteri sehingga aman dan efektif dari semua permukaan. Praktis dan kamu bisa membawanya kemana saja. Aromanya segar dan ringan. Produk cepat kering dan tidak ada residu tertinggal.

Harga Rp. 139.000-393.000

Keyboard Protector 14inch

Keyboard Protector 14inch ini wajib jadi pilihan kamu. Lindungi keyboard laptop kamu dengan keyboard protector ini. Bagian keyboard rawan terkena debu dan kotoran. Jika kotoran dan debu menumpuk maka tidak menutup kemungkinan keyboardnya macet dan tidak berfungsi. Gunakan protector ini sehingga bagian keyboard senantiasa bersih dan aman dari debu, air, serta kotoran lainnya. Ukuran panjangnya 13,5 dan lebarnya 32 cm.

Harga Rp. 2.900-5.000

Bruno Cavalli Tas Laptop Waterproof 14 Inch

Bruno Cavalli Tas Laptop Waterproof 14 Inch ini bisa jadi produk yang kamu andalkan. Tas laptop ini akan memudahkan kamu membawa laptop kemana saja kamu pergi. Laptop jadi tetap aman dibawa bepergian dan tidak mudah terbentur karena bahan tasnya tebal. Jahitan tas juga dipastikan kuat sehingga bisa menahan beban laptop dengan sempurna.

Produk berukuran 38 x 2,5 x 28 cm ini terbuat dari bahan kanvas waterproof. Bahan logonya dari kulit asli sehingga terlihat mewah. Tas warna hitam ini bergaya kasual. Produk mudah dibersihkan.

Tas bisa muat laptop ukuran 14 inci. Ada lebih dari satu kompartemen, sehingga kamu bisa memakai kompartemen lain untuk meletakkan mousepad, mouse, charger, dan lain sebagainya. Resleting tasnya kuat dan mudah dibuka tutup tanpa menyulitkan.

Ada handle pada tasnya sehingga nyaman digenggam. Desain tas ramping sehingga tidak memakan banyak ruang saat dibawa.

Harga Rp. 119.000-139.000
From our editorial team

Jangan Lupa Install Antivirus

Saat meng-install aneka aplikasi di laptop, jangan lupa untuk meng-install antivirus juga, ya. Ini supaya berbagai aplikasi dan software laptop kamu jadi lebih aman dari serangan virus. Meski kita mungkin meyakini file atau data yang kita dapatkan atau kita transfer sudah aman dan dari sumber tepercaya, tetap saja ada kemungkinan data dan file tersebut mengandung virus yang bisa merusak software dan hardware laptop kamu. Jadi, untuk pencegahan hal yang tidak diinginkan, jangan lupa install antivirus terbaik, ya.